Cara Sukses Usaha Gorengan Dengan Modal Kecil

| |

Usaha gorengan adalah salah satu metode ideal yang dapat dijalankan untuk mendapatkan penghasilan besar dengan modal kecil. Telah lama, makanan ringan gorengan menjadi menu unggulan bagi banyak orang.

usaha gorengan dijamin laris
usaha gorengan yang menjanjikan

Dari anak kecil, remaja, dewasa, lansia sampai balita suka makan gorengan yang nikmat dan renyah ini. Menu makanan ringan ini memiliki rasa yang enak apalagi cocok dimakan saat berkumpul bersama kerabat, keluarga dan sahabat.

Usaha ini merupakan salah satu bisnis yang cukup tinggi pesaingnya, karena pembuatanya yang mudah serta modal yang dikeluarkan kecil.

Kunci Sukses Memulai Bisnis Gorengan Untuk Pemula

Bagaimanakah analisis usaha gorengan? Menurut pengalaman dan pengamatan penulis di lapangan. Bisnis gorengan masih menjanjikan meskipun tingkat kompetisi ketat.

Dimana anda dapat dengan gampang menjumpai gerai usaha berjualan gorengan dari skala kecil sampai besar.

Untuk pembuatan gorengan sangatlah mudah. Jika anda seorang peajar, teknik pemasaran gorengan ini sangatlah mudah. Cukup dititipkan saja ke kantin sekolahan, pasti disana banyak yang akan membeli gorengan anda.

Apabila anda mengamati dijalan raya, anda dapat menemukan bisnis gorengan di pinggir jalan atau penjual gorengan kaki lima dengan memakai gerobak yang menetap ataupun keliling.

Tidak hanya itu, banyak pula pedagang gorengan keliling yang membawa barang dagangannya door to door, hal ini menjadikan persaingan menjadi sangat ketat. Tingkat kompetisi yang amat tinggi dari bisnis gorengan tidaklah menurunkan motivasi anda.

Karena usaha ini memiliki pangsa pasar yang amat luas. Anda dapat membidik pangsa pasar kalangan menengah ke atas, kalangan menengah ke bawah, kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga, pengusaha dan lain sebagainya.

Berjualan gorengan merupakan salah satu peluang usaha yang belum terpikirkan oleh banyak orang.

Keuntungan Membuka Usaha Gorengan

Keuntungan yang didapat saat seseorang yang sudah lama menekuni bisnis ini lumayan besar, dan hasilnyapun cenderung stabil. Apalagi harga gorengan relatif murah bagi seluruh kalangan.

bagaimana cara usaha gorengan agar laris dan sukses

Umumnya di pasaran dibanderol dengan harga diawali dari Rp 500 per buah. Untuk lebih komplit, berikut ini profit berbisnis gorengan bagi pemula, antara lain:

1. Pasar Luas
Bisnis gorengan unik, modern dan terlaris memiliki pangsa pasar yang amat luas. Karena hampir seluruh kalangan suka makanan ringan ini. Sehingga dalam memasarkan gorengan tergolong muda, bisa secara kaki lima ataupun dagang keliling.

2. Laris Manis
Usaha jualan gorengan dipastikan laris manis tiap hari. Sebab gorengan merupakan cemilan khas Indonesia yang selalu wajib ada setiap hari, selain itu peminatnya dari seluruh usia.

Yang namanya makanan termasuk keperluan utama manusia yang tak dapat dilepaskan selama manusia hidup di muka bumi. Sebagai menu makanan sahabat nasi, aneka gorengan laku keras perhari.

3. Bebas Berinovasi
Apabila dibandingkan dengan usaha masakan yang lain. Bisnis gorengan mempunyai tingkat kreatifitas dan inovasi yang amat tinggi.

Setiap hari senantiasa lahir produk-produk gorengan baru yang menarik perhatian banyak orang. Seperti basreng atau baso goreng, kerak telor, tahu goreng, singkong keju goreng pedas dan lain sebagainya.

4. Mudah Dijalankan
Kelebihan lain dari bisnis gorengan yakni gampang dijalankan. Anda dapat berjualan dengan menetap di sebuah daerah. Kemudian anda cukup menyediakan bahan baku dan perlengkapan memasak seperti wajan, serok dan minyak goreng serta bahan baku gorengan lainya.

Berikutnya buat aneka gorengan dengan rasa yang manis ataupun asin. Ada banyak resep pembuatan gorengan yang nikmat dan lezat yang dapat sobat pelajari di dunia maya.

Rincian Modal Usaha Gorengan dari Awal Buka

Dalam membuka bisnis gorengan, alangkah baiknya jika kita menganalisa rincian modal yang akan dipakai. berikut ini saya akan paparkan rincian modal usaha dari awal sampai buka, antara lain:

1. Modal Awal:

  • Gerobak gorengan unik yang simpel Rp 1 juta.
  • Alat-alat masak Rp 300 ribu.
  • Peralatan usaha lainya Rp 200 ribu.
  • Kompor gas dan regulator Rp 500 ribu.
  • Membeli tabung gas 3 kg plus isi Rp 200 ribu.

Jadi untuk jumlah modal awal saat membuka usaha gorengan sebesar Rp 2,2 juta. Tetapi apabila anda berharap menghemat tarif pengeluaran untuk modal. Anda dapat memakai tabung gas, kompor gas, dan perlengkapan masak yang anda miliki saat ini.

2. Tarif Operasional Usaha per Hari:

  • Pembelian bahan baku Rp 100 ribu

Untuk bahan baku yang diperlukan untuk membuat beraneka macam model gorengan unik seperti : tepung terigu, tepung tapioka, bumbu penyedap kuliner, tempe, tahu dan lain sebagainya.

  • Gas elpiji 3 kg Rp 30 ribu.
  • Minyak goreng 4 liter Rp 20 ribu.
  • Tarif listrik dan kebersihan Rp 20 ribu.
  • Membayar upah pekerja sebesar @ Rp 700 ribu – Rp 1,4 juta.
  • Tarif tidak terduga Rp  100 ribu.

Untuk jumlah keseluruhan dari tarif operasional perhari sekitar Rp 250 ribu. Dikalikan satu bulan sebesar Rp 7,5 juta.

Apabila dalam satu hari dapat memasarkan 300 gorengan dengan harga Rp 1000 perbuah. Maka keuntungan yang akan didapat sebesar Rp 300 ribu perhari. Dengan dikalikan selama satu bulan, maka penghasilan atau keuntungan yang akan didapat dari usaha unik dan modern ini sekitar Rp 9 juta perbulan.

Dikurangi tarif operasional, maka untuk keuntungan bersih dari bisnis gorengan sebesar Rp 1,5 juta. Lumayan bukan? Apalagi usaha gorengan dapat dilakukan secara sampingan dengan modal kecil.

Bisnis Waralaba Gorengan Unik, Modern dan Terlaris

Bagi anda yang tak ingin direpotkan dengan prosedur mengawali usaha. Cara kerja pembuatan gorengan sampai cara kerja pencarian resep gorengan yang nikmat dan tepat di lidah.

Maka anda dapat bergabung dengan membuka usaha waralaba gorengan unik, modern dan terlaris. Ada banyak waralaba yang menyediakan paket kemitraan usaha dengan tarif investasi dengan nominal mulai dari ratusan ribu rupiah sampai puluhan juta rupiah.

Memperhatikan kenyataan waktu ini, masih banyak pedagang gorengan kaki lima dan keliling.
Untuk itu anda wajib bisa memenangkan persaingan usaha secara sehat dan cepat. Teknik untuk memenangkan pada persaingan yang sangat ketat adalah dengan menggunakan metode secara franchise.

Dengan menggunakan merek yang sudah memiliki nama besar dan memiliki pelanggan banyak. Membuat bisnis gorengan waralaba lebih maju pesat dan sukses. Daripada anda mengawali usaha gorengan dari awal secara mandiri.

Adapun bisnis waralaba gorengan unik, modern dan terlaris yang dapat anda ikuti, antara lain:

1. Usaha Piscok Goreng
Pisang dan cokelat menjadi satu bahan utama dari pisang cokelat atau disingkat piscok. Makanan ini digemari banyak orang. Sebab mempunyai rasa manis yang nikmat dan lezat.

Adapun pangsa pasar yang dibidik amat luas. Dari mulai kalangan anak-anak, pelajar SD, SMP dan SMA, mahasiswa, karyawan sampai masyarakat umum. Harga pisang cokelat relatif murah dikisaran Rp 2000 perbuah.

2. Usaha Tahu Crispy
Usaha gorengan lainnya yang menjanjikan dan dapat anda ikuti secara waralaba yakni usaha tahu crispy krez atau jeletot. Tahu gejrot merupkan makanan yang sangat khas rasanya, dan menjadi favorit bagi masyarakat.

3. Usaha Donat Goreng
Donat adalah salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Ada banyak perusahaan waralaba donat yang dapat anda ajak kerjasama. Contohnya donatmadu cihanjuang, dunkin donat, dan masih banyak lagi.

Cara Sukses Memulai Usaha Gorengan

Bagi anda yang tertarik untuk membuka Bisnis gorengan skala kecil-kecilan, menengah sampai skala besar, berikut ini cara sukses berbisnis gorengan dari awal hingga akhir bagi pemula, antara lain:

apa kunci sukses usaha gorengan untuk pemula

1. Lokasi Strategis

Bisnis gorengan terlaris dan modern memerlukan lokasi usaha yang strategis. Kesalahan besar jika anda mendirikan sebuah usaha gorengan di daerah yang sepi. Sebab dapat mengakibatkan usaha anda tak diketahui orang.

Terdapat beberapa lokasi usaha yang strategis bisnis makanan ringan ini, antara lain berada di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor, berada di dekat minimarket, dekat sekolah dan kampus, sekitar sentra perkantoran, dekat perumahan penduduk dan lain-lain.

2. Bisnis Gorengan Modern

Saran penting dari saya jika berjualan gorengan jangan mengaplikasikan metode lama. Seperti yang saya saksikan di sebagian desa. Banyak sekali pedagang gorengan yang membuka bisnis gorengan secara keliling ataupun menetap dengan konsep tradisional.

Mereka memasarkan gorengan yang telah umum seperti pisang goreng, bala bala, tahu goreng dan lain sebagainya. Dibutuhkan produk gorengan baru yang modern untuk mempesona hati pembeli. Untuk pemasaranya sendiri agar dapat diketahui oleh banyak orang, anda dapat memanfaatkan media social untuk promosi bisnis anda.

3. Harga Murah
Masyarakat amat peka sekali kepada harga. Apabila terdapat barang yang kwalitas sama dengan harga berbeda pasti mereka akan membeli yang lebih murah. Hal ini wajar sekali karena manusia adalah makhluk ekonomis yang senantiasa berharap mencari untung sekecil apa saja.

Dari sinilah anda dapat membuka usaha gorengan dengan harga jual yang murah namun masih memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar. Sehingga menarik atensi konsumen untuk membelinya.

4. Pelayanan Baik
Dalam keberhasilan dari bisnis gorengan yang utama yakni memberikan pelayanan yang baik terhadap para konsumen. Misalkan melayani konsumen dengan ramah, murah senyum dan berteman.

Karena dengan pelayanan yang memuaskan maka konsumen akan kembali lagi membeli gorengan dari anda. Dan selanjutnya akan menjadi pelanggan konsisten.

5. Fasilitas komplit

Membuat konsep unik yang berbeda dari pesaing saat membuka bisnis ini. Misalkan membuka usaha secara rumahan dengan konsep resto modern. 

Hanya dengan menggunakan konsep bisnis gorengan ala resto dan disertai fasilitas amat komplit bisa membuat pengunjung penasaran dan merasa nyaman. Itulah beberapa cara sukses usaha gorengan dengan modal yang kecil. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Daftar Daerah Penghasil Minyak Bumi Di Indonesia Lengkap

Bisnis Tanpa Modal Besar, Hasil Melimpah Dan Resiko Kecil

Next
Previous

Daftar Daerah Penghasil Minyak Bumi Di Indonesia Lengkap

Bisnis Tanpa Modal Besar, Hasil Melimpah Dan Resiko Kecil

Next

Tinggalkan komentar