Strategi Fasilitasi Apa Yang Cocok Diterapkan Kepada Masyarakat Desa Dalam Memasuki New Normal Ke Depan?

Covid 19 saat ini telah memberikan perubahan banyak bagi warga di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah berlangsung lama terjadinya penyebaran covid 19.

Saat ini pemerintah Indonesia telah merencanakan beberapa strategi dalam menghadapi pandemik virus. Salah satu cara yang akan di buat oleh pemerintah adalah new normal.

Strategi Fasilitasi Apa Yang Cocok Diterapkan Kepada Masyarakat Desa Dalam Memasuki New Normal Ke Depan?

Apa itu new normal?

Kenormalan baru atau new normal adalah sebuah istilah dalam sebuah bisnis dan ekonomi dan mengarah terhadap kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan pandemi COVID-19 di lansir dari Wikipedia.

Strategi Apa Saja Yang Harus Di Persiapkan Untuk Menghadapi New Normal?

1. Batasan sosial.

Batasan sosial di lakukan pada seluruh masyarakat, dan diturunkan ke level RT/RW atau skala yang lebih kecil.

Hal tersebut di lakukan agar penyebaran virus covid 19 bida di batasi dan di hambat. Kita tahu bahwa virus jenis ini merupakan salah satu yang penyebaran sangat cepat.

2. Membatasi area atau kluster.

Beberapa area atau kluster bisa buka tutup sesuai perkembangan kasus yang beredar saat ini. Beberapa cara seperti membatasi kontak sosial dari skala kecil di level RT/RW, desa atau kluster bisa di buka kembali dengan catatan wilayahnya telah menurun (terkendali).

Namun bisa juga terjadi penutupan daerah tersebut apabila ada kasus baru atau peningkatan kasus.

3.Pemimpin masyarakat yang aktif.

Di harapkan pemimpin di masyarakat baik RT, RW, atau Kades mampu aktif untuk memberikan pengarahan terhadap warganya.

Edukasi ke masyarakat sangat penting mengenai pandemik ini berbahaya dan sangat cepat penularan ke masyarakat lainnya.

Harapan nya pemimpin di desa bisa mengedukasi, menerapkan dan mengawal penerapan protokol kesehatan pada lingkungan mereka masing-masing.

Para ulama/pendeta di tempat ibadah, pengusaha di mal, restoran, pabrik, kepala sekolah atau rektor di lembaga pendidikan dan lainnya.

4. Bekerja di rumah.

Untuk masyarakat yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah maka di bolehkan untuk melakukan segala aktivitas khususnya bekerja di rumah saja.

Hal ini untuk menghindari penyebaran virus covid 19 yang lebih parah, apalagi virus ini sangat mudah penularan ke orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rentan.

5. Memperkuat imunitas.

Berhubung belum di temukan obat atau vaksin yang benar-benar mebasmi virus covid 19 ini, maka cara lain untuk menghambat pertumbuhan adalah dengan memperkuat imunitas tubuh.

Dalam memperkuat imunitas tubuh bisa di lakukan dengan cara makanan bergizi, mengkonsumsi suplemen tubuh, vitamin, istirahat cukup dan olahraga teratur.

6. Memperkuat fasilitas kesehatan dan peralatan medis di daerah.

Dalam rangka membuka kembali aktivitas perekonomian maka di harapkan peralatan kesehatan dan tenaga medis yang ada di desa mampu di perbanyak dan di lengkapi.

Hal ini bertujuan agar nantinya pada saat ada masyarakat yang sakit atau terdapat gejala seperti covid 19 mampu di tangani dengan baik dan cepat.

Fasilitas kesehatan yang di butuhkan seperti menambah fasilitas rumah sakit, ruangan ICU, ventilator, alat perlindungan diri (APD) untuk tenaga medis, laboratorium tes, dan ketersediaan tenaga medis.

Melengkapi peralatan medis serta fasilitas kesehatan di harapkan mampu melakukan penanganan dan perawatan yang lebih maksimal dan baik.

Apabila kita memperhatikan 6 strategi dalam mempersiapkan new normal nantinya, diharapkan Indonesia bisa menjaga isu kesehatan dan isu ekonomi.

Strategi fasilitasi yang cocok diterapkan kepada masyarakat desa dalam memasuki new normal ke depan seperti:

  1. Menggunakan masker apabila di luar rumah, serta selalu menyediakan cadangan di rumah. Apabila masker tersebut memakai kain maka cucilah setiap di pakai.
  2. Menyediakan Hand sanitizer, disinfektan semprot dan sabun cair.
  3. Tissu basah dan kering.
  4. Alat makan dan botol minum.
  5. Perlengkapan ibadah.
  6. Totebag buat kamu yang suka mampir belanja.
  7. Suplemen atau multivitamin untuk menambah stamina kamu.

Nah itulah beberapa strategi fasilitas yang harus di siapkan oleh masyarakat sebelum memulai kembali kehidupan normal yang akan di jalankan. Mungkin itu saja dari saya jika ada salah kata mohon di maafkan, terima kasih.

Tinggalkan komentar