Peluang Membuka Usaha Jasa Service Komputer dan Laptop yang Menjanjikan

Zaman modern seperti sekarang ini, sebuah perangkat elektronik komputer telah membantu keperluan seseorang pada era saat ini.

Komputer dibutuhkan setiap hari untuk mempermudah pengerjaan tugas di sebuah perusahaan seperti pembuatan sebuah laporan kerja.

Penerapan komputer atau laptop untuk menuntaskan pekerjaan sekolah maupun tugas kuliah, seperti mencari berita serta acuan di dunia online.

Fenomena ini tidak aneh, karena kita dapat mengamati jika di sekeliling kita merupakan orang yang sibuk di bidang yang membutuhkan komputer.

Peluang Membuka Usaha Jasa Service Komputer dan Laptop yang Menjanjikan
Peluang Membuka Usaha Jasa Service Komputer dan Laptop yang Menjanjikan

Yang mengaplikasikan komputer untuk membantu pekerjaan keseharian mereka. Mereka membawa perangkat elektronik kemampuan mereka pergi menggunakan tas khusus laptop.

Bukan Cuma kalangan karyawan, pelajar, dan mahasiswa saja yang terbiasa dengan komputer atau komputer jinjing. Masyarakat malahan telah terbiasa dengan komputer atau laptop yang sudah lama mereka miliki.

Memulai Usaha Jasa Service Komputer dan Laptop Termurah 

Analisa Usaha Servis Komputer dan Laptop

Fakta di atas memunculkan permintaan pasar laptop atau komputer biasa lumayan tinggi. Anda dapat melihat di mall atau gerai usaha yang memasarkan perangkat laptop dan computer, laris manis diserbu para pembeli.

Apalagi dikala harga komputer jinjing dan komputer relatif murah, dengan hadirnya laptop buatan cina yang dipasarkan dengan harga murah sekali. Seperti axioo, lenovo, acer dan lain sebagainya.

Data statistic menunjukan bahwa perkembangan penjualan barang elektronik, khususnya laptop dan computer sangatlah ramai. Seorang karyawan, pelajar atau mahasiswa yang mengaplikasikan komputer jinjing atau computer standar.

Biasanya akan lebih dihargai orang ditempat bekerja atau daerah dia menuntut ilmu. Orang yang mengaplikasikan fasilitas laptop dan komputer dalam cara kerja pelajaran akan lebih maju di depan.

Selain itu akan lebih mahir dan cerdas daripada orang yang tak mengaplikasikan komputer jinjing atau komputer.

Fakta menunjukan bahwa banyak karyawan, mahasiswa dan pelajar berbondong-bondong untuk membeli komputer dan komputer jinjing yang sesuai dengan keuangan yang mereka miliki.

Agar mereka lebih pesat dalam mendpatkan suatu informasi berita, dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman terbaru. Terdapat kelemahan perangkat komputer jinjing dan computer biasa, yakni seiring berjalannya waktu dan penggunaan.

Laptop atau komputer dapat mengalami kerusakan ringan sampai berat yang dapat disebabkan berbagai macam unsur. Kerusakan komputer jinjing atau komputer dapat dikarenakan penggunaan yang salah, jatuh atau terbentur ke benda keras maupun terkena virus.

Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan komputer jinjing dan komputer dari segi hardwere atau software. Untuk mengoreksi komputer atau laptop yang rusak, anda memerlukan jasa reparasi computer dan laptop.

Hal ini dapat anda manfaatkan sebagai salah satu usaha untuk mahasiswa, yaitu jasa perbaikan laptop murah namun berkhualitas. Tingkat kompetisi usaha servis computer atau komputer jinjing lumayan tinggi.

Sebab pangsa pasar yang besar menciptakan usaha service computer atau laptop bagi pemula masih berpeluang untuk berhasil meskipun dengan modal yang sedikit. Metode dapat dikatakan masih menjadi usaha yang berkembang di masa akan datang.

Rincian Biaya Modal Usaha Service Komputer dan Laptop untuk Pemula

Sementara itu, sekiranya anda memiliki keterampilan atau keahlian khusus dalam bidang memperbaiki komputer atau laptop. Anda dapat membuka usaha service computer atau komputer jinjing secara offline.

Berikut ini rincian tarif modal usaha service computer atau komputer jinjing untuk pemula, antara lain:

Tarif Investasi:

  1. Menyediakan Komputer seharga Rp 3 juta.
  2. Menyediakan laptop seharga Rp 6 juta.
  3. Biaya usaha seperti kabel data, obeng, dan lain-lain Rp 1 juta.
  4. Renovasi ruangan sekitar Rp 4 juta.
  5. Biaya software seperti cd windows, cd installer dan lain-lain Rp 2 juta.
  6. Biaya perlengkapan alat (hardware) Rp 8 juta.
  7. Modal Alat Pendukung Rp 1 juta.
  8. Sewa lokasi usaha Rp 10 juta.

Setelah kita analisa di temukan bahwa modal awal yang perlu anda siapkan untuk biaya investasi usaha service computer atau laptop bagi pemula yaitu Rp 35 juta.

Tarif Operasional:

  1. Tarif Pulsa Rp 200 ribu.
  2. Tarif keamanan, listrik, air bulanan Rp 500 ribu.
  3. Tarif tidak terduga Rp 300 ribu.

Profit tarif operasional usaha service laptop dan komputer sebesar Rp 1 juta per bulan.

Keuntungan Membuka Usaha Service Komputer dan Laptop untuk Pemula

Seandainya dalam satu hari anda dapat menerima orderan pembetulan komputer atau komputer jinjing sebanyak 3 buah unit. Maka dalam sebulan anda bisa memperbaiki 90 buah komputer jinjing atau komputer.

Biaya jasa reparasi komputer jinjing atau komputer sebesar Rp 75 ribu per unit, lalu profit yang dapat anda peroleh sekitar Rp 225 ribu perhari. Dikalikan sebulan pendapatan usaha service computer atau laptop sekitar Rp 6.750.000 per bulan.

Dikurangi tarif operasional dan di temukan omset bersih perbulan sebesar Rp  5.750.000. Metode yang benar-benar lumayan bukan?

Anda sebagai pemula yang ingin membuka usaha service computer dan laptop agar laris manis. Simak tipsnya di bawah ini:

Menentukan Lokasi usaha

Usaha service laptop atau komputer akan laku keras apabila anda membukanya di daerah yang strategis.

Contohnya saja di dekat kampus, sekolah, sentra keramaian orang, pinggir jalan yang ramai oleh lalu lalang orang, dan daerah strategis yang berdekatan dengan pangsa pasar yang anda bidik.

Seandainya letak rumah anda berada di tempat demikian, anda bisa mendirikan usaha jasa servis computer atau laptop di rumahan dengan memanfaatkan ruangan kosong di depan rumah.

Tarif Perbaikan Komputer

Untuk biaya atau harga jasa servis computer atau laptop sesuaikan dengan harga pasaran.
Sekiranya dapat lebih murah sedikit dari pesaing. Hal ini bertujuan untuk menarik sebanyak mungkin konsumen.

Apalagi usaha servis komputer dan komputer jinjing yang sobat jalani dalam tahap permulaan.

Pelayanan yang Maksimal

Usaha service computer atau laptop termasuk usaha dalam bidang jasa yang populer. Sehingga anda sepatutnya mengamati mutu jasa yang diberikan. Pastikan pelayanan yang diberikan optimal dan memberikan kepuasan bagi konsumen.

Misalkan pelayan tampil ramah, supel, murah senyum, berteman, nikmat diajak ngobrol, dan lain sebagainya. Apabila ada konsumen yang reparasi computer namun proses pengerjaan cukup memakan waktu lama anda.

Anda bisa memberikan pinjaman computer ke pelanggan anda, namun jika keadaan terdesak saja. Pelayanan yang bagus lainnya yakni memberikan garansi. komputer maupun laptop apabila sudah selesai dikerjakan, anda bisa memberikan sebuah garansi selama satu bulan jika terjadi kerusakan kembali.

Hal ini akan memberikan kepuasan terhadap konsumen yang telah di berikan pelayanan yang maksimal. Pada akhirnya kosumen tersebut akan merasa nyaman dan akan menjadi pelanggan anda seterusnya.

Promosi usaha

Pentingnya dalam membuka usaha service computer untuk melakukan promosi. Anda wajib melaksanakan promosi usaha secara gencar dan massif, untuk mendapat sebanyak mungkin pelanggan dan masyarakat mengenal usaha jasa service computer anda.

Anda bisa melakukan promosi usaha service laptop maupun komputer secara online, dan mengaplikasikan sosial media untuk promosi.

Bisnis Service Komputer Panggilan

Selain mengawali usaha service komputer dan komputer jinjing secara offline, anda dapat juga membuka usaha service komputer panggilan. Usaha ini lumayan menjanjikan karena banyak orang dan institusi tertentu yang sibuk dengan profesi di kantor sehingga tak ada waktu untuk datang ke toko.

Instansi sekolah memiliki banyak computer, karenanya untuk memperbaiki masing-masing membutuhkan waktu yang cukup lama. Yang paling mudah yaitu jika ada tukang servce computer panggilan.

Untuk mengawali usaha service komputer panggilan bagi pemula, anda patut menjalin relasi dengan pihak sekolah, institusi pemerintah, swasta dan lain sebagainya. Kemudian menawarkan jasa service komputer panggilan apabila komputer yang mereka miliki mengalami kerusakan.

Usaha jasa service komputer panggilan ini gampang dilaksanakan, tanpa modal besar dan dapat dijalankan sebagai usaha sampingan di rumahan. Usaha ini mensyaratkan bagi pelakunya untuk sukses di bidang perbaikan komputer baik software atau pun hardware.

Prospek bisnis service komputer dan komputer jinjing masih menjanjikan saat ini. Mengingat jumlah pengguna komputer atau laptop cukup banyak di Indonesia.

Anda bisa dengan gampang menjumpai tiap orang mengaplikasikan komputer jinjing portable atau komputer di perkantoran atau rumah. Akibat penggunaan yang tidak sesuai komputer dan laptop mengalami kerusakan.

Pendek kata, di jaman modern kini hampir tiap orang mempunyai komputer jinjing atau komputer satu buah bahkan bisa lebih dari itu. Laptop bukan cuma dipakai untuk kepentingan profesi, sekolah, tetapi banyak juga diterapkan untuk kepentingan bisnis. Misalkan bisnis online.

Usaha service laptop dan komputer termasuk macam usaha tanpa modal. Maksudnya modal usaha yang dikeluarkan tidaklah besar.

Dengan berbekal keterampilan khusus memperbaiki komputer dan laptop bagus hardware atau pun software telah cukup bagi anda untuk mengawali usaha jasa reparasi ini.

Anda dapat mengerjakan usaha service laptop dan komputer secara panggilan, offline atau pun online.
Untuk memperbaiki komputer dan komputer jinjing yang rusak, saat ini sudah dipermudah.

Anda dapat meniru kursus keterampilan metode servis komputer dan laptop yang diselenggarakan oleh institusi keterampilan. Anda dapat belajar lewat majalah, buku, dan surat berita yang membahas metode reparasi komputer dan komputer jinjing yang rusak.

Anda juga dapat belajar ke sahabat atau kenalan anda yang pintar service laptop dan computer, baik software maupun hardware. Untuk meningkatkan profit dari usaha service komputer, anda dapat merambah ke bisnis komputer tanpa modal lain yang masih terkait dengan dunia elektronik.

Seperti usaha jual beli laptop dan komputer. Dimana anda membeli komputer bekas kemudian merubah nya menjadi bagus, lalu dipasarkan kembali dengan harga lebih tinggi dari harga beli.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai peluang usaha jasa service computer dan laptop dengan harga murah. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar