Usaha yang Menjanjikan dan Untung Besar Bagi Pemula, Bisnis Online Masa Depan

| |

Pemerintah memprediksi nilai transaksi di dunia maya mencapai 4,809 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp.66 Triliun di tahun 2016. Angka yang sangat menggiurkan ini bisa menjadi babak baru juga Dalam persaingan bisnis di Indonesia, lantas sebesar apa peluangnya kelak. Simak ulasanya berikut ini.

Ensiklo Masa Depan Bisnis Online 

Perkembangan dunia teknologi informasi di Indonesia memunculkan trend baru, bisnis online atau ecommerce. Beragam barang dan jasa ditawarkan melalui jejaring sosial seperti Instagram, Facebook maupun Twitter.

usaha yang langka tapi menguntungkan

Pembeli dan penjual terkoneksi secara Maya untuk kemudian bertransaksi, mudah dan cepat. Hanya memesan barang yang kita inginkan secara cepat di HP, dan membayarnya melalui transfer pada era saat ini sangat dimudahkan. Hal ini yang mendorong Sufyan seorang pengusaha yang memulai pada Tahun 2011 usaha berjualan kacamata secara online.

Sadar akan ketatnya Persaingan di dunia penjualan online, Sofyan mengusung konsep unik. Kacamata yang dijual merupakan buatan tangan dan dibuat dari bahan daur ulang bekas papan skateboard, sehingga jumlahnya hanya ada sedikit dan masing-masing produk memiliki sejarahnya sendiri.

Untuk setiap kacamata dijual seharga Rp 1,5 juta, membidik segmen pasar yang luas Sofyan yakin dengan pilihannya berbisnis online. Proses brainstorming merupakan cara untuk menciptakan sebuah image yang berefek besar di anak muda, dan menyebar luaskan saudara kita via sosial media itu yang terbesar.

Karena kita tidak membatasi diri untuk hanya berjualan di Indonesia saja. Sofyan adalah salah satu dari sekian pengusaha yang bergelut di bisnis penjualan secara online, potensi pasar di dunia maya yang sangat besar menjadi salah satu daya tarik bisnis online.

Pada pertengahan tahun 2015 pengguna internet aktif di sekitar 3,2 Miliar, untuk Indonesia Google dan TNS Australia mencatat ada sekitar 93 juta pengguna internet pada tahun 2015. Tidak hanya itu pemerintah memprediksi nilai transaksi di dunia maya akan mencapai 4,89 miliar dolar Amerika Serikat atau setara dengan 66 Triliun Rupiah di tahun 2016.

Dan pada tahun 2020 diperkirakan akan mencapai 130 miliar dolar Amerika atau setara dengan 1,7 kuadriliun rupiah sebuah angka yang sangat menggiurkan. Banyak yang di tangan masuarakat yang sangat baik dalam mengakses handphone.

Dan perlu diingat ini masih permulaan menurut saya, 5 tahun ke depan saya bisa membayangkan Internet akan jadi lebih mainstream, jauh lebih aktif lagi mayoritas masyarakat Indonesia akan Connect to internet dalam di masa mendatang. Namun potensi dan pangsa pasar sedemikian besar juga diiringi dengan berbagai ancaman, salah satunya persaingan antara penjual untuk memasarkan produk yang sejenis.

usaha yg menjanjikan bagi pemula

Anggapan bahwa Bisnis itu harus membutuhkan modal dan tempat yang bagus strategis, hari ini dengan adanya internet itu hampir tidak ada lagi sekat-sekat. Hari ini dengan adanya internet itu hampir tidak ada lagi sekat-sekat geografis,ekonomi, orang yang gak punya modal juga bisa jual online. Karena itu hanyalah gambar pelayanan yang berkualitas seperti itu, jadi menurut saya kunci dari bisnis internet atau online adalah kreativitas.

Tak hanya itu agar persaingan usaha di dunia online tidak mengarah pada persaingan tidak sehat, dibutuhkan peran serta pemerintah. Perusahaan konsultan dan akuntan publik Deloitte merekomendasikan sejumlah hal pada pemerintah agar bisnis online berkembang pesat dan makin kuat.

Mulai dari kualitas dan cakupan internet, memperluas sistem pembayaran elektronik, sampai memperluas layanan pemerintah secara elektronik. Sementara itu asosiasi e-commerce Indonesia menyarankan agar regulasi bisnis online di Indonesia tidak terlalu ketat. Indonesia diminta belajar pada negara lain yang sukses mengembangkan bisnis e-commerce seperti Amerika Serikat dan China.

Amerika Serikat misalnya saat ini hampir 40% industri perdagangan di Negeri Paman Sam dilakukan secara online. Berbisnis online memang kelihatan sangat mudah dan kapan saja, tak perlu diragukan kita sudah bisa menjalankan suatu usaha pasarnya.

Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, misalnya ide bisnis yang berbeda, kretivitas, target pembeli, dan ketekunan. Jika kita menjalankan bisnis online dengan serius maka kesuksesan akan kita dapatkan dengan mudah, itulah cerita mengenai prospek bisnis online dimasa depan. Jangan lupa terus kunjungi blog tambahmulyo untuk mendapatkan informasi bisnis terbaru.

Previous

Tips Usaha Kuliner Kekinian yang Menguntungkan dan Menjanjikan untuk Pemula

Bisnis Cuci Sepatu Meraup Banyak Keuntungan

Next
Previous

Tips Usaha Kuliner Kekinian yang Menguntungkan dan Menjanjikan untuk Pemula

Bisnis Cuci Sepatu Meraup Banyak Keuntungan

Next

Tinggalkan komentar