Cara Mengobati Ayam Pincang (Penyakit Bubul) dan Penyakit Gembung Air

| |

Biasanya penyakit bubul menimpa berbagai macam jenis seperti ayam bangkok, ayam kampung, ayam petelur, dan hampir semua jenis bisa terjangkit penyakit ini.

Penyakit bubul ayam biasanya menyerang ayam di bagian kaki, biasanya terdapat beberapa gejala sebelum timbul bubul ayam.

Gejala tersebut seperti telapak kaki ayam yang semakin membengkak dan kondisi suhu tubuh yang meningkat.

Cara Mengobati Ayam Pincang (Penyakit Bubul) dan Penyakit Gembung Air

Jika tidak segera di tangani langsung maka ayam akan mengalami pincang dan tidak bisa berjalan.

Hal ini berpengaruh pada produktivitas ayam, jika pejantan maka akan malas mengawini indukan selain itu pertumbuhan juga akan terganggu.

Untuk mengetahui cara mengobati ayam pincang karena penyebab bubul ayam, anda bisa menyimak artikel ini secara lengkap agar tidak bingung.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Penyakit Bubul (Penyakit Bengkak Kaki) Pada Ayam.

Upaya pencegahan terjadinya penyakit ini pada ayam yang semakin meluas, maka kita harus teliti dalam mengobati bubul bengkak.

Untuk tips menghilangkan bubul ayam cukup sederhana, bahkan anda bisa melakukanya sendiri di rumah dengan memberikan salep bubul ayam.

Siapkan kandang khusus karantina bagi ayam yang terkena penyakit bubul bengkak, hal ini di lakukan agar penyembuhan cepat.

Buatlah kandang khusus karantina ayam dengan bahan yang nyaman dan taruh kandang di tempat yang sunyi.

Jangan sampai ayam terluka karena anda mengunakan bahan yang bisa menyebabkan kaki ayam tambah parah.

Usahakan untuk menghaluskan terlebih dahulu bagian bambu sebagai pijakan ayam, agar kakinya tidak menginjak bagian yang tajam. Ada berbagai macam cara untuk mengobati penyakit bubul ayam, seperti.

1. Membuang Cairan.

Saat mengeluarkan cairan yang terdapat pada kaki ayam, hendaknya perlu di berikan perhatian khusus, karena jika anda salah dampaknya tidak bisa berjalan.

Jika anda sudah berhasil melakukan pengeluaran cairan di bagian kaki, selanjutnya melakukan pembersihan menggunakan desinfectant dan diolesi salep.

Cairan asites yang terdapat di kaki ayam wajib di keluarkan karena mengandung berbagai macam virus, jika di biarkan maka bubul ayam akan tambah parah.

2. Mengobati Gembung Pada Ayam.

Bukan hanya penyakit bubul ayam yang menjadi masalah beberapa peternak, namun ada juga penyakit gembung pada ayam yang dapat menyerang kapan saja.

Umumnya gembung ayam sering terjadi pada jenis boiler atau potong dan petelur. Tanda-tanda ayam yang terkena penyakit gembung adalah kondisi perut yang buncit serta penuh air cairan.

Survey mengatakan jika ayam yang terkena penyakit gembung berpotensi mengalami kematian sampai 10%, namun angka tersebut belum pasti.

Dalam mencegah timbulnya penyakit yang lebih parah, ada beberapa tips untuk mengatasinya yaitu dengan memberikan vitamin C pada pakan pellet. Agar tidak menular ke ayam lainya sebaiknya memisahkan ke kandang khusus karantina.

Saat berada di kandang karantina anda perlu memperhatikan porsi makan serta minumnya, hal ini bertujuan agar kembung pada ayam tidak semakin membesar.

Biasanya ayam yang mengalami penyakit ascites memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil di banding ayam yang normal.

Melakukan pengobatan secepat mungkin pada ayam yang terkena penyakit di atas membantu pencegahan pertumbuhan penyakit yang lebih parah.

Itulah penjelasan saya mengenai cara mengobati ayam pincang (penyakit bubul) dan penyakit gembung air.

Jangan lupa terus kunjungi blog kami agar anda tidak ketinggalan info mengenai dunia usaha dan budidaya. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Paling Mudah (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Bibit Pinang Unggul Dan Membuat Dengan Mudah Bagi Pemula

Next
Previous

Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Paling Mudah (Panduan Lengkap)

Cara Menanam Bibit Pinang Unggul Dan Membuat Dengan Mudah Bagi Pemula

Next

Tinggalkan komentar