Bisnis Ternak Kambing Modern, Perhitungan dan Analisa Secara Lengkap

Usaha ternak kambing modern saat ini memerlukan suatu analisa serta proses yang harus di perhatikan dengan teliti agar sukses. Selain itu tidak ketinggalan pula sebuah perencanaan dan perkiraan yang tepat, untuk mendapatkan hasil maksimal dan sesuai dengan keinginan.

Di asia khususnya diwilayah Indonesia, permintaan kambing maupun domba sangatlah tinggi dan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunya.

Apalagi Negara Indonesia merupakan Negara muslim terbesar didunia, dan mayoritas saat tiba idul adha mereka banyak yang membeli hewan qurban terutama kambing maupun domba. Selain permintaan yang besar saat hari idul adha, permintaan tiinggi juga sering saat menjelang aqiqah anak atau saat perayaan anak yang baru saja dilahirkan.

cara beternak kambing modern tanpa ngarit
cara beternak kambing modern tanpa ngarit

Tidak perlu cemas jika anda membangun bisnis ternak kambing, karena permintaan dagingnya setiap hari mengalami kenaikan. Daging kambing memiliki berbagai jenis olahan makanan seperti : sate, tongseng, semur, gulai, sop kambing, kari kambing, steak, dan masih banyak lagi.

Makanan di atas merupakan sajian yang disukai oleh kalangan masyarakat pada umumnya. Masih terdapat banyak lagi jenis kuliner dari olahan daging kambing, anda bisa melihatnya saat di restoran.

Keuntungan Mendirikan Usaha Ternak Kambing

1. Tidak Membutuhkan Lahan terlalu Luas.

Jika anda memiliki lahan yang kurang luas manfaatkanlah lahan yang ada, karena lahan berukuran sempit tidak mempengaruhi kegagalan anda dalam ternak kambing. Intinya dengan lahan yang sempit anda bisa mendirikan peternakan kambing, terlebih jika memiliki lahan yang luas dan memiliki banyak hijauan seperti : rumput akan sangat mudah dipelihara.

2. Pertumbuhan Cepat.

Perlu kita ketahui bahwa dalam memelihara kambing itu tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Tidak seperti hewan ternak lainya, kambing cenderung cepat dalam membesarkan badannya atau agar cepat gemuk. Biasanya saat kambing berumur 1,5 tahun sudah terlihat besar dan siap untuk dijual.

3. Mudah Beradaptasi.

Kambing memiliki keunggulan yang jarang dimiliki oleh binatang ternak lainya yaitu mudah dalam beradaptasi di wilayah yang baru. Keuntungan tersendiri bukan jika kita membudidayakan kambing karena tidak perlu repot dalam menempatkanya ke lingkungan baru.

4. Banyak Manfaat.

Manfaat dari bisnis ternak kambing ini sangatlah banyak, bukan hanya dagingnya saja yang kita manfaatkan namun ada bulu, kotoran dan kulitnya yang sangat berguna.

Jika anda kreatif maka anda akan memanfaatkan kotoran yang ada pada kambing untuk dijadikan sebuah pupuk, karena pupuk yang dihasilkan dari kotoran kambing cenderung bagus untuk tanah dan tumbuhan.

Selain itu terdapat pada bulu dan kulit dari kambing yang dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan dan industri sepatu, tekstil, dll.

5. Pakan yang Mudah.

Dalam memberi pakan pada kambing sangatlah mudah, karena banyak bertebaran di sekitar lingkungan anda pastinya. Namun jika anda ingin pakan yang berkhualitas untuk kambing anda, maka anda bisa membelinya di penjual pakan karena sekarang sudah banyak yang menjual pakan untuk kambing.

Pemberian pakan yang berkhualitas akan mempengaruhi dari pertumbuhan dari kambing itu sendiri, karena pakan yang berkhualitas pasti sudah terjamin dari segi gizinya dan bahan – bahan yang digunakan. Namun jika anda ingin menghemat pengeluaran, anda bisa mencari pakan dari lingkungan sekitar dan pakan itu berupa tubuh – tumbuhan.

6. Modal relative Kecil.

Saat membangun usaha ternak kambing modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, tidak seperti bisnis peternakan sapi yang harus memiliki modal besar saat awal membukanya. Saat memulai bisnis ini modal yang kita butuhkan berkisar antara Rp. 5.000.000 sebagai modal. Hal ini sangat berbeda jauh pada saat anda memulai usaha sapi, modal yang harus di keluarkan lebih besar.

Hal di atas merupakan untung ruginya ternak kambing, apabila anda memaksimalkan usaha ternak kambing ini saya yakin akan sukses dan lancar.

Dalam menganalisa usaha peternakan kambing jika anda melihat dari harga, ternyata lebih besar jika kita bandingkan dengan harga sapi. Untuk harga dan perawatan ternak kambing ini dapat dibilang cenderung lebih murah ketimbang ternak sapi.

Sebelum membangun sebuah usaha hendaknya anda menganalisa secara rinci saat menghitung biaya yang harus dikeluarkan. sehingga saat menjalankan usaha kedepanya akan berjalan dengan lancar, terencana, lebih terarah, serta mengurangi pembengkakan biaya ditengah jalan.

Untuk anda yang baru memulai usaha ini, disarankan menganalisa terlebih dahulu pasar yang akan kita jadikan tempat berjualan. Dalam sebuah proses menghitungan suatu modal usaha ternak kambing ini jika dihitung dari kebutuhan kandang, bibit, pakan / ransum, maupun perawatan kesehatan ternak kambing.

Untuk langkah – langkah perawatan anakan kambing dari kecil sampai pantas untuk dijual akan memerlukan waktu sekitar 9 bulan.

Cara perhitunganya dapat dianalisa modal yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  1. Anakan kambing sebesar 10 ekor = Rp. 3.5000
  2. membuat tempat kandang sederhana dan bahan lainya = Rp. 3.50000
  3. Pakan ternak instan untuk pakan utama bagi kambing 10 ekor x 75 kg x Rp. 3500 = 2.550.000

Total pengeluaran : Rp. 9.550.000

Untuk analisa suatu keuntungan dari hasil bisnis ternak kambing sebagai berikut :

  1. Harga jual kambing = Rp. 1.400.000 x 10                       = Rp. 14.000.000
  2. Keuntungan             = Rp. 14.000.000 – Rp. 9.550.000   = Rp. 4.450.000

Saat melakukan perawatan untuk kambing agar gemuk membutuhkan waktu sekitar 90 hari atau 3 bulan lamanya. Dalam 1 periode ini, lama proses pembesaran dibutuhkan biaya kurang lebih Rp. 9.550.000.

Dengan rincian yang telah saya sampaikan di atas adalah sebuah gambaran menghitung suatu kebutuhan dana untuk mengelola usaha ternak kambing dan analisa keuntungan yang akan diperoleh. Pada saat menjalankan usaha ternak ini setiap pengusaha memiliki hal atau kendala yang berbeda – beda.

Dengan adanya analisa usaha ternak kambing pada kisaran harga yang sudah saya dijelaskan diatas masih dalam perkiraan saya saja, mungkin harganya bisa berubah – ubah. Faktor yang menentukan keberhasilan dari usaha ternak kambing ini yaitu pemberian pakan yang tepat dan berkhualitas pada hewan ternak.

Pada saat kita memberikan pakan ternak yang berkhualitas, maka tidak perlu menunggu waktu lama saat menggemukan kambing. Karena kadar zat yang banyak yang terkandung dalam pakan ternak yang berkhualitas akan memaksimalkan pertumbuhan dari hewan ternak.

Saran saya jika anda ingin memberikan pakan ternak yang berkhualitas adalah pakan terbak instan atau fermentasi. Pakan ini bisa memaksimalkan pertumbuhan kambing dan meningkatkan bobot pakan lebih cepat dibandingkan pada jenis pakan lainnya. Pakan jenis ini sangat direkomendasikan oleh banyak pengusaha ternak kambing, jadi apa salahnya jika kita ingin mencobanya.

Kesimpulan.

Pada saat kita hendak membuka bisnis ternak kambing ini harus mempelajari perkembangan pertubuhan serta harga yang ada di pasaran. Hal ini sangat berpengaruh pada kesuksesan dan kelancaran usaha anda nantinya. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada pertanyaan seputar tema di atas silahkan tinggalkan komentar dibawah ini. Salam hangat admin tambahmulyo.

Tinggalkan komentar