Pembahasan Lengkap Memulai Usaha Fotografi yang Menjanjikan, Apakah Tertarik ?

Akhir-akhir ini sedang trend sekali bisnis fotografi, khususnya kalangan anak muda. Banyak anak muda yang langsung terjun ke bisnis ini,karena di samping mendapatkan uang, usaha ini sudah menjadi hobi yang mereka sukai.

Oleh karena itu bisnis ini menjadi salah satu pilihan usaha sampingan yang memiliki prospek dan keuntungan menjanjikan.

Jika anda merupakan seseorang yang memiliki hobi dan kemampuan di bidang fotografi, apa salahnya untuk mencoba bisnis ini.

Pembahasan Lengkap Memulai Usaha Fotografi yang Menjanjikan, Apakah Tertarik
Pembahasan Lengkap Memulai Usaha Fotografi yang Menjanjikan, Apakah Tertarik

Lagi pula usaha fotografi merupakan salah satu usaha yang memiliki modal yang kecil. Jika anda memang memiliki niat untuk menekuni usaha sampingan modal kecil ini, silahkan simak pembahasan lengkapnya di artikel saya kali ini.

Ada pula daftar Peralatan Fotografi yang Perlu Disediakan seperti : Kamera yang berkualitas, tripod, tas kamera, pencahayaan, lensa, latar belakang (Backdrop), ruang studio, aplikasi penyunting foto, kartu nama, Hard Disk Eksternal, Kontrak klien.

8 Trik Rahasia Memulai Usaha Fotografi Tanpa Modal untuk Pemula.

Sudah memang bukan rahasia lagi jika banyak orang yang mendapatkan penghasilan dari hobinya tersebut, tak terkecuali fotografi.

Fotografi adalah sebuah hobi yang sedang di gandrungi oleh kaum milenial muda, yang senang memotret objek atau pemandangan dengan teknik tertentu.

Memang usaha fotografi ini bukanlah sebuah usaha yang tergolong baru, namun apa salahnya untuk mencoba usaha yang satu ini.

Jika memang anda memiliki niat dalam menjalankan usaha ini, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal jika anda melakukan.

Sebenarnya tidak susah untuk mendapatkan uang dari fotografi. Kamu hanya perlu sebuah niat dan komitmen yang kuat.

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk memulai usaha tanpa modal besar yang satu ini, tinggal niat kita saja saat menjalankan. Di bawah ini saya akan memberikan informasinya secara lengkap.

1. Tanpa modal pun bisa kok!

Memang anda tidak salah dengar kok. Banyak yang beranggapan bahwa, memulai usaha fotografi haruslah memiliki modal yang besar.

Namun semua itu tidaklah benar, karena meskipun tanpa modal besar pun kita tetap bisa menjalankan usaha ini.

Untuk teknik dasar yang harus anda miliki yaitu, memahami alat-alat fotografi yang akan anda gunakan. Setelah itu anda bisa menyewa di tempat penyewaan alat fotografi.

Apabila anda menerima permintaan foto, tips dari saya yaitu untuk meminta uang muka atau DP terlebih dahulu.

Hal ini di lakukan untuk penyewaan sebuah alat yang akan di gunakan untuk memotret. Usahakan anda menyewa ke tempat yang terbaik dengan peralatan fotografi yang berkualitas.

2. Perlukah peralatan mahal?

Tidak semestinya jika peralatan fotografi yang mahal akan menjadikan hasil foto kita bagus. Dari pernyataan tersebut bisa iya dan bisa tidak, kenapa bisa begitu ?

memang peralatan mahal akan memudahkan kita saat bekerja, namun bukan berarti akan memberikan hasil yang bagus. Karena pada dasarnya hasil foto yang kita ambil tergantung pada teknik dan ilmu yang kita miliki.

Jadi se-mahal apapun alat yang kita punya namun apabila kita tidak memiliki teknik dan ilmu yang cukup, maka semuanya akan sia-sia.

Jadi pastikan anda belajar terlebih dahulu mengenai teknik fotografi yang benar, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Bikin portofolio terbaik

Membuat suatu portofolio merupakan salah satu cara untuk mendatangkan pelanggan ke anda. Karen portofolio sendiri merupakan sebuah bukti yang memperlihatkan sebuah hasil karya yang anda buat.

Apabila anda ingiin menawarkan jasa fotografi, usahakan membuat portfolio semenarik mungkin dan sebaik mungkin.

Menawarkan jasa menggunakan portofolio merupakan teknik promosi yang sangat tepat dan akurat, karena pelanggan akan menilai dari karya kamu langsung. Portofolio ini dapat dijadikan sebuah patokan tipe atau gaya foto mu bagi orang lain.

4. Daripada dibayar murah, gratiskan saja!

Kendala saat memulai usaha fotografi dari awal yaitu masih banyak pelanggan yang belum meghargai karya kamu.

Disini lah harga diri seorang fotografer di pertaruhkan, lantas bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk menarik para konsumen, langkah awal yang harus anda ambil yaitu menggratiskan fotonya. Loh nanti rugi dong ?

Justru hal inilah media promosi awal yang akan memancing banyak konsumen ke anda. Anda tinggal fokus saja bagaimana cara memberikan pelayanan yang menarik dan kualitas yang bagus pada foto pelanggan anda.

Jika hasil foto anda bagus maka otomatis pelanggan anda akan menggunakan jasa anda.
Nah disinilah anda bisa mematok harga sesuai foto yang di ambil.

5. Foto teman sendiri.

Pastinya banyak yang berfikir pada kalian, dengan memotret teman sendiri maka harga yang di patok haruslah murah.

Namun semua itu tidak sepenuhnya benar, karena justru teman kitalah yang akan mensuport usaha anda agar berkembang.

Anda bisa meminta pendapat mengenai foto yang anda hasilkan, apakah bagus atau tidak. Karena komentar dari orang lainlah yang akan membuat usaha anda berkembang pesat.

Selain itu anda juga bisa meminta bantuan ke teman anda mempromosikan usaha jasa fotografi yang anda jalankan ke masyarakat sekitar.

6. Membuat patokan harga

Memberikan tarif harga dari sebuah foto yang di hasilkan merupakan hal rumit yang sering terjadi pada anda yang baru memulai usaha ini.

Terdapat banyak patokan harga yang akan anda jalankan, salah satunya adalah kualitas dari hasil jepretan anda. Setelah itu juga ada peralatan yang di gunakan dan seberapa banyak foto yang di hasilkan.

Sesuaikan tarif harga yang akan anda gunakan, jangan sampai mahal. Karena ini akan berakibat langsung pada usaha anda jika memberikan tarif harga yang terlalu mahal.

7. Testimonial terbaik

Apabila kamu telah memiliki beberapa pelanggan, cobalah meminta pendapat mereka mengenai jasa fotografi yang anda berikan. Apakah hasilnya memuaskan atau tidak.

Sebuah testimonial bisa menjadikan sebuah acuan, dan bisa menarik banyak pelanggan karena usaha jasa fotografi anda sudah terpercaya.

Kumpulkan testimonial positif sebanyak-banyaknya, karena semakin banyak testimonial yang anda dapatkan maka semakin percaya pula pelanggan yang menggunakan jasa anda.

8. Kualitas Tetap Nomor satu

Kualitas memang sangatlah penting dalam usaha jasa fotografi ini. Pastikan anda memotret dengan gaya dan teknik yang tepat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk belajar teknik fotografi, anda bisa mengikuti kursus fotografi atau pun gratis bila kita rajin belajar melalui media internet.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai, pembahasan lengkap usaha fotografi yang menjanjikan. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar