Mengapa Usaha Warnet Banyak yang Gulung Tikar Pada Era Sekarang

Usaha warnet dulunya mengalami puncak kejayaan sebelum muncul smartp hone dan tablet canggih lainnya.

Pada masa itulah warnet mengalami puncak bisnis yang menjanjikan, namun pada era sekarang usaha ini mulai gulung tikar lalu apa alasannya?

Dahulu bisnis warnet menanjak naik karena media sosial yang baru muncul selain itu informasi yang mudah di dapatkan dan lengkap menjadi pilihan banyak orang untuk pergi ke warnet.

Terlebih untuk akses internet pada jaman dahulu masih minim yang menggunakan, hanya beberapa perangkat saja yang digunakan.

Mengapa Usaha Warnet Banyak yang Gulung Tikar Pada Era Sekarang
Mengapa Usaha Warnet Banyak yang Gulung Tikar Pada Era Sekarang

Bisa kita amati jika kondisi warnet saat ini sangatlah memprihatinkan, hal ini di dukung dengan minat masyarakat yang enggan lagi pergi ke warnet karena sudah memiliki perangkat canggih (smart phone) yang dimiliki hampir semua orang.

Lalu apa saja alasan yang mendasari bisnis warnet sepi, simaklah pembahasan menarik berikut ini agar kalian tahu dan mempertimbangkan lagi apabila ingin memulai usaha ini.

Alasan Mengapa Bisnis Warnet Banyak yang Tutup.

Apabila kita amati nasib bisnis warnet tahun ini sangat mengecewakan dan menyedihkan, karena kurangnya pengunjung yang datang.

Di daerah tempat tinggal saya banyak usaha warnet sepi bahkan ada yang sampai gulung tikar atau bangkrut.

Apabila anda berencana ingin membuka usaha warnet sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu untuk berjaga – jaga apabila nantinya mendapatkan masalah yang serius.

Di bawah ini merupakan beberapa alasan yang mendasari kenapa bisnis warnet banyak yang gulung tikar.

1. Berkembangnya Smart phone.

Alasan yang paling sering saya temui di masyarakat adalah mereka sudah sibuk dengan smartphone yang di miliki.

Terlebih biaya paket daya yang semakin murah menjadikan masyarakat enggan lagi pergi ke warnet.

Mayoritas orang di perkampungan maupun pedesaan sudah memiliki smarthone sendiri, bahkan anak kecil sekalipun sudah bisa mengoperasikan.

Jadi bisa di bayangkan bagaimana nasib usaha warnet di masa mendatang pasti akan sepi.

2. Tempat yang Kotor.

Tempat kotor sering kali menjadi masalah pada setiap usaha yang di jalankan, khususnya warnet. Mayoritas konsumen biasanya mempertimbangkan akan hal kebersihan dari suatu tempat.

Namun seringkali pemilik warnet mengabaikan hal ini, alhasil akan berdampak pada bisnis yang di jalankan.

Maka dari itu menjaga kebersihan tempat sangat mempengaruhi kenyamanan dari pengunjung dan anda wajib memperhatikan.

3. Kecepatan Internet yang Lelet.

Kecepatan akses internet menjadi pertimbangan bagi para pengunjung untuk datang ke tempat anda.

Speed internet dan komputer sangat mempengaruhi kenyamanan dari pengunjung, semakin cepat akses internet dan performa komputer maka pengunjung akan semakin nyaman.

Umumnya orang yang berkunjung ke warnet bukan hanya mencari informasi atau bermain game saja, namun banyak juga orang yang berkirim file ukuran besar dan otomatis hal ini membutuhkan kecepatan koneksi internet yang baik.

Meskipun saat ini banyak smartphone atau laptop sendiri namun belum tentu mereka memiliki kecepatan akses internet yang baik.

4. Spesifikasi Komputer yang Jadul.

Mungkin sebagian pengusaha warnet memilih membeli atau merakit komputer dengan spesifikasi yang murah dan biasa saja, namun hal ini salah besar.

Karena pengunjung bukan hanya datang ke warnet untuk bermain media sosial atau mencari tahu informasi, namun ada juga yang senang bermain game.

Untuk menjalankan sebuah game tertentu di perlukan spesifikasi komputer yang tidak biasa, nah hal inilah yang sering di abaikan oleh pemilik warnet.

Terlebih persaingan bisnis warnet yang mulai sepi memberikan inovasi lagi dengan memberikan spesifikasi serta game yang lengkap di setiap komputer, hal ini guna menarik perhatian pengunjung agar lebih banyak yang datang.

5. Operator yang Malas atau Kurang Tanggap.

Operator warnet merupakan orang yang berperan penting untuk membuat nyaman konsumen serta menyediakan fasilitas yang di perlukan.

Jika anda memiliki operator warnet yang malas serta kurang tanggap terhadap konsumen, maka bisa di pastikan bisnis anda tidak akan bertahan lama.

Tidak semua orang bisa mengakses komputer atau memperbaikinya jika terjadi kesalahan, inilah fungsi utama dari operator yang selalu memastikan keadaan komputer agar berjalan dengan baik.

Contoh kesalahan atau eror yang terjadi adalah tidak muncul suara, layer yang tiba-tiba mati, keyboard mati, koneksi terputus. Kesalahan di atas pastinya tidak bisa di selesaikan dengan sendirinya oleh konsumen anda.

Itulah alasan mengapa usaha warnet banyak yang gulung tikar pada tahun sekarang. Apabila anda berminat untuk membuka usaha warnet jangan lupa untuk melakukan Analisa terlebih dahulu, agar kesalahan yang sudah terjadi tidak di ulangi lagi saat ini.

Semoga artikel yang telah saya buat bisa menjadi referensi anda dalam menjalankan usaha baru, apabila ada pertanyaan terkait tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar