Penasaran Tertarik Bisnis Event Organizer? Ikuti Caranya Disini

Event organizer adalah salah satu usaha dalam bidang sebuah pelayanan penyedia jasa professional penyelenggaraan sebuah acara.

Acara yang di buat bisa berupa acara pernikahan, acara ulang tahun, acara reuni sekolahan, acara halal bi halal, acara konser, dan masih banyak lagi.

Selain itu bisnis ini memiliki tanggung jawab yang besar dalam kelancaran sebuah acara, jadi anda di tuntut untuk kerja cerdas dan disiplin. Event organizer biasa di singkat sebagai EO.

Baru-baru ini mulai banyak orang yang mengadakan sebuah acara besar-besaran, baik itu pernikahan maupun acara yang lainya.

Namun sebagian besar dari mereka kebingungan saat mengatur sebuah acara, karena kurangnya pengalaman dan ketrampilan yang dimiliki.

Bisnis Event Organizer
Penasaran Tertarik Bisnis Event Organizer Ikuti Caranya Disini

Jika anda pintar dalam melihat sebuah peluang usaha, pastinya bisnis event organizer ini menjadi sebuah potensi usaha yang menjanjikan bagi anda. Tidak ada salahnya jika anda mencoba sebuah bisnis yang mulai banyak di butuhkan oleh orang banyak.

Tinggal kitanya saja mau belajar untuk terjun langsung ke dunia bisnis ini atau tidak.
Di bawah ini saya akan menerangkan tips lengkapnya.

Tips Sukses Bisnis Event Organizer, Sudah Tahu Belum?

Event organizer merupakan salah satu bisnis yang kini mulai di lirik oleh banyak pelaku usaha, khususnya anak muda. Banyak sekali anak muda yang langsung terjun ke dunia bisnis kreatif ini.

Di samping membutuhkan kreatifitas yang tinggi, usaha event organizer juga perlu kedisiplinan yang kuat.

Apabila anda merupakan seorang yang disiplin dan memiliki kreatifitas yang tinggi serta tanggung jawab yang besar, mungkin bisnis ini cocok untuk anda.

Ada beberapa alasan mengapa bisnis event organizer banyak dikerjakan oleh anak muda :

Penghasilan yang di dapatkan cukup besar dalam waktu yang tidak terlalu lama, namun butuh perancangan yang cukup rumit.

Bisnis ini merupakan salah satu usaha yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi serta tanggung jawab. Ini sangat cocok untuk di jalankan oleh anak muda yang memiliki semangat kerja yang tinggi dan bertanggung jawab.

Bekerja secara team atau di lakukan bersama-sama.

Selain alasan tersebut adapula kelebihan dan kelemahan yang dimiliki dalam menjalankan bisnis event organizer :

Kelebihan bisnis event organizer.

  1. Pengerjaanya acara yang tergolong singkat, biasanya hanya 1 atau 2 hari untuk acara biasa. Namun jika acaranya besar dan mewah bisa lebih dari 2 hari.
  2. Penghasilan yang di dapat besar dan cepat pula.
  3. Bekerja secara team atau kelompok, jadi bisa lebih ringan saat pengerjaanya.

Kekurangan bisnis event organizer.

  1. Waktu pengerjaanya harus cepat dan rapih.
  2. Apabila acara yang kita buat kurang menarik maka akan mendapapat omelan dari klien.
  3. Pekerjaan yang cukup melelahkan, karena di kerjakan harus cepat.

Selain hal tersebut, adapula aspek-aspek lain untuk menunjang keberhasilan dari usaha event organizer. Anda bisa menyimaknya di bawah ini.

Pelajari terlebih dahulu apa itu event organizer dan bisnisnya.

Mempelajari dahulu mengenai konsep apa itu event organizer, dan tata cara mengatur sebuah acara. Sebelum anda benar-benar terjun ke bisnis ini, pastikan anda mencari terlebih dahulu ilmunya.

Karena jika anda langsung menjalani bisnis event organizer ini, di takutkan akan mengalami kegagalan.

Anda bisa mencari tahu ilmunya dengan membaca di artikel tambahmulyo dengan judul penasaran tertarik bisnis event organizer.

Sering-sering datang ke berbagai acara-acara ulang tahun, pernikahan, dan lainnya.

Jika ada sebuah acara besar maupun kecil di suatu tempat, cobalah unuk melihat acara tersebut. Hal ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana cara mengatur sebuah acara.

Anda bisa mengamati di situ, atau jika anda lebih penasaran bisa bertanya-tanya kepada pimpinan acara tersebut.

Memiliki Tim yang Solid.

Mepunyai tim yang solid merupakan salah satu tips untuk sukses berbisnis event organizer. Karena bisnis ini sendiri terpusat pada kerjasama team bukan secara individu.

Mulailah untuk mencari seseorang yang memiliki semangat tinggi dan memiliki kreatifitas yang tinggi untuk membangun pondasi bisnis anda.

Pengalaman.

Pengalaman merupakan hal paling utama sebelum anda benar-benar yakin untuk mendirikan bisnis event organizer ini.

Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman denga cara ikut atau bekerja dahulu dengan orang yang sudah sukses di dunia bisnis event organizer ini.

Cobalah cari tahu tentang mekanisme kerjanya serta sistem mengelola sebuah tim yang solid.

Ide Kreatifitas dan Inovasi Tinggi.

Ide dan kreatifitas yang tinggi juga tidak kalah penting saat memulai usaha yang menjanjikan ini. Cobalah melatih kreatifitas anda dengan menawarkan jasa anda ke orang yang sedang membuat sebuah acara.

Anda bisa memulai mengelola sebuah acara yang kecil terlebih dahulu. Jika anda sukses dengan acara yang kecil, maka anda bisa memulainya ke acara yang besar.

Miliki Banyak Relasi.

Memperluas relasi juga penting untuk memajukan usaha anda. Semakin banyak jaringan relasi yang anda kenal, maka usaha event organizer anda akan di kenal.

Selain itu anda juga bisa meminta bantuan kepada teman atau saudara untuk mempromosikan jasa anda.

Miliki Mitra Kerja.

Event Organizer merupakan sebuah usaha yang fokus pada kerjasama tim dalam mengelola berbagai acara. Otomatis akan banyak crew yang di butuhkan dalam pengerjaan.

Seisa mingkin anda melakuakan mitra kerja dengan seseorang yang memiliki keahlian tertentu dan pemilik alat-alat panggung.

Usahakan anda memilih mitra kerja dengan kualitas peralatan yang mumpuni dan berkualitas, karena ini menyangkut acara yang anda kelola.

Target Pasar.

Saat anda memulai bisnis event organizer hal yang harus anda perhatikan selanjutnya yaitu, target pasar yang akan anda bidik. Pentingnya menentukan target pasar sangat berpengaruh pada kelancaran usaha yang anda jalankan.

Jika anda salah dalam menentukan target, maka akan mempengaruhi kinerja dari bisnis event organizer anda.

Ada 2 macam target yang akan menjadi incaran anda yaitu, umum dan khusus. Saran saya jika anda masih baru memulai usaha ini, maka targetkan pasar ke khusus terlebih dahulu.

Jika sudah berkembang pesat dan profeional, anda bisa membuka jasa secara umum. Contoh target pasar secara umum yaitu : acara besar expo, pernikahan, pameran otomotif, dan sebagainya.

Yang intinya acara tersebut sangat besar dan harus membutuhkan ide dan kecerdasan saat mengelola acara.

Pintar Berkomunikasi.

Dalam bisnis event organizer anda juga di tuntut untuk bisa pintar berkomunikasi. Hal in bertujuan untuk mempermudah mempromosikan jasa usaha anda.

Usahakan untuk terbiasa bersosialisasi dan berkumpul dengan orang-orang, agar komunikasi anda dan cara berbicara anda lancar.

Modal Awal yang Cukup.

Modal memang menjadi salah satu hal wajib yang harus ada dalam setiap usaha. Baik itu modal material maupun non material. Kumpulkan modal usaha sedikit demi sedikit.

Sembari menunggu modalnya cukup, anda juga bisa mempelajari lebih dalam mengenai tata cara bisnis event organizer yang benar.

Sabar dan Cepat Belajar.

Membangun suatu bisnis pastinya harus memiliki kesabaran dan pembelajaran yang ekstra keras. Karena kita bekerja untuk kita sendiri bukan orang lain.

Apalagi jika anda membuka usaha jasa ini, pastinya harus memiliki kesabaran yang besar untuk mengelola suatu acara.

Website dan Sosial Media Resmi

Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi sangatlah maju pesat. Apalagi dalam dunia bisnis yang sudah memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya.

Pentingnya membuat sebuah website atau situs untuk mempromosikan jasa event organizer yang anda jalankan.

Disamping memperluas murah dalam promosinya juga menjaring luas orang banyak, bukan hanya dari satu daerah saja. Anda bisa meminta jasa pembuatan website bisnis ini ke orang yang ahli dalam bidang IT.

Evaluasi Tim secara Berkala.

Suatu tim dalam segala bisnis merupakan salah satu kunci sukses dalam suatu usaha, begitu pula dengan bisnis EO.

Jika anda ingin menginginkan sebuah tim yang solid dan baik, maka pastikan dalam setiap event atau acara yang di kerjakan harus ada sebuah evaluasi setelah acara selesai.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui dimana letak kekurangan dan apa yang harus di perbaiki dalam sebuah tim itu sendiri. Jika salah satu orang yang berada pada tim tersebut bekerja kurang maksimal, maka akan berdampak pada yang lainnya juga.

Jangan sampai usaha anda dalam membangun bisnis menjadi hancur gara-gara tim yang bekerja kurang maksimal.

Nah, sudah tahu kan sekarang cara sukses bisnis event organizer. Apakah kamu siap memulai bisnis event organizer ?

Coba anda lakukan kegiatan untuk mengumpulkan saudara atau pun teman yang memiliki passion di bidang ini. Kamu bisa memberikan sebuah promosi ke orang untuk pengelolaan sebuah acara event dengan harga yang menarik.

Mungkin itu saja dari saya, jangan lupa terus kunjungi web tambahmulyo untuk mengetahui tips bisnis terbaru tahun ini.

Tinggalkan komentar