Cara Memulai Usaha Restoran Sendiri Sukses dengan Mudah untuk Pemula

Banyak orang yang bercita-cita membuka usaha restoran atau rumah makan mereka sendiri. Namun, mengelola restoran tak dapat sembarangan bila Anda berkeinginan meraup penghasilan yang besar dan bisa sukses.

Untuk menolong Anda, berikut kami sajikan 9 kiat sukses dalam mengawali bisnis resto baru.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengawali bisnis rumah makan atau restoran baru?

9 Cara Sukses Memulai Bisnis Restoran yang Menjanjikan Untuk Pemula

1. Tentukan konsep usaha restoran Anda

Langkah pertama yang sepatutnya Anda pertimbangkan sebelum mengawali usaha rumah makan sendiri yaitu memutuskan seperti apa konsep tempat usaha Anda nantinya.

Cara Memulai Usaha Restoran Sendiri Sukses dengan Mudah untuk Pemula

Apakah Anda berkeinginan buka resto dengan atmosfer yang nyaman dan bikin betah beramai-ramai, atau Anda berkeinginan resto baru Anda mempunyai konsep fine dinning?

Konsep resto juga seharusnya memastikan keberagaman makanan apa yang Anda sajikan. Sebelum ke langkah berikutnya, rancanglah sebuah menu dengan komplit.

Makanan seperti apa yang Anda hidangkan di resto Anda. Khas Italia atau Jepang? Kuliner rumahan atau kedai kopi dan bakery?

2. Tentukan lokasi Usaha Restoran yang strategis

Penentuan lokasi usaha memang penting dalam kesuksesan tiap bisnis restoran. Kian gampang resto Anda diakses oleh banyak orang, kian besar kesempatan Anda untuk berhasil.

Apakah lokasi anda termasuk daerah keramaian, sering kali dikunjungi banyak orang?  Apakah wilayahnya padat populasi, untuk mempermudah Anda mencari daya kerja?

Baca Juga : 25 Ide Bisnis Menguntungkan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Apakah jalan masuk menuju lokasi gampang ditempuh? Bagaimana dengan lahan parkir, tersedia cukup luaskah?

Apabila semua criteria di atas sudah terpenuhi, Anda perlu menentukan untuk tempat dan nego dengan harga sewa terbaik.

3. Menentukan juru masak Anda

Untuk mengawali bisnis rumah makan yang berhasil. Anda perlu memperhatikan tiga pilar utama: konsep yang mantap, lokasi strategis, dan chef yang kompeten.

9 Cara Sukses Memulai Bisnis Restoran yang Menjanjikan Untuk Pemula

Ketiganya sangat penting dalam menentukan kesuksesan dari usaha restoran anda. Koki yang Anda pekerjakan di resto Anda haruslah cocok dan profesional dengan konsep resto dan tema kuliner Anda.

Apabila berbeda dan tidak cocok, Anda akan dipertemukan oleh banyak permasalahan perusahaan yang akan terjadi nantinya.

4. Mengamati Calon Konsumen Anda

Dikala Anda siap untuk mengawali bisnis resto, penting untuk memahami siapa sasaran pelanggan inti Anda. Orang tua dengan anak – anak mempunyai keperluan yang berbeda dengan kaum lajang atau keluarga baru.

Meneliti basis populasi tempat lokasi resto Anda akan membuka  berbagai jeni kabar demografis penting yang bisa memengaruhi kesuksesan usaha restoran anda.

Yang harus anda perhatikan seperti poin perumahan, pendapatan rumah tangga rata-rata, umur rata-rata. Hal tersebut memberikan Anda patokan berharga mengenai siapa pelanggan potensial Anda.

Sesudah Anda mendapatkan data penting ini, Anda dapat membandingkan harga dengan usaha restoran lain.

5. Memanajemen Sistem Kelola Usaha yang Baik

Sebelum mengajukan pinjaman buka usaha di bank, penting untuk merancang agenda bisnis Anda sedetail mungkin. Buat bisnis plan restoran yang menguraikan konsep dan rincian resto Anda, serta bagaimana langkah Anda untuk mendapatkan untung banyak.

cara memulai usaha restoran sukses yang menjanjikan untuk pemula

Perencanaan bisnis yang matang akan meyakinkan petugas pinjaman bahwa Anda benar-benar mantap untuk mengawali bisnis resto.  Juga pastikan Anda tiba di bank membawa segala dokumen yang dibutuhkan.

Termasuk laporan penghasilan pribadi, laporan pajak, dan hal-hal lain yang dipinta oleh pihak bank.

Rancangan bisnis Anda haruslah meliputi:

  • Deskripsi konsep resto.
  • Basis sasaran pelanggan.
  • Menu dan harga potensial.
  • Manajemen keuangan, seperti modal awal dan sumbernya, dan hasil pendapatan waktu yang panjang serta modal.
  • Perencanaan marketing
  • Program perekrutan karyawan, pelatihan, dan retensi

6. Pemilihan Nama Brand Usaha 

Nama usaha seringnya menjadi kesan pertama yang dimiliki oleh pelanggan Anda. Jadi, cerdaslah dalam memilih sebuah nama atau brand usaha.

Nama resto boleh mencerminkan tema menu makanan Anda (Kuliner Jawa atau Khas Jepang) atau plesetan-plesetan unik. Jadilah kreatif saat memilih nama yang menarik menciptakan konsep, menu, dan misi resto Anda.

Pilih nama yang gampang diingat dan dieja oleh orang-orang. Akan tetapi jangan sampai orang kesusahan saat mencari nama restoran anda di internet.

7. Mepersiapkan Modal Usaha

Sangat penting untuk anda saat mempersiapkan modal yang ada. Idealnya, Anda akan mengharapkan modal restoran yang bisa menutupi sekitar sembilan bulan usaha.

Pengeluaran tarif untuk mengawali bisnis resto akan memakan banyak dari anggaran Anda, sebelum Anda mulai menemukan pelanggan. Lihatlah tabungan Anda sendiri dan rekening pensiun.

Rancangan bisnis restoran yang menjanjikan

Anda mungkin bisa memasarkan aset atau memakainya sebagai jaminan pinjaman. Pertimbangkan jalanan kredit usaha di bank Anda, atau periksa pinjaman bank komersial.

Pertimbangkan untuk minta bantuan sahabat dan keluarga, atau selidiki kemungkinan kemitraan. Seorang mitra bisnis bisa menolong dengan modal permulaan sementara juga bisa berbagi tanggung jawab kepemilikan usaha restoran anda.

8. Daftar lisensi

Kebanyakan izin lisensi dan izin membangun usaha memakan waktu yang bisanya lebih dari mingguan sampai bulanan sebelum disetujui.

Jadi, langsung saja jika Anda cukup mantap dengan perencanaan konsep dan keuangan resto Anda.
Segeralah urus berkas-berkas izin usaha yang diperlukan.

Lisensi lain Anda mungkin perlu yaitu izin kesehatan dan lisensi minuman keras, bila ada.
Cek dan ricek dengan asosiasi resto lokal untuk kabar lebih lanjut.

9. Sebar luaskan resto Anda ke mata publik

Sesudah izin usaha dan lisensi lainnya telah Anda miliki. Konsep makanan dan tata ruang resto telah terbentuk dengan bagus, serta Anda juga telah dipersenjatai oleh “pasukan” staf yang kompeten di bidangnya.

Sekarang waktunya Anda mengiklankan usaha rumah makan baru Anda. Iklan yaitu suatu kewajiban bagi beberapa strategi usaha yang harus di jalankan saat pertama kali memulai.

Kenali sasaran pasar Anda. Pastikan harga dan produk resto Anda telah ideal untuk sasaran pasar yang dipilih. Fokuskan waktu dan uang untuk menempuh klasifikasi orang tersebut.

Rancang agenda pemasaran yang meliputi media tradisional (cetak; koran, makalah, pamflet dan brosur) atau iklan radio. Lakukan juga pemasaran resto via media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram untuk menyebarluaskan kabar seputar resto baru Anda.

Buat desain iklan semenarik mungkin dan tawarkan insentif, seperti kupon diskon, untuk orang yang “Like”, “Follow”, atau “Tag” akun sosial media resto Anda. Bisnis restoran yaitu petualangan yang mesti untuk Anda perjuangkan.

Namun ingat, demi menempuh kesuksesan, dibutuhkan perencanaan yang matang, kerja keras, dan kebulatan ambisi.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan mengenai cara memulai usaha restoran sukses yang menjanjikan untuk pemula. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar