Bagaimana Cara Menghitung Laba Sebuah Usaha, Simak Tips Berikut

Apa kabar geng masih kembali lagi bersama saya admin tambahmulyo blog, Kali ini saya akan membahas mengenai perhitungan laba bersih dan laba kotor dalam sebuah usaha kecil maupun besar.

Di setiap bisnis yang dijalankan pasti terdapat kendala masalah dalam menghitung laba bersih maupun laba kotor, padahal hal ini sangatlah penting di pahami oleh seorang wirausaha karena hal ini menyangkut dengan kelancaran usaha anda.

Bagaimana Cara Menghitung Laba Sebuah Usaha, Simak Tips Berikut
Bagaimana Cara Menghitung Laba Sebuah Usaha, Simak Tips Berikut

Masih banyak seorang pengusaha yang kesulitan bahkan mengalami kesalahan saat menghitung suatu laba yang di perolehnya.

Jika anda salah dalam perhitungan ini akan resiko yang datang lumayan besar untuk itu anda harus perhatikan artikel ini, dalam perhitungan laba usaha anda harus mengerti tentang rumus laba usaha bersih dan laba kotor.

Di bawah ini saya akan menjelaskan kepada anda secara lengkap dan gampang untuk di jalankan.

Contoh Menghitung Laba Bersih Usaha Sederhana yang Baik

sebelum evaluasi dalam sebuah usaha ada kalanya kita mengetahui bagaimana cara menghitung laba bersih usaha kecil maupun besar. Simak pembahasan berikut ini secara lengkap.

1. Mencatat Seluruh Biaya Produksi

Saat anda menjalankan suatu usaha pasti dalam melakukan produksi barang anda memerlukan bahan untuk diproses menjadi sempurna untuk hasilnya.

Oleh karenanya dalam sebuah usaha perlu di lakukan menghitung laba bersih dengan cara mendata semua modal yang di keluarkan untuk memproduksi semua barang, tidak lupa pula mendata pengeluaran dan belanja bahan – bahan.

Semua data harus di catat secara lengkap, ini bertujuan untuk melihat seberapa banyak uang yang kita keluarkan untuk kepentingan produksi dan melihat potensi kesuksesan nantinya.

Resiko yang di timbulkan apabila anda kurang teliti dalam menganalisa data dan salah perhitungan, maka hasil menghitung laba bersih akan salah dan yang di dapat bukan hasil laba bersih melainkan masih laba kotor.

Terdapat biaya yang harus di keluarkan saat menjalankan usaha yaitu biaya produksi tetap dan biaya produksi variable.

Pengertian dari biaya produksi tetap adalah modal yang di keluarkan tidak mementingkan banyak atau sedikitnya suatu barang, dan uang yang di belanjakan relatif sama.

Contoh dari biaya produksi tetap yaitu biaya penyewaan suatu gedung untuk produksi barang dan biaya untuk menggaji buruh atau karyawan.

Pengertian biaya variable adalah suatu biaya yang bertumpu pada jumlah suatu unit yang harus di produksi, artinya jika produksinya semakin banyak maka modal yang di keluarkan juga bertambah.

2. Menyusun Laporan Rugi Laba

Cara berikutnya dalam perhitungan laba bersih adalah menghitung semua modal yang di keluarkan untuk biaya produksi barang yang dijual.

Rumus laba bersih adalah dengan cara mengurangi semua pendapatan atau hasil dari barang yang di jual dengan biaya produksi barang atau biaya lainnya.

Contoh biaya lain adalah biaya transport, biaya air, biaya listrik, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini anda harus cermat dalam mengumpulkan semua data yang ada.

3. Perhitungan Pokok serta Menentukan Harga Jual

Pengertian dari harga pokok penjualan adalah banyaknya biaya yang di keluarkan pada proses pembuatan barang produk.

Harga pokok penjualan sangatlah berbeda dengan harga jual karena harga jual di peroleh apabila harga pokok untuk memproduksi barangnya sudah di ketahui, kemudian harga pokok penjualan tersebut di naik kan agar kita mendapatkan keuntungan.

Harga pokok yang di keluarkan bersifat mutlak jika harga tersebut lebih rendah maka bisnis yang anda jalankan mengalami kerugian. Sedangkan harga jual memiliki sifat yang fleksibel atau dapat berubah – ubah setiap saat.

Selain hal di atas anda juga harus di riset atau meneliti permintaan pasar yang utama adalah peminat atau konsumen anda.

Anda jangan bernafsu untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan cara memasang harga suatu barang dengan nilai yang tinggi, hal ini justru akan berakibat turunnya daya beli konsumen anda.

4. Menghitung Total Penjualan Bersih

Proses selanjutnya yaitu menghitung total semua penjualan, rumus dari laba bersih adalah seluruh penghasilan atau pemasukan yang di peroleh di kurangi dengan penjualan, potongan penjualan, dan potongan suatu harga (diskon).

Jika anda tidak melakukan perhitungan seperti cara di atas, maka penghasilan yang anda terima merupakan laba kotor atau penghasilan yang masih tercampur dengan modal.

Oleh karena itu anda jangan sampai melewatkan cara menghitung laba bersih di atas dan harus diurutkan sebuah data yang benar agar tidak terjadi suatu kesalahan.

Prinsip dari sebuah LABA/RUGI

  1. apabila modal yang di keluarkan lebih kecil dari penerimaan, maka akan tercipta konsep LABA
  2. apabila modal yang di keluarkan lebih besar dari penerimaan, maka akan tercipta konsep RUGI.
  3. apabila modal yang dikeluarkan sama dengan penerimaan, maka akan tercipta konsep impas (Break Event Point)

Rumus menghitung laba bersih

  • L = TR – TC

Keterangan:

  • L     : Laba/Rugi
  • TR  : Menerima Total
  • TC  : Pengeluaran/Modal yang harus di keluarkan (Biaya Total)
  • Jika L negatif berarti hasilnya adalah Rugi
  • L positif maka hasilnya adalah keuntungan atau Laba
  • L = 0 berart iImpas atau tidak dapat apa-apa

Cara Menghitung Laporan Laba Rugi

Laporan rugi pada suatu peruahaan dagang memberikan suati data-data mengenai penjualan harga pokok, pembelanjaan modal yang di keluarkan, dan pendapatan lainya untuk mengetahui suatu kerugian.

Keuntungan Menghitung Laba Rugi

  1. mampu menganalisis kerugian dan menjadikanya suatu pelajaran agar mmendapatkan keuntungan yang maksimal di kemudian hari.
  2. Berguna sebagai pengukur kinerja suatu usaha.
  3. berguna untuk memperbarui strategi yang akan di gunakan nantinya, jika strategi yang lama kurang emuaskan.
  4. dapat mengurangi resiko kerugian lebih besar nantinya.
  5. bisa menganalisis perkembangan dari suatu usaha yang di kerjakan.

Unsur-unsur penting laporan laba rugi

1. Pendapatan.

Pendapatan merupakan bertabahnya nilai suatu modal yang kita keluarkan dan keuntungan yang kita peroleh lebih besar. Pendapatan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu pendapatan pada suatu usaha dan pendapatan yang terdapat di luar usaha (sewa/bunga).

2. Beban.

Beban merupakan suatu biaya atau modal yang anda keluarkan untuk memperoleh hasil ekonomis. Beban sendiri terdiri dari 2 macam yaitu beban suatu usaha dan beban yang dimiliki di luar usaha.

Kesimpulan

Jika anda cermati artikel ini maka cara menghitung laba bersih perusahaan akan terasa sangat gampang.

Intinya jika menganalisa kerugian maupun keuntungan dari suatu usaha maka harus mengumpulkan data yang akurat dan tepat, karena akan mempengaruhi hasil yang anda dapatkan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, jangan lupa untuk terus mengunjungi website saya di tambahmulyo.

Tinggalkan komentar