Mengintip Peluang Usaha Sarang Burung Walet yang Menjanjikan Untuk Dikembangkan

| | ,

Burung walet adalah jenis burung yang memiliki sayap berbentuk meruncing, ekor panjang, dan warna bulu hitam di atas sedangkan di bawah berwarna coklat.

Burung walet umumnya tinggal di daerah yang gelap serta sepi, selain itu burung ini menghasilkan sarang menggunakan air liurnya dan di yakini dapat di jual dengan harga mahal.

Peluang Usaha Sarang Burung Walet yang Menjanjikan
Peluang Usaha Sarang Burung Walet yang Menjanjikan

Melihat kondisi seperti itu anda bisa menciptakan sebuah peluang usaha sarang burung wallet yang menjanjikan di rumah, apalagi saat ini harganya sedang mahal di pasar internasional.

Apa perbedaan burung sriti dan walet?

Kedua burung ini berbeda jenisnya, jika di pasaran sarang burung walet lebih mahal ketimbang burung sriti.

Harga sarang burung walet di pasaran bisa dua kali lipat dari sarang burug sriti, inilah yang membuat banyak orang yang memburu atau membudidayakanya.

Analisa Prospek Bisnis Jual Beli Sarang Burung Walet yang Menguntungkan.

Prospek pengembangan usaha sarang burung walet yang kini mulai banyak di bangun oleh para pengusaha mulai menunjukan hasil yang menjanjikan, dan terbukti banyak pengusaha walet terkaya di Indonesia.

Di sini bisa kita lihat pada harga sarang burung walet terbaru yang semakin melambung tinggi, apalagi permintaan pasar internasional semakin banyak.

Sarang Burung Walet untuk apa?

Terkadang kita berpikiran apa fungsi sarang burung walet, kenapa kok banyak orang yang mencarinya.

Memang di Indonesia belum banyak orang yang memanfaatkan sarang burung walet, namun di luar negeri khususnya negara china.

Sarang burung walet bagi orang luar sering di konsumsi dan di percaya memiliki khasiat obat yang baik.

Mengapa harga sarang burung walet sangat mahal?

Banyak orang yang belum mengerti alasan harga sarang burung walet mahal.

Memang bentuk dari sarang ini sangat kecil dan sederhana, namun untuk mendapatkanya tidaklah mudah.

Terlebih jika anda berkunjung di daerah pantai selatan jogja maka anda akan menemukan para pemburu sarang burung walet yang berada di area dekat goa yang berada di tepi pantai.

Mengapa orang sana rela mencari sarang burung walet sampai ke goa, bahkan nyawa bisa di pertaruhkan hanya untuk mendapatkan sarang burung walet.

Sarang burung walet yang di dapatkan di alam bebas harganya sangat mahal dan berkhualitas, perkilonya bisa di hargai jutaan rupiah.

Itulah yang membuat banyak orang berburu sarang burung walet di goa tepi pantai maski pun nyawa menjadi taruhanya.

Namun saat ini sudah banyak peternak sarang burung walet yang memanfatkan tempat atau Gedung kosong untuk di jadikan budidaya walet sederhana.

Lalu bagaimana cara memulai usaha sarang burung walet di rumah, simak penjelasan saya di bawah ini jika kalian ingin mengetahuinya lebih dalam.

Rincian modal usaha sarang burung walet mulai Awal hingga berdiri.

Banyak orang yang bimbang akan berapa modal yang harus di miliki jika ingin membangun sebuah usaha sarang burung walet dari awal berdiri sampai sukses.

Modal utama yang harus anda miliki pastilah uang, selain uang ada ilmu atau pengetahuan, dan mental berwirausaha.

Jika anda sudah memilikinya selanjutnya untuk encari lokasi usaha, tempat yang di gunakan untuk sarang burung walet berkembang biak dalah Gedung.

Untuk memaksimalkan budidaya sarang burung walet usahakan untuk memilih Gedung yang berada pada kondisi yang sejuk dan area yang lembab, hal ini di lakukan agar walet dapat hidup nyaman di dalamnya.

Ada 2 cara apabila anda ingin mengembangkan usaha walet, yaitu menyewa Gedung atau membangun Gedung dari awal, semua itu ada keuntungan dan kerugianya masing-masing.

Jika anda belum memiliki modal yang cukup maka menyewa Gedung menjadi pilihan yang tepat, namun bila modal yag di miliki besar maka membangun degung dari awal bisa menjadi solusi yang terbaik.

untuk pembuatan Gedung untuk tempat sarang burung walet membutuhkan biaya dari 200 juta sampai 1 miliyar rupiah, semuanya tergantung pada seberapa besar tempat yang akan anda buat.

Umumnya para pengusaha walet membangun sebuah Gedung dengan lebar 10×10 meter dan memiliki 4 lantai, ini merupakan ukuran tempat tinggal minimal dari burung walet agar hasil yang di dapatkan maksimal.

Bukan hanya modal untuk Gedung sjaa, nmaun ada juga alat pendukung lainya seperti pipa, sound sistem burung walet, pipa L, tweeter panggil dan inap walet, peralatan tenaga surya, mesin pengembun, dan biaya lainya.

Memang jika kita bayangkan modal yang di keluarkan untuk usaha ini sangatlah besar, namun bagi seorang pengusaha yang paham hal ini merupakan investasi jangka Panjang yang menjanjikan.

Resiko bisnis sarang burung walet.

Peluang ushaa sarang burung walet memang menjanjikan, namun di balik semua itu ada beberapa hal yang harus anda ketahui termasuk resiko yang akan di temukan. Seperti apakah resikonya?

1. Bahan mentah sarang burung walet yang kini mulai langka dan sulit di cari.

Semua itu terjadi karena adanya campur tangan negara luar yang menyerang pasar Indonesia dengan membeli banyak bahan mentah, sehingga kelangkaan yang kini mulai di rasakan oleh beberapa pengusaha.

Hal ini berpengaruh pada menurunya daya beli pasar internasional karena di pengaruhi oleh tingginya harga.

2. Harga sarang walet semakin murah.

Efek dai kelangkaan bahan di dalam negri membuat para pengusaha walet meilih untuk import sarang burung walet yang sudah siap untuk di konsumsi karena lebih terjangkau.

Efek tersebut membuat pengusaha local menurunkan harga jualnya, dan alhasil membuat penghasilan mereka menjadi turun.

3. Hama sarang burung walet.

Banyak parasite atau hama yang menyerang sarang burung walet akhir-akhir ini, contohnya saja seperti tikus, jamur dan ular.

Jenis hama tersebut sudah umum di temukan dan menjadi musuh utama bagi petani walet yang ada di daerah.

Solusi terbaik adalah para peternak harus rajin mengintrol kondisi Gedung, untuk mencegah hama menyerang walet.

Penyebab anjloknnya harga sarang walet.

Dari tahun ke tahu sata ini para pengusaha sarang burung walet sedang di landa kegelisahan karena anjloknya harga di pasaran.

Semua itu terjadi karena ada beberapa pihak yang sedang memainkan harga, terlebih campur tangan negara luar seperti china yang menyerbu sarang walet ke Indonesia.

Para pengusaha dari china sengaja mebeli banyak bahan mentah sarang burung walet untuk mengatur harga, dan inilah yang menyebabkan kehancuran dari usaha ini. Apabila semua itu tidak di tanggapid dengan cepat maka nasib pengusaha local bisa terancam.

Izin usaha sarang burung walet.

Jika anda serius untuk memulai usaha ini pastikan untuk membuat proposal usaha sarang burung walet. Hal tersebut di lakukan guna memudahkan perizinan dan usaha anda mendapatkan legalitas dari pemerintah.

Daerah penghasil sarang walet terbesar di Indonesia.

Saat ini di Indonesia ada beberapa daerah yang menghasilkan banyak sarang burung walet, contohnya saja Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan jawa.

Daerah di atas merupakan penghasil sarang burung walet terbesar di Indonesia, dan mampu meraup pendapatan hingga jutaan dollar.

Jika di kembangkan maka potensi bisnis ini akan berkembang pesat di Indonesia, dan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Itulah peluang usaha sarang burung walet yang menjanjikan, apakah anda tertarik untuk menjalankanya? Jika ada pertanyaan menarik seputar pembahasan di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Menjalankan Peluang Usaha Warnet yang Sukses Dengan Keuntungan Menjanjikan

Alasan Mengapa Usaha Kopi Sederhana Sangat Menjanjikan Untuk Anda Coba

Next
Previous

Menjalankan Peluang Usaha Warnet yang Sukses Dengan Keuntungan Menjanjikan

Alasan Mengapa Usaha Kopi Sederhana Sangat Menjanjikan Untuk Anda Coba

Next

Tinggalkan komentar