Usaha Kerajinan dari Bambu yang Mudah di Buat dan Menguntungkan

| |

Bambu yakni tumbuhan dalam tipe berjenis rumput-rumputan yang memiliki ciri-ciri rongga dan ruas pada komponen batang. Bambu memiliki pertumbuhan yang sangat bagus, bahkan bisa di bilang paling cepat pertumbuhannya.  

Bambu bisa tumbuh sampai setinggi 91 cm atau rata-rata hampir 4 cm dalam hitungan jam saja. Di berbagai wilayah di Indonesia, bambu memiliki nama khas tersendiri. Contoh nama tersebut adalah : pring, buluh, aur dan eru.  

Bambu sangat mudah kita jumpai, apalagi di wilayah tropis seperti Indonesia. Bambu memiliki berbagai macam jenis tipe, diketahui memiliki 1250 tipe didunia.

Usaha Kerajinan dari Bambu yang Mudah di Buat dan Menguntungkan

Akan tetapi di Indonesia hanya terdapat 11 % dari tipe spesies yang asli. Bambu bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Mulai dari bangunan, berjenis-jenis perabotan, alat pertanian, kerajinan tangan dari bambu, alat musik dan yang paling menarik adalah makanan dari bambu.   

Dahulu pada jaman penjajahan, bambu malahan dijadikan sebagai senjata untuk berperang atau dikenal sebagai bambu runcing.

Jika anda mampu ber kreasi menggunakan media bambu, pasti ada banyak usaha untuk memasarkan kerajinan tangan dari bambu yang anda olah.

Mengawali Usaha Kreatif Kerajinan Bambu yang Menguntungkan 

Anda bisa merubah bambu menjadi macam-macam bentuk kerajinan yang unik dan menarik. Anda bisa mengaplikasikan keseluruhan komponen dari bambu mulai dari akar sampai batang bambu.  

Kerajinan bambu dapat menjadi salah satu kesempatan usaha yang menarik dan menjanjikan.

Wujud bambu yang unik, membuat bambu bisa diubah menjadi macam-macam benda yang usefull dan bernilai artistik.   

Bambu gampang didapat dan harganya pun cenderung murah. Sehingga anda tak membutuhkan modal yang besar untuk membuka usaha kerajinan bambu.

Usaha kerajinan bambu sangat cocok bagi anda yang kreatif dan mampu mengembangkan kerajinan tangan.  

Analisa Usaha Kerajinan dari Bambu yang Menguntungkan

Sebelum mengawali usaha kerajinan dari bambu, ada sebagian analisis usaha yang penting saat memilih bambu yang berkualitas.  

  1. Anda patut memilih bambu yang tak terlalu tua juga tak terlalu muda. Bambu yang terlalu tua akan susah disusun, sementara bambu yang terlalu muda akan mempunyai serat yang tajam.
  2. Pilihlah bambu yang mempunyai ruas searah dan panjang.
  3. Simpan bambu ditempat yang teduh dan tegakkan selama 5-6 hari. 

Anda bisa menciptakan bambu menjadi barang-barang yang ada disekitar anda.Anda dapat menyulap bambu menjadi bangku, tempat tidur, sendok, garpu, gelas dan masih banyak lagi.   

Kelemahan dan Kelebihan Usaha Kerajinan dari Bambu.

Kelebihan:

  1. Harga bambu yang murah menciptakan produksi bambu semakin banyak dan gampang untuk di buat. 
  2. Bahan yang cukup ringan dan banyak aneka variasi wujud yang dapat kita kreasi kan untuk di buat kerajinan tangan.
  3. Bahan cukup elastis, sehingga gampang ketika penyusunan.
  4. Bambu sendiri adalah bahan yang berasal dari alam, sehingga lebih ramah lingkungan dan aman.

Kekurangan:

  1. Ada sebagian ragam bambu yang susah untuk di bentuk, sehingga anda patut piawai dalam memilih bambu.
  2. Dalam pembuatannya, harus teliti karena sambungan yang cukup kompleks.
  3. Bambu mudah sekali terkena rayap, inilah kekurangan yang nampak apabila kita mengaplikasikan bambu sebagai media utama kerajinan tangan.

101 Ide Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Bambu yang Menjanjikan untuk Pemula

1. Virageawie

Virageawie adalah penemuan gitar bambu yang berasal dari Bandung. Gitar ini diproduksi oleh Indonesia Bamboo Community (IBC).

Virageawie mempunyai desain yang unik, sehingga banyak diminati oleh beragam kalangan mulai dari musisi sampai kolektor.   

Pengorder gitar ini tak cuma dari dalam negeri, melainkan juga sampai ke luar negeri. Gitar ini cuma diproduksi menurut pesanan. Satu unit virageawie di hargai dengan harga 3,5 juta.

2. Rumah lipat bambu

Bambang Wiajaya merupakan salah satu pengusaha asal Yogyakarta yang berhasil mengoptimalkan bambu menjadi hunian yang bisa dibongkar dan dipasang kembali.   

Rumah lipat bambu rancangan bambang sudah banyak diminati dan dipasarkan di negara-negara Eropa. Rumah lipat Bambang mengusung konsep Eco friendly.   

Padahal cuma berbahan bambu, dengan perhatian khusus rumah lipat bisa bertahan sampai lima tahun. Satu unit rumah lipat bambu di hargai 25 juta.  

3. Kerajinan akar bambu

Pernahkah anda ke Klaten dan memandang kerajinan dari akar bambu?   

Tahukah anda bahwa kerajinan ini sudah dijual tak cuma didalam negeri melainkan juga luar negeri. Bebek akar bambu yang berasal dari tempat klaten sudah menjadi salah satu komoditas ekspor mancanegara.   

Bukan hanya sebagai figure, tentu masih banyak lagi kerajinan dari bambu yang berhasil dipasaran.

Indonesia juga profesional dalam menciptakan sebuah kerajinan yang bisa diekspor ke mancanegara yang dapat dihargai jutaan sampai ratusan juta. Tunggu apalagi, apakah anda beratensi?  

4. Kerajinan dan anyaman dari bambu

Seperti yang kita tau bahwasannya anyaman merupakan variasi kerajinan seni Indonesia. Pastinya kita akan senantiasa melestarikannya hingga waktu yang tak ditentukan.

Jangan sampai tradisi dan karya Indonesia yang kita hasilkan dari tanah kelahiran sendiri di ambil oleh orang lain.

Anyaman bambu merupakan anyaman yang diwujudkan dengan mengaplikasikan bahan dasar bambu kering atau tua. Yang mana dengan bambu ini dapat diterapkan sebagai anyaman tanpa rusak atau pun patah.

Kita tau bahwa bambu muda memiliki serat yang masih banyak dan tajam, sehingga tak dapat dibuat untuk anyaman. Dan jika terlalu tua, bambu akan mudah patah bila diterapkan maupun dilekuk untuk menyusun pola.

Rupanya bambu juga dapat diterapkan sebagai pilihan bahan dapur yang murah. Anda butuh sedikit usaha untuk menjadikannya lebih berguna dan memiliki banyak fungsi.  

5. Tempat tisu dari anyaman bambu

Ayaman bambu dapat dibuat menjadi beragam souvenir yang mempunyai skor estetis.    Dengan membuat wadah tisu unik dari anyaman bambu, kau dapat menerima pendapatan tambahan dengan memasarkannya. Kerajinan ini dibuat bisa sebagai penghias ruangan dengan menaruh di meja tetamu.   

6. Aneka lampu tidur dari kerajinan anyaman bambu

Anyaman dari bambu dapat menciptakan beragam lampu hias yang unik dan memiliki ciri tersendiri untuk dihasilkan sebuah aksesoris mempercantik tampilan ruangan.   

Tetapi apabila mendesain ruangan kamar atau ruangan kerja, dapat dengan tema tradisional dan menambahkan lampu hias dari anyaman bambu ini.  

7. Rumah burung dari bambu

Mungkin cuma sebagian variasi burung saja yang pantas untuk mengaplikasikan kandang burung dari bambu. Rata-rata orang membuat kandang untuk burung, karena mempunyai keunggulan dalam bahan.   

Dengan bahan dari bambu kecil, membuat beratnya menjadi ringan. Sehingga perawatan malah juga gampang.

Sangkar dari sisi kekurangannya, umumnya gampang patah dan tak awet. Tetapi seperti ini juga dapat diwujudkan dengan membuat kayu. Kayu masih tergolong lebih gampang bila menggunakan bambu.  

8. Kerajinan kursi dari bahan bambu

Bambu juga dapat dihasilkan sebagai kerajinan yang unik dan bernilai tinggi. Sebut saja seperti tempat duduk makan, tempat duduk sandaran di depan rumah, atau tempat duduk ruang tetamu juga dapat. Dengan sedikit polesan dan ketekunan, bambu dapat dibuat menjadi barang yang bernilai mahal.  

9. Lonceng angin

Invonasi yang unik dan menenangkan dari lonceng angin ini membikin para pengrajin dari bambu kian banyak. Lonceng angin yang diciptakan dari bahan dasar bambu ini cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.  

Desain yang Indonesia banget dan mempunyai budaya yang kental akan original negara sendiri menghasilkan kerajinan ini kerap kali bertengger di rumah-rumah. Interior malah amat sedap untuk dilihat.  

10. Talang air

Bentunya yang mirip seperti selang membuat orang-orang kreatif untuk menghasilkan sesuatu benda yang lebih berguna.

Tanpa menyiapkan dompet yang dalam, kita dapat mengaplikasikan bambu sebagai sesuatu yang berguna.    Dengan sedikit kreatif dan usaha. Adanya talang air dari bambu juga sanggup membawa air dari sungai ke tempat penampungan air.   

11. Sepeda dari bambu

Sepeda dari bambu? aneh bukan? memang itu riil adanya. Indonesia mengeluarkan terobosan baru dengan membikin desain sepeda yang diwujudkan dari bambu.  

Keunggulan sepeda dari bambu ini malah amat banyak. Ringan dan enteng banget untuk dibawa, sepeda bambu ini juga lebih enak untuk diterapkan jalan.

Masih jarang orang yang menggunakan sepeda jenis ini, pastinya beda dari yang lain.   Untuk harga dan juga pembuatan tidaklah kecil.

Butuh uang yang lebih untuk membikin atau pun membeli sepeda dari bambu ini. Pun juga cukup susah untuk menemukan bambu yang pantas untuk dihasilkan sebagai sepeda.  

Belum lagi pelaksanaan pembuatann yang panjang. Pigura bambu yang ada retak sedikit saja maupun bengkok tak dapat dihasilkan kerajinan sepeda bambu. Jadi dapat dikatakan seimbang, uang yang wajib keluar untuk menerima 1 buah sepeda bambu ini.  

12. Kerajinan kapal dari bambu.

Bambu merupakan pohon yang sering di temui di kalangan masyarakat. Bambu juga dapat kita manfaatkan beragam tipe-tipe miniature, salah satunya kapal-kapalan dari bambu. Anda dapat memanfaatkan bambu menjadi barang yang memiliki daya jual tinggi.  

13. Kerajinan pigura dari bambu

Selanjutnya adalah anda bisa menggunakan bambu sebagai kerajinan tangan bingkai Foto, Pigura Kerajinan Tetapi Dari Bambu.

Bambu merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan manusia, secara khususnya pada desain interior ruangan.  

Bukan hal yang asing lagi bila kita berkunjung ke rumah-rumah modern atau pun tradisional, kita pasti menemukan barang-barang yang terbuat dari kerajinan bambu.

Contohnya saja seperti meja, tempat duduk, sepeda, alat musik, hiasan dinding, tirai, frame dan masih banyak lagi.  

Dari sekian banyak kerajinan tangan dari bambu, benda yang paling gampang diciptakan yaitu frame foto.

Kerajinan tangan dari bambu berupa frame foto ini tak banyak orang yang tahu bagaimana metode membuatnya. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mengambil kesempatan usaha kerajinan tangan dari bambu ini.  

14. Vas bunga dari bambu sederhana

Bambu merupakan tumbuhan yang mempunyai bentuk yang baik untuk funitur rumah. Ada banyak funitur dari bambu, contohnya saja meja, tempat duduk, gelas, teko, lampu tidur,vas bunga dan sebagainya.   

Funitur yang paling gampang diciptakan yaitu vas bunga. Dengan metode membuat vas bunga dari bambu simpel yang tak diterapkan lagi, kita dapat membuatnya sebanyak-banyaknya.   

Vas bunga dari bambu malah diciptakan dengan membutuhkan sebagian perlengkapan dan bahan yang gampang ditemukan. Ada gergaji, gabus, replika bunga, kater, dan sebagainya.   

Dengan membuat vas bunga dari bambu, kita bisa mengurangi bambu-bambu yang tak diterapkan lagi. Daerah profesi yang umumnya menggunakan bambu seperti pada saat membangun rumah.  

Nah itu dapat jadi lahan kita untuk minta izin mendapatkan bambu bekas itu. Kerajinan tangan dari bambu yang gampang ini amat lah kami rekomendasikan ke teman-teman.  

Karena di samping mudah dalam pembuatan, bahannya pun tergolong murah karena di ambil dari barang bekas.  

15. Tempat Pensil dari Kerajinan Bambu

Apakah anda ingin mengoptimalkan usaha di bidang craft?  

Pabila tertarik coba simak isu menarik di bawah ini. Anda dapat menerima ide metode membikin tempat pensil dari bambu dengan hasil yang amat menarik.  

Selain banyak di butuhkan oleh banyak orang, proses pembuatan juga sangat mudah. Harga jual yang di tawarkan untuk kerajinan tangan dari bambu yang satu ini juga lumayan tinggi.  

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai usaha kerajinan dari bambu yang gampang di buat dan menguntungkan untuk pemula.  Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.  

Previous

Peluang Usaha Cuci Motor Salju (Hidrolik) Sederhana yang Menjanjikan

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Koran Bekas yang Menguntungkan

Next
Previous

Peluang Usaha Cuci Motor Salju (Hidrolik) Sederhana yang Menjanjikan

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Koran Bekas yang Menguntungkan

Next

Tinggalkan komentar