Cara Mudah Usaha Ternak Burung Puyuh yang Menjanjikan Untuk Pemula

| |

Cara mudah beternak burung puyuh di desa bisa anda lakukan, walaupun masih pemula. Untuk prosesnya di jalankan dengan beberapa tahapan dan hampir sama dengan budidaya burung lainnya.

Sama halnya cara budidaya burung love bird maupun kacer, burung puyuh bisa di pelihara dalam kandang di dalam ruangan.

Sediakan ruangan kosong untuk kandang burung puyuh, usahakan ruangan lebih luas dan lega agar burung puyuh tidak stress.

Burung puyuh sangat cocok jika anda ternak di lingkungan pedesaan, karena selain jauh dari keramaian kondisi cuaca juga pas.

Cara Mudah Usaha Ternak Burung Puyuh yang Menjanjikan Untuk Pemula

Burung puyuh adalah salah satu jenis unggas yang memiliki tubuh berbentuk agak bulat, berwarna coklat, dan mirip seperti anakan ayam.

Burung puyuh bisa terbang namun jaraknya tidaklah jauh, biasanya burung ini sering menjalankan aktivitas dengan jalan kaki daripada terbang.

Burung ini berkembang bias dengan cara bertelor dan mampu menghasilkan telur sampai 5 butir.

Biasanya burung liar ini mencari makan di semak – semak perkebunan maupun area persawahan. Di masyarakat jawa burung puyuh memiliki julukan manuk gemak.

Tips Budidaya Burung Puyuh Paling Mudah Bagi Pemula

Saat anda ingin memulai budidaya burung puyuh di desa, sebelumnya harus paham dahulu karakteristik dari burung ini. Agar nantinya anda tidak mengalami kegagalan ternak.

Burung puyuh sudah cukup familiar di masyarakat pedesaan, biasanya di manfaatkan telur dan dagingnya untuk dikonsumsi.

Semakin banyak permintaan masyarakat akan daging dan telur burung puyuh membuat para pengusaha burung puyuh memiliki banyak peluang.

Nah peluang ini bisa anda ambil dengan memulai usaha ternak burung puyuh. Namun sebelum anda memulainya, anda harus mengetahui terlebih dahulu cara penangkaranya, yang akan saya bahas di bawah ini.

1. Menyiapkan kandang.

Pada ternak burung puyuh hampir sama dengan budidaya hamster, untuk kandang merupakan aspek penting dalam memulai usaha peternakan ini.

Nah kali ini saya akan membagikan tips, bagaimana cara untuk mempersiapkan kondisi tempat burung puyuh.

  • usahakan jika anda ingin membuat kandang pastikan lokasinya dekat dan terkena paparan sinar matahari, hal ini bertujuan agar kandang burung puyuh tidak menjadi lembab. 
  • jika memang lokasinya sulit mendapatkan sinar matahari, setidaknya kondisi kelembapan kandang mencapai 30 – 80 persen.
  • menyiapkan lampu yang berwarna kuning sebesar 20 – 40 watt hal ini bertujuan agar kondisi kandang tetap hangat.
  • untuk kondisi hawa di sekitar kandang normalnya 25 derajat.

Terdapat 2 pilihan metode dalam pembuatan kandang untuk burung puyuh. Metode sangkar atau baterai dan metode litter atau lantai sekam, pembuatan kandang tersebut hampir mirip dengan cara budidaya ayam petelur.

Ada beberapa jenis kandang untuk di gunakan sebagai metode peternakan burung puyuh, anda bisa menyimak di bawah ini.

Kandang untuk proses pembibitan.

Jika kita melihat dari namanya pasti sudah bisa menebak, ini merupakan kandang untuk proses pembibitan burung puyuh.

Model kandang ini sangat berpengaruh pada produktifitas perkembangan dan hasil dari burung puyuh. Untuk ukuran kandang biasnaya menyesuaikan dengan jumlah bibit burung puyuh yang dimiliki.

Kandang untuk para induk.

Untuk kandang indukan juga di perlukan pada proses budidaya burung puyuh. Hal ini di lakukan agar burung tidak tercampur dengan yang kecil, sehingga proses perkembang biakanya menjadi sempurna. Pembuatan kandang indukan burung puyuh bisa menyesuaikanya dengan jumlah yang ada.

Kandang untuk anakan burung puyuh.

Sama halnya dengan indukan yang harus memiliki kandang sendiri, anakan burung puyuh pun harus di pisah tersendiri. Karena anakan burung puyuh cenderung memiliki ketahanan tubuh yang lebih lemah daripada indukan.

Alasan lainnya adalah pemberian makan yang akan sulit karena anakan burung puyuh akan kalah jika di campurkan dengan yang besar.

Pembuatan kandang untuk anakan juga harus lebih hangat dan ruangan yang mencukupi, demi pertumbuhan yang baik.

Kandang untuk pertumbuhan anak puyuh.

Untuk kandang model ini sama seperti anakan burung puyuh. Akan tetapi untuk umur burung yang lebih besar dan sudah tumbuh lebih besar. Untuk pemisahan nya jika burung sudah berumur sekitar 2 sampai 5 mingguan.

2. Pemilihan bibit unggul

Sama halnya jika kita memulai cara budidaya kelinci, untuk burung tidak ada bedanya. Yang perlu anda lakukan adalah memilih bibit ungggulan dari burung puyuh.

Dalam memilih bibitan burung puyuh yang berkualitas merupakan dasar untuk mulai usaha ternak di desa.

Tips memilih anakan burung puyuh ada beberapa cara, simak tips di bawah ini. Tujuan utama memulai usaha peternakan burung puyuh:

  • Apabila anda ingin memulai usaha ternak burung puyuh untuk di di jual dagingnya, maka pilihlah bibitan yang memiliki ukuran tubuh relatif lebih besar. Selain itu pilih indukan yang sudah tidak bertelur lagi atau afkiran, hal ini agar burung puyuh dapat berkembang dengan maksimal.
  • Apabila anda ingin fokus pada telur burung puyuh untuk dikonsumsi, maka pilihlah bibit burung puyuh yang aktif dan lebih agresif. Betina dan pejantan yang agresi cenderung masih bisa menghasilkan banyak telur.

3. Pemeliharaan burung puyuh.

Tujuan utama dari usaha peternakan burung puyuh adalah mendapatkan keuntungan yang besar, namun semua itu perlu beberapa proses agar bisa tercapai.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada usaha ternak ini, anda harus melakukan perawatan atau pemeliharaan pada burung puyuh.

Hal ini di lakukan agar burung puyuh yang dipelihara dapat berkembang dengan maksimal dan memberikan hasil yang diinginkan.

Untuk perawatan pada burung puyuh tidak terlalu rumit, bahkan untuk anda yang masih pemula bisa melakukannya.

Lalu bagaimana cara perawatan burung puyuh yang benar? Simak caranya di bawah ini.

Menjaga kebersihan kandang.

Melakukan perawatan kebersihan pada kandang sangat di perlukan, hal ini dilakukan agar tidak timbul berbagai penyakit yang menyerang burung puyuh.

Jika anda lalai dalam menjaga kebersihan kandang burung, maka besar kemungkinan banyak burung yang akan terjangkit penyakit dan akhirnya akan mati.

Pastinya anda sendiri tidak ingin mengalami hal ini bukan, karena bisa menyebabkan kerugian yang cukup besar.

Oleh karenanya lakukan pengontrolan kebersihan pada kandang setiap hari, agar burung puyuh dapat berkembang biak dengan baik.

Mengontrol penyakit.

Melakukan pengontrolan penyakit perlu di lakukan bahkan jika perlu di lakukan setai hari, untuk mengetahui bagaimana kondisi burung puyuh.

Anda perlu bantuan pada dokter hewan untuk mengetahui kondisi terkini dari hewan ternak.

Jika tidak di lakukan pengontrolan pada burung puyuh, maka di kawatirkan akan banyak penyebaran penyakit.

Memberi pakan berkualitas pada burung puyuh.

Salah satu kunci sukses dalam usaha peternakan burung puyuh adalah peberian pakan yang berkualitas.

Pakan ternak yang berkualitas akan berdampak langsung pada hasil yang di dapatkan yaitu burung puyuh yang besar dan sehat.

Banyak jenis produk varian untuk pakan ternak burung puyuh, usahakan anda membeli yang berkualitas. Anda juga bisa meracik sendiri pakan ternak untuk burung puyuh dirumah.

Caranya sangat mudah dalam membuat pakan ternak sendiri, cukup manfaatkan bahan makanan di dapur seperti tepung, palet, dan rempah-rempah lainnya.

Untuk pemberian pakan pada burung puyuh tergantung pada umurnya, untuk bibitan atau anakan cukup di beri pakan pellet dan indukan ada campuran rempah-rempah lainya.

4. Proses panen.

Pada tahapan ini merupakan fase yang paling di tunggu oleh para peternak burung puyuh.

Kembali ke tujuan awal memulai usaha ternak burung puyuh yaitu mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Terdapat beberapa hasil yang bisa di manfaatkan dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Hasil utama yang diambil dari burung puyuh adalah telur serta dagingnya, untuk hasil tambahan seperti bulu yang dapat di manfaatkan untuk kerajinan tangan yang indah.

Tambahan : tips budidaya burung puyuh.

Berikut ini merupakan ringkasan dan penambahan materi untuk cara budidaya burung puyuh agar sukses.

1. Lokasi.

Pemilihan lokasi kandang atau rumah burung puyuh, merupakan salah satu aspek penting dalam membangun pondasi usaha peternakan.

Jangan sampai anda salah langkah dalam memilih lokasi kandang, karena dapat berpengaruh pada kelancaran usaha anda.

2. Desain kandang.

Jika anda tidak mampu dalam mendesain kandang burung puyuh, anda bisa meminta bantuan orang untuk membuatkan nya atau membeli di pasaran.

Desan kandang sangat di perlukan agar kondisi lingkungan burung puyuh menjadi rapih dan mudah untuk di bersihkan dari kotoran.

3. Kondisi Suhu.

Banyak dari para peternak yang masih pemula maupun sudah lama yang membiarkan hal ini terjadi, apakah itu?

Kondisi suhu atau tempratur di wilayah kandang burung puyuh. Padahal hal ini perlu di perhatikan, karena burung ini termasuk sangat sensitif terhadap kondisi suhu lingkungan yang kurang baik.

Contohnya saja pada burung anakan yang harus mendapatkan suhu ruangan yang lebih hangat, karena kondisi tubuh yang masih lemah dan kurangnya ketahanan terhadap lingkungan yang dingin.

Maka dari itu jangan sampai anda melalaikan aspek ini ya, agar nantinya tidak terjadi kegagalan pada usaha ternak anda.

Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan kepada anda mengenai cara mudah usaha ternak burung puyuh untuk pemula, jika ada pertanyaan terkait tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Agribisnis Adalah Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apakah Benar?

Upaya Usaha Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian Secara Maksimal

Next
Previous

Agribisnis Adalah Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi, Apakah Benar?

Upaya Usaha Dalam Meningkatkan Hasil Pertanian Secara Maksimal

Next

Tinggalkan komentar