Peluang Usaha Cuci Motor Salju (Hidrolik) Sederhana yang Menjanjikan

| |

Tiap-tiap orang mengharapkan mempunyai usaha yang menguntungkan yang dapat mencukupi keperluan sehari-hari.

Diantara banyak bisnis dan usaha tentunya pasti membutuhkan modal, salah satunya yaitu usaha cuci motor dan mobil.

Latar Belakang usaha cuci mobil

Sepanjang Jalan kota – kota besar di Indonesia, lebih-lebih di Jabodetabek ( Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) kendaraan kian padat baik roda dua maupun roda empat.

Apalagi di tahun-tahun yang akan datang, yang namanya kendaraan pastinya akan senantiasa bertambah jumlahnya.

Sebab berbanding lurus juga dengan pertumbuhan jiwa manusia itu sendiri dan pendapatan mereka yang semakin meningkat.

Tiap-tiap orang hampir rata-rata telah mempunyai kendaraan pribadi contohnya saja pelajar, mahasiswa, pekerja dan pengusaha mempunyai kendaraan. Malahan tiap-tiap satu orang dapat mempunyai lebih dari satu kendaraan.

Peluang Usaha Cuci Motor Salju (Hidrolik) Sederhana yang Menjanjikan

Tak dapat dilalaikan lagi di negara kita ini transportasi umum belum 100% mengatur peranan penting. Sehingga kendaraan pribadi masih menjadi unggulan untuk mobilitas masyarakat dalam melaksanakan kesibukan rutin dan juga untuk gaya hidup masyarakat.

Tiap-tiap orang yang mempunyai kendaraan motor maupun mobil yang senantiasa dipakai hampir tiap-tiap hari. Tentunya kendaraan itu perlu perawatan minimal 1 bulan sekali untuk service mesin.

Kian meningkatnya mobilitas orang dalam kesehariannya mengakibatkan perawatan kendaraan kerap di abaikan. Apalagi dalam hal penampilan atau aspek kebersihan kendaraan, Karenanya dibutuhkan perawatan.

Tips Memulai Usaha Steam Motor Sederhana yang Menjanjikan untuk Pemula

Apa Itu Usaha Cuci Mobil ? Usaha steam motor dan mobil adalah sebuah aktivitas yang dilaksanakan oleh seseorang atau sekelompok orang.

Dengan memakai alat khusus cucian kendaraan, anda bisa membuka jasa ini di rumah anda. Alat alat yang dipakai di daerah usaha cuci kendaraan motor bervariatif, ada yang memakai alat sederhana, modern dan ada juga yang semi otomatis.

Semi otomatis maksudnya yaitu cara kerja pencucian memakai robot dan terakhir di keringkan secara manual. Kian canggih alat yang dipakai dikala mencuci kendaraan bermotor maupun mobil, kian mahal pula ongkos jasa pencucian kendaraan itu sendiri.

Bisnis steam motor dan mobil sungguh menjanjikan sekali dan ini kans baik di masa akan datang untuk anda. Padahal banyak orang yang telah membuka usaha ini.

Namun sepatutnya dikenal bahwa, jika bisnis ini dikelola dengan benar dan professional maka akan banyak orang yang menggunakan jasa anda.

Tips Sukses Membangun Bisnis Cuci Motor Salju Hidrolik untuk Pemula

1. Lokasi usaha seharusnya strategis dan nyaman bagi konsumen untuk menunggu. Jangan takut dengan saingan, cobalah berdaya upaya dari sudut pandang konsumen.

Daerah Cuci Motor seperti apa sih yang paling tepat ?

Tips Sukses Membangun Bisnis Cuci Motor Salju Hidrolik untuk Pemula

Tentu seharusnya gampang ditemukan, tempatnya bersih untuk tempat menunggunya (tempat duduk, meja) nyaman, mungkin anda dapat disediakan tv, layar kaca.

2. Memberikan pelatiha  kepada karyawan dengan mengajarkan cara berkerja yang professional dan handal. Jaga tingkah laku para pekerja supaya sopan dan berhati-hati dalam mencuci motor, supaya tidak terkena komplain motor jadi baret atau ada timbul yang rusak dari pelanggan.

3. Terapkan komponen gaji pokok dan incentive bagi pekerja. Hitung incentive metode jumlah motor yang mereka kerjakan agar para pekerja terus semangat dalam mencuci motor.

4. Observasi jam kerja dan waktu makan para pekerja agar mereka dapat beristirahat dengan maksimal. Untuk menghindari sakit yang biasa menyerang yaitu masuk angin.

Hal di atas memang sederhana, tapi salah satu saja pekerja ada yang sakit pasti operasional usaha jadi kacau balau.

5. papan nama atau spanduk (sebaiknya yang berbahan plastik) yang mencolok. Buat nama usaha Cuci Motor anda sekreatif mungkin dan mudah di ingat oleh pelanggan.

6. Tawarkan hal yang unik, yang membedakan usaha Cuci Motor anda dengan yang lain. Model : tambahan fasilitas semir ban, pengkilap jari-jari motor, jaminan cuci motor 20 menit selesai.

7. Buat aneka promosi untuk menarik konsumen baru. Seperti orang yang datang sebelum jam 9.00 akan diskon 50%.

Hal ini ampuh untuk menarik orang mencucikan motornya ke tempat anda dengan datang lebih awal. Trik tersebut sangatlah ampuh untuk anda pakai demi kesuksesan bisnis cucian motor anda.

8. Kerjasama dengan bagus bersama jaringan institusi seperti FIF (kredit motor). Komunitas orang yang kredit motor tiap potongan harga atau dapat cuci motor 1 kali. Sebarkan promo dapat cuci motor atau potongan harga.

9. Buat seragam untuk karyawan anda. Pembuatan baju untuk karyawan anda cukup menarik, karena akan membuat bisnis anda terkesan professional dan baik.

10. Mempromosikan jasa usaha cuci steam motor ke masyarakat. Salah satu mempromosikan usaha cuci motor dengan metode mengincar pelanggan di daerah sekitar Anda dahulu.

Tawarkan penawran dan promosi menarik ke konsumen anda, hal ini bisa memajukan usaha anda.
Promosikan melalui brosur atau selebaran, jika anda ingin memperluas promosi bisa di lakukan di media social.

Peralatan Untuk Memulai Bisnis Cuci Motor Salju Hidrolik Sederhana Sukses

Peralatan standard untuk usaha cuci motor

  • Siapkan 1 buah Tong besar ataupun sebuah wadah besar untuk menampung air (turent air bisa anda gunakan).
  • Menyiapkan dua buah tempat kecil untuk wadah sabun pembersih motor.
  • Menyiapkan sabun khusus untuk membersihkan motor.
  • Siapkan sebuah spons atau alat pembersih lainya.
  • Sediakan sikat pembersih, baik yang kecil maupun besar.
  • Menyiapkan sehelai kain atau potongan baju yang sudah tidak terpakai, berfungsi untuk menghilangkan sisa noda di motor.
  • Menyiapkan kanebo untuk membuat motor tambah bersih dan kinclong.
  • Siapkan mesin pompa air untuk menyalurkan air bersih.

Peralatan tambahan cuci motor

  • Menyiapkan sebuah mesin kompresor, yang sedang saja tidakk usah yang besar jika modal yang anda miliki kurang.
  • Menyiapkan lift motor, hal ini berfungsi untuk menaikan motor ke tempat pencucian.
  • Menyiapkan dua sampai empat selang berbentuk spiral, hal ini berfungsi untuk menyalurkan air yang membersihkan motor.
  • Menyiapkan sebuah pressure gauge.
  • Siapkan dua buah air gun.
  • Menyiapkan satu buah mesin steam atau cuci motor. 
  • Membeli satu set Tabung salju dan sampoo salju, untuk menambah bersih.
  • Membeli Kuas, semir ban, kain lap dan wadahnya.

Analisa Modal Peluang Usaha Cuci Motor Salju Hidrolik Secara Lengkap

Modal permulaan yang Anda perlukan untuk mengawali usaha cuci motor tergantung pada skala bisnisnya. Tetapi bila Anda mulai dengan usaha yang kecil terlebih dahulu, Anda mungkin patut mengeluarkan antara 5 sampai 7 juta Rupiah untuk perlengkapannya.

Analisa Modal Peluang Usaha Cuci Motor Salju Hidrolik Secara Lengkap

Harga demikian belum termasuk sewa daerah, tarif promosi, serta pengeluaran wajib seperti listrik dan air. Jika anda tepat dalam mempromosikan jasa usaha cucian motor anda dengan benar, maka bisnis anda akan lancar.

Berikut jenis perlengkapan utama yang Anda perlukan untuk membuka usaha cuci motor salju:

1. Tangki snow untuk membuat efek salju. Tangki ini umumnya terbuat dari stainless steel dan dioperasikan dengan kompresor untuk mewujudkan buih salju dari campuran cairan pembersih utama. Kapasitas umumnya terdiri dari ukuran 12 sampai 20 liter.

2. Alat penyemprot berkekuatan tinggi atau power sprayer dan selang. Alat ini dikaitkan dengan tangki berisi cairan pembersih.

Panjang selangnya dapat bervariasi, mulai dari yang cuma 3 meter sampai 10 meter. Selangnya wajib tersedia untuk input dan output kontainer, termasuk kontainer air umum dan cairan salju.

3. Hidrolik cuci motor. Hal ini merupakan metode hidrolik untuk mengangkat motor ke posisi lebih tinggi supaya gampang dicuci.

Harganya cukup mahal sekitar 7 juta Rupiah, tetapi bila Anda berniat membuka usaha cuci steam motor yang besar dan professional, investasi ini benar-benar dibutuhkan supaya pembersihan motor lebih optimal.

4. Semir ban. Semir ban sangat di butuhkan untuk memberikan pelayanan ekstra dan pelengkap usaha anda.

5. menyiapkan shampo wax untuk motor.

6. Peralatan lain seperti persediaan lap, sikat, dan semir motor. Paket kelengkapan standar umumnya tersedia dari harga 5 sampai 7 juta Rupiah.

Jika anda ingin membuka usaha cucian motor lebih besar  dan terlihat professional, anda bisa menyiapkan modal sebesar 10 juta rupiah. Jangan lupa juga memperhitungkan uang untuk membayar tarif sewa daerah, listrik dan air untuk sebulan.

Simulasi Bisnis Cucian Motor

Analisa untuk menghitung berapa jumlah profit yang dapat anda temukan tiap bulannya. Mulai dari tarif listrik, sewa tempat, dan lain-lain termasuk bayar karyawan (bila ada).

Baiklah kami anggap tarif operasional sebesar Rp2.500.000 per bulan. Kemudian, berapa tarif jasa cuci motor didaerah anda?

Analisa Usaha Cuci Motor Salju (Hidrolik) Sederhan

Apakah Rp6000, apakah Rp8000. atau Rp10.000. Berikutnya kita akan hitung estimasi pendapatannya, bila tarif jasa cuci motor sebesar Rp10.000/motor.

Contohnya : Seandanya sehari saja anda dapat mencuci 20 sepeda motor (dari jam 07.00 pagi s/d jam 5 petang). Jika tarif cuci motor sebesar Rp10.000 per motor, karenanya anda akan menerima omzet sehari sebesar Rp200.000 atau Rp6.000.000 sebulan.

Dengan omzet Rp6.000.000 sebulan dikurangi tarif operasional sebesar Rp2.500.000
Anda mendapatkan pendapatan sebesar Rp3.500.000. Dengan seperti itu, cuma dalam 2 bulan modal anda telah kembali, dan anda dapat membeli paket mesin lagi.

Dengan anda mempunyai mesin dengan jumlah lebih dari 2, bisa dipastikan anda dapat menuntaskan mencuci motor lebih cepat dalam sehari. Semakin banyak motor yang anda cuci mmaka penghasilan pun akan besar.

Hambatan Bisnis Cuci Motor dan Mobil 

Bisnis steam motor bertumpu dengan cuaca. Bila cuaca kerap hujan situasi ini menguntungkan dan ramai oleh konsumen yang akan mencuci motor maupun kendaraan beroda empat.

Sebaliknya bila kemarau telah tiba, usaha ini adakalanya sepi dari konsumen. Jangan kelamaan untuk memulai bisnis ini, segera kumpulkan modal untuk membangun usaha ini.

Mungkin itu saja dari saya penjelasan kali ini mengenai analisa usaha cuci motor salju hidrolik secara lengkap. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Jangan lupa terus kunjungi web tambahmulyo untuk mmendapatkan update an artikel terbaru.

Previous

Memulai Usaha Laundry Kiloan dari Nol Sukses untuk Pemula

Usaha Kerajinan dari Bambu yang Mudah di Buat dan Menguntungkan

Next
Previous

Memulai Usaha Laundry Kiloan dari Nol Sukses untuk Pemula

Usaha Kerajinan dari Bambu yang Mudah di Buat dan Menguntungkan

Next

Tinggalkan komentar