Kumpulan Ide Peluang Usaha Ternak di Desa Modal Kecil Untung Besar

Memulai peluang usaha ternak di desa merupakan ide yang tepat jika anda menjalankanya dengan serius.

Ada beberapa alasan mengapa usaha ternak sangat cocok jika kita kembangkan di desa, salah satunya adalah lahan yang luas.

Selain itu suasana yang tenang juga mendukung berkembang biakan hewan ternak kita. Biasanya orang berpendapat kalau memulai usaha ternak di desa itu perlu modal yang besar.

Kumpulan Ide Peluang Usaha Ternak di Desa Modal Kecil Untung Besar

Namun semua itu tidak benar, meskipun anda hanya memiliki modal kecil namun bisa memaksimalkan agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Ada beberapa hewan ternak yang bisa anda kembangkan untuk memulai mengembangkan usaha ternak.

Contoh hewan ternak tersebut yaitu : bebek, ayam, kambing atau domba, sapi, kerbau, jangkrik, dan masih banyak lagi.

Semua hewan ternak yang sudah di sebutkan di atas selalu banyak yang mencarinya, apalagi permintaan selalu mengalami peningkatan.

Nah untuk jenis usaha ternak di desa yang menjanjikan ini, ada beberapa metode yang bisa anda jalankan, yaitu usaha jual bibit ternak dan pembesaran hewan ternak.

Untuk info selanjutnya, anda bisa menyimak artikel saya kali secara lengkap.

Memulai Usaha Pembibitan Hewan Ternak yang Menjanjikan.

Untuk memulai usaha pembibitan ini anda harus bisa memilih mana bibit yang bagus dan tidak.

Memilih bibit yang unggul bisa menjadi pondasi usaha ternak anda menjadi sukses, karena dari bibit itu sendiri dapat menghasilkan hewan ternak yang berkualitas.

Agar anda tidak salah dalam memilih bibit hewan ternak, bisa mencari tahu lewat peternak yang sudah berpengalaman.

Hal ini di lakukan agar anda tidak salah dalam pemilihan bibit, selain itu dapat meminimalisir kegagalan usaha.

Untuk jenis-jenis hewan ternak di desa yang bisa anda kembangkan cukup banyak, bisa anda simak di bawah ini.

1. Usaha bibit ayam kampung maupun boiler.

Baik ayam kampung maupun ayam boiler sama-sama harus mengerti bagaimana cara memilih bibit hewan ternak yang benar. Untuk memilih bibit ayam yang berkualitas, anda bisa melihatnya dari indukan yang bagus.

Indukan yang bagus dapat mempengaruhi kualitas bibit yang dihasilkan, jadi melihat indukan itu merupakan hal utama yang harus anda perhatikan.

Selain itu anda juga harus melihat bibit ayam tersebut mengalami kecacatan atau tidak, jika mengalami maka jangan di beli. Hal ini dilakukan karena dapat menghalangi pertumbuhan pada ayam tersebut.

2. Usaha bibit kambing berkualitas untuk ternak.

Ada beberapa aspek atau patokan untuk anda yang ingin membeli bibit atau anakan kambing yang berkualitas. Salah satu patokanya adalah, melihat kualitas dari indukan betina dan jantan.

Dari indukan tersebut bisa di lihat kalau nantinya anakan yang akan dihasilkan berkualitas. Selain itu kondisi badan yang gemuk serta memiliki bulu yang tidak terlalu tebal juga bisa di jadikan sebuah patokan.

Biasanya kambing yang berbulu lebat cenderung memiliki daging yang kecil atau lebih kurus.

Namun sebaliknya jika kambing ternak memiliki bulu yang tidak lebat maka badannya cenderung besar. Jadi jangan sampai anda salah dalam memilih bibit hewan ternak ya.

3. Usaha pemilihan anakan sapi untuk bibit hewan ternak.

Dalam meillih bibit sapi yang berkualitas untuk dijadikan usaha ternak, terdapat beberapa langkah untuk anda ikuti agar tidak salah dalam membelinya.

Di bawah ini saya akan memaparkan secara lengkap bagaimana cara memilih bibit sapi yang berkualitas dan cocok untuk anda.

  • Melihat bentuk badan dari anakan sapi, hal ini dapat menjadi patokan utama bagi anda yang belum paham dalam memilih bibit sapi.
  • Sapi anakan yang berkualitas memiliki bentuk badan yang panjang dan tinggi. Karena jika awalanya saja sudah panjang dan tinggi pastinya pertumbuhanya juga dapat semakin besar.
  • Memiliki karakteristik bulu yang pendek serta kering, selain itu juga matanya cerah jika kita lihat.
  • Memiliki bentuk pantat yang lebar dan kaki yang kokoh. Kaki yang kokoh dapat menopang berat badanya yang besar, selain itu dapat melancaran pertumbuhan sapi semakin besar.

Nah itulah bagaimana cara memilih bibit sapi yang berkualitas untuk memulai usaha ternak di desa.

Usaha Pembesaran Hewan Ternak yang Menjanjikan Di Desa.

Apabila anda kurang berhasil saat memulai usaha berjualan bibit ternak, alternatif usaha lainnya adalah pembesaran hewan ternak. Usaha pembesaran hewan ternak bisa pilihan ketika anda tidak cocok memulai usaha lainnya.

Pembesaran hewan ternak juga tergolong susah susah gampang, karena perlu ilmu yang cukup untuk mempraktekannya. Selain itu anda juga harus menyediakan tempat yang cukup luas untuk media pembesaran.

Karena tempat yang luas akan mepercepat pertumbuhan dari hewan ternak, selain itu pakan yang berkualitas juga mempengaruhi pertumbuhan.

Ada beberapa pilihan hewan ternak yang bisa anda jadikan usaha sampingan di desa yang menjanjikan, contohnya sini.

1. Usaha pembesaran berbagai jenis lele.

Lele merupakan ikan yang harganya cenderung ekonomis di masyarakat. Selain itu gizi yang dimiliki lele juga tidak kalah saing dengan ikan yang lainnya.

Jika anda berminat mengembangkan usaha pembesaran lele, mungkin hal ini merupakan ide yang tepat untuk anda coba.

Ada beberapa jenis lele yang bisa anda pelihara sperti lele dumbo, lele sangkuriang, lele pyton, lele local, dan masih banyak lagi.

Jika anda tertarik dari salah satu jenis lele tersebut, maka anda bisa melakukan pembesaran sendiri di rumah.

Keuntungan yang lainnya adalah, dalam memulai pembesaran lele tempat yang di butuhkan tidak terlalu besar jadi anda tidak usah kawatir.

Lele juga memiliki daya tahan hidup yang paling tinggi jika di bandingkan dengan hewan ternak yang lainnya. Jadi anda tidak perlu kawatir untuk perawatan lele tersebut.

2. Berbagai jenis ayam.

Ayam merupakan hewan yang sering di jadikan lauk pada hidangan di masyarakat. Ayam biasanya banyak di jual di pasaran, selain itu dari dulu hingga sekarang permintaannya semakin meningkat.

Hal ini bisa menjadi potensi usaha di kampung untuk anda yang bingung dalam mencari ide usaha.

Anda bisa menjalankan usaha pembesaran ayam kampung maupun boiler di desa, karena keduanya memiliki pasar yang luas.

Selain itu dalam pembesarannya juga tidak terlalu sulit untuk dikerjakan. Namun saran saya kalau di desa ya cocok memelihara ayam kampung ketimbang ayam boiler.

Karena ayam kampung cenderung memiliki ketahanan tubuh yang besar dari pada ayam boiler. Selain itu modal yang harus di sediakan juga lebih kecil jika memelihara ayam kampung.

Nah itulah kumpulan ide peluang usaha ternak di desa dengan modal kecil dan keuntungan yang menjanjikan. Semoga artikel yang telah saya buat bisa menjadi referensi anda dalam membangun usaha ternak.

Tinggalkan komentar