Contoh Peluang Usaha Perkebunan Jangka Panjang yang Menjanjikan

| | ,

Banyak orang yang selalu bertanya tentang, usaha apa yang bagus dan menjanjikan dalam jangka waktu panjang?

Jawabanya adalah perkebunan, karena banyak berbagai keuntungan yang ada saat kita memulainya. Menjalankan sebuah peluang usaha perkebunan di desa merupakan ide yang bagus jika anda sungguh-sungguh.

Hal ini karena di dukung adanya kondisi cuaca serta lingkungan yang cocok untuk di jadikan lahan perkebunan di desa.

Contoh Peluang Usaha Perkebunan Jangka Panjang yang Menjanjikan

Tidak ada salahnya jika kita mencoba peruntungan dalam membangun sebuah bisnis di pedesaan, apalagi jaman sekarang sangat susah dalam mencari kerja. Simak secara lengkap di artikel ini ya bro.

Peluang Usaha Perkebunan Pengeruk Keuntungan Cocok Untuk Pemula.

Jika anda sulit mencari sebuah pekerjaan maka, peluang usaha perkebunan yang menjanjikan di desa bisa menjadi alternatif untuk anda kerjakan.

Saat mengawali usaha perkebunan anda tidak usah bingung mengenai tanaman apa yang akan anda tanam.

Karena banyak pilihan jenis tanaman yang buahnya sering di cari atau di beli di masyarakat. Terlebih jika anda terampil dalam mengelola suatu perkebunan dan mempunyai lahan yang luas.

Pasti usaha perkebunan ini akan sukses anda jalankan, namun jika anda memiliki ilmu yang cukup. Sebelum memulai membangun sebuah perkebunan di rumah, tentunya anda harus paham mengenai jenis tanah yang cocok untuk tanaman anda.

Mencari sebuah informasi mengenai tata cara merawat kebun juga harus anda dapatkan. Karena ada beberapa hal mengenai perawatan perkebunan yang harus anda jalankan khusus, agar tanaman anda menghasilkan buah yang banyak.

Selain memiliki ilmu dalam mengelola perkebunan, anda juga harus menganalisa hasil kebun apa yang sedang ramai di pasaran. Hal ini sangat potensial untuk perkembangan bisnis yang anda jalankan.

Peluang usaha perkebunan sangatlah cocok jika di jalankan di wilayah pedesaan yang memiliki udara sejuk dan jauh dari polusi udara. Umumnya kondisi tanah yang subur serta luas hanya ada di wilayah pedesaan bukan di perkotaan.

Olah karenanya anda tidak usah bingung jika ingin memulai membangun usaha perkebunan di desa, karena hasilnya sangat menjanjikan.

Di bawah ini saya akan memberikan sebuah penjelasan dan contoh jenis pilihan tanaman untuk membangun perkebunan anda agar sukses.

1. Usaha Kebun sayur organik.

Sayuran merupakan jenis bahan makanan yang pasti di beli orang setiap hari, dan selalu laris.

Hal ini di sebabkan karena sayuran adalah makanan sehari-hari yang harus ada dalam hidangan keluarga, dan gizi yang terkandung juga sangat berguna untuk kesehatan.

Hal ini memberikan sebuah peluang usaha perkebunan untuk anda jalankan di pedesaan. Biasanya petani di desa menanam sayuran bercampur atau menambahkan bahan peptisida untuk mengusir hama.

Padahal penggunaan peptisida sangatlah berbahaya jika bercampur dengan sumber makanan.

Untuk itu jika anda terampil mengelola perkebunan, maka saran saya untuk menanam sayuran organik tanpa campuran peptisida.

Sayuran organik sendiri kini mulai jarang di jual, karena perawatan yang agak susah serta membutuhkan ketrampilan khusus.

Namun harga dari sayuran organik terpaut jauh jika di bandingkan sayuran pada umumnya. Tapi tidak ada salahnya jika anda mencoba memulai usaha menjanjikan ini di desa.

2. Usaha perkebunan buah.

Memulai membangun usaha aneka kebun buah di pedesaan merupakan salah satu ide kreatif yang perlu anda coba.

Lagi pula buah-buahan banyak di cari oleh masyarakat, bahkan mungkin hampir setiap hari selalu ada yang mencari buah.

Sebelum anda membangun perkebunan buah, ada beberapa tahapan yang harus anda jalankan diantaranya adalah.

Melakukan analisa atau pun survey ke pasar target anda.

Hal ini di lakukan agar anda mengetahui buah apa yang sedang laris dan di cari oleh masyarakat pada umumnya. Buah yang sering di cari masyarakat seperti: jeruk, apel, semangka, melon, kelengkeng, dan masih banyak lagi.

Analisa Kondisi Daerah.

Menganalisa kondisi atau jenis tanah di daerah anda juga di perlukan saat membangun usaha perkebunan di desa. Hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan tanaman buah anda.

Jika tanah yang dipakai subur dan cocok maka pertumbuhan akan sempurna, selain itu buah yang di hasilkan juga akan banyak.

Setiap tanaman buah memiliki karakteristik tersendiri, contohnya saja untuk buah yang cocok di dataran tinggi seperti strawberry, apel, peer, dan masih banyak lagi.

Sedangkan tanamman buah yang cocok di dataran rendah seperti, kelapa, rambutan, mangga, jambu, jambu air, dan masih banyak lagi.

Rencana pengembangan.

Melakukan sebuah perancangan pengembangan usaha perkebunan wajib di lakukan oleh seorang petani. Hal ini berpengaruh pada kesuksesan saat menjalankan sebuah usaha.

Contoh pengembanganya seperti pada saat anda memiliki kebun buah yang luas, anda bisa memanfaatkanya di buat menjadi agrowisata. Disisi lain anda bisa mendapatkan keuntungan yang bertambah, dengan adanya taman wisata buah ini.

Banyak orang yang minat apabila ada tempat wisata taman buah yang menarik, terlebih jika anda menyediakan kebun buah yang beraneka ragam.

3. Perkebunan jati.

Kayu jati merupakan jenis kayu yang memiliki kualitas terbaik yang ada di Indonesia. Tekstur keras yang di miliki kayu jati, membuatnya memiliki sifat kokoh yang jarang dimiliki oleh kayu lainnya.

Selain itu harga kayu jati sangatlah mahal, hal ini karena kurangnya perkebunan jati. Meskipun harganya mahal, namun tetap banyak orang yang selalu mencari bahan bangunan atau furniture menggunakan kayu jati.

Namun kayu jati juga saat ini termasuk salah satu tumbuhan yang dilindungi di Indonesia. Mahal tidaknya kayu jati bisa di bedakan dari umur kayu tersebut, semakin tua umurnya maka semakin pula harganya.

Disinilah anda harus memanfaatkan peluang ini, untuk di jadikan sebuah lading harta karun di masa depan.

4. Usaha perkebunan sengon.

Kayu sengon adalah salah satu kayu yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia. Selain itu kayu ini merupakan kayu yang paling sering di gunakan saat membangun rumah maupun di jadikan bahan furniture.

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa memulai usaha perkebunan sengon sangatlah menjanjikan.

Jika anda tinggal di wilayah pedesaan dan memiliki lahan yang luas, maka menanam sengon merupakan ide yang kreatif untuk anda jalankan.

Tidak perlu khawatir mengenai perawatan yang harus di lakukan saat menanam sengon, karena perawatan yang di lakukan sangatlah sederhana.

Intinya anda harus mengecek setiap 2 – 3 hari sekali apakah pertumbuhan semakin cepat atau akan mati.

Selain itu memperhatikan jenis tanah juga berpengaruh pada pertumbuhan kayu sengon. Sekian dari saya pembahasan kali ini mengenai peluang usaha perkebunan jangka panjang yang menjanjikan.

Jika terdapat pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Contoh Ide Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Di Desa Terbaru

Agribisnis Adalah Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apakah Benar?

Next
Previous

Contoh Ide Peluang Usaha Sampingan Tanpa Modal Di Desa Terbaru

Agribisnis Adalah Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apakah Benar?

Next

Tinggalkan komentar