Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak

Apa hubungan antara pekerjaan petani dan pekerjaan peternak?

Kita mungkin sudah tidak asing lagi jika menjumpai kedua jenis pekerjaan tersebut, atau bahkan orang tua atau anda sendiri merupakan salah satu orang yang terlibat dalam jenis usaha tersebut.

Jika kita amati ada beberapa hubungan yang sangat cocok antara petani dan peternak, mengapa bisa demikian.`

Kita ambil saja contohnya ada seorang petani yang memiliki sebuah ladang luas dengan di tanam tumbuhan yang menghasilkan seperti sayuran, buah, atau komoditas yang menguntungkan lainnya.

Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak
Hubungan antara Profesi Petani dan Peternak

Di setiap sisi ladang tersebut pasti ada hama yang mengganggu baik berupa hewan atau tumbuhan.

Salah satu parasit yang menyerang tumbuhan adalah rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman, hal ini akan merugikan petani.

Disisi lain ada seorang peternak sapi atau kambing yang membutuhkan rumput liar untuk pakan ternak tersebut.

Disini kita bisa melihat keterkaitan antara pekerjaan petani dan peternak memiliki hubungan yang saling menguntungkan.

Bukan hanya di sisi peternak saja yang mendapatkan keuntungan dari rumput liar yang mereka dapatkan, namun petani juga bisa memanfaatkan kotoran hewan ternak untuk di jadikan pupuk organik.

Pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan ternak merupakan salah satu jenis yang terbaik dan bisa membuat pertumbuhan menjadi lebih cepat dan maksimal.

Jadi sudah paham kan hubungan antara profesi petani dengan peternak, karena keduanya jelas memiliki keterkaitan yang menimbulkan keuntungan bersama.

Sekian dari saya pembahasan kali ini mengenai hubungan antara profesi petani dan peternak, jika ada pertanyaan terkait peluang usaha atau pengetahuan umum lainnya silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar