Manfaat Minyak Bumi Untuk Kebutuhan Manusia Sehari-hari

Berbagai macam manfaat minyak bumi untuk kebutuhan manusia sehari – hari memang telah merubah khualitas hidup.

Pada kehidupan sehari – hari, manusia melakukan banyak aktivitas dan kegiatan pekerjaan setiap harinya. Pada pekerjaan yang mereka jalani, terdapat banyak alat yang memerlukan minyak bumi sebagai bahan utama untuk menggerakan atau menjalankan suatu alat.

manfaat penting dari minyak bumi untuk kebutuhan manusia
manfaat minyak bumi

Bukan hanya alat –alat pekerjaan saja yang memerlukan minyak bumi, namun kendaraan yang mereka bawa pun memerlukan minyak bumi. Untuk mendapatkan minyak bumi yang berlimpah, manusia perlu mengambilnya dari sumber yang berada jauh di dalam bumi tepatnya di bagian kerak bumi.

Untuk mengambilnya manusia memerlukan alat yang canggih dan meriset tempat terlebih dahulu sebelum melakukan pengambilan minyak bumi atau eksplorasi minyak.Pasti anda berpikir bagaimana jika manusia menjalani aktivitas sehari-hari tanpa memanfaatkan minyak bumi ?

Yang akan terjadi jika manusia tidak melakukan pemanfaatan pada minyak bumi, maka akan memperlambat pekerjaan “khususnya pekerjaan yang memerlukan bahan bakar dari olahan minyak bumi”. Padahal minyak bumi telah menjadi komponen penting sumber kehidupan manusia. Sudah menjadi peranan penting dalam aktivitas manusia dan sumber kehidupan.

Proses Lengkap Pembentukan Minyak Bumi

Minyak bumi adalah jenis zat yang memiliki bentuk cair dan berwarna gelap, dalam proses pengambilan minyak bumi dilakukan di daratan maupun di tengah laut. Pengambilan minyak bumi dilakukan dengan berbagai langkah yang cukup banyak.

Eksplorasi minyak bumi juga tidak dilakukan di sembarang tempat, karena minyak bumi sendiri di ambil dari tanaman atau hewan purba yang menjadi fosil dan  terpendam di dalam bumi dalam kurun waktu yang lama.

Proses Fraksi Minyak Bumi

1. jika di dalam lapisan kerak bumi terdapat hewan ataupun tanaman jaman purba yang terpendam dalam kurun waktu yang lama, dan sudah menjadi fosil maka akan menghasilkan minyak bumi yang nantikan bisa dimanfaatkan manusia untuk keperluan sehari – hari.

2. hewan dan tanaman pada zaman purba yang sudah mati akan terpendam di dalam lapisan kerak bumi, hal ini terjadi karena tumbuhan dan hewan yang mati tersebut mengalami pergerakan dengan lapisan lempeng bumi sehingga masuk kedalam kerak bumi.

3. hewan dan tanaman yang terpendam di dalam kerak bumi dan sudah menjadi fosil akan mengalami banyak proses untuk menjadi minyak bumi. Proses terbentuknya minyak bumi dikarenakan hewan dan tanaman bereaksi dengan panas bumi dan gas alam.

4. Pada proses terakhir terbentuknya minyak bumi yaitu, fosil dari hewan dan tanaman itu berubah wujud menjadi zat cair yang berwarna hitam yang biasa disebut dengan minyak bumi.

Dalam kehidupan manusia sehari – hari, minyak bumi memiliki peranan sangat penting. Terdapat banyak Negara yang memiliki cadangan minyak bumi sangat melimpah.

Negara tersebut yaitu : Arab Saudi, Irak, Iran, Amerika Serikat, China dan Indonesia, dan masih banyak lagi Negara di dunia yang memiliki banyak cadangan minyak bumi. Nah apa saja manfaat dari minyak bumi? Berikut ini terdapat contohnya :

Manfaat Penting Minyak Bumi Bagi Kehidupan Manusia

1. Bahan Bakar Kendaraan atau Alat Industri

Di zaman modern seperti saat ini, minyak bumi adalah suatu bahan yang wajib ada terutama olahan minyak bumi yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan maupun alat industry.

manfaat minyak bumi
Jika tidak ada bahan bakar maka semua kendaraan atau alat – alat industry yang di jalankan menggunakan hasil olahan minyak bumi ini akan mati fungsinya. Terdapat berbagai macam jenis olahan minyak bumi yang dijadikan bahan bakar, contohnya : premium, solar, pertamax, bio solar, dan masih banyak yang lainya.

Minyak bumi dapat di gunakan manusia jika sudah melewati beberapa proses untuk menyempurnakanya, serangkaian proses ini bertujuan untuk memurnikan hasil dari olahan minyak agar dapat di maksimalkan fungsinya.

Apabila minyak bumi ini tidak dilakukan proses penyempurnaan, dan digunakan secara langsung maka akan berbahaya bagi manusia. Tentunya akan lebih baiklagi jika di lakukan proses penyempurnaan minyak bumi.

Pembentukan bahan bakar menggunakan hasil minyak bumi melalui berbagai macam tingkatan proses, contohnya proses awal yaitu penyulingan hingga diperoleh beberapa komponen minyak bumi yang lebih ringan.

Hasil penyulingan dari minyak bumi ini akan menjadi bahan bakar residu yang sempurna, contoh bahan bakar seperti bensin, solar, bensol, minyak tanah, dan masih banyak yang lainya.

2. Sumber Gas Cair

Mungkin dari kalian tidak asing lagi dengan Gas, apalagi untuk ibu-ibu yang setiap harinya memasak menggunakan Gas LPG, meskipun tidak semua memasak menggunakan Gas LPG. Gas sangat penting bagi kebutuhan sehari-hari karena sangat di butuhkan baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun bisnis.

Contoh gas cair sendiri sangat beragam seperti : LPG, Korekan Gas, dan lainya.Gas cair sendiri merupakan suatu produk hasil olahan minyak bumi yang memiliki nial jual yang tinggi, dibandingkan dengan bahan olahan yang lainya.

Gas cair dapat di hasilkan melalui serangkaian proses yang ketat dan lumayan rumit, serangkaian proses ini di kerjakan oleh tenaga yang ahli di bidangnya. Pada proses pebentukan gas di lakukan melalui penyulingan dan pemurnian khusus pada minyak bumi.

3. Industri Kimia

Selain sebagai bahan bakar kendaraan, pengolahan minyak bumi juga menghasilkan berbagai produk kimia yang sering di gunakan pada kehidupan manusia sehari-hari.

Berbagai macam olahan minyak bumi menjadi produk kimia seperti : Cat minyak, cat dinding, cat mobil, cat kayu, dan berbagai macam produk olahan lainya.

Sisa dari minyak bumi pun menjadi sangat berguna bagi kehidupan manusia, tidak dibuang begitu saja karena sisa dari olahan minyak bui ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

4. Sumber Produksi Polimer

Minak bumi khususnya minyak mentah banyak di gunakan pada indutri polimer, karena minyak mentah ini menjadi bahan utama dalam proses produksinya. Polimer sendiri di gunakan sebagai bahan yang menghasilkan produk-produk yang biasa di pakai oleh manusia di kehidupan sehari-hari.

Produk olahan dari bahan polimer yan biasa di gunakan oleh manusia sehari-hari adalah plastik, plastik di pakai oleh manusia sudah sejak lama. Plastic memiliki banyak sekali fungsi khususnya untuk membawa barang, bentuknya yang simple dan praktis di bawa kemana-mana menjadikan plastik sebagai produk yang selalu di gunakan oeh manusia.

5. Produksi Bahan Serat

Minyak bumi juga menghasilkan berbagai jenis bahan serat yang sering di gunakan di kehidupan sehari-hari, bahan serat itu seperti rayon, polyester, nilon dan bahan tekstil sintetis. Sebelum minyak bumi di gunakan untuk bahan serat, minyak bumi ini sudah melalui berbagai macam tahapan proses yang ketat dan sudah teruji.

Alhasil menghasilkan berbagai macam produk yang tidak mudah terbakar. Pada aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan minyak bumi karena sampai saat ini belum ada bahan olahan alternatif  yang berasal selain dari minyak bumi.

6. Sumber Bahan Poliuretan

Bahan poliuteran merupakan bahan yang menghasilkan berbagai macam produk yang ada di rumah, banyak dari kalian pasti belummengetahui tentang ini. Produk-produk olahan dari poliuretan yang paling sering dijumpai yaitu benda yang mengandung busa, poliuteran sendiri adalah bahan utama pembuatan busa dan poliuteran dihasilkan dari pengolahan minyak bumi.

Busa yang di hasilkan dari poliuteran memiliki sifat yang empuk atau tahan terhadap tekanan dan sangat nyaman untuk di gunakan sebagai tempat tidur ataupun tempat duduk sofa.

Banyak di antara kalian pasti belum menyadari bahwa bahan utaa dari pembuatan busa adalah minyak bumi,proses yang sangat rumit dan ketat menjadikan minyak bumi sebagai bahan untuk pembuatan busa yang biasa di pakai di rumah kalian.

7. Produk Keperluan Dapur

Alat-alat dan keperluan rumah seperti di dapur contohnya : kulkas, kunci pintu kunci jendela, panel pinti, dan kursi adalah produk yang di hasilkan dari bahan minyak bumi.Pada dasarnya olahan produk minyak bumi dapat kalian jumpai pada kehidupan sehari-hari.

8. Bahan Produksi Mobil

Minyak bumi sangat di butuhkan untuk proses pembuatan bagian-bagian part mobil, seperti : blok bodi mobil, kabel instalasi listrik, dan berbagai perangkat lainya. Minyak mentah ini akan melalui berbagai macam proses untuk menghasilkan berbagai macam produk.

Olahan minyak bumi menghasilkan serat yang selanjutnya akan di proses untuk pembuatan lapisan blok mesin maupun badan mobil, dan berbagai rangkaian mobil lainya.

9. Sumber Pengolahan Pupuk

Pengolahan pupuk pertanian juga tidak lepas dari olahan minyak bumi, pupuk pertanian berfungsi sebagai penyubur tanaman selain itu juga dapat mengusir hama yang merusak tanaman.

Selain bahan hydrogen pupuk pertanian juga mengandung minyak mentah yang menjadi bahan tambahan yang ada. Selain menghasilkan pupuk pertanian, olahan dari minyak juga dapat menggerakan mesin pertanian alhasil pekerjaan pun dapat cepat selesai dan menghemat waktu.

10. Pembangkit Listrik

Minyak bumi tidak hanya menghasilkan berbagai macam produk industri, namun minyak bumi juga dapat dimanfaatkan sebagai pebangkit listrik. Pemanfaatan minyak bumi untuk pebangkit listrik diolah dengan proses khusus agar menghasilkan tenaga dari uap, yang nantinya dapat menggerakan turbin generator sehingga menghasikan energi listrik.

Di zaman modern saat ini manusia sangat membutuhkan listrik setiap harinya, jika sumber daya listrik tidak ada pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari karena listrik sudah menjadi bagian dari kehidupan.

11. Komponen Bahan Obat-Obatan

Pengolahan minyak bumi selanjutnya menghasilkan berbagai macam komponen bahan obat-obatan, yaitu seperti senyawa yang dipakai dalam pembuaan obat yang biasa di pakai oleh manusia.

Terdapat komponen utama yang di hasilkan dari proses pengolahan minyak bumi yang di jadikan obat, komponen tersebut adalah aspirin (obat oenghilang sakit kepala). Senyawa hidrokarbon adalah bahan utama pembuatan obat-obatan tertentu yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi.

12. Penggerak Listrik Tenaga Surya

Selain listrik tenaga UAP, listrik tenaga surya juga menjadi alternatif energy di masa depan, karena listrik tenaga surya lebih ramah lingkungan dan cenderung memiliki keunggulan tertentu. Listrik yang di hasikan dari tenaga surya lebih ramah lingkungan dan lebih hemat biaya, karena proses pembentukannya mengandalkan panas matahari.

Walaupun listrik tenaga surya hanya menggunakan panas matahari, akan tetapi tetap menggunakan komponen yang di hasilkan dari minyak bumi seperti bahan resin.

13. Aspal

Aspal merupakan bahan utama yang di gunakan dalam pembuatan jalan, jika dalam pebuatan jalan tidak ada bahan aspal maka jalan yang di buat kurang bagus. Aspal berasal dari pengolahan minyak mentah yang berwarna hitam, proses pengolahannya melalui berbagai macam tahapan.

14. Lilin

Lilin merupakan produk yang biasa terdapat di peruahan, lilin di gunakan jika litrik padam atau mati.  Lilin sudah mulai di gunakan sejak jaman dahulu, sebelum masuknya energy listri seperti saat ini.

Lilin bukan hanya di gunakan untuk pencahayaan saat listrik padam, akan tetapi listrik juga di gunakan pada acara keagamaan atau upacara adat alainya. Proses pembuatan listrik juga memilik bahan yang terbentuk dari minyak bumi.

Itulah beberapa manfaat minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak sekali fungsi minyak bumi yang belum di kupas. Jika terdapat pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Jangan lupa terus pantau dan kunjungi blog kami.

Tinggalkan komentar