Peluang Usaha Sampingan Di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan Perlu Anda Coba

Banyak orang yang mencari ide peluang usaha sampingan di desa yang menjanjikan. Karena mereka tahu dan sadar jika bisa mengembangkan potensi bisnis di daerahnya itu bisa berkembang maju.

Apalagi jaman sekarang semakin sulit mencari pekerjaan, dan otomatis kita harus kreatif dalam menciptakan peluang usaha.

Untuk usaha sampingan di desa banyak sekali jenisnya, apalagi jika kita lebih memperhatikan keunggulan di wilayah anda.

Peluang Usaha Sampingan Di Desa yang Menguntungkan dan Menjanjikan Perlu Anda Coba

Coba anda perhatikan baik-baik potensi usaha apa yang cocok untuk di jalankan di desa anda. Contohnya saja jika anda berada di daerah pedesaan namun memiliki perkebunan buah, pastinya bisa memanfaatkan dengan berjualan.

Adapula jika anda dekat dengan daerah wisata, bisa memanfaatkan peluang usaha dengan membuka warung makan atau tempat penginapan.

Di dalam sebuah bisnis ada 2 macam metode yang dapat anda jalankan, lebih lengkapnya bisa menyimak penjelasan saya di bawah ini.

Peluang Usaha Sampingan Di Desa Dijalankan Secara Offline.

Peluang usaha secara offline adalah sebuah bisnis yang di jalankan langsung, dan mempunyai tempat fisik di daerah tersebut.

Banyak sekali jenis dari usaha offline yang dapat di jalankan di desa. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

1. Usaha beternak lele.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang cukup menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Selain harganya yang ekonomis, ikan lele juga memiliki gizi yang besar. Hal ini dapat menciptakan ide peluang usaha sampingan di desa untuk anda.

Karena kita tahu bahwa permintaan ikan lele pada masyarakat terus meningkat. Bukan hanya itu, warung makan maupun restoran juga banyak yang memesan.

Jika anda ingin membuka peternakan lele di rumah, jangan khawatir dengan modal yang harus di keluarkan.

Untuk memulai bisnis ternak lele ini modal yang di keluarkan tidak terlalu besar, tinggal anda sesuaikan saja dengan uang yang dimiliki. Cukup membangun kolam persegi panjang dengan ukuran 3×3 meter.

Namun tahun ini ada perkembangan dari cara beternak ikan lele menggunakan teknik kolam bundar. Metode ini bisa jadi menjawab keraguan anda mengenai modal yang harus di keluarkan.

Karena untuk membuat kolam bundar, modal yang di keluarkan pun cenderung lebih sedikit namun untuk hasil di dapatkan tetap maksimal.

Cobalah untuk mencari tahu ke peternak lele yang sudah lama menjalankan bisnis ini, siapa tau anda tertarik dan cocok untuk memulainya.

2. Usaha ternak ayam kampung.

Mungkin ayam kampung sudah menjadi peliharaan utama bagi warga desa. Banyak yang memelihara ayam kampung dengan alasan untuk tabungan jika tidak memiliki uang bisa di jual atau bisa dikonsumsi sendiri.

Ayam kampung berbeda dengan ayam boiler atau yang biasa di peternakan ayam. Ayam kampung memiliki gizi yang lebih tinggi, selain itu tekstur daging yang lebih enak dan padat.

Apabila di bandingkan dengan ayam boiler, ayam kampung memiliki harga jauh lebih tinggi. Biasanya kalau ayam kampung betina 1 ekornya bisa di hargai 60 sampai 70 ribu rupiah.

Bila anda berminat untuk memulai usaha ternak ayam kampung, anda bisa memulainya dengan membuat kandang di belakang rumah.

Apabila masih minim modal atau kecil, anda bisa membuat kandangnya tidak usah terlalu besar. Cukup anda pelihara 1 atau 2 pasang ekor ayam kampung, setelah itu anda bisa memulai usaha ternak ayam kampung.

3. Usaha toko kelontong

Percayalah jika anda membuka toko kelontongan pasti hasilnya akan maksimal, kenapa bisa begitu Karena toko kelontongan merupakan salah satu jenis usaha yang tidak ada matinya.

Toko kelontongan selalu menyediakan barang yang diperlukan oleh masyarakat. Jadi jika anda membuka usaha toko kelontongan meskipun di daerah terpencil, saya yakin pasti laku.

Apakah toko kelontongan perlu membuka dari pagi sampai sore hari? Jangan memaksakan diri untuk membukanya, karena di daerah pedesaan cenderung sepi jika sudah memasuki tengah malam.

Anda cukup membukanya dari pagi sampai jam 10 malam saja sudah cukup. Lagipula pasti setiap harinya ada orang yang membeli untuk memenuhi kebutuhanya, jadi tidak usah memaksakan untuk membuka sampai 24 jam.

4. Usaha ternak burung kicauan.

Ide peluang usaha sampingan di pedesaan ini sudah banyak yang menjalankan. Biasanya orang yang beternak burung kicau itu sebelumnya merupakan hobi burung.

Dan dari hobi tersebut lalu mereka mulai membuat penangkaran dan akhirnya menjual burung yang diternakan.

Mungkin anda bisa mencobanya terlebih dahulu untuk mempelajari teknik beternak burung kicau yang benar. Bisa bertanya-tanya terlebih dahulu ke orang yang suka dan hobi memelihara burung hias atau kicauan ini.

Peluang Usaha Sampingan Di Desa Dijalankan Secara Online.

Berikutnya adalah memulai usaha menggunakan metode online. Mungkin bagi sebagian orang sudah mengerti apa itu internet dan fungsinya, namun masih banyak pula yang belum paham mengenai ini.

Jaman semakin maju dan era modernisasi semakin berkembang pesat, khususnya di bidang usaha. Banyak sektor usaha yang sudah memanfaatkan media internet untuk bisnis mereka.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh usaha di bidang online yang dapat anda jalankan di desa.

1. Berjualan online atau menjadi reseller atau dropshiper.

Menjadi seorang dropshiper atau reseller memilik banyak keuntungan. Di samping waktu pengerjaan tidak terikat, juga bisa di kerjakan dengan mudah di manapun asalkan ada koneksi internet.

Usaha dropship juga cocok untuk di jalankan oleh ibu rumah tangga, karena bisa di kerjakan kapan saja tanpa harus meninggalkan tugas utama di rumah.

Perbedaan antara reseller dan dropshiper adalah jika reseller itu perlu modal untuk stok barang dahulu kalau dropshiper tanpa modal.

Saya menyarankan jika anda belum memiliki modal yang cukup, maka dropshiper bisa menjadi ide peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Namun jika anda sudah memiliki modal yang besar silahkan memulai bisnis reseller.

Bisnis reseller juga bisa di kerjakan secara offline, karena sebelumnya anda sudah menyimpan barang di rumah.

Contoh produk yang dapat anda jual seperti: mainan anak, hijab, fashion wanita, fashion pria, aksesoris handphone, dan masih banyak lagi. Tinggal kreatifitas anda saja untuk memulai usaha reseller dan dropshiper ini.

2. Menjadi seorang internet marketer.

Bagi orang awam internet marketer merupakan pekerjaan yang asing dan membingungkan, apalagi masyarakat pedesaan.

Namun tahu kah anda jika sudah banyak orang yang membuktikan dirinya bisa sukses hanya bermodalkan koneksi internet dan laptop. Ini bukanlah omong kosong belaka.

Hal ini dapat terjadi karena kreatifitas yang mereka miliki dan ketekunan kerja, sehingga dapat meraih kesuksesan dengan mudah.

Internet marketer merupakan salah satu usaha sampingan yang dapat anda jalankan di desa, dan hasilnya pun sangat menjanjikan. Contoh usaha internet marketer adalah menjadi blogger, youtuber, selebgram, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi, ayo manfatakan teknologi secara positif agar mendapatkan manfaat yang besar. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai usaha sampingan di desa yang menjanjikan, semoga bisa menjadi referensi anda.

Jika ada pertanyaan perihal tema di atas, silahkan hubungi saya atau bisa meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar