Promosi Kesehatan: Definisi, Sasaran, Elemen Fokus, dan Penerapanya

| |

Pada saat usaha dalam meningkatkan perilaku manusia yang sehat serta bersih dalam menangani masalah di bidang kesehatan, mencegah maupun menangani suatu penyakit harusnya dilakukan suatu promosi kesehatan.

Promosi Kesehatan: Definisi, Sasaran, Elemen Fokus, dan Model Penerapan

Apabila diterapkan dalam lingkungan masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan perilaku yang baik serta dapat memecahkan masalah kesehatan umum dengan cara menanggulangi serta mencegahnya.

Definisi Promosi Usaha Secara Umum

Pengertian promosi kesehatan menurut Wikipedia merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang dan mengubah perilakunya dari yang kurang sehat menjadi sehat.

Kesehatan yang di maksud di penjelasan kali ini adalah membangun kekuatan fisik, emosi, spiritual, serta intelektual agar menjadi lebih baik.

Dalam melakukan promosi kesehatan bukan hanya berkampanye untuk mendorong seseorang memulai gaya hidup sehat, namun memiliki kaitan dengan perubahan lingkungan yang menjadi lebih baik.

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat.

Pengertian promosi kesehatan menurut WHO adalah proses peningkatan pengendalian diri di setiap individu dalam meningkatkan kesehaatan.

Mengubah sebuah gaya hidup dapat difasilitasi dengan cara penggabungan:

  1. membuat wilayah di lingkungan yang mendukung,
  2. mengubah sebuah perilaku, dan
  3. meningkatkan suatu kesadaran diri seseorang.

Pada saat diadakanya Konferensi Internasional Promosi Kesehatan I yang berada di Ottawa, Kanada, mendapatkan suatu kesepakatan bersama yang sebut sebagai Piagam Ottawa. Pada piagam ini tercantum sebuah strategi dalam peningkatan kontrol masyarakat terhadap kesehatan mereka sendiri.

Sasaran Promosi Kesehatan

Pada saat anda melakukan kegiatan promosi kesehatan, terdapat beberapa sasaran untuk mempromosikanya diantaranya yaitu :

  1. Sasaran Primier adalah sasaran utama, contoh seorang pasien, orang yang sehat, dan sebuah keluarga yang berada dalam komponen masyarakat.
  2. Sasaran sekunder seperti tokoh masyarakat yang berada dalam lingkungan sekitar, baik itu peuka formal (petugas kesehatan, informal (tokoh adat maupun agama), sebuah organisasi masyarakat dan media masa.
  3. Sasaran tersier merupakan salah satu pembuatan kebijakan public yang isinya tentang peraturan perundang – undangan di bidang kesehatan maupun bidang lainya. Tidak ketinggalan pula seseorang yang mampu mefasilitasi dan memberikan sumber daya.

Elemen Promosi Kesehatan

Dalam melakukan promosi kesehatan, terdpat 5 elemen penting yang ada di dalanya yaitu :

  1. elemen fisik yaitu sebuah elemen yang meliputi bagian tubuh manusia, nutrisi, perawatan medis, serta pengendalian terhadap bahaya obat – obatan terlarang.
  2. Intelektual yaitu berkaitan dengan pemikiran, edukasi, peningkatan karir serta prestasi.
  3. spiritual yaitu kemurahan hati, sebuah harapan, serta kebaikan yang ada dalam diri seorang.
  4. Emosional yaitu termasuk dalam manajemen stress dan krisis dalam emosional.
  5. Sosial yaitu terdapat dalam lingkungan masyarakat, termasuk komunitas, sebuah keluarga, dan seorang teman.

Model Promosi Kesehatan

Telah dijelaskan diatas bahwa sebuah definisi promosi kesehatan telah diadopsi secara universal. Setelah 30 tahun terakhir kali ini, sudah membentuk beberapa model promosi kesehatan.

  1. Contohnya adalah model kesehatan biomedis (dibuat pada saat sebelum tahun 1970), dengan cirri fokus pada sifat dan gaya hidup sehat seseorang.
  2. Model kesehatan social (yang dilakukan pada tahun 1970-an hingga di terapkan sampai saat ini), dengan ciri – ciri membahas sebuah faktor – faktor yang lebih luas dari kesehatan, serta melinatkan kolaborasi antar sektoral.
  3. Model ekologi kesehatan (diawali dari tahun 1970-an hingga saat ini), dengan ciri-ciri mempercayai adanya suatu timbal balik antara perilaku kesehatan dan lingkungan masyarakat. Lingkungan ini terbagi menjadi beberapa subsistem yaitu mikro, meso, expo dan macro.

Kesimpulan

Pada intinya, kegiatan promosi kesehatan adalah sebuah rancangan yang bersifat umum, dan berbanding terbalik jika kita bandingkan dengan pencegahan penyakit yang hanya berfokus pada sebuah penyakit.

Dalam penyebaran sebuah promosi kesehatan tidak hanya sebagai pencegahan penyakit, akan tetapi lebih mencakup pengaruh positif yang lebih luas. Mungkin itu saja pembahasan saya kali ini, jika ada yang kurang tepat mohon maaf yang sebesar-besarnya, salam hangat admin tambahmulyo.

Previous

Bisnis Ternak Kambing Modern, Perhitungan dan Analisa Secara Lengkap

Kumpulan Ide Usaha Kecil Sukses di Daerah Sepi

Next
Previous

Bisnis Ternak Kambing Modern, Perhitungan dan Analisa Secara Lengkap

Kumpulan Ide Usaha Kecil Sukses di Daerah Sepi

Next

Tinggalkan komentar