Cara Menggemukan Kambing yang Kurus Secara Alami dengan Cepat

| |

Bisnis kambing menjadi salah satu primadona bagi para pengusaha, baik pengusaha baru maupun yang sudah lama. Selain itu mengkonsumsi daging kambing banyak diminati dipasaran, apalagi jika terdapat perayaan tahunan seperti qurban hewan saat idul adha maupun aqiqah saat merayakan kelahiran anak.

Dari tahun ke tahun harga daging mengalami kenaikan, untuk itu jika anda membuka usaha ternak kambing ini akan menjadikan peluang kesuksesan bagi anda. Namun dari sekian banyak pengusaha budidaya kambing mereka belum tau cara yang benar dalam perawatan hewan ternak mereka.

Cara Menggemukan Kambing yang Kurus Secara Alami dengan Cepat

Cara menggemukan kambing yang kurus secara alami dengan cepat memang perlu pemahaman yang tinggi. Saya di sini akan membagikan caranya untuk anda. Keberhasilan dalam beternak kambing agar cepat berkembang diantaranya :

  1. Perencanaan
  2. Pelaksanaan
  3. Pemeliharaan

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dari hewan ternak. Salah satu yang mempengaruhi pertumbuhan hewan ternak adalah pemberian pakan dan kebersihan kandang, jangan samapai kandang yang di gunakan untuk hewan ternak kotor. Selain itu suhu dan tingkat kenyamanan agar tidak menganggu kotoran yang dihasilkan.

Cara Menggemukan Kambing Secara Alami dan Aman

Saat melakukan proses menggemukan kambing, hal utama yang harus anda perhatikan adalah pembuatan kandang. Jangan sampai kandang yang anda buat menjadi berantakan dan mengganggu kenyamanan dari kambing. Selain itu posisi tempat makan kambing juga harus benar dan posisinya harus tepat agar kambing nyaman.

1. Pemilihan Lokasi Kandang.

Pemilihan lokasi kandang kambing sangat menentukan perkembangan dari kambing, dari suhu sampai kenyamanan saat kotoran yang dihasilkan tidak menggangu perkembanganya. Usahakan jika anda memilih tempat lokasi berada di tempat yang teduh. Karena di tempat yang teduh bisa mempermudah adaptasi kambing dan membuatnya cepat gemuk.

Usahakan tempat akan dibangun tidak terhalang tembok maupun bangungan besar yang berada disekitar kandang. Selain itu pembuatan kandang di daerah yang tidak terhalang tembok akan memudahkan sirkulasi udara masuk dan menjaga kondisi kambing tetap sehat.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah penempatan tempat makanan kambing juga mempengaruhi, karena jika tempat makanan tidak nyaman maka kambing akan susah makan yang akhirnya akan memperlambat penggemukan kambing. Selain itu suasana yang sunyi akan mengurangi strees pada kambing.

Hindari pembuatan kandang kambing di tempat yang ramai agar kambing tidak mengalami strees dan buatlah kandang dengan sinar matahari yang cukup.

2. Bahan Pembuatan Kandang.

Langkah awal saat merencanakan pembuatan kandang anda harus memilih bahan yang akan digunakan haruslah yang baik dan berkhualitas. Bahan yang harus diperhatikan seperti bambu, kayu, papan, asbes adan lain sebagainya.

Buatlah kandang dengan bentuk panggung yang rapih dan memiliki tempat penampungan kotoran atau fases serta penampungan urine yang baik untuk menjaga kebersihan. Nah beberpaa cara diatas merupakan teknik penggemukan kambing secara alami dari segi pembuatan kandang.

3. Cara Penggemukkan Kambing Dari Pemilihan Bibit.

Langkah ini merupakan dasar dari cara ternak kambing yang baik dan benar. Jika anda salah dalam pemilihan bibit maka akan merugikan bagi anda, karena pemilihan bibit menjadi salah satu faktor penting dalam menggemukan kambing.

Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis kambing yang ada di pasaran. Dari kambing etawa, kambing kacang, dan masih banyak lagi. Jika anda baru memulai usaha ternak ini dan masih bingung dalam mencari jenis bibitnya, saya menyarankan anda untuk membeli bibit kambing jawa atau kacang. Kambing kacang dipilih karena mudah rawat dan tidak mudah strees di lingkungan yang baru.

Ciri – ciri bibt kambing yang berkualitas adalah mempunyai punggung yang lurus dan panjang pada umur 4 sampai 8 bulan. Selain itu anakan kambing yang bagus memiliki kerangka tulang yang besar dan mulut yang lebar. Paling penting adalah memilih kambing yang sehat.

Cara Perawatan Kambing yang Benar

Pada saat proses pemeliharaan kambing supaya cepat gemuk, tidak begitu memerlukan teknik yang rumit. Mungkin cara ini sangatlah simpel dan irit untuk pengeluaran biaya modal, serta tidak menghabiskan banyak waktu.

Pakan yang diberikan untuk kambing berupa bahan – bahan alami yang didapatkan di lingkungan sekitar. Adapula pakan tambahan berupa fermentasi dari bahan organik yang bisa membuat kambing tumbuh cepat dan gemuk. Di bawah ini saya akan menjelaskanya secara rinci :

Menyediakan Kebutuhan Pakan Secara Teratur.

Menyediakan pakan dan minum kambing secara teratur merupakan salah satu teknik yang paling sering di gunakan oleh kebanyakan orang. Saat anda melakukan tahapan dalam proses menggemukan kambing, langkah utamanya adalah memperhatikan nutrisi dari pakan yang akan diberikan ke hewan ternak anda.

Selain itu menjaga kesehatan hewan ternak dan menstabilkan nafsu makan kambing juga berpengaruh untuk pertumbuhanya. Anda dapat memberikan suplemen SOC dengan takaran 5cc yang dilarutkan kedalam 15 liter air. Agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, anda bisa memberikanya selama 2 kali sehari.

Menjaga Kebersihan Kandang.

Menjaga kebersihan kandang kambing termasuk dalam faktor penting cara menggemukan kambing secara alami. Didalam kandang yang bersih akan membuat kambing nyaman dan tidak mudah terkena strees, selain itu nafsu makan kambing akan cenderung meningkat karena kondisi lingkungan yang bersih dan nyaman.

Usahakan membersihkan kandang kambinig setiap 1 minggu sekali, karena di saat itulah kotoran kambing akan menumpuk. Peluang usaha baru pun muncul ketika anda melihat dan bisa memanfaatkan kotoran kambing sebagai pupuk organik dan bisa di jual kembali.

Mengenali Penyakit

Jangan lupa saat merawat kambing, alangkah baiknya kita mengenali penyakit yang sering di alami hewan ternak. Terdapat berbagai ciri – ciri yang bisa anda lihat ketiha hewan ternak terserang penyakit.sering gelisah atau strees, biasanya kambing akan bersuara terus menerus.

Sering menggosokan badanya ke kandang, yang akhirnya akan membuat badannya terluka dan terkena inveksi. Hal ini akan berakibat serius jika di biarkan terlalu lama. Setelah anda paham mengenai berbagai jenis penyakit yang dialami oleh hewan ternak, selanjutnya memberikan obat yang sesuai dengan penyakitnya pada kambing. Biasanya memanggil dokter hewan untuk memastikan obat yang benar dan mengecek kesehatan kambing.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada anda informasi tentang cara menggemukan kambing yang kurus dengan alami. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas silahkan tinggalkan koentar di bawah ini, jangan lupa terus pantau informasi terbaru di web tambahmulyo.com

Previous

Using WP Show Posts

Bisnis Ternak Kambing Modern, Perhitungan dan Analisa Secara Lengkap

Next
Previous

Using WP Show Posts

Bisnis Ternak Kambing Modern, Perhitungan dan Analisa Secara Lengkap

Next

Tinggalkan komentar