Penjelasan Perbedaan Antara Distributor, Suplier, Agen, Reseller Dan Dropshiper

Jika anda sudah terjun ke dunia usaha apalagi yang sudah lama pasti sudah tidak asing jika mendengar kata distributor, reseller, supplier, agen, dropshiper.

Istilah istilah tersebut merupakan salah satu bentuk dari berdirinya suatu usaha atau bisa di bilang suatu manajemen usaha.

Walaupun banyak orang yang familiar mendengar kata tersebut, akan tetapi masih ada yang belum mengerti makna dan perbedaan sebenarnya.

Penjelasan Perbedaan Antara Distributor, Suplier, Agen, Reseller Dan Dropshiper

Terkadang ada pula orang yang salah saat mengartikan dan membedakan istilah tersebut.

Istilah tersebut sering kali kita jumpai apalagi jika anda menjalankan bisnis jualan online, pasti sudah terbiasa mendengarnya.

Istilah tersebut memiliki makna membedakan tingkat suatu usaha. Agar tidak keliru saat mengartikan, mari kita simak penjelasanya di bawah ini.

Pengertian Distributor, Suplier, Agen, Reseller dan Dropshipper.

Mengenai perbedaan dan pengertian dari istilah-istilah yang sering didengar oleh para pengusaha, mungkin belum banyak yang memahaminya.

Oke daripada kita lama-lama menunggu langsung saja kita simak bagaimana pengertian istilah tersebut yang benar.

Apa yang di maksud dengan Distributor?

Distributor adalah seorang yang menyetok barang dengan berbelanja langsung ke produsen langsung.

Biasanya distributor membeli produk telah jadi atau sudah instan. Setelah berbelanja ke produsen secara langsung, maka seorang distributor akan menjualnya ke perantara lainnya.

Biasanya distributor mengirimnya ke toko-toko maupun warung yang akan menjual produknya ke konsumen.

Seorang distributor di jalankan oleh perorangan saja, namun terkadang ada yang di jalankan secara perusahaan.

Produk yang di jual oleh distributor biasanya beragam jenisnya, jadi tidak hanya terpaku pada satu jenis saja.

Distributor memiliki keuntungan harga selisih dari yang di peroleh pabrik maupun produsen dengan harga penjualan pada toko-toko.

Semakin banyak distributor mendirikan produk ke toko-toko maka keuntungan yang di dapatkan juga semakin besar. Jadi bisa di katakan kalau distributor merupakan pihak ke 2 sebelum jatuh ke tangan konsumen.

Apa yang di Maksud dengan supplier?

Supplier adalah seorang atau pelaku usaha yang menjalankan bisnis dengan berjualan bahan saja, dan nantinya akan diproses oleh perusahaan lain. Jadi intinya adalah jika supllier hanya menjual produk berbahan mentah saja.

Penjualan juga langsung ke perusahaan yang akan mengolahnya menjadi produk atau barang jadi.

Contoh dari usaha supplier adalah, pada saat seseorang menjual kain ke konveksi untuk di jadikan baju yang telah jadi sempurna. Nah disini kita hanya berperan sebagai penjual bahan mentah saja.

Apa yang di maksud dengan Agen?

Agen adalah seorang perantara jembatan penghubung distributor ke toko. Seorang agen berperan penting dalam membantu distributor dalam menyalurkan produknya ke toko-toko kecil di pedesaan.

Jika distributor memiliki barang yang banyak dan beragam, maka kalau agen barang yang di sediakan terbatas.

Keuntungan yang di dapatkan jika anda menjadi agen adalah modal yang dikeluarkan tidak sebesar seperti distributor.

Apa yang di maksud dengan Reseller?

Reseller adalah seorang penjual yang mendapatkan barang dari agen lalu menjualnya langsung ke kunsumen terakhir. Di jaman modern seperti saat ini, menjadi seorang reseller sangat di minati oleh banyak orang.

Apalagi dengan adanya dukungan internet yang bisa menjual berbagai barang sampai ke penjuru nusantara.

Untuk modal yang diperlukan jika ingin membuka usaha reseller cukup kecil. Contoh dari reseller adalah toko kelontongan atau retail.

Apa yang di maksud dengan Dropshipper?

Dropshiper adalah salah satu usaha tanpa modal dengan keuntungan yang menjanjikan. Kenapa bisa begitu?

Hal ini terjadi karena dropshiper hanya membutuhkan gambar dan sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan distributor untuk menjualnya. Arti kata dropshiper dengan reseller terdapat satu kesamaan, namun ada beberapa hal yang sangat membedakan.

Perbedaanya yaitu, jika reseler harus menyetok barang untuk di jual namun jika dropshiper tidak perlu menyediakan barang. Selain itu keuntungan seorang dropshiper juga besar dan potensi kerugianya sangat kecil bahkan tidak ada.

Jadi gimana, sudah tau kan apa perbedaan antara distributor, suplier, agen, reseller dan Dropshiper.

Mungkin jika anda masih bingung tentang penjelasan saya di atas, silahkan hubungi saya atau tulis komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar