Kumpulan Fakta Unik Tentang Kecoa yang Bikin Anda Kaget

| |

Kecoak merupakan salah satu makhluk yang paling dibenci di planet ini, dan membuat kita jijik dan ngeri meski menjadi bagian penting dari siklus ekologi secara keseluruhan.

Bagaimanapun, kebanyakan orang tidak ingin rumah yang di tempati terdapat kecoa atau pun serangga menjijikan lainnya. Sayangnya, karena mereka adalah bagian penting dari rantai makanan.

Dan di sisi lain mereka juga banyak di sekeliling kita untuk tinggal, kita tidak pernah tahu tentang fakta menarik kecoa selama ini.

Selama bertahun-tahun banyak mitos yang berkembang tentang kecoa, dan banyak fakta unik kecoa yang baru telah ditemukan.

Kumpulan Fakta Unik Tentang Kecoa yang Bikin Anda Kaget
Kumpulan Fakta Unik Tentang Kecoa yang Bikin Anda Kaget

Di pembahasan kali ini, saya akan mencoba membuka semua fakta mengejutkan dan menjijikkan yang tidak ingin Anda ketahui tentang kecoak.

Tidak Pernah Di Bayangkan 10 Fakta Unik Kecoa ini Mengejutkan

10. Kecoak dapat bertahan selama sekitar seminggu tanpa kepala.

Kebanyakan orang ketakutan saat menemui kecoa di rumah mereka. Namun kecoa mampu menjadi jauh lebih buruk daripada yang dapat anda bayangkan.

Jika anda melepaskan kepala dari kecoa, ia dapat terus berlarian ke mana pun sampai akhirnya mati namun dalam jangka waktu yang cukup lama.

fakta unik kecoa

Tubuh kecoa sangat unik, karena mampu bernapas tanpa kepala yang menempel di tubuhnya. Kecoak benar-benar dapat bernapas melalui bagian-bagian dalam tubuhnya, sehingga ia dapat bertahan cukup lama.

Kecoa juga tidak khawatir tentang pendarahan karena memiliki sistem sirkulasi terbuka.
Namun, ini bukan berarti kecoak mampu bertahan selamanya.

Karena kecoa sendiri tidak bisa makan atau minum tanpa kepala, dengan demikian hanya akan berlangsung sekitar seminggu atau lebih sebelum kehabisan persediaan air.

Selama ini, yang bisa dilakukan hanyalah bersembunyi di sudut gelap dan menunggu untuk mati, tidak bisa makan, minum atau bahkan menjerit.

9. Seorang gadis dari oklahoma mengumpulkan dan membiakkan kecoak raksasa berada di rumahnya.

Seorang gadis muda dari oklahoma muncul di tv beberapa tahun yang lalu di sebuah acara yang menampilkan obsesi, hobi, atau kebiasaan orang yang paling aneh.

Dalam hal ini, gadis itu serius mengumpulkan kecoa dan menjaganya sebagai hewan peliharaan.

fakta unik kecoa menjijikan

Dia mulai dengan hanya beberapa jantan, sehingga mereka tidak bisa berkembang biak, tetapi akhirnya mendapatkan beberapa betina dan mulai membiakkan kecoa tersebut berkembang.

Saat ini kecoak-kecoak ini terlihat sangat besar, tetapi ini bukan kecoak normal. Rupanya kecoak yang gadis kecil tersebut kumpulkan adalah kecoak madagaskar yang berdesis, dan panjangnya bisa mencapai tiga inci serta memiliki belai.

Dia terkadang menyimpannya dalam karton telur, atau sangkar kaca yang dilapisi vaseline.

Orang tuanya disandera oleh makhluk-makhluk mengerikan ini, dan tampaknya tahan dengan hal itu karena putri mereka mencintai benda-benda itu, tetapi hanya tidak tahan dengan kecoa yang ada di rumah.

8. Kecoa tahan terhadap radiasi.

Salah satu keyakinan yang paling gigih tentang kiamat nuklir adalah bahwa satu-satunya hal yang akan bertahan hidup adalah kecoa dan twinkies.

fakta unik kecoa menjijikan yang belum banyak di ketahui

Namun, kedua kepercayaan ini cukup keliru. Sebagai permulaan, twinkies benar-benar hanya memiliki umur simpan beberapa minggu, karena mereka menggunakan sebagian besar bahan segar.

Bahkan jika mungkin tampak buatan dalam rasa dan tekstur kecoak hampir tidak tahan terhadap radiasi seperti yang anda pikirkan.

mythbusters pernah menguji ide tentang kecoa yang selamat dari radiasi, dan menemukan bahwa kecoak memang melakukan sekitar 10 kali lebih baik daripada manusia. Ketahanan nya masih tidak cukup kuat untuk melindunginya jika relatif dekat dengan ledakan.

Pada kenyataannya, banyak serangga lebih baik daripada kita dalam bertahan dari radiasi, namun kecoa tidak terbaik dalam hal itu.

Beberapa kumbang yang relatif umum, serta beberapa spesies tawon paling mengerikan dan paling berbahaya, dapat menahan radiasi yang jauh lebih baik daripada kecoa.

Tentu saja ini artinya bahwa secara umum, mungkin ada sejumlah serangga yang mampu hidup setelah terjadinya ledakan radiasi nuklir.

7. Beberapa spesies kecoa, bahkan di amerika, sebenarnya bisa terbang, atau meluncur.

Kebanyakan orang membenci kecoa meskipun hanya berlari cepat di tanah, tetapi ada juga yang jengkel ketika mereka bisa terbang.

fakta unik kecoa yang mengerikan

Beberapa dari anda mungkin terkejut dan ngeri memikirkan kecoak terbang, karena anda cukup beruntung saat tidak harus berurusan dengan kecoa. Banyak spesies kecoak dapat terbang, bahkan di amerika serikat.

Selain itu, beberapa spesies kecoa yang tidak memiliki selebaran yang kuat masih bisa meluncur turun dari tempat tinggi, dan secara tidak sengaja dapat mendarat di kepala atau bahu anda.

6. Kecoak bisa menahan nafas selama 5 hingga 7 menit.

Banyak sumber liar di internet mengklaim bahwa kecoa mampu menahan napas selama 40 menit ini merupakan hal yang luar biasa.

Seekor kecoa hanya bisa menahan napas selama sekitar lima hingga tujuh menit, meskipun ini sebenarnya masih cukup mengerikan untuk makhluk ukuran itu.

Mungkin sekarang anda bayangkan, setiap kali anda mencoba menyiram seekor kecoa ke dalam pipa dengan air dan mengira anda telah menyelesaikan masalahnya, itu benar-benar hanya pengiriman sementara, kecoak itu hampir pasti akan bertahan dan segera kembali.

Dan tentu saja kecoa tampaknya memiliki kemampuan menahan nafas mereka, yaitu untuk datang ke rumah anda menggunakan sumber air sebagai saluran untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain.

Kecoa cenderung menahan nafas lebih banyak di lingkungan yang lebih kering. Kesimpulan bahwa mereka cenderung menahan nafas untuk menghemat air.

Sejauh yang bisa kita katakan, teori itu bertahan, karena kecoak tampaknya menggunakan lebih sedikit cadangan air mereka sambil menahan napas.

5. Kecoak tertarik dengan minuman beralkohol.

Tentu saja kecoa tertarik pada gula, seperti halnya semut dan banyak serangga lainnya, dan akan keluar saat melihat makanan anda meskipun mereka juga tertarik pada hampir semua makanan pada umumnya.

Namun, tampaknya karena alasan tertentu mereka sebenarnya lebih tertarik pada bir daripada koktail.

Pembasmi tidak yakin mengapa ini terjadi, mereka percaya itu kombinasi antara gula, hop dan fermentasi yang sangat menarik mereka atau mungkin seperti banyak makhluk yang mereka suka mabuk.

4. Kecoak bisa menjadi pemicu utama bagi penderita alergi atau asma.

Satu hal yang banyak heran ketika mencari tau di internet tentang makhluk jahat ini adalah apakah kecoa menjadi masalah besar bagi penderita alergi adalah mitos, atau fakta?

Dan, sayangnya memang fakta bahwa kecoak bisa menjadi pemicu besar bagi siapa pun yang alergi atau asma.

Kecoa menyebarkan penyakit, tetapi mereka juga meninggalkan kotoran dan banyak selongsong molting dan potongan-potongan lainnya di belakang mereka.

Hal ini dapat menyebar di udara, atau seiring waktu membantu menciptakan lebih banyak virus dan menjadi kontributor besar bagi orang yang menderita masalah pernapasan.

Jika anda tinggal di rumah, taruhan terbaik anda adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah atau tempat tinggal anda.

Jika anda tinggal di apartemen, kadang-kadang kecoa akan datang ke rumah anda karena tetangga punya masalah.

Tetapi sekali lagi, menjaga bersih dan rapi adalah cara terbaik anda. Jika anda memiliki orang-orang di rumah yang menderita alergi atau asma, secara teratur menyedot debu dan membersihkan secara berkala.

Hal ini akan membuat mereka aman bukan hanya dari kecoa, tetapi dari pemicu alergen lain yang mungkin membuat hidup mereka sengsara.

3. Kecoak dewasa dapat bertahan selama sebulan tanpa makanan.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, seekor kecoa dapat bertahan hidup tanpa kepala selama sekitar satu minggu.

Dan alasan mengapa ia hanya bisa bertahan selama sekitar satu minggu adalah karena ia hanya bisa bertahan begitu lama tanpa makanan dan air.

Kebanyakan ilmuwan menempatkan kecoak mampu bertahan hidup tanpa air sekitar tujuh atau mungkin 10 hari jika mereka menahan napas.

Namun, bagaimana jika kecoak tanpa kepala hipotetis kita bisa tetap terhidrasi?

Berapa lama dia harus bertahan hidup hanya duduk, menunggu mati tanpa makanan?

Nah, menurut ahli entomologi yang telah mempelajari kecoa secara luas, dalam kondisi ideal, kecoak mungkin bisa bertahan selama sekitar satu bulan tanpa makanan sama sekali.

Sekarang, siklus bertelur kecoa adalah sekitar 30 hari , jadi sekelompok kecoak yang benar-benar kelaparan untuk makanan, tetapi sudah ada di dalam dinding anda, berpotensi bertahan cukup lama untuk bertelur lagi.

2. Terkadang kecoa senang jika melihat telinga manusia.

Salah satu hal paling mengerikan yang dapat terjadi pada siapa pun adalah tersangkut nya serangga di telinga anda.

Sayangnya, ini sebenarnya kejadian yang relatif umum, dengan cerita lain yang muncul dalam berita setiap bulan atau lebih.

Dalam beberapa kasus, kecoa macet dan mati, dan dalam kasus lain ia berhasil benar-benar bertelur di telinga sebelum mati dan diekstraksi.

Sekarang, beberapa mungkin bertanya-tanya mengapa kecoak sangat menyukai telinga kita. Apakah mereka bodoh?

Pada kenyataannya, kebenarannya jauh lebih ilmiah. Sebagai permulaan, kecoa menyukai tempat hangat dan lembab yang dapat mereka jelajahi untuk tempat persembunyian yang aman.

Telinga manusia yang tidur nyenyak dan tidak bergerak benar-benar cocok dengan semua kriteria untuk menjadi rumah bagi kecoa.

Selain itu, kecoak tertarik pada asam lemak volatil , yang muncul dalam beberapa makanan fermentasi, dan cairan tersebut terdapat dalam telinga manusia.

1. Kecoak akan makan apa saja.

Sementara banyak orang takut kutu busuk karena mereka tahu mereka memakan darag manusia dan mamalia lainnya, mereka cenderung sedikit kurang takut pada kecoak.

Mereka percaya jika menjaga semuanya tetap bersih maka tidak akan ada alasan bagi makhluk buas untuk datang mendekati mereka, dan tentu saja tidak ada cara bagi mereka untuk benar-benar menempati tempat itu.

Namun, kebenarannya adalah bahwa kecoa akan memakan hampir semua yang ada, asalkan dulunya merupakan bahan organik dalam beberapa bentuk.

Yang memperburuk masalah, pembusukan apa pun dapat menarik mereka, dan apa yang mereka anggap makanan bisa menjadi banyak hal acak berbeda yang tidak akan anda bayangkan ada makhluk yang ingin makan.

Mungkin itu saja pembahasan dari saya mengenai fakta-fakta menarik tentang kecoa yang buat anda kaget.

Jika ada pertanyaan atau ingin mengirimkan pertanyaan pembahasan menarik mengenai fakta di dunia, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

10 Hewan Tercepat di Dunia yang Belum Anda Ketahui

Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak

Next
Previous

10 Hewan Tercepat di Dunia yang Belum Anda Ketahui

Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak

Next

Tinggalkan komentar