Peluang Usaha Minuman Es Tebu yang Menjanjikan Dan Analisa Usahanya

Pengertian es tebu merupakan salah satu jenis minuman kegemaran masyarakat Indonesia yang menyehatkan dan menjadi favorit.

Air tebu memiliki kandungan zat yang beragam dan sangat di perlukan oleh tubuh manusia, selain menyehatkan rasanya juga enak.

Sejarah es tebu di Indonesia awalnya muncul di daerah provinsi Riau, di sana menamainya dengan berbagai macam seperti es laksamana mengamuk, es air mata pengantin, es lancang kuning, hingga es samudera.

Penamaan air tebu yang aneh tersebut di lakukan agar orang yang minum selalu mengingatnya.

Peluang Usaha Minuman Es Tebu yang Menjanjikan Dan Analisa Usahanya

Bukan hanya rasanya yang menyegarkan namun es tebu bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan jika anda kerjakan saat ini.

Saat memulai usaha jualan es tebu banyak konsumen yang membeli pada musim kemarau atau bulan puasa, karena banyak orang yang mencari minuman segar contohnya es tebu.

Untuk pemasukan berjualan es tebu lumayan menjanjikan, terlebih jika anda membuka cabang di berbagai daerah pasti hasilnya akan maksimal.

Peluang usaha es tebu bisa dijalankan meskipun modal yang anda miliki kecil, lalu bagaimana cara memulai usaha ini?

Sebelumnya anda harus melakukan Analisa usahanya terlebih dahulu, nah akan saya jelaskan pada artikel kali ini secara lengkap.

Peluang Usaha Jualan Minuman Es Tebu Dengan Modal Kecil Keuntungan Besar.

Analisa usaha es tebu perlu di lakukan pada saat anda ingin memulai bisnis ini, agar berbagai resiko buruk bisa di tangani sebelum terjadi contohnya kegagalan usaha.

Ada beberapa analisis swot usaha es tebu yang perlu anda ketahui, contohnya mengamati konsumen, menentukan tempat berjualan, dan menciptakan variasi baru pada es tebu.

Berbagai macam cara sukses dalam berjualan es tebu, intinya bangun semangat usaha yang tinggi agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat inovasi es tebu agar terlihat berbeda dari penjual lain merupakan salah satu tips agar jualan anda lancar.

Mulailah untuk kombinasi es tebu dengan berbagai macam variasi contohnya, es tebu lilin, es tebu coklat, es tebu hijau, dan masih banyak lagi jika anda kreatif.

Jika anda tidak bisa menjalankan usaha ini secara mandiri, maka bisa mencoba peluang usaha waralaba es sari tebu yang kini banyak di lakukan oleh beberapa orang.

Berikut ini merupakan  Analisa usaha jualan es tebu agar penghasilan maksimal.

Menentukan Lokasi Berjualan.

Jangan sembarangan dalam menentukan tempat berjualan es tebu, karena hal ini akan berdampak langsung pada ramai atau tidaknya konsumen anda.

Untuk mencari lokasi usaha yang strategis ada beberapa macam kriteria seperti, mudah di jangkau oleh pembeli, sering di lalui banyak orang, dekat dengan jalan utama, dekat dengan pusat keramaian seperti pasar dan sekolahan.

Selain tempat yang strategis jangan lupa untuk memperhatikan kondisi warung anda, sebisa mungkin untuk membersihkan setiap kotor agar konsumen anda betah dan tidak jijik.

Keuntungan bagi anda yang memiliki tempat tinggal rumah dekat dengan jalan raya adalah tidak perlu menyewa, sedangkan jika menyewa perlu modal tambahan yang nilainya tidak kecil.

Persiapan Modal Usaha.

Berapa modal usaha es tebu yang harus di siapkan?

Umumnya ada beberapa hal yang perlu anda beli seperti bahan pembuatan es, mesin giling tebu, dan biaya lainnya.

Nilai tersebut tergantung pada seberapa besar usaha yang akan anda buka, semakin besar maka modal yang di keluarkan juga akan mengikuti.

Untuk harga mesin gilingan es tebu baru berkisar antara 2,7 jutaan dan anda bisa mendapatkan nya secara online.

Kalkulasi usaha es tebu tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung pada kondisi pasar saat ini.

Jadi lebih baik persiapkan modal anda sematang mungkin, agar jika ada biaya tambahan lainnya tidak bingung lagi.

Manajemen Usaha Es Tebu.

Selanjutnya adalah memulai memanajemen usaha anda, salah satu contohnya adalah membuat proposal usaha es tebu.

Pembuatan proposal ini dibuat agar anda mendapatkan ijin usaha resmi dari pemerintah, meskipun skalanya masih keci namun proposal juga bisa di gunakan anda untuk mencari investor atau pemodal.

Merencanakan bisnis plan usaha  es tebu perlu di lakukan sebelum memulai sebuah usaha, agar usaha lebih tertata dan memiliki tujuan yang jelas.

Pada manajemen usaha ini juga perlu di melakukan pengkajian antara pendapatan atau keuntungan bersih, pemasukan, dan total pengeluaran.

Promosi Usaha.

Melakukan promosi merupakan hal yang penting di lakukan pada sebuah usaha yang baru di bangun, sebelum melakukan promosi ada baiknya menyiapkan Info produk es tebu terlebih dahulu agar konsumen mengerti.

Banyak cara untuk melakukan sebuah promosi usaha, salah satunya adalah dengan memberikan harga es tebu yang lebih murah dari yang lain pada awal berjualan.

Konsumen es tebu akan merasa tertarik pada usaha anda apabila memberikan penawaran harga menarik dan pelayanan yang baik.

Keuntungan Dan Kelemahan Menjalankan Usaha Es Tebu.

Berjualan es tebu memang salah satu usaha yang menarik dan menguntungkan, apalagi jika anda pintar dalam memasarkan.

Namun tahukah anda di balik semua itu ada keuntungan dan kekurangan yang di miliki pada saat berbisnis jualan es tebu, lalu seperti apa?

Kelebihan.

  1. Selain rasanya yang segar dan enak, es tebu juga memiliki kandungan gizi serta manfaat yang banyak.
  2. Harga es tebu yang murah sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya.
  3. Modal usaha yang di keluarkan tergolong kecil.
  4. Model usaha sederhana.
  5. Penghasilan yang menjanjikan.

Kekurangan.

  1. Tidak semua orang bisa menikmati segarnya es tebu, contohnya orang yang terkena penyakit gula (diabtetes).
  2. Sulit menemukan bahan utama apabila belum masa panen tebu, alhasil harga bahan utama bisa melonjak mahal.
  3. Persaingan usaha yang lumayan ketat.

Itulah tips peluang usaha minuman es tebu yang menjanjikan dan analisa usahanya, semoga artikel yang telah saya buat bisa menjadi referensi anda dalam memulai usaha baru.

Tinggalkan komentar