Cara Membangun Usaha Gorengan Kekinian Sukses Dari Awal Dengan Modal Kecil

Usaha gorengan yang unik merupakan salah satu peluang yang kini banyak di lirik oleh masyarakat, bukan hanya di wilayah perkotaan saja namun di pedesaan juga ramai.

Banyak pengusaha gorengan sukses yang sudah membuktikan, dan mereka pun membangun usahanya dari nol atau awal.

Banyak cara untuk memulai usaha jualan gorengan seperti:

  1. Membuka warung kaki lima di pinggir jalan contohnya angkringan sederhana.
  2. Bisa berjualan di depan rumah atau pekarangan rumah.
  3. jualan gorengan menggunakan gerobak keliling.

Profil usaha gorengan unik dan menarik, beda dengan biasanya membuat para pembeli tertarik untuk mengunjungi kedai atau warung anda.

Cara Membangun Usaha Gorengan Kekinian Sukses Dari Awal Dengan Modal Kecil
Cara Membangun Usaha Gorengan Kekinian Sukses Dari Awal Dengan Modal Kecil

Agar usaha gorengan yang anda jalankan bisa sukses, terdapat beberapa tips sebelum memulai membangun usaha ini, simak penjelasan secara lengkap hanya di website ini.

Analisa Usaha Jual Gorengan Unik, Kekinian, dan Kreatif yang Menjanjikan.

Sebelum memulai usaha gorengan kekinian, pastinya kita memerlukan sebuah Analisa usaha agar dapat memperkecil kemungkinan kegagalan.

Analisa usaha gorengan di tahun ini nampaknya ada sedikit perkembangan, untuk itu kita wajib untuk inovasi agar usaha gorengan yang anda bangun bisa maju.

Saat ini usaha gorengan bukan hanya di jual pada pedagang keliling maupun warung-warung angkringan, namun sudah bisa di pesan secara online.

Hal ini mampu memberikan kemudahan dan efektivitas dalam berjualan. Di bawah ini merupakan Analisa usaha gorengan yang perlu anda pahami sebelum membangun sebuah usaha.

1. Menentukan Jenis Gorengan yang akan Dijual.

Dalam membuka usaha jualan gorengan agar laris, kita harus memilih jenis gorengan apa yang akan kita jajakan.

Ada berbagai macam jenis gorengan aneka rasa yang bisa anda buat, contohnya gorengan nauget, tahu sumedang, crispy, dan masih banyak lagi.

Semua jenis gorengan tersebut memiliki peluang keberhasilan yang sama besar, tinggal kreativitas anda saja dalam mengolah dan memasarkan.

Untuk memudahkan anda dalam memilih jenis gorengan yang akan di jual, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu ke lingkungan sekitar anda.

Jangan sampai anda menjual gorengan namun tidak sesuai dengan selera masyarakat sekitar.

Cari waktu untuk melakukan riset ke masyarakat sekitar mengenai gorengan apa saja yang sering di sukai atau di konsumsi setiap hari.

Melakukan sebuah riset sebelum menjalankan sebuah usaha sangat berpengaruh pada bisnis yang anda jalankan.

2. Menyiapkan Modal Usaha.

Modal usaha merupakan hal yang penting  pada saat mendirikan sebuah usaha di desa, namun ada pula sebuah usaha tanpa modal yang bisa anda jalankan.

Modal usaha jualan gorengan sebenarnya tidak terlalu besar, anda cukup menyediakan modal seadanya jika tidak memiliki uang yang besar.

Bisa memulai berjualan gorengan skala kecil di desa, apabila modal yang terkumpul sudah banyak kembangkan menjadi lebih besar.

Untuk modal usaha gorengan gerobak membutuhkan dana yang lumayan besar di bandingkan berjualan di pinggir jalan dengan mendirikan tenda kaki lima.

Peralatan usaha gorengan yang harus anda siapkan seperti:

  • Alat: Gerobak sederhana (jika berjualan kelliling), peralatan memasak, tabung gas dan kompor, plastic atau kertas untuk tempat gorengan.
  • Bahan: tepung, tahu, pisang, tempe, sayuran(jika membuat gorengan bakwan), cabai.

Sebenarnya modal yang di butuhkan saat membangun usaha berjualan gorengan bukan hanya material saja, namun non material juga perlu seperti pemikiran atau ide kreatif.

3. Menentukan Lokasi Jualan.

Lokasi berjualan gorengan salah satu hal utama yang perlu anda perhatikan, karena bisa berdampak pada laris atau tidaknya usaha anda.

Jika ingin mendapatkan banyak pembeli usahakan berjualan di pinggir jalan raya, dekat pasar atau keramaian, dekat dengan sekolah atau perusahaan kantor.

Saya yakin di tempat tersebut banyak pelanggan yang membeli gorengan, karena makanan ini sangat familiar dan menjadi kegemaran masyarakat di sekitar kita.

Apabila anda tidak menemukan lokasi berjualan yang strategis maka, cara berikutnya adalah memasang baner atau spanduk di pinggir jalan untuk menunjukan arah lokasi berjualan anda.

4. Mencatat Keuntungan dan Kerugian.

Melakukan pencatatan atau pembukuan mengenai keuntungan dan kerugian dari usaha jualan gorengan sangat penting.

Lakukan pembukuan setiap hari agar bisa mengetahui jumlah untung dan ruginya. Untuk omset usaha gorengan sebenarnya sangat besar, mengingat banyak masyarakat yang mengkonsumsi setiap hari.

Resep sukses wirausaha gorengan adalah memberikan khualitas rasa yang enak sekaligus pelayanan yang baik, hal ini mempengaruhi kemajuan usaha anda.

Selain berjualan gorengan anda juga bisa memanfaatkan peluang usaha kertas bungkus gorengan yang sama-sama menjanjikan hasilnya.

Apa saja Kelemahan dan Kelebihan Usaha Gorengan.

Kelemahan usaha gorengan adalah harga bahan baku yang kadang mahal, contohnya seperti cabai dan pisang.

Untuk mengantisipasi anda bisa mengganti pisang menggunakan gorengan lain seperti tahu atau tempe yang harganya jauh lebih murah.

Kelebihan usaha gorengan adalah banyak orang yang membelinya dan rata-rata semua kalangan atau usia. Modal yang di keluarkan tidak selalu besar, meskipun modal kecil anda sudah bisa membuka usaha ini.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memulai usaha jualan gorengan di rumah? Jika ada pertanyaan seputar tema di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar