Kumpulan Contoh Peluang Usaha Ternak Paling Cepat Panen di Lahan Sempit yang Menjanjikan

| | ,

Membahas mengenai sebuah peluang usaha ternak yang cepat berkembang dan menguntungkan merupakan hal yang menarik.

Apalagi jika kita memiliki atensi untuk membuka sebuah usaha baru yang letaknya di pedesaan.

Mungkin akan sangat cocok jika anda kembangkan dengan baik dan maksimal di wilayah anda, namun memang semua itu pastinya membutuhkan modal.

Umumnya di masyarakat pedesaan memiliki berbagai jenis hewan ternak yang sudah biasa di ternak.

Selain itu harga dari se ekor hewan ternak juga lumayan menjanjikan untuk kawasan pedesaan. Di dukung dengan cuaca dan kondisi alam yang memungkinkan untuk memulai sebuah usaha baru yaitu peternakan di desa.

Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan memelihara hewan ternak seperti ayam atau bebek, yang cenderung memiliki harga lebih murah. Dan usaha ternak ayam dan bebek cocok untuk anda yang memiliki modal kecil atau minim.

Kumpulan Contoh Peluang Usaha Ternak Paling Cepat Panen di Lahan Sempit yang Menjanjikan
Kumpulan Contoh Peluang Usaha Ternak Paling Cepat Panen di Lahan Sempit yang Menjanjikan

Meskipun harganya yang murah dan hanya memerlukan modal yang tidak terlalu besar, namun jika kita mengembangkan dengan serius maka hasilnya akan besar. Semua tergantung bagaimana anda mengelola sebuah usaha ternak baru di desa anda.

Contoh Peluang Usaha Peternakan Di Desa yang Cepat Laku dan Menguntungkan Modal Kecil.

Dalam memulai sebuah usaha ternak di desa, bukan hanya sebatas ayam dan entok atau bebek saja.

Namun anda juga bisa memulai beternak sapi, kerbau, kambing dan masih banyak lagi.

Akan tetapi terdapat kendala jika anda ingin beternak hewan tersebut yaitu harganya yang cukup tinggi dan otomatis akan menambah modal anda menjadi lebih besar.

Lalu apa saja contoh peluang usaha ternak hewan yang menguntungkan di desa dengan modal kecil?

Sebagai seseorang pengamat agribisnis, saya mencoba membagikan sebuah artikel dan berharap bisa menjadi referensi anda untuk membuka usaha baru.

Nah di bawah ini merupakan berbagai contoh jenis peluang usaha ternak yang menguntungkan di desa, dan bisa di jalankan di rumah.

1. Ternak Sapi.

Memulai usaha ternak sapi adalah salah satu ide yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan harga sapi yang tinggi di pasaran, namun untuk pasokan sapinya sendiri dari peternak sangatlah minim.

Terlebih jika musim lebaran idul adha atau pun acara peringatan besar lainnya, pasti membutuhkan banyak pasokan daging sapi.

Sehingga dampak yang terjadi adalah, Negara kita mengharuskan mengimpor daging sapi dari luar negeri.

Nah anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk membuka sebuah peluang usaha ternak sapi di desa.

Meskipun modal yang di keluarkan besar, namun semua itu berbanding dengan penghasilan yang menguntungkan untuk anda.

Cobalah untuk memelihara 2 sapi yaitu jantan dan betina, setelah itu anda bisa mengawinkan jika sudah besar.

2. Memulai Usaha Ternak Ular Kobra.

Kedengaranya memang sangat mengerikan bagi anda. Namun jika anda tahu kalau di luar sana banyak orang yang mencari ular kobra untuk di konsumsi, dijadikan obat, atau pun hewan peliharaan.

Untuk harga 1 ekor ular kobra juga sangat mahal dan menjanjikan untuk anda, harganya bisa sampai 2 jutaan.

Meskipun masih jarang yang memulainya, namun tidak ada salahnya jika anda memulai usaha ternak ular kobra di rumah. Akan tetapi juga harus membuat sebuah peternakan yang aman, agar tidak ada hal yang membahayakan orang lain.

3. Beternak Burung.

Trend burung kicau di Indonesia semakin hari semakin ramai, apalagi sekarang banyak diadakan serangkaian lomba kicau burung dengan hadiah yang besar.

Dampaknya adalah banyak orang yang mencari burung hias untuk di jadikan ajang lomba maupun sekedar hiasan di rumah.

Bagi orang yang hobi memelihara burung hias, pasti kan sangat mudah dalam membuat peternakan di rumahnya.

Nah anda bisa membuat hobi tersebut untuk memanfaatkan sebagai peluang usaha baru di rumah.

Apalagi banyak jenis burung yang di senangi di pasaran, contohnya saja seperti burung kacer, love bird, murai batu, kurilang, burung beo, burung jalak, burung nuri, dan masih banyak lagi.

4. Ternak kambing.

Kambing adalah hewan ternak yang dagingnya cukup di gemari di kalangan masyarakat.

Selain itu banyak manfaat yang ada pada kambing sehingga banyak orang yang mencarinya atau membelinya.

Apalagi di saat perayaan idul adha pada umat muslim, kambing biasa di jadikan sebagai hewan kurban.

Atau jika ada anak yang baru lahir, kambing di jadikan sebagai syarat aqiqah anak.Hal ini bisa menjadi sebuah peluang usaha ternak kambing untuk anda, selain banyak permintaan untuk pemeliharaan juga cenderung mudah.

Memulai usaha ternak kambing membutuhkan modal yang cukup besar namun tidak sebesar pada saat kita memulai usaha ternak sapi atau kerbau.

Namun keuntungan yang di dapat saat memulai usaha kambing cukup menjanjikan.

Anda bisa memulai usaha ternak kambing di desa dengan membeli 2 ekor kambing, yaitu satu jantan dan satu betina. Dan nantinya anda tinggal mengembang biakan sendiri dirumah.

5. Ternak Ayam petelur.

Telur adalah makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari, namun dari dulu hingga sekarang harga telur selalu mengalami kenaikan.

Hal ini disebabkan karena pasokan telur yang kurang dan jumlah peternak yang sedikit.Ini bisa membuka sebuah peluang usaha baru yaitu ternak ayam petelur di desa.

Karena hal ini di picu dengan maraknya permintaan telur ayam di pasaran.Untuk memulai usaha ternak telur tergolong agak mudah, karena anda cukup menyediakan pakan dan vitamin perangsang ayam untuk bertelur.

Selain itu jangan lupa mengecek kesehatan ayam setiap saat, agar telur yang di hasilkan berkualitas.

6. Ternak Ayam Negri ( ayam boiler).

Ayam negeri atau ayam bolier merupakan salah satu jenis ayam yang dagingnya sering dikonsumsi di masyarakat.

Hal ini karena tekstur yang empuk serta dagingnya lebih tebal daripada ayam kampung.Nah di sini anda bisa memanfaatkan sebuah peluang usaha ternak ayam negeri atau boiler di rumah.

Namun sebelumnya anda juga harus mempelajari teknik dan metode yang benar, agar bisa meminimalisir tingkat kegagalan.

Karena tidak sedikit orang yang akhirnya gagal dalam menjalankan usaha ternak ayam negeri, penyebabnya adalah kurangnya ilmu yang didapat.

7. Ternak Ayam Kampung.

Peluang usaha ternak yang satu ini sudah banyak di lakukan sejak dulu di pedesaan. Bahkan hampir rata-rata masyarakat di setiap rumah memiliki peternakan ayam kampung.

Teksur dan rasa daging ayam yang khas jika sudah di masak membuat banyak orang tertarik untuk membelinya.

Selain itu untuk pemeliharaan ayam kampung cukuplah mudah, karena ayam kampung jika sudah di lepas bisa mencari makan sendiri.

Namun bukan berarti anda tidak member makan ayamnya, karena tetap saja anda harus memberikan makan untuk mempercepat proses pertumbuhan ayam.

Untuk pemasaran daging ayam kampung anda tidak perlu khawatir, karena sudah banyak restoran atau rumah makan yang membelinya.

8. Ternak Jangkrik.

Jangkrik merupakan hewan yang sering di cari oleh penghobi burung kicau. Biasanya jangkrik di jadikan sebagai makanan burung hias, namun saat ini jangkrik sudah dijadikan sebagai salah satu makanan yang enak.

Pasti anda kaget kan!

Sudah banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan menu olahan jangkrik yang enak. Saat ini harga jangkrik semakin hari semakin mahal, namun permintaan dari konsumen semakin meningkat.

Harga yang mahal di sebabkan oleh pasokan yang kurang serta peternak jangkrik yang cenderung sedikit.

Seharusnya anda bisa melihat peluang usaha ini di rumah anda untuk ternak jangkrik yang menjanjikan. Terlebih lagi untuk memulai usaha ternak jangkrik, modal yang di butuhkan juga tergolong kecil.

9. Beternak Ikan Lele.

Memulai peluang usaha ternak lele bisa menjadi salah satu ide untuk anda yang masih bingung dalam membangun sebuah bisnis.

Terlebih dalam perawatan, ikan lele merupakan salah satu hewan ternak yang tergolong simpel dan mudah beradaptasi dengan berbagai macam konsdisi lingkungan.

Apalagi kini banyak permintaan ikan lele dan setiap saat selalu meningkat.

Mungkin ternak ikan lele bisa menjadi salah satu ide kreatif anda dalam membangun usaha baru. Lagipula untuk masa panenya, ikan lele hanya butuh waktu 3 bulan saja bahkan sekarang sudah banyak yang kurang dari 3 bulan sudah panen.

10. Ternak Ikan Nila.

Memulai usaha ternak ikan nila merupakan salah satu ide bisnis yang menarik. Terlebih jika lingkungan anda pedesaan dengan kondisi air yang melimpah, maka akan cocok untuk memulai usaha ini.

Selain itu harga yang ada di pasaran untuk ikan nila tergolong mahal, namun tetap banyak peminatnya yang membeli.

Banyak warung makan maupun restoran yang mencari ikan lele untuk di jadikan hidangan menu makan di usaha mereka. Maka dari itu, mulailah untuk mencoba mendirikan usaha ternak ikan nila di rumah.

11. Usaha Ternak Ikan Gabus.

Ikan gabus adalah salah satu predator air tawar yang ganas. Namun dari keganasan itu banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi ikan gabus karena rasanya yang enak.

Kandungan gizi yang dimiliki ikan gabus juga besar, dan banyak manfaat yang diperlukan oleh tubuh.

Saat ini banyak permintaan ikan gabus di pasaran, namun untuk pasokan ikan sendiri sangatlah minim.

Akibatnya harga ikan gabus menjadi naik atau mahal.Hal ini bisa anda manfaatkan dengan membuka sebuah usaha ternak ikan gabus di rumah.

Jangan khawatir tidak laku untuk memasarkan ikan gabus, karena banyak restoran atau rumah makan yang menginginkan ikan gabus.

12. Beternak Cacing.

Cacing adalah hewan yang berbentuk panjang silinder, biasanya cacing hidup di dalam tanah.

Banyak masyarakat yang jijik ketika melihat cacing, namun dibalik itu semua terdapat banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Cacing sejak jaman dahulu di jadikan sebuah obat yang cukup ampuh. Bahkan harganya di pasaran cukup mahal, dan pembelinya pun cukup luas dan banyak.

Namun banyak orang yang belum tahu mengenai hal ini. Seharusnya anda dapat memanfaatkan hal ini untuk di jadikan sebuah peluang usaha ternak cacing yang menguntungkan di rumah.

13. Beternak Belut.

Belut adalah hewan yang hidup di perairan berlumpur seperti sawah, namun ada juga yang di sungai. Hewan yang satu ini cukup di minati di kalangan masyarakat.

Selain rasa dagingnya yang enak, belut juga memiliki kandungan gizi yang banyak.Akan tetapi harga belut sangat mahal, hal ini di karenakan jarang orang yang ternak belut.

Sehingga pasokan belut di pasaran menjadi sedikit. Hal ini merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk anda kembangkan yaitu ternak belut.

Memang dalam perawatan sulit, namun jika anda mempelajari teknik dengan benar maka akan cepat menghasilkan.

Anda tidak hanya memasarkan di dalam negeri saja, namun banyak orang luar negeri yang minat pada daging belut.

14. Usaha Ternak Keong.

Di mata seorang petani, hewan keong adalah sebuah hama yang menyebabkan kerusakan pada tanamna padi.

Namun di tangan seorang yang kreatif, keong dapat di jadikan ladang bisnis seperti masakan yang enak.

Saat ini sudah banyak warung maupun restoran yang menyediakan makanan dengan bahan dasar keong sawah.

Banyak jenis atau macam keong yang hidup di daerah perkampungan, semuanya memiliki penikmat masing-masing.

Anda bisa memanfaatkan peluang usaha baru yaitu ternak keong di rumah. Selain membantu para petani membasmi hama, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan di rumah yang menjanjikan.

15. Ternak kroto.

Kroto adalah hewan yang sering di gunakan untuk pakan burung kica.

Kroto diyakni mampu memberikan efek suara yang bagus pada burung kicau, dan menambah stamina pada burung. Dari dulu hingga sekarang harga kroto mengalami kenaikan.

Hal ini disebabkan karena semakin sedikit populasi kroto di alam, dan terlalu sedikit orang yang ternak kroto.

Padahal untuk permintaan pasar pada kroto sangatlah tinggi, dan banyak para pedagang yang kewalahan dalam menyediaan stok kroto.

Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan usaha budidaya kroto ini di rumah dan menjualnya langsung ke orang yang hobi memelihara burung agar harganya stabil.

16. Beternak Bebek.

Bebek adalah hewan yang tidak asing lagi jika kita lihat. Selain di manfaat kan dagingnya untuk di konsumsi, bebek juga menghasilkan telur yang di olah menjadi telur asin.

Daging bebek dari dulu sudah menjadi primadona bagi masyarakat kampung maupun perkotaan.

Selain dagingnya yang lezat kandungan gizi yang dimiliki bebek juga penting diperlukan oleh tubuh.

Anda bisa memulai usaha ternak bebek di rumah dengan menyediakan kandang di sekeliling tempat tinggal anda.

Untuk perawatan bebek tergolong hewan yang mudah di pelihara, jadi anda tidak usah khawatir dengan usaha yang menjanjikan ini.

17. Peternakan Kelinci.

Kelinci adalah hewan peliharaan yang banyak di senangi di masyarakat, khususnya anak kecil. Bukan hanya di jadikan sebuah hewan peliharaan, namun banyak warung makan yang menyediakan menu makan daging kelinci.

Memang kedengaran sangat kasihan jika hewan lucu ini dijadikan sebagai makanan. Namun mereka berpendapat bahwa daging kelinci memiliki rasa yang empuk, manis, dan enak.

Makanya banyak orang yang mencari daging kelinci untuk di jadikan makanan. Pada dasarnya kelinci yang dijadikan hewan peliharaan dan di konsumsi memiliki harga yang berbeda jauh.

Harga kelinci peliharaan cenderung lebih mahal. Anda bisa memilih untuk ternak kelinci peliharaan maupun untuk di jadikan makanan di restoran. Karena keduanya memiliki keuntungan yang sama-sama menjanjikan.

18. Usaha Ternak Marmut.

Marmut adalah hewan yang mirip dengan hamster namun ukurannya lebih besar.

Biasanya marmut banyak di jadikan hewan peliharaan di rumah untuk anak kecil. Bentuknya yang lucu membuat marmut banyak di cari oleh orang yang hobi memeliharanya.

Saat ini marmut bukan hanya di jadikan sebagai hewan peliharaan, namun sudah banyak orang yang mulai mengkonsumsi nya.

Rasanya yang enak membuat banyak orang yang mencari hewan marmut untuk di jadikan sebagai sajian makanan.

Harga marmut juga tergolong murah, namun tidak terlalu banyak orang yang beternak marmut.

Padahal di pasaran banyak orang yang membelinya. Jika anda tertarik, anda bisa memulai usaha ternak marmut di rumah, apalagi untuk modal yang dikeluarkan tidak begitu besar.

19. Beternak Tokek.

Tokek adalah hewan yang sering kita jumpai di rumah kita pada malam hari. Suaranya yang khas membuat tokek mudah di kenali.

Tokek dengan cicak hampir memiliki kesamaan, namun ada perbedaan yaitu ukuran tubuh tokek lebih besar serta warnanya berbeda.

Tokek banyak di jadikan sebagai obat. Bukan hanya itu, tokek yang memiliki warna langka serta bentuk tubuh yang unik banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Contohnya saja seperti tokek albino atau tokek berekor cabang yang memiliki harga sangat mahal.

Anda bisa mengambil peluang usaha ternak tokek hias karena harga yang sangat mahal serta keuntungan juga menjanjikan.

20. Ternak Udang.

Udang merupakan hewan yang sering kita konsumsi dagingnya. Udang menjadi makanan favorit di masyarakat karena memiliki daging yang enak serta kandungan gizi yang tinggi.

Namun semakin meningkatnya permintaan konsumen tidak sebanding dengan pasokan atau persediaan udang di pedagang.

Hal inilah yang membuat harga udang melambung tinggi.Masih sedikit orang yang mengembangkan bisnis ternak udang di kampung.

Hal ini karena untuk memulai usaha ternak udang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, selain itu perawatan pemeliharaan udang juga tergolong susah.

Namun tidak masalah jika anda sudah mempelajari mengenai bagaimana cara beternak udang dengan benar.

Mulailah belajar dengan sungguh-sungguh, karena penghasilan dari jualan udang sangat menjanjikan keuntungan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai, kumpulan contoh peluang usaha ternak paling cepat panen di lahan sempit yang menjanjikan.

Semoga artikel yang telah saya buat bisa menjadi referensi anda dalam membangun sebuah usaha baru.

Jika ada kesalahan dalam penulisan artikel saya minta maaf. Jangan lupa terus kunjungi web ini untuk mendapatkan artikel terbaru mengenai bisnis dan pengetahuan.

Previous

Upaya Usaha Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian Secara Maksimal

Contoh Lengkap Alat Pertanian Modern Canggih yang Bisa Di Gunakan di Desa

Next
Previous

Upaya Usaha Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian Secara Maksimal

Contoh Lengkap Alat Pertanian Modern Canggih yang Bisa Di Gunakan di Desa

Next

Tinggalkan komentar