Proses Lengkap Pengolahan Minyak Bumi dan Hasil Pengolahan Minyak Bumi

| |

Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang proses lengkap pengolahan minyak bumi dan hasil pengolahan minyak bumi.

Apa sih minyak bumi itu ?

Minyak bumi adalah suatu cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, dan letaknya di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.

Pada produk-produk yang kita gunakan setiap hari, terdapat produk yang dihasilkan dari proses pembentukan minyak bumi. Namun banyak dari kita yang belum mengetahui mengenai produk hasil pengolahan minyak bumi, padahal produk itu banyak di sekitar kita.

Lalu dimanakah proses penyempurnaan minyak bumi agar dapat digunakan oleh manusia?

Untuk proses pembentukan minyak bumi di lakukan di kilang minyak, nah untuk kilang minyak sendiri ada yang berada di lokasi tengah laut maupun di daratan.

Proses Lengkap Pengolahan Minyak Bumi dan Hasil Pengolahan Minyak Bumi
Proses Lengkap Pengolahan Minyak Bumi dan Hasil Pengolahan Minyak Bumi

Mungkin banyak dari kita yang hanya mengetahui produk dari minyak bumi adalah bensin, solar, minyak tanah, gas, dan sebagainya.

Namun masih banyak lagi produk yang belum kalian tau, untuk itu pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskannya secara rinci mengenai proses pengolahan minyak bumi dan hasil produk minyak bumi.

Pada awal pengolahan minyak bumi agar dapat di gunakan sehari – hari membutuhkan waktu yang cukup lama. Prosesnya pun tergolong rumit karena sebelum di gunakan, minyak bumi harus di sterilkan dahulu.

Terdapat berbagai macam komposisi pada minyak bumi yang terdiri dari senyawa hidrokarbon yang berbeda – beda.

Senyawa hidrokarbon ini seperti : Alkana, Sikloalkana, dan hidrokarbon aromatik, komposisi ini berupa material – material yang terkandung di dasar bumi yang terpemdan selama berjuta tahun yang lalu.

Bagaimana cara mengolah minyak bumi agar dapat di gunakan di kehidupan sehari – hari ?

Untuk cara mengolah minyak bumi terdapat beberapa tahapan yang harus di lalui. Selain itu di kerjakan oleh ahli yang ada di bidangnya.

Baca Juga : Teori dan Proses Pembentukan Minyak Bumi.

Karena pekerjaan ini tidak sembarang orang yang mengerjakan. Anda bisa menyimak tahapan dalam proses pengolahan minyak bumi di bawah ini.

Tahapan – tahapan Pengolahan Minyak Bumi Menjadi Sempurna.

Agar lebih jelas dalam memahami proses pengolahan minyak bumi, anda bisa melihat gamar yang sudah saya sediakan di bawah ini.

Destilasi

Pada proses yang pertama adalah proses Destilasi bisa disebut dengan Fraksinasi adalah suatu proses utama yang harus dilakukan pada minyak bumi. Pada proses tersebut minyak bumi akan dipisahkan berdasarkan titik didihnya.

Pada proses destilasi harus dilakukan pada tanur tinggi serta tidak ada udara dan harus mendapatkan tekanan sebesar 1 atmosfer, pada suhu yang mencapai 370 C.

Jika proses destilasi di lakukan, maka minyak bumi akan terpisah dengan minyak bumi yang memiliki titik didih rendah berada di atas tanur, dan titik didih tinggi akan berada di dasar tanur.

Cracking

Pada proses destilasi menghasilkan suatu fraksi – fraksi yang akan di murnikan (Refinery) pada proses selanjutnya yaitu proses cracking.

Pengolahan minyak bui pada proses cracking bertujuan untuk pengurangan molekul-molekul besar senyawa hidrokarbon menjadi molekul-molekul hidrokarbon yang lebih kecil. Contohnya saja seperti pengolahan fraksi minyak solar atau minyak tanah menjadi bensin.

Terdapat 3 cara yang bisa di gunakan pada proses cracking, yaitu dengan menggunakan cara panas (thermal cracking), cara katalis (catalytic cracking), dan hidrocracking.

Reforming

Jika sudah melewati fase pemurnian di proses melalui cracking maka tahapan pengolahan minyak bumi yang selanjutnya yaitu proses reforming.

Metode reforming merupakan suatu proses mengubah struktur molekul fraksi. Dan memiliki kualitas yang jelek menjadi fraksi yang memiliki kualitas baik. Dilakukan dengan penggunaan katalis atau proses pemanasan.

karena proses ini bertujuan sebagai pengubah struktur molekul, maka proses ini di sebut dengan proses isomerisasi.

Alkilasi dan Polimerisasi

Pada fraksi – fraksi minyak bumi yang dihasilkan dari proses pengolahan minyak bumi mentah yang sudah di perbaiki struktur molekulnya lalu berlanjut ke proses alkilasi dan polimerisasi.

Pada proses alkilasi merupakan tahap menambahkan jumlah atom pada fraksi sehingga molekul fraksi menjadi lebih panjang dan bercabang.

gambar proses pengolahan minyak bumi
Proses Lengkap Pengolahan Minyak Bumi dan Hasil Pengolahan Minyak Bumi

Penambahan katalis asam kuat seperti HCl, H2SO4, atau AlCl3 (suatu asam kuat Lewis) dilakukan pada proses alkilasi.

Lalu polimerisasi merupakan suatu tahapan menggabungkan molekul – molekul kecil menjadi molekul yang lebih besar pada fraksi sehingga kualitas produk akhir akan lebih meningkat.

Treating

Selanjutnya adalah proses Treating, yaitu suatu proses yang bertujuan untuk memurnikan fraksi dari minyak bumi.

Pada saat sesudah melewati fase eliminasi bahan – bahan sisa atau yang sudah tidak di proses lagi yang terbawa pada pengolahan minyak mentah.

Bahan – bahan sisa yang di hilangkan pada proses treating itu adalah bahan yang memiliki bau tidak sedap. Dengan cara proses copper sweetening dan doctor treating semua kotoran tersebuat akan terangkat.

Lumpur dan warna melalui proses acid treatment yang panjang, paraffin melalui proses dewaxing, aspal melalui proses deasphalting, dan belerang melalui proses desulfurizing.

Blending

Selanjutnya adalah tahapan paling akhir yaitu Blending. Proses blending merupakan suatu proses pengolahan minyak bumi yang sudah layak untuk di gunakan di kehidupan sehari – hari.

Proses blending juga melakukan peningkatan mutu atau kualitas dengan cara menambahkan bahan – bahan zat aditif ke dalam fraksi minyak bumi.

Jika bahan – bahan aditif tersebut ti tambahkan ke dalam proses pengolahan minyak bumi maka kualitas yang dihasilkanya pun akan lebih baik.

Bahan aditif yang dicampurkan adalah tetra ethyl lead (TEL). TEL yaitu bahan aditif yang bertujuan untuk menaikkan bilangan oktan pada bensin.

Hasil dari Pengolahan Minyak Bumi

Produk apa saja yang bisa di hasilkan dari proses pengolahan minyak bumi ?

Nah untuk hasil pengolahan di dapatkan seperti : Bensin, Solar, Pertalite, Pertamax, Bahan baku pembuatan aspal, Bahan baku pembuatan produk – produk kimia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Daerah Penghasil Minyak Bumi Di Indonesia.

Dari hasil pengolahan minyak di atas terdapat berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal salah satu caranya adalah dengan fraksi minyak bumi.

Pengertian dari Fraksi minyak bumi yaitu suatu hasil olahan minyak bumi menerapkan proses teknik penyulingan untuk memisahkan penyusun minyak bumi berdasarkan titik didihnya.

Jadi sudah tau kan sekarang pada proses pengolahan minyak bumi dan hasil dari pengolahan minyak bumi. Jangan lupa untuk terus kunjungi website kami, karena jika anda mengunjungi website kami maka anda akan mendapatkan pengetahuan yang lebih.

Pembahasan Lengkap Teori dan Proses Pembentukan Minyak Bumi

Next

Pembahasan Lengkap Teori dan Proses Pembentukan Minyak Bumi

Next

Tinggalkan komentar