Cara Tepat Dalam Memilih dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Sebelum anda memulai membuka suatu usaha pastinya sudah mempersiapkan tempat yang strategis untuk toko anda, nah dalam menentukan tempat usaha yang strategis ini sangat penting untuk kesuksesan dan kelancaran dalam usaha anda.

Cara Tepat Dalam Memilih dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Karena jika anda salah dalam memilih tempat maka usaha yang akan di jalankan menjadi kurang maksimal dan cenderung sepi dari pengunjung.

Oleh karena itu sebelum membuka suatu usaha sebaiknya anda pikirkan dengan matang tempat mana saja yang menjadi rekomendasi untuk membuka usaha anda.

Kendala yang sering ditemukan oleh pengusaha baru saat mendapatkan tempat lokasi adalah minimnya suatu dana yang dimiliki.

Karena tidak semua orang memiliki dana yang banyak dalam menjalankan usahanya di awal. Untuk itu disini saya akan menerangkan secara lengkap kepada anda berikut ini.

7 Cara Tepat Dalam Memilih dan Menentukan Lokasi Usaha yang Strategis

1. Lokasi atau Tempat Padat Penduduk

Lokasi atau tempat yang memiliki penduduk padat cenderung berpotensi baik, karena secara tidak langsung mereka akan melihat usaha kita dan banyak orang tentunya yang akan penasaran saat melihatnya.

Apabila penduduk di suatu tempat usaha yang akan anda buka semakin ramai maka potensi kesuksesan yang di dapat akan besar karena pembeli yang potensial sudah tersedia. Untuk langkah selanjutnya anda tinggal memberikan pelayanan yang baik serta menjaga khualitas dari produk anda.

2. Akses Mudah Menuju ke Lokasi Usaha

Semua orang pasti sudah tau jika akses yang mudah menuju ke lokasi tujuan sangatlah penting karena akan memudahkan mereka selain itu gampang di jangkau. Contohnya : lokasi usaha yang berada di pinggir jalan raya dan memiliki tempat parkir yang memadai pasti akan membuat pengunjungnya merasa nyaman.

Jika anda mendirikan usaha di dalam mall atau pusat perbelanjaan super market, pastikan tidak memilih tepat yang jarang dilalui oleh orang karena berpotensi sepi dari pengunjung selain itu pengunjung.

3. Melihat Penghasilan Masyarakat Sekitar

Seberapa tinggi harga produk yang Anda jual? Jika anda bisa melihat kondisi perekonomian sekitar masyarakat, pastinya anda harus tau dalam mematok harga barang yang akan anda jual. Dikarenakan pada umumnya tingkat penghasilan di dalam masyarakat memiliki pengaruh dalam daya pembelian masyarakat.

Cara Tepat Dalam Memilih dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Jika anda menjual suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi, akan tetapi anda berada pada lingkungan yang memiliki pendapatan menengah kebawah pasti hal ini sangat di perhitungkan dan usaha anda tidak cocok untuk di buka di tempat tersebut.

Mereka cenderung memilih untuk membeli barang yang harganya relative lebih murah, karena konsumen atau masyarakat selalu menyesuaikan dengan penghasilan yang ada.

4. Tidak Banyak Jenis Usaha yang Sama di Sekitar Lokasi

Di sebuah lokasi yang strategis serta ramai pengunjung pasti terdapat usaha yang sama dan memiliki banyak kompetitor atau pesaing. Biasanya di suatu lokasi tersebut persaingan menjadi semakin ketat dan ada pengusaha yang bertahan ada pula yang mundur karena persaingan yang ketat.

Saran saya jika anda membuka suatu usaha sebaiknya melihat persaingan yang ada, karena jika anda tidak ampu bersaing maka akan beresiko pada usaha anda namun terdapat banyak macam cara untuk mengalahkan pesaing anda.

Jika anda tidak mau bersaing sebaiknya mencari lokasi strategis namun belum banyak persainganya, sehingga tingkat dalam menjalankan usaha lebih mudah dan berpotensi luas meraih kesuksesan.

5. Lingkungan yang Bersih dan Aman

Selain faktor-faktor yang saya jelaskan di atas terdapat aspek lain yang harus anda ketahui, yaitu lingkungan yang bersih dan aman. Lingkungan yang bersih dan aman cenderung banyak di sukai semua konsumen, oleh karenanya anda harus menghindari area yang kurang bersih dan tidak aman karena akan mempengaruhi usaha anda dan menurunkan reputasi anda.

6. Menyesuaikan Modal yang Tersedia

Anda harus mengetahui bahwa tempat yang strategis otomati memiliki harga yang tidak murah. Oleh karena itu anda harus mempertimbangkan dengan baik, pikirkan apakah pendapatan setiap bulanya dapat menutup pembayaran tempat usaha atau tidak.

Dan tempat usaha yang strategis setiap tahunya pasti menaikan harga sewanya, untuk itu anda tidak usah kaget dengan hal ini karena hal ini sangatlah wajar terjadi di dunia bisnis. Maka dari itu anda harus memperhitugkan dengan matang pemilihan tempat usaha, agar bisnis anda berjalan dengan lancar kedepanya.

7. Hubungan Sosial dengan Konsumen

Menjalin komunikasi hubungan social dengan konsumen sering di lewatkan oleh pengusaha, padahal hal ini sangat di perlukan dalam merintis suatu usaha .

Dalam menentukan tempat untuk membuka usaha yang sesuai merupakan suatu nilai yang sangat penting, karena memiliki keterlibatan dalam lingkungan masyarakat dan pengenalan produk yang akan anda tawarkan.

Contohnya : anda membuka usaha penjualan beras maupun jualan sembako melayani kebutuhan masyarakat sehari – hari pastinya.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang anda harus perhatikan saat memilih tempat usaha yang strategis, jika anda cermat dalam memilih lokasinya pasti bisnis anda akan berjalan dengan lancar dan memiliki peluang kesuksesan yang tinggi.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada pertanyaan seputar materi di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami ya, salam hangat dari admin tambahmulyodotcom.

Tinggalkan komentar