Usaha Dagang Pakaian Laris Modal Kecil yang Menjanjikan

Memulai usaha dagang pakaian merupakan salah satu contoh bisnis menjanjikan di tahun ini yang bisa anda coba, apalagi untuk memulainya anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar bahkan tanpa modal.

Bisnis pakaian tanpa modal apakah bisa?

Bisa yaitu dengan menggunakan cara dropshiper atau membayar setelah barang ada yang sudah laku. Cara tersebut sudah banyak di lakukan oleh orang-orang yang belum merasa mampu dalam berbelanja pakaian dalam skala besar.

Usaha Dagang Pakaian
Usaha Dagang Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan utama yang harus di sediakan oleh orang-orang baik kalangan atas maupun bawah. Bisnis jualan pakaian kini sangat berkembang pesat terlebih kondisi fashion yang semakin berkembang pesat dan selalu berubah ubah modelnya.

Lalu bagaimana cara untuk memulai usaha dagang pakaian keliling maupun di rumah, simak artikel berikut ini.

Cara Sukses Memulai Usaha Jualan Pakaian Yang Menjanjikan

Sebelum memulai usaha dagang pakaian ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, mulai dari pemilihan model, sasaran konsumen, tempat strategis, sampai pengelolaan keuangan.

Sebenarnya banyak ide yang bisa anda kembangkan dalam pekerjaan ini, mulai dari dagang pakaian keliling, dagang pakaian anak, dagang pakaian bekas, sampai dagang pakaian murah.

Semua ide di atas dapat anda jalankan dengan baik apabila pengerjaanya secara maksimal dan konsisten.

Berikut ini merupakan langkah awal membangun usaha dagang pakaian yang menjanjikan untuk pemula.

Konsisten dan semangat tinggi

Konsisten dan semangat tinggi merupakan salah satu modal utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha termasuk saat menjalankan usaha dagang pakaian. Tidak jarang kita temui para pengusaha yang gagal dalam bisnisnya karena kurangnya semangat serta konsisten dalam pekerjaannya.

Bagaimana cara agar tetap konsisten dan semangat saat menjalankan usaha?

Salah satunya adalah terus berdoa dan selalu mencari tahu apa saja kesalahan yang pernah di lakukan saat bekerja, hal ini sangat penting di lakukan agar mengetahui kelemahan kita.

Untuk anda yang sulit untuk menjaga konsisten saat bekerja maka buatlah impian di sebuah kertas, tulis impian kalian di situ dan berjanji akan bekerja keras untuk dicapai.

Membuat brand sendiri atau menjadi distributor.

Anda harus berani mengambil keputusan saat menjalankan sebuah usaha meskipun kita tidak tahu nanti kedepan setidaknya sudah berusaha dan berjuang keras. Ada beberapa pilihan saat membangun bisnis pakaian yaitu membuat brand atau merk sendiri, menjadi distributor, dan menjadi seorang dropshiper.

Dari ketiga jenis usaha di atas ada kelemahan dan kelebihan yang akan di peroleh. Contohnya jika menjadi seorang dropshiper pakaian maka anda tidak perlu takut rugi karena tidak mengeluarkan modal sepeserpun.

Beda halnya jika anda memulai dengan membuat brand atau merk sendiri atau menjadi distributor maka harus mengeluarkan modal yang lumayan besar.

Memilih jenis pakaian yang akan di jual

Meskipun membuat brand sendiri atau menjadi distributor mengeluarkan modal yang cukup besar namun pendapatan yang di hasilkan juga besar. Dari pilihan jenis di atas, anda bisa memilihn sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki.

Sebelum memulai usaha dagang pakaian dengan omset yang tinggi maka lakukanlah analisa jenis pakaian apa yang akan anda jual. Hal ini sangat penting untuk di perhatikan karena mengingat target market konsumen sangat beragam dan belum tentu selera mereka sama.

Cara analisa target konsumen pada usaha jualan pakaian adalah dengan terjun langsung ke lokasi atau menanyakan langsung pada segelintir orang untuk mengetahui pakaian model apa yang sedang trend.

Ada cara lain untuk mengetahui jenis pakaian yang laris di jual di pasaran yaitu menggunakan media online seperti market place atau toko online.

Dalam toko online tersebut anda bisa melihat berbagai macam produk jenis pakaian yang sedang laris di pasaran dengan target pasar yang beragam.

Anda bisa menganalisa target konsumen di marketplace atau bisa juga menggunakan alat atau software seperti keyword planer.

Akan tetapi jika anda merupakan pengguna baru atau orang yang masih awam di bidang internet marketing maka di sarankan cukup menganalisa menggunakan toko online.

Mencari supplier

Dalam membangun bisnis khususnya di bidang fashion atau pakaian jika anda ingin menjadi seorang distributor maka hal yang wajib anda lakukan adalah mencari supplier.

Supplier yang bagus akan menentukan jalanya usaha yang anda bangun, karena barang yang anda stok bersumber dari supplier. Sebelum mencari supplier yang bagus ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu maslah jenis pakaian dan stok barang yang ada.

Jangan sampai stok barang yang mereka miliki sedikit dan nantinya malah akan menghambat proses penjualan anda. Selain menanyakan tok dan kualitas pakaian, anda juga harus memastikan apakah supplier tersebut mudah di hubungi atau tidak.

Bekerjasama baik dengan rekan bisnis

Jika langkah ketiga sudah anda jalankan yaitu mencari seorang supplier yang bagus maka selanjutnya adalah menjalin kerjasama yang baik dengan rekan kerja. Tidak sedikit pengusaha yang gagal dalam menjalankan pekerjaanya karena mereka tidak bisa menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis.

Melihat kejadian gagal yang sering di lakukan oleh seorang pengusaha harusnya kita bisa mencegah hal tersebut lebih awal agar potensi kegagalan dapat di hindari.

Jalin komunikasi dengan baik pada rekan bisnis, ajak berkumpul sesekali untuk silaturahmi atau membahas mengenai pekerjaan. Semakin baik anda menjalin kerjasama dengan rekan kerja maka potensi kesuksesan yang akan anda dapatkan juga tinggi.

Memberikan pelayanan terbaik pada konsumen

Pelayanan yang baik terhadap konsumen menjadi salah satu kunci cara dagang pakaian sukses bagi pemula. Untuk anda yang masih kurang dalam melayani konsumen maka rubah cara tersebut, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada usaha anda.

Kita harus menerapkan slogan “pembeli adalah raja” hal ini di lakukan agar mereka betah dan mau berbelanja di tempat anda. Pembeli adalah raja, maka selalu beri pelayanan terbaik pada konsumen kita. Selain memberikan pelayanan yang bagus anda juga bisa kombinasikan dengan memberikan harga diskon yang menarik pelanggan.

Memulai dari lingkungan sekitar

Jika anda merupakan seorang pengusaha pemula khususnya terjun di usaha pakaian maka saran saya adalah memulai jualan di lingkungan sekitar. Hal ini sangat bermanfaat karena bisa menjadi awalan atau pemanasan dalam memulai usaha dagang pakaian.

Berjualan pakaian di lingkungan sekitar juga mampu melatih kemampuan anda dalam berdagang pakaian dengan menjajakan dan menjual pakaian tersebut ke keluarga, teman dan kerabat terlebih dahulu. Cobalah untuk menjajakan ke tetangga atau teman anda, lakukan proses promosi dengan baik.

Contohnya adalah dengan memberikan penawaran harga terbaik seperti diskon tertentu atau beli 2 gratis 1. Dengan melakukan strategi penjualan yang baik maka keuntungan yang akan anda dapatkan maksimal meskipun hanya di lingkungan sekitar.

Jual pakaian di pinggir jalan

Jika anda sudah merasa cukup ilmunya karena sebelumnya telah mempromosikan pakaian di lingkungan sekitar maka anda bisa mencoba untuk dagang pakaian di pinggir jalan. Ini merupakan salah satu langkah yang efektif dalam menjalankan usaha pakaian, mengapa demikian?

Karena di pinggir jalan sendiri merupakan tempat yang paling strategis dalam memasarkan berbagai macam barang terutama pakaian. Untuk memulai berjualan pakaian di pinggir jalan anda cukup menyediakan tikar dan gantungan baju.

Agar pakaian tidak kotor maka bungkus satu per satu pakaian agar rapih dan tidak terkena debu. Berjualan pakaian di pinggir jalan tentu lebih menguntungkan pada tahap awal memulai usaha dari modal kecil, daripada anda membuka usaha dengan menyewa toko atau lapak di pasar.

Menyetok banyak pakaian yang terlaris

Salah satu tips ampuh yang bisa anda praktekan dalam menjalankan usaha dagang pakaian adalah dengan menyetok barang terlaris. Seringkali barang yang paling laris mengalami kelangkaan stok oleh para penjual, hal inilah yang bisa anda terapkan saat menjalankan usaha ini.

Mulailah menyetok pakaian dengan trend paling laris, kemudian langkah selanjutnya adalah menjualnya dengan teknik promosi yang benar. Mungkin cara menyetok barang dengan penjualan banyak ini sudah di ketahui oleh banyak orang, namun seringkali di abaikan bahkan tidak di jalankan.

Untuk itu anda yang sudah membaca artikel ini hendaknya memulai cara ini agar usaha anda mampu bertahan lama dan sukses. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai tips memulai usaha jual pakaian laris untuk pemula. Jika ada pertanyaan terkait tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih.

Tinggalkan komentar