Kesuksesan Memulai Bisnis Keramik Dari Awal, Roy Wibisono

Berawal risetnya tentang Keramik, Roy Wibisono kembangkan bisnis di keramik porselen dengan bahan baku lokal ia ciptakan keramik bernilai jual tinggi. Dan keramik yang ia produksi bisa sukses menembus sampai pasar dunia.

Cerita Kesuksesan Roy Wibisono Anang Prabowo Dalam Bisnis Keramik

Bagi saya keramik itu adalah Art dan teknologi, jadi kita harus bisa memadukan antara Art dan teknologi. Art lebih banyak ke bentuk indah dan warnanya lebih menarik, sedangkan teknologi itu lebih banyak ke proses bagaimana itu menjadi suatu karya yang bagus.

usaha keramik porselen sukses untuk pemula

Jadi kalau kita bisa Art-nya saja tapi tidak diimbangi dengan teknologi, Biasanya saat kita buat dan di bakar itu pecah.

Nah kalau yang bagus itu imbang, harus Balance.

Nuansa porselen Indonesia itu di Boyolali sejak 4 tahun yang lalu, saat mulai dari 4 tahun yang lalu sekarang karyawannya sudah mendekati sekitar 80 orang.

Alasan Saya Memilih Memulai Usaha Keramik

Kenapa suka keramik ? ya karena mungkin passion saya keramik, jadi Setiap Waktu kuliah saya sudah penelitiannya aktif di keramik.

Kemudian karena passion saya keramik kemudian saya jadi pekerjaan di pabrik, beberapa pabrik  milik asing saya bekerja sebagai peneliti dan sampai sekarang keramik, keramik-keramik dan hidup saya untuk keramik.

usaha keramik beromset miliyaran rupiah

Membangun bisnis keramik di Indonesia itu tidak mudah, karena saya juga pengamat saat ini untuk beberapa sentra industri keramik ada hampir sekitar 50 sentra Industri keramik di Indonesia itu terancam sepi. Jika ada pabrik kramik mungkin usianya sudah tua, jadi ketika saya masuk ke bisnis itu sempat banyak teman dan orang di sekitar saya meragukan.

Kenapa keramik ? setelah saya masuk saya mencoba membangun bisnis kramik dan ternyata, usaha keramik itu luar biasa bagus sekali prospek masa depan. Dari nuansa porselen Indonesia itu ada beberapa produk yang paling terkenal itu memang patung penari Bali.

Sekarang patung penari Bali itu dikoleksi oleh hampir seluruh kepala negara di dunia, dari Ratu Elizabeth, Barack Obama, Ban ki-moon Dan Hampir seluruh pemimpin negara itu mengkoleksi. Sekarang menjadi souvenir kenegaraan Indonesia, kemudian kami juga ada piala Golf.

Piala itu dipakai untuk beberapa kejuafraan golf internasional di dunia, kita juga ada reguler Tupperware piring Mangkok, itu sekarang menjadi suatu keren untuk properti wajib dari fotografer di Indonesia. Kita juga ada file, file saat ini kami banyak diekspor ke luar negri contohnya ke Saudi Arabia ke Eropa ke beberapa negara tetangga.

Hal ini menjadi suatu kebanggaan file porselen berisi yang sekarang banyak untuk hotel-hotel berbintang 5 itu memakai porselen kami. Cara untuk membuat porselen bisa bertahan itu yang pertama kita membuat sesuatu yang terbaik, terutama produk.

Ketika kita memproduksi sesuatu sebenarnya semua orang akan melihat dua hal yaitu produk dan harga. Tapi biasanya orang akan melihat produknya dulu, kalau produknya aja oke dia tidak akan pernah melihat harganya itu berapa.

Di sini sangat bisa sekali dilakukan oleh anak muda, apalagi yang tidak punya modal seperti saya. Saya sendiri ketika orang datang ke sini orang menganggap saya keturunan dari pemilik atau pengusaha.

Padahal saya mulai dari nol bahkan mungkin kalau saya cerita saya waktu SMP Saya seorang loper Koran, kemudian saya berjuang keras juga untuk kuliah dan sebagainya. Setelah lulus kuliah saya punya fashion jadi pengusaha keramik itu yang dilakukan secara konsisten terus menerus, dan sampai seperti ini dan itu bisa sekali dilakukan oleh anak-anak muda.

Pada intinya ketika mereka punya fashionnya di mana fokus terus, kerja Terus lakukan sampai dapat. Semangat yang membuat bisa di sini berjalan terus, karena kami di nuansa porselen itu punya tim Network yang kuat. Saya maju di depan tapi ada di belakang saya itu anak-anak muda yang kreatif, yang inovatif yang selalu memberikan saya motivasi untuk selalu maju dan maju.

Cara Memilih Tenaga Pekerja Keramik yang Handal

Cara memilih anak muda kita tidak pernah membatasi, kita selalu mendorong justru mendorong mereka ke arah yang positif. Dari beberapa anak muda yang kami rekrut, itu kita harus lihat dia pasionya di mana.

prospek bisnis keramik di indonesia

Saya lebih suka mendorong mereka ketika mereka suka marketing, ya saya dorong ikut pelatihan ikut kursus. Jadi saya mendorong dia harus pintar dari a sampai z.  Mimpi besar bagi saya itu memadukan keramik Indonesia, saat ini bisa dikatakan hampir semua pabrik keramik di Indonesia itu banyak yang tutup.

Kemudian sentra industri juga tutup, Saya ingin mungkin bekerja sama dengan semua stek holder yang ada di Indonesia. Jadi mungkin dari akademisi, mungkin dari pemerintahan, dari desainer, Mari membangun keramik Indonesia supaya keramik Indonesia itu bisa berjaya kembali seperti di jaman yang sebelumnya. Di mana Banyak pengrajin, banyak orang yang bisa hidup dari kegiatan keramik ini.

Saya Roy Byson Anang Prabowo saya direktur dari Nuansa porselen Indonesia, pesan saya ke anda khususnya anak-anak muda Jangan takut untuk merintis suatu industry. Jadi yang ingin saya tekankan ikutin dan ketahui dulu apa pesannya, ketika kita sudah punya passionnya lakukan apa saja terus, dirintis terus terus dan terus.

Jadi jangan pernah merasa puas, itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai sukses dengan bisnis keramik porselen. Terus kunjungi blog tambahmulyo untuk mendapatkan update an artikel terbaru.

Tinggalkan komentar