Manfaat Pil Bodrex Flu dan Batuk Untuk Menyembuhkan Ayam Sakit Ngorok dan ND Secara Alami

| |

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang banyak di ternakan di perkampungan. Selain mudah di rawat, ayam juga memiliki banyak keunggulan seperti harga jualnya yang lumayan tinggi dan minat orang yang banyak.

Meskipun perawatannya mudah namun tidak menutup kemungkinan ayam akan terkena berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering menimpa para peternak ayam adalah Newcastle Disease (ND) atau Tetelo.

Jenis penyakit tersebut merupakan salah satu yang berbahaya di kalangan unggas seperti burung dan ayam. Dalam beberapa kasus menyebutkan bahwa 90% ayam yang terjangkit penyakit ini mengalami kematian yang tinggi.

Penyakit ini menyebar ke beberapa jenis ayam seperti ayam bangkok, ayam kampung, ras ayam petelur, dan lainnya. Ayam yang sering terkena penyakit ini biasanya yang berumur tanggung atau dalam masa pertumbuhan.

Manfaat Pil Bodrex Flu dan Batuk Untuk Menyembuhkan Ayam Sakit Ngorok dan ND Secara Alami

Bukan hanya unggas saja yang dapat terserang penyakit tersebut, namun manusia juga bisa terjangkit.

Jika di manusia biasanya di sebut dengan penyakit iritasi mata atau (radang konjunctiva mata), akan tetapi jarang sekali terjadi pada manusia.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit ngorok atau te’ut menggunakan bodrex flu dan batuk bisa menyimaknya di bawah ini secara penuh.

Pil Bodrex Dapat Mencegah Ayam Tertular Penyakit Ta’eut.

Tanda-tanda ayam terserang penyakit ND atau te’eut mudah di kenali atau dilihat. Seperti : napasnya terengah engah, sering batuk dan ngorok, mata menjadi bengkak dan berwarna merah (sinusitis).

Biasanya unggas yang sudah terkena gejala tersebut dalam waktu 14 harian akan mengalami gangguan pada saraf. Gejala umum ayam yang terkena penyakit ini adalah memiliki leher yang bengkok serta sering memutar kepalanya.

Syaraf unggas yang terganggu biasanya di akibatkan oleh virus famili Paramyxoviridae dengan genus Pneumovirus, yang menyerang secara cepat dan menyeluruh ke tubuh.

Gejala lainnya yang di alami seperti memiliki warna agak hijau pada kotoran ayam serta apabila terjadi pada ayam petelur maka produksinya akan berkurang. Jika penyakit ini sudah lama mengenai ayam petelur maka kualitas telur akan buruk dan rusak selain itu warnanya juga cenderung lebih pucat.

Semua kerusakan pada hasil telur ayam terjadi karena organ reproduksi di rusak oleh penyakit ND. Berikut pencegahan untuk membuat ayam sehat kembali:

1. Pencegahan penyakit pada ayam menggunakan vaksin.

Di berbagai daerah banyak istilah untuk penyakit ND , contohnya saja di aceh yang menyebutnya dengan istilah “penyakit te’uet”.

Banyak orang yang modifikasi ramuan atau jamu untuk obat penyakit ayam ini, namun semua ramuan itu belum maksimal.

Untuk penanganan yang benar adalah dengan cara menyuntikan vaksin ND ke unggas, dengan cara ini bisa meminimlisir terjadinya penyakit yang lebih parah.

Penularan penyakit ND terjadi karena bercampur langsung antara unggas yang terkena virus dan sehat, hal ini bisa menjadi penyebaran yang paling mudah terjadi.

Buka hanya bercampur langsung, namun penggunaan tempat makan serta minum dapat menjadi sumber penularan penyakit yang sering terjadi.

Musim pancaroba menjadi waktu penyebaran penyakit ND yang sering terjadi, biasanya pergantian antara musim dingin ke panas.

Kondisi temperatur udara yang berubah menjadikan penyebaran virus lebih mudah, apabila kondisi kekebalan tubuh ayam tidak baik bisa tertular penyakit ini. Unggas yang terkena penyakit ND contohnya ayam, burung, bebek, mentok, dan lain-lain.

Banyak para ahli dalam peternakan masih mencari obat yang ampuh untuk menangani penyakit ND (te’eut).

Langkah pencegahan yang paling ampuh adalah meningkatkan imunitas dari unggas tersebut bisa menggunakan penyuntikan vaksin.

Cara mengobati ayam dari penyakit ND bisa memperhatikan pola makan yang bergizi, dan memisahkan antara unggas yang sakit dan sehat. Pemberian vaksin untuk unggas yang terjangkit penyakit ini adalah pola 4-4-2.

Vaksin yang biasa di gunakan adalah aktif dan pasif, kedua jenis tersebut di berikan sesuai takaran yang di anjurkan dokter hewan.

Kelebihan vaksin aktif yaitu bisa membuat daya tahan tubuh dan kekebalan dari unggas akan bertahan lama.

Bahan yang digunakan seperti strain Lentogenic terutama vaksin Hitchner B-1 dan Lasota. Program vaksinasi harus dilakukan dengan seksama dan diperhatikan masa kekebalan yang ditimbulkan.

Jangan sembarangan untuk memberikan vaksin ke hewan ternak yang terkena penyakit, sebaiknya konsultasi ke dokter hewan agar tidak timbul masalah.

Untuk awal pemberian vaksin ke unggas sebaiknya di berikan pada hari ke 4 setelah lahir, karena jika sudah lebih dari 1 mingguan unggas akan menghilangkan anti bodi.

Untuk jenis unggas ayam pedaging, pemberian vaksin di anjurkan pada umur 2 mingguan. Dan untuk ayam petelur di lakukan pemberian vaksin pada saat umur ayam 1 bulan pas.

Cara menggunakan vaksin ke unggas adalah dengan menyemprotkan, menetesi (mata, hidung mulut), dan di taruh ke dalam minuman.

2 .Pencegahan penyakit pada unggas menggunakan daun papaya.

Daun pepaya di kenal di masyarakat sebagai bahan makanan yang bergizi, namun tahukah anda jika banyak khasiat lain dari daun pepaya. Salah satu manfaat dari daun pepaya adalah mengobati ayam dari penyakit ND atau te’eut dan penyakit ngorok.

Cara penggunaanya sangatlah mudah, anda bisa mempraktekanya di rumah sendiri.

• ambil beberapa helai daun ppepaya yang sudah hijau ( tidak kuning dan tidak terlalu muda).
• taruh di dalam wadah atau mangkok.
• isi air ke dalam mangkok tersebut sebanyak 100-200 ml.
• peras daun papaya yang sudah di rendam dengan air.
• air perasan tersebut diberikan ke ayam atau unggas di rumah anda.

3. Menggunakan obat bodrex flu dan batuk untuk unggas yang ngorok.

Untuk penanganan unggas yang terkena penyakit bukan hanya menggunakan vaksin maupun daun papaya, namun ada juga obat bodrex flu dan batuk untuk mengobati ngorok pada ayam.

Memberikan dosis pil bodrex yang teratur sesuai takaran akan mencegah penularan pada ayam yang terkena penyakit ngorok dan ND.

Fungsi pil bodrex adalah sebagai paracetamol yang berguna untuk meringankan sakit kepala, nyeri, sakit gigi, menurunkan panas. Agar ayam tetap sehat, ikuti langkah-langkah berikut :

• siapkan 1 butir pil bodrex ( bisa menggunakan pil bodrex flu dan batuk atau extra).
• haluskan pil bodrex dan taruh kedalam mangkok.
• campurkan bodrex ke dalam pakan.

Catatan Penting: meskipun banyak orang yang mempercayai menggunakan pil bodrek dapat membantu pencegahan penyakit ND, namun peneliti belum meyakinkan hal itu.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengobati penyakit ND atau te’uet pada ayam ternak. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Cara Menanam Bibit Pinang Unggul Dan Membuat Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Budidaya Tanaman Kangkung Di Rumah Dengan Mudah Untuk Pemula

Next
Previous

Cara Menanam Bibit Pinang Unggul Dan Membuat Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara Budidaya Tanaman Kangkung Di Rumah Dengan Mudah Untuk Pemula

Next

Tinggalkan komentar