Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi

Jika anda mendengar kata promosi maka sudah tidak asing di dengar, apalagi kita sering menjumpainya di berbagai tempat.

Promosi sering digunakan orang sebagai media untuk memberitahu kepada publik mengenai usahanya atau suatu produk yang akan dijualnya.

Promosi sangat banyak jenisnya, contohnya saja melalui media obrolan antara teman dan orang sekitar, melalui radio, internet, televisi, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi di dalam lingkungan masyarakat masih terdapat orang yang belum mengetahui tentang promosi. Khususnya pengetahuan mengenai tujuan di adakan suatu promosi dan contoh – contoh konkret tentang promosi.

Baca Juga : Contoh Peluang Kerja Sama Tanpa Modal Untung Besar.

Promosi adalah suatu kegiatan atau upaya untuk memasarkan suatu produk maupun jasa, yang di lakukan seseorang dan memberitahukan sebuah informasi tentang produk tersebut ke publik.

Tujuan sebuah promosi adalah agar konsumen menjadi penasaran, sehingga membuatnya tertarik untuk membeli produk yang di promosikan.

Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi
Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi

Diharapkan dengan dilakukan promosi maka angka penjualan suatu barang menjadi meningkat, nah itulah pengertian promosi secara umumnya.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Jika anda sudah tau pengertian umumnya, sekarang kita simak pengertian menurut para ahli, karena kita juga harus tau semuanya tentang pengertian promosi bukan hanya satu sumber saja.

1. Harper Boyd

Menurut Boyd, arti atau makna dari sebuah promosi adalah tujuan tertentu untuk membujuk orang agar tertarik dan menerima produk, konsep serta gagasanya.

2. Swastha

Menurut Swastha, makna dari sebuah promosi adalah persuasi satu arah yang diciptakan agar orang lain terpengaruh dan bertujuan pada hal yang membuat pertukaran dalam suatu pemasaran.

3. Boone & Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, pengertian promosi adalah suatu proses yang memberikan informasi, membujuk, dan mempengaruhi pada pengabilan keputusan pembelian.

4. Tjiptono

Menurut Tjiptono, pengertian promosi adalah suatu aktivitas komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi atau merayu dan mengingatkan sasaran konsumen atas perusahaan serta barangnya.

Agar bersedia terima, membeli, dan setia pada produk yang dipromosikan suatu perusahaan yang berkaitan.

5. Kotler

Menurut Kotler, arti dari sebuah promosi adalah suatu fase atau sebuah proses strategi suatu pemasaran sebagai cara tepat dalam berkomunikasi kepada pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.

6. Gitosudarmo

Penjelasan dari Gitosudarmo, arti dari sebuah promosi merupakan suatu aktivitas yang tujuan utamanya adalah untuk mempengaruhi konsumen.

Agar mengetahui suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka lalu mereka akan menjadi senang lalu membeli barang tersebut.

7. Rambat Lupiyoadi 

Penjelasan menurut Rambat Lupiyoadi, Promosi merupakan suatu variable didalam bauran pemasaran yang memiliki nilai penting dan harus dijalankan oleh suatu perusahaan pada saat memasarkan produk jasa.

Aktivitas promosi tidak hanya bertujuan untuk alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, namun juga digunakan sebagai suatu alat agar konsumen terpengaruh pada kegiatan pembelian ataupun menggunakan jasa sesuai dengan keinganan dan kebutuhannya.

8. Gitosudarmo 

Menurut Gitosudarmo, Promosi meupakan suatu aktivitas yang bertujuan agar konsumen terpengaruhi dan mereka menjadi lebih mengenali produk yang dipromosikan oleh perusahaan terhadap mereka. Diharapkan mereka kemudian menjadi tertarik untuk mendapatkan produk tersebut.

Tujuan Umum Dari Promosi

Setiap orang memiliki tujuan yang akan dituju saat melakukan promosi. agar pencapaianya didapatkan pada tujuan tertentu, terdapat tujuan suatu promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah :

1. Menyebarkan Informasi 

Artinya berguna untuk menyebarluaskan sebuah informasi dari produk tertentu terhadap calon konsumen yang cocok.

2. Mendapatkan Pelanggan

Artinya memperoleh calon konsumen baru dan menjaga kepercayaan dari konsumen tersebut.

3. Menaikan Penjualan

Berfungsi agar penjualan semakin naik sehingga laba/keuntungan yang di dapat bertambah banyak.

4. Perbandingan Barang

Berfungsi sebagai  bandingan dan mengunggulkan produknya dibandingkan pada produk kompetitor.

5. Menaikan Nilai Positif Produk

Berfungsi untuk branding atau membentuk nilai produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan, dengan kata lain memberikan informasi kepada calon konsumen bahwa produk ini memiliki banyak kelebihan.

Kesimpulannya, tujuan utama dari sebuah promosi yaitu produsen atau seorang distributor akan memperoleh kenaikan angka penjualan dan peningkatan profit atau sebua keuntungan.

Jenis-Jenis Promosi Secara Umum

Dengan teknik pemasaran yang bermacam- macam jenisnya sudah menciptakan banyak bentuk dan trik promosi yang menarik pula. Pada umumnya, di bawah ini merupakan jenis promosi yang umum diketahui oleh masyarakat:

Promosi Secara Fisik

Promosi jenis ini mudah kita jumpai lewat event atau aktivitas tertentu, misalnya bazar, konser, pameran, dan lain-lain.

Pada kegiatan promosi model ini biasanya para penjual membuka booth untuk menawarkan salah satu produknya (barang/ jasa).

Baca Juga : Memulai Bisnis Dropship dengan Keuntungan yang Menjanjikan.

Teknik promosi secara fisik memiliki kelebihan serta kekurangan. Kelebihan dari promosi seperti ini yaitu memaksimalkan seorang pengusaha dalam menjangkau langsung dan melakukan sebuah interaksi dengan calon konsumen.

Lalu terdapat juga kekurangan dari jenis promosi model ini yaitu keterbatasan calon konsumen yang di jangkau.

Aktivitas seperti ini bisa dilakukan dalam lokasi tertentu, contohnya perkantoran, sekolah/ kampus, mall, dan lain-lain, sehingga hanya calon konsumen yang berada di lokasilah yang bisa di jangkau.

Promosi Melalui Media Tradisional

Pada jaman dahulu teknik promosi jenis ini sangatlah efektif. Beberapa diantaranya yaitu promosi lewat media cetak (koran, majalah, tabloid, dan lain-lain), radio, televisi, iklan banner, billboard, dan banyak lagi yang lainya.

Teknik promosi seperti ini mempunyai keuntungan khusus dibandingkan dengan promosi secara fisik, yaitu bisa menjangkau banyak orang dalam waktu lama.

Akan tetapi, promosi seperti ini memiliki suatu kekurangan yaitu mahal biaya promosi, khususnya disisi media atau pun biaya promosinya.

Promosi Melalui Media Digital

Di jaman yang modern seperti saat ini Perkembangan teknologi dan media informasi sudah merubah cara promosi di era digital.

Terdapat beberapa trik promosi melalui media digital yang sudah sering dilakukan adalah melalui media sosial, jaringan website, mesin pencari, dan lain-lain.

Seorang  pengusaha yang sudah pintar dalam memanfaatkan teknologi, lebih memilih untuk melakukan promosi usaha mereka lewat internet.

Selain biaya yang dikeluarkan lebih murah, dan keuntungan lainnya yaitu bisa menjangkau lebih banyak orang, serta proses promosinya sangat cepat dan efisien.

Terdapat kelebihan promosi lewat media digital yaitu biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah, pengerjaan lebih mudah dan cepat, dan bisa menjangkau pengguna internet di seluruh dunia.

Lalu terdapat kekurangan dari sebuah promosi digital, yaitu membutuhkan suatu kreatifitas pada saat melakukan promosi secara terus menerus karena terdapat competitor atau pesaing yang sama kuatnya.

Contoh Promosi Secara Umum

Pada dasarnya kita setiap hari selalu melihat adanya kegiatan promosi dari suatu perusahaan, baik melalui internet, radio, televise dan masih banyak lagi yang lainnya. Dibawah ini merupakan beberapa contoh promosi yang pernah berlangsung:

  1. Promosi di restaurant : Anda Membeli Makanan A Free Minuman Dingin.
  2. Promosi penjualan di retail : Membeli 3 Pasang sepatu merek A, Gratis 1 Pasang sepatu A.
  3. Promosi provider telekomunikasi : Menelpon selama 15 menit dapat Gratis telpon selama 30 menit ke provider yang lain.
  4. Promosi penjualan property : Beli Ruko Dapat Etalase dan Meja

Jika saya jelaskan lebih luas masih banyak lagi contoh promosi yang popular di sekitar lingkungan anda.

Kesimpulan

Apabila anda hendak melakukan kegiatan promosi, sebaiknya anda membuat perancangan tema seperti apa yang akan anda buat. Karena perancangan promosi sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan dalam membujuk calon konsumen anda.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian promosi menurut para ahli serta tujuan dan contoh promosi. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Tinggalkan komentar