Contoh Peluang Usaha Ekspor Modal Kecil Untung Besar

Usaha ekspor adalah salah satu bisnis yang saat ini di lirik oleh banyak pengusaha di Indonesia. Banyak alasan mengapa pengusaha mengincar usaha eksport di antaranya adalah nilai jual dari suatu barang lebih tinggi dan pemasaran yang tergolong tidak terlalu sulit.

Ada berbagai macam contoh peluang usaha ekspor modal kecil untung besar yang bisa anda jalankan saat ini, bahkan untuk pemula pun bisa menjalankanya. Rata-rata di Indonesia sendiri masih minim orang yang memaksimalkan usaha ekspor ke luar negeri, umumnya mereka masih melakukan import barang.

Hal ini di dasari dengan harga barang import yang cenderung lebih murah khususnya dari negara china atau tiongkok. Berbagai macam jenis produk china dengan harga murah bisa anda dapatkan, bahkan jika kita logika harga yang mereka berikan jauh dari pasaran Negara lainya.

Inilah yang embuat warga di Negara kita lebih cenderung import barang dari luar negeri lalu di jual kembali ke dalam negeri. Padahal hal tersebut sangat merugikan bagi Negara khususnya umkm kecil yang masih merintis usahanya akan terancam dengan adannya impor barang dari luar skala besar.

Jika kita bisa memanfaatkan produk dalam negeri untuk di jadikan usaha eksportir yang menjanjikan maka kehidupan di negeri ini akan menjadi lebih baik lagi. Apa saja contoh peluang usaha ekspor modal kecil untung besar, dan bagaimana cara memulainya agar sukses? Simak artikel berikut ini.

Contoh Peluang Usaha Ekspor Modal Kecil Yang Menjanjikan

Usaha ekspor merupakan jenis usaha yang menjanjikan di masa depan, mengapa demikian. Karena persaingan di dalam negeri yang semakin ketat, sedangkan barang dari dalam negeri banyak di minati oleh pasar luar namun masih minim yang memanfaatkanya.

Contoh Peluang Usaha Ekspor Modal Kecil Untung Besar
Contoh Peluang Usaha Ekspor Modal Kecil Untung Besar

Melihat peluang usaha eksport menjanjikan tersebut hendaknya kita mampu memaksimalkan hal ini, karena selain pendapatan penjualan yang besar persaingan usaha juga tidak terlalu ketat seperti di dalam negeri. Apakah anda tertarik untuk memulai bisnis ekspor?

1. Usaha ekspor batik indonesia

Jika anda serius ingin memulainya maka bisa menyimak baik-baik penjelasan berikut ini, contoh usahanya. Batik adalah pakaian khas indonesia yang memiliki corak atau motif tertentu sesuai daerah tersebut.

Di indonesi memiliki daerah pengrajin kain bati yang sangat terkenal, contohnya kota pekalongan, solo, jogja, palembang, bengkulu, indramayu, madura, bali, minahasa, dan cirebon. Tidak sedikit orang luar negeri yang tertarik dengan motif batik yang keren dan beragam.

Hal ini bisa membuka peluang usaha ekspor batik bagi anda. Apabila anda ingin mengeksport batik ke luar negeri maka carilah jeis bati langsung ke pusat atau sentral pengrajin batik yang ada di kota-kota tersebut. Selanjutnya anda bisa memasarkanya lewat media sosial atau marketplace luar negeri.

2. Bisnis ekspor kerajinan tangan

Jika anda masih ragu untuk menjalankan usaha ekspor batik ke luar negeri ada pilihan lain yaitu ekspor kerajinan tangan unik khas indonesia. Umumnya orang luar negeri sangat tertarik dengan barang unik khususnya di negara tertentu yang memiliki kerajinan tangan unik.

Hal ini bisa menjadi celah peluang usaha ekpor menjanjikan bagi anda yang memang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan unik khas indonesia. Permintaan pasar yang begitu besar untuk kerajinan tangan unik dari indonesia bisa memudahkan kita dallam memasarkanya. Bukan hanya itu bahan baku pembuatanya juga tergolong murah dan mudah di dapatkan di indonesia.

3. Bisnis ekspor furniture dan kulit

Salah satu produk unggulan yang menjadi komoditas utama dalam bisnis ekspor ke luar negeri adalah furniture dan kulit hewan. Produk tersebut sangat terkenal khususnya furniture yang berasal dari jepara jawa tengah, memiliki khualitas yang sudah diakui dunia.

Furniture asal jepara memiliki keunggulan dalam segi bahan baku kualitas dan juga model ukiran yang sangat beragam dan meiliki seni tinggi. Sedangkan untuk komoditi kulit banyak kita temukan di daerah bandung jawa barat dan garut.

Di sanalah merupakan sentral pengrajin kulit, jika di bandung terkenal dengan sepatu kulit sedangkan di garut terkenal dengan jaket kulit domba yang sudah teruji kualitasnya. Apabila anda ingin serius menggarap usaha ekspor furniture dan kulit hewan ke luar negeri aka langsung saja mengunjungi sentra di daerah tersebut.

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Setelah anda melihat contoh produk yang bisa di jadikan usaha ekspor ke luar negeri maka selanjutnya adalah mengatur strategi sebelum menjalankan bisnis ini.
Ada 3 tahapan yang harus anda perhatikan sebelum memulainya, seperti:

1. Menentukan barang atau produk yang akan di ekspor

penting halnya sebelum melakukan bisnis ekspor ke luar negri anda harus jelih dalam menentukan barang apa yang akan di jual. Cari tahu terlebih dahulu atau analisa pasar bisnis eksport luar negeri, agar nantinya tidak terjadi kegagalan atau kesalahan dalam pemasaran.

Untuk melakukan riset pasar luar negeri mengenai barang apa yang sedang trend di negera tertentu anda bisa menggunakan media online seperti google trend atau marketplace luar negri seperti amazon atau alibaba.

Disana anda bisa melihat berbagai produk yang sedang trend mulai kurun waktu tertentu dari 1 tahun terakhir sampai hari ini. Manfaatkan teknologi untuk memaksimalkan usaha ekspor anda, dengan cara ini akan mempermudah pekerjaan anda dan lebih efisien.

2. Promosi secara online

Di era modern saat ini kita di mudahkan dengan adanya teknologi yang sangat canggih dan mampu mempermudah pekerjaan. Dengan adanya teknologi tersebut kita bisa memanfaatkan untuk mempromosikan barang atau produk yang dimiliki ke luar negri.

Untuk pemasaranya bisa memanfaatkan media online atau medsos seperti twitter, facebook, instagram. Adapun media iklan online yang berbayar seperti fb ads, google ads, instagram ads.

Media iklan online berbayar tersebut memiliki keunggulan yang sangat baik yaitu mampu menjangkau berbagai negara dengan biaya yang lebih terjangkau. Namun jika anda tidak memiliki banyak dana maka bisa menggunakan medsos gratis untuk promosi.

3. Ikut serta dalam pameran produk luar negeri

Ini merupakan salah satu teknik yang sangat ampuh jika anda memang serius untuk memulai bisnis ekspor. Mengikuti berbagai pameran produk yang ada di luar negeri mampu mengembangkan bisnis anda.

Disana anda bisa mengenalkan produk yang anda miliki ke orang-orang di sana dan memberikan penjelasan yang detail agar calon konsumen tertarik. Umumnya di berbagai negara tertentu pasti mengadakan event pameran produk kreatif dan menarik di sana.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai contoh peluang usaha ekspor modal kecil untung besar. Dari saya cukup sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan komentar