Rahasia Memulai Bisnis Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Bisnis apa yang menguntungkan dan paling gampang untuk pemula?

Mungkin ucapan itu seringkali terngiang saat anda sedang melamun atau memikirkan ide untuk memulai sebuah kegiatan.

Dalam dunia bisnis apalagi di tahun milenial saat ini 2020, memulai sebuah usaha bukanlah perkara yang sulit.

Bahkan anda bisa memulai sebuah usaha meskipun tanpa modal atau modal yang di keluarkan kecil.

Umumnya saat ini banyak jenis bisnis yang menguntungkan di tahun 2020, contohnya saja usaha dagang yang sedang trend di kalangan milenial dengan memanfaatkan teknologi melalui pemasaran secara online.

Anak muda di jaman sekarang cenderung malas untuk menjadi seorang pegawai.

Rahasia Memulai Bisnis Yang Menguntungkan Bagi Pemula
Rahasia Memulai Bisnis Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Rata-rata saat ini sudah banyak kaum muda yang membuka usaha sendiri di rumah meskipun modal kecil dan hidup di pedesaan.

Alasan yang lainnya yaitu membuat mereka lebih memilih berbisnis adalah waktu yang tidak terikat, bisa dilakukan di mana saja, dan memberi penghasilan yang tidak terbatas.

Jika kita lihat para pengusaha yang sukses dalam menjalankan pekerjaannya terlihat mudah.

Namun jangan salah, karena sebelum para pengusaha meraih sebuah kesuksesan maka harus melewati fase di mana menemukan titik gelap.

Fase tersebut adalah tantangan dalam bisnis mulai dari kebangkrutan sampai modal yang kurang.

Namun anda tenang saja, karena di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah rahasia dimana sebelum memulai sebuah usaha maka harus menyiapkan berbagai strategi untuk minimalisir terjadinya kerugian.

15 Rahasia Sebelum Memulai Bisnis yang Menjanjikan untuk Pemula

Kerja Apa yang cepat menghasilkan uang?

Mungkin pertanyaan tersebut sering dikomentari oleh banyak orang yang masih bingung  dalam mencari pekerjaan.

Padahal jika kita rajin dan giat mencari informasi maka akan menemukan banyak sumber usaha yang bisa di kerjakan bahkan di tempat terpencil.

Berbisnis yang mudah dan menguntungkan bisa anda dapatkan jika memiliki ilmu dan strategi yang sudah di persiapkan, lalu bagaimana untuk memulainya? Simak penjelasannya berikut ini.

Membangun Sebuah Mindset atau Pemikiran Bisnis

Membangun sebuah mindset atau pemikiran bisnis yang pintar merupakan pondasi awal sebelum bekerja.

Di dalam sebuah mindset bisnis pasti berpikiran tentang untung dan ruginya sebuah usaha yang di jalankan.

Padahal untuk menjalankan sebuah bisnis pasti ada saja halangan yang akan di lalui sebelum menuju jalan kesuksesan.

Untuk mengatasi stress saat terjadi hal yang tidak di inginkan maka kita harus membangun sebuah mindset pebisnis yang pintar dan selalu berpikiran positif.

Hal ini di lakukan agar pekerjaan anda berjalan dengan lancar, meskipun nantinya ada halangan yang menghambat pasti sudah bisa mengantisipasi nya.

Kuatkan Niat Dalam Memulai Usaha atau Pekerjaan lain

Semangat dalam memulai sebuah bisnis atau pekerjaan lainnya membuat dampak yang paling berpengaruh pada saat menjalankannya.

Apabila anda memulai bisnis tanpa ada niat yang serius atau hanya menjalankan setengah hati maka saya yakin usaha yang anda jalankan tidak akan bertahan lama.

Berbeda ketika anda menjalankan sebuah usaha dengan niat dan tekat yang bulat maka hasil yang di dapat akan sama dengan kerja keras anda.

Seringkali para pengusaha khususnya pemula mengabaikan hal ini, kebanyakan dari mereka sudah menyerah dahulu saat mengalami hambatan dalam usahanya.

Padahal jika para pebisnis khususnya pemula memiliki semangat dan keseriusan dari awal saat menjalankan sebuah usaha, meskipun mengalami hambatan maka tidak akan menyerah.

Fokus Menjalankan Satu Bisnis

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis yang menguntungkan adalah fokus untuk mengembangkan satu pekerjaan yang di jalankan atau satu bidang.

Tidak jarang saya menemui banyak orang yang menjalankan banyak bisnis namun mereka kurang berhasil.

Alasannya adalah karena kurangnya memaksimalkan sebuah usaha atau kurang fokus terhadap pekerjaan yang di jalankan.

Alih-alih ingin mendapatkan kesuksesan atau keuntungan yang besar malah jadi tidak maksimal karena fokus untuk mengembangkan usaha terpencar oleh banyaknya jenis pekerjaan.

Memang tidak salah jika anda memiliki banyak usaha, namun jika tidak bisa memaksimalkan dan mengembangkan dengan baik maka fokus pada satu bidang yang anda kuasai.

Bisnis apa yang paling gampang untuk pemula?

Untuk bisnis yang bisa di jalankan oleh pemula cukup banyak, mulai dari berjualan mainan, ikan hias, sampai makanan ringan atau jajanan anak sekolah.

Menjalankan Usaha Dari Hobi atau Keahlian

Tahukah anda, menjalankan sebuah bisnis dari yang kita sukai akan berpotensi besar meraih kesuksesan daripada menjalankan pekerjaan yang belum tentu anda kuasai.

Alasan memilih sebuah bisnis yang anda sukai yaitu bisa di kerjakan dengan mudah dan sudah paham mana saja yang harus di kerjakan.

Bukan hanya itu, saat menjalankan sebuah usaha dari apa yang kita sukai apabila mendapatkan sebuah masalah pasti mudah untuk di selesaikan masalahnya.

Contoh bisnis yang menguntungkan dari hobi atau yang di sukai adalah beternak burung hias, budidaya tanaman hias, modifikasi motor, dan masih banyak lainnya.

Lalu usaha apa yang bagus dengan modal kecil?

Jika di pikir mungkin akan sulit, namun hal ini ada loh ternyata. terdapat usaha yang bisa di jalankan dengan baik meskipun modal yang di miliki kecil, yaitu menjadi seorang dropshiper.

Melihat Peluang Bisnis Sekitar Lingkungan

Tidak jarang banyak orang yang melupakan kalau ada berbagai peluang usaha yang menjanjikan di sekitaran lingkungan.

Padahal jika anda teliti maka tidak usah bingung atau pun pusing memikirkan ide peluang  usaha yang menjanjikan.

Untuk mendapatkan ide peluang usaha, anda bisa mengamati kelebihan dan kelemahan dari lingkungan yang anda tempati.

Apakah di tempat tersebut masih kurang orang yang membuka jasa atau berjualan dagangan tertentu.

Jika ada peluang berdagang menguntungkan di lingkungan anda akan memaksimalkan peluang tersebut karena berpotensi meraih kesuksesan yang tinggi.

Menganalisa Kelebihan yang dimiliki Pesaing atau kompetitor.

Sebelum memulai usaha sebaiknya anda pintar dalam menganalisa kompetitor atau lawan usaha yang akan anda hadapi.

Jangan sampai lawan anda merupakan perusahaan besar atau yang sudah terpercaya di masyarakat.

Alasannya adalah akan sulit untuk membangun brand dari awal apalagi jika pesaing anda merupakan company atau perusahaan yang sudah jelas memiliki nama di masyarakat.

Namun jangan patah semangat dahulu, untuk mengakali hal tersebut anda bisa meyakinkan konsumen atau masyarakat kalau produk atau brand yang anda miliki lebih unik dan berkualitas.

Tempat Usaha yang Strategis

Memulai sebuah bisnis jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar memang perlu banyak pertimbangan dan strategi, khususnya melihat aspek tempat usaha yang cocok.

Salah dalam pemilihan tempat lokasi usaha maka akan berdampak pada jalanya sebuah usaha.

Lokasi usaha mempengaruhi perkembangan bisnis yang di jalankan, salah satunya jika lokasi usaha mudah di jangkau dan dekat dengan pusat keramaian maka akan cenderung ramai.

Melakukan Promosi Secara Tepat

Melakukan promosi nampaknya menjadi hal yang wajib jika anda memulai sebuah usaha, khususnya baru memulainya.

Tidak mungkin konsumen atau masyarakat akan gampang dan mudah percaya begitu saja tanpa adanya pengenalan produk ke mereka.

Banyak teknik promosi yang bisa anda gunakan, mulai dari yang berbayar sampai gratis.

Media promosi juga berbagai macam jenis, mulai dari televisi, brosur, media online, spanduk, dan masih banyak lagi.

Manfaat dari promosi secara tepat adalah bisa meningkatkan penjualan, menarik minat konsumen, dan menunjukkan kualitas produk.

Memanfaatkan sosial Media

Zaman modern seperti saat ini mayoritas anak muda bahkan orang tua sudah banyak yang menggunakan sosial media.

Hal ini bisa menjadi lahan promosi yang luas serta akurat.

Selain melakukan promosi kepada follower sosial media, anda juga bisa berkomunikasi 2 arah dengan semua konsumen.

Sehingga anda lebih mudah mendapatkan feedback yang bisa dijadikan acuan untuk memajukan bisnis lebih baik lagi kedepan nya.

Melakukan Hal yang Unik

Menciptakan produk baru dan unik menjadi aspek penting dalam membangun bisnis yang menguntungkan saat ini. Kenapa demikian?

Karena konsumen sudah mulai bosan dengan produk yang itu-itu saja tanpa adanya pembaruan.

Alasan pembuatan produk yang unik adalah agar bisnis bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga konsumen akan merasa puas dengan produk anda.

Akan tetapi perlu di perhatikan bahwa bukan hanya keunikan nya saja, namun kebutuhan dari konsumen yang paling utama harus terpenuhi terlebih dahulu.

Kekompakan Tim

Kekompakan dari sebuah tim kerja menjadi salah satu faktor penting yang menentukan tumbuh kembangnya usaha yang anda jalankan.

Saat anda memulai sebuah bisnis dan harus merekrut beberapa karyawan untuk di jadikan sebuah tim maka pilihlah yang memiliki integritas tinggi dalam bekerja.

Karena namanya merintis pasti akan banyak cobaan dan halangan yang harus dilalui.

Saat anda menemukan sebuah anggota tim yang kurang produktif dan malas, maka bimbinglah namun jika sudah tidak bisa maka bisa mencari pengganti.

Belajar dari Kesalahan

Tidak semua pekerjaan berjalan dengan lancar, apalagi saat menjalankan sebuah bisnis baru pasti ada saja menemui masalah.

Dari kesalahan yang anda dapatkan saat memulai usaha bisa menjadi sebuah pelajaran yang berharga dan tidak mungkin akan di ulangi nantinya.

Kesalahan yang pernah anda alami mungkin bisa menjadi penyempurna hal yang akan di perbaiki di masa mendatang.

Mendengarkan Kritik dan Saran Konsumen

Ciri-ciri seorang pebisnis yang akan maju adalah selalu mendengarkan kritik dan saran dari konsumen mereka.

Jika menerima kritik dan saran artinya bisnis anda masih memiliki banyak kekurangan, jangan merasa anda seakan-akan diserang oleh para konsumen.

Karena pada dasarnya kritikan yang di berikan ke anda untuk menyempurnakan usaha yang anda jalankan, jadi tidak usah khawatir masalah tersebut.

Mengelola Uang Dengan Baik

Meskipun usaha yang anda jalankan sangat maju namun akan cepat runtuh jika tidak di barengi dengan pengelolaan uang baik.

Berbeda halnya jika anda memiliki usaha namun pintar dalam mengelola keuangan perusahaan maka akan berjalan dengan lancar dan maju.

Tips di atas bisa anda gunakan saat membangun sebuah bisnis yang menguntungkan di rumah.

Perhatikan seriap  aspek penting dalam membangun sebuah usaha, karena jika salah satu aspek tersebut gagal di jalankan maka usaha kurang berjalan dengan baik.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai rahasia memulai bisnis yang menguntungkan bagi pemula, bagi anda yang ingin bertanya seputar tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar