Cara Menanam Bibit Pinang Unggul Dan Membuat Dengan Mudah Bagi Pemula

Pohon pinang adalah sejenis palma yang banyak di jumpai di Negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Pinang di manfaatkan bukan hanya buahnya namun pohon nya pun memiliki nilai jual tinggi.

Budidaya tanaman pinang unggul hibrida merupakan salah satu contoh usaha yang menjanjikan yang ada di desa.

Menanam pohon pinang bisa di lakukan pada semua kondisi tanah baik dataran rendah maupun tinggi.

Inilah yang menjadi keunggulan dari usaha budidaya tersebut, selain itu harga jual yang lumayan tinggi membuat banyak orang yang minat untuk terjun langsung mengerjakan.

Di indonesia sendiri terdapat jenis pinang unggul yang biasa di tanam oleh masyarakat luas, contohnya: pinang irian, pinang kelapa, pinang merah, pinang hibrida, pinang pendek dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Bibit Pinang Unggul Dan Membuat Dengan Mudah Bagi Pemula

Cara penanaman bibit pinang hibrida bisa di lakukan pada daerah yang memiliki ketinggian tanah di bawah 600 mdpl.

Menurut para petani yang sudah berpengalaman jika menanam pohon pinang di bawah 600 meter di bawah permukaan laut maka, buah yang di hasilkan akan banyak dan berkhualitas.

Tanah yang cocok untuk di tanam adalah yang memiliki kandungan ph 4,6 sampai 8, selain itu jangan lupa harus terkena paparan sinar matahari secara maksimal.

Untuk kondisi suhu udara yang cocok adalah 21 sampai 30 derajat celcius, hal ii di lakukan agar perkembangan pinang semakin unggul.

Jika pinang di tanam pada kondisi udara di bawah 20 derajat celcius maka akan memperlambat proses pertumbuhan.

Untuk mengawali kegiatan budidaya ini anda bisa menyimak cara membuat bibit pinang unggul diartikel ini secara lengkap.

Cara Budidaya Bibit Pinang Unggul (Panduan Lengkap)

Banyak orang yang mencari tahu tentang kumpulan tips bagaimana cara membuat bibit pohon pinang unggul, dan cara menanamnya.

Kurangnya pengetahuan dalam bidang pembibitan pinang yang baik akan berisiko pada usaha budidaya yang anda jalankan. Di bawah ini merupakan salah satu cara membuat bibit pinang unggul yang berkhualitas.

1. Membersihkan bibit pinang.

Agar mampu menghasilkan bibit yang unggul kecambah benih sangat bergantung pada oksigen, air, cahaya, serta kebersihan.

Maka dari itu sebelum dilakukan proses penanaman sebaiknya bibit pinang di bersihkan terlebih dahulu. Setelah membersihkan nya, waktunya proes perendaman pada air bersih.

Agar bibit pinang yang di hasilkan bebas dari gangguan jamur jangan lupa untuk memberi fungisida organik alami atau seperti ekstrak lengkuas.

Pada proses perendaman bibit yang telah anda lakukan tadi bertujuan agar mempercepat imbibisi dan permeabilitas kulit benih terhadap masuknya oksigen.

2. Pilih tempat yang gelap.

Beberapa petani telah membuktikan bahwa kecambah pada tanaman pinang akan berkembang cepat jika di letakan pada lokasi yang gelap.

Hal ini di karenakan kondisi bibit pinang yang sensitive pada paparan sinar matahari.

Untuk lama waktu yang di perlukan membuat bibit pinang unggul sekitar 1 sampai 2 bulanan. Apabila bibit pinang sudah menghasilkan sampai 5 daun itu tandanya siap untuk di tanam di lapangan terbuka.

3. Jarak tanam pinang.

Menanam pohon pinang memang mudah namun ada beberapa tahapan yang perlu anda perhatikan seperti mengatur jarak tanam.

Bibit pinang unggul yang siap tanam biasanya di ukur dengan jarak sesuai lokasi lahan serta jenis varietasnya. Jarak penanaman bisa dipengaruhi oleh adanya pola tanam monokultur (tumpang sari).

Umumnya para petani pinang menanam dengan metode tidak lurus sejajar, biasanya segilima.

Jangan menanam bibit dengan jarak terlalu rapat karena akan berimbas pada pertumbuhan yang melambat dan kurang maksimal.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat bibit pinang unggul dan menanamnya. Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar