Tips Usaha Kuliner Kekinian yang Menguntungkan dan Menjanjikan untuk Pemula

| |

Kuliner merupakan salah satu bisnis dengan prospek Yang baik, tak heran jika banyak yang tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner.

Lalu bagaimana ya kiat-kiat dalam mengolah bisnis ini?

Prospek Panjang Bisnis Kuliner Unik dan Kreatif

Kalau bicara wisata sebenarnya tidak harus bicara masalah wisata alam, bicara wisata itu banyak faktor indikatornya ada wisata alam, budaya, Kuliner maupun wisata event. Kalau saya khususkan di Semarang, jika kita bicara wisata budaya atau alam mungkin kalah dengan daerah-daerah yang lain seperti Bali atau Jogja.

Tips bisnis Kuliner Kekinian yang Menguntungkan dan Menjanjikan untuk Pemula

Saya melihat peluang di Semarang ini adalah ada sebuah wisata kuliner yang sekarang ini, menurut saya banyak dikunjungi para wisatawan di luar Semarang untuk mereka menikmati wisata kuliner di Semarang. Ini merupakan sebuah peluang, bicara kuliner tidak perlu harus sesuatu hal kuliner yang khas Semarang, tapi bisa kuliner kuliner dari daerah lain.

Nah ini sebenernya salah satu peluang bagi para pengusaha, khususnya pengusaha pemula untuk Bagaimana mengembangkan kuliner-kuliner yang bisa dibuat lebih menarik tempatnya ataupun makanannya. Sehingga ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi orang-orang diluar Semarang maupun khususnya orang Semarang sendiri.

Saat kita bicara sebuah bisnis apalagi mungkin makanan, kita tidak perlu lagi membuat sebuah hal yang baru. Kita menjadi seorang followers pun tidak ada masalah, intinya adalah sekarang bagaimana kita melihat kompetitornya aja.

Kalau dari sisi produk atau sisi konsumen kalau kita merasa yakin bahwa produk kita bagus dan konsumen kita banyak, Tinggal bagaimana kita melangkah dua kali ke depan dengan kompetitor kita. Kita cari di kelebihan dan kelemahan di tempat lain yang bisa kita tutupi.

Sebenarnya simpel saja strategi kita seperti itu, katakanlah dari sisi kebersihan, dari sisi harga, dari sisi pelayanan kita cari pesaing kita. Dan mencari kelebihan dan kelemahanya, harapannya min dan plusnya itu bisa kita tutup dan kita buat sebuah kelebihan buat usaha di bidang ini.

Mengapresiasi teman-teman pengusaha pemula yang ingin berusaha, yang menjadi permasalahan bahwa mereka ini kadang tidak didampingi oleh seorang mentor atau seorang pembimbing. Ibaratnya orang main catur kadang itu yang pinter harusnya melihat, bukanya main catur, inilah gunanya mentor.

Dengan mentoring ini sebenarnya mereka bisa melihat kelemahan-kelemahan apa saja yang ada di situ, itu yang pertama. Kedua biasanya mereka melihat dari sisi resultnya hasilnya, mereka tidak melihat dari sisi prosesnya jadi yang mereka tekankan adalah hasilnya-hasilnya-hasilnya.

Tapi mereka lupa bahwa proses-proses untuk mendapatkan seorang konsumen yang loyal, seorang konsumen yang akan kembali lagi ke restorannya mereka suka terhadap makanannya ini kadang-kadang mereka lupakan. Inti dari seorang ingin berbisnis menurut saya adalah sebuah keyakinan, komitmen dan kepercayaan.

cara memulai bisnis kuliner kekinian yang menguntungkan

Nah hal ini saja Sebenarnya anda mempunyai sebuah konsep dan punya ide, anda punya sebuah komitmen yang kuat tanggung jawab kepercayaan saya pikir nggak sulit untuk bisa menarik Para investor untuk membiayai usahanya itu. Hal ini merupakan sebuah PR terbesar bagi temen-temen pengusaha pengusaha pemula, biasanya mereka sudah punya konsep yang baik dan ide yang baik akhirnya berhenti karena hanya karena masalah modal.

Saya sangat menyayangkan saat pengusaha-pengusaha pemula ini selalu bicara masalah klasik, masalah permodalan permodalan padahal itu sebenarnya bukan salah satu modal utama bagi kita yang ingin memulai bisnis. Modal itu bisa dari pertemanan, bisa dari kepercayaan, bisa dari relasi sebenarnya banyak.

Modal itu salah satu sebenarnya, merupakan salah satu modal di luar aspek yang lain. Kita harus tahu kekuatan yang ada di usaha kita dan Apa kelemahan yang ada di usaha kita, itu saja sebenarnya Intinya. Jangan pernah cepat puas ininya, saat kita memulai bisnis dengan niat yang baik, saat kita memulai sebuah bisnis dengan cara-cara yang baik insya Allah menurut saya harapannya kita juga tidak dijahati.

Namun saya yakin bahwa sesuatu hal yang kita lakukan baik akan berkah, jadi saya pikir jangan takut dengan hal tersebut. Kalau saingan pasti ada, persaingan pasti ada dan itu adalah tantangan utama bagi para pengusaha untuk Bagaimana melewati sebuah tantangan.

Arnaz Agung Andrarasmara ketua kadin kota Semarang, pesan saya terhadap adik-adik pengusaha pemula. Satu pesan penting dari saya, bagaimana kita naik tanpa harus menjatuhkan orang lain, bagaimana kita berbuat baik tanpa harus menjelekkan orang lain dan bagaimana kita bisa maju tanpa harus menyakiti orang lain.

Mungkin itu saja dari saya mengenai cara memulai bisnis kuliner kekinian yang menguntungkan, jangan lupa terus kunjungi blog tambah mulyo untuk mendapatkan updatean artikel terbaru dari kami.

Previous

Kesuksesan Memulai Bisnis Keramik Dari Awal, Roy Wibisono

Usaha yang Menjanjikan dan Untung Besar Bagi Pemula, Bisnis Online Masa Depan

Next
Previous

Kesuksesan Memulai Bisnis Keramik Dari Awal, Roy Wibisono

Usaha yang Menjanjikan dan Untung Besar Bagi Pemula, Bisnis Online Masa Depan

Next

Tinggalkan komentar