Pembahasan Lengkap Teori dan Proses Pembentukan Minyak Bumi

Membahas mengenai teori dan proses pembentukan minyak bumi memang sangat luas jangkauanya, terlebih jika kita mempelajarinya dari awal pembentukanya.

Ngomongin masalah minyak bumi pasti tidak asing lagi di telinga kalian ya. Minyak bumi sendiri banyak sekali kegunaannya, dan sudah menjadi kebutuhan sehari – hari bagi masyarakat.

proses pembentukan minyak bumi secara lengkap

Nah apakah kamu sudah paham apa itu minyak bumi?

Kamu pasti penasarankan dengan proses pembentukan minyak bumi yang biasa kita gunakan sehari-hari. Di bawah ini saya akan menjelaskan secara menyeluruh.

Minyak bumi merupakan emas hitam yang berbentuk cairan kental, hitam atau kehijauan, mudah sekali terbakar dan berada di lapisan atas dari beberapa kerak bumi.

Selain itu terdapat berbagai macam senyawa hidrokarbon dan sedikit senyawa nitrogen. Terdapat 3 teori dalam pebentukan minyak bumi :

Teori Pembentukan Minyak Bumi dan Gas Alam

1. Teori Biogenetik (Organik)

Teori yang satu ini menjelaskan tentang Minyak Bumi dan Gas Alam tercipta dari berbagai jasad organic. Seperti hewan dan tumbuhan yang mati dikarenakan tertimbun endapan pasir dan lumpur.

Lalu endapan lumpur ini mengalirkan senyawa yang membentuk minyak bumi dari sungai menuju laut dan mengendap di dasar lautun selama jutaan tahun.

Efek yang di timbulkan oleh pengaruh waktu, temperatur dan tekanan lapisan batuan yang berada di atasnya mengakibatkan organisme itu menjadi bintik-bintik minyak ataupun gas.

 2. Teori Anorganik

Teori ini menjelaskan bahwa minyak bumi tercipta dikarenakan aktivitas bakteri. Unsur seperti oksigen, belerang dan nitrogen dari zat yang terpendam akibat aktivitas bakteri berubah menjadi zat minyak yang berisi hidrokarbon.

3. Teori Duplex

Teori ini adalah teori yang sering dipakai oleh orang-orang. Karena mencampurkan Teori Biogenetik dengan Anorganik yang menerangkan bahwa minyak bumi dan gas alam tercipta dari berbagai jenis hewan laut maupun tumbuhan.

Diakibatkan oleh pengaruh waktu, temperatur, dan tekanan, maka endapan Lumpur berubah menjadi batuan sedimen.

Batuan yang bertekstur lunak berasal dari Lumpur memiliki kandungan bintik-bintik minyak disebut dengan batuan induk (Source Rock).

Tahap Berikutnya yaitu minyak dan gas ini akan berpindah menuju tempat yang memiliki tekanan lebih rendah dan pada akhirnya terakumulasi di tempat tertentu yang disebut dengan perangkap (Trap).

Pada suatu perangkap (Trap) bisa diperoleh (1) minyak, gas, dan air, (2) minyak dan air, (3) gas dan air. Apabila gas ditemukan bersama-sama dengan minyak bumi disebut dengan Associated Gas. Sedangkan apabila gas berada dalam suatu perangkap artinya Non Associated Gas.

Karena beda berat jenis, oleh karena itu gas selalu berada di sisi atas, minyak di tengah, dan air di bagian bawah. Proses pengolahan minyak bumi sampai menjadi sempurna harus melewati berbagai tahap dan memerlukan waktu yang lama.

Maka minyak bumi digolongkan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable).

Komposisi, Komponen Minyak Bumi, Bahan Bakar Minyak

Terdapat berbagai macam komposisi maupun komponen yang berada dalam kandungan minyak bumi.
Di indonesia sendiri memiliki perbedaan jenis minyak bumi dari negara lainya. Perbedaan yang paling mendasar dari yang lainya yaitu, Indonesia memiliki kandungan unsur belerang yang lebih kecil daripada milik arab saudi.
Kelebihan yang di dapat saat memiliki kandungan belerang yang lebih kecil adalah, kualitas minyak bumi yang cenderung lebih bagus.
Pada dasarnya komposisi minyak bumi di pengaruhi oleh umur dan juga faktor geologi. Contohnya saja minyak bumi yang berasal dari Indonesia, yang cenderung memiliki banyak senyawa alsiklik dan aromatik.
Sedangkan minyak bumi yang berasal dari Amerika cenderung memiliki banyak senyawa alkana, dan jika di rusia memiliki banyak senyawa sikloalkana. Minyak bumi juga memilik senyawa parafin sebesar 15 – 60 persen dan senyawa neptena sebesar 30 – 60 persen.

Tahap -Tahap Proses Pembentukan Minyak Bumi

Di daerah itu, gas alam, minyak, dan air digolongkn sebagai deposit minyak bumi. Rongga dibagian atas adalah gas alam, sedangkan cairan minyak mengambang di atas deposit air.

Proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan tergolong sangat lama. Oleh karena itu, minyak bumi dikategorikan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui sehingga harus digunakan secara tepat dan hemat.

proses pembentukan minyak bumi secara lengkap

Indonesia mempunyai berbagai wilayah yang menjadi sumber (deposit) minyak bumi, umumnya berada di daerah pantai atau daerah lepas pantai. Nah, dari data-data di atas kita memiliki banyak cadangan sumber minyak bumi di Indonesia.

Minyak yang berada di daerah pengeboran pada umumnya diangkut dan diolah di tempat-tempat pengilangan minyak atau diekspor langsung sebagai minyak mentah.

Apakah kalian tahu di mana saja tempat pengilangan yang berada di Indonesia?

Harus disyukuri karena Indonesia memiliki cadangan (deposit) minyak bumi yang lumayan besar dengan kualitas yang baik. Namun, jika tidak bisa mengelolanya dengan baik dan tidak melakukan penghematan.

Cadangan minyak bumi yang besar itu akan cepat habis. Pengelolaan minyak bumi yang tidak tepat dan konsumsi bahan bakar minyak yang tidak terkendali mengakibatkan Indonesia yang dahulu merupakan pengekspor, maka saat ini menjadi pengimpor minyak bumi.

Menurut perhitungan rasio cadangan minyak bumi pada produksi serta konsumsi minyak bumi di Indonesia. Minyak bumi Indonesia akan habis sekitar tahun 2027. Itu artinya, pola perilaku konsumsi bahan bakar minyak masyarakat Indonesia perlu diubah.

Salah satu contoh, dengan menggunakan LNG (Liquefied Natural Gas) dan LPG (Liquefied Petroleum Gas) sebagai bahan bakar kendaraan bermotor dan bahan bakar rumah tangga. Ternyata membutuhkan waktu yang sangat lama ya proses pembentukan minyak bumi.

Selain itu, minyak bumi yang berada di wilayah indonesia  kita juga semakin menipis. Nah, jika kalian sudah mengetahui bahwa untuk menghasilkan minyak bumi itu perlu waktu yang lama, maka kalian harus sadar untuk menghemat dan menggunakannya secara bijak.

Bila perlu ada energy yang lebih baik dan ramah lingkungan untuk menggantikan minyak bumi. Sekian dari saya mengenai proses pembentukan minyak bumi secara lengkap. Jika ada pertanyaan atau ingin materi lainya silahkan tuliskan komentar di bawah ini ya.

Tinggalkan komentar