Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis, Simak Penjelasan Lengkap

| | ,

Bisnis merupakan suatu aktivitas menjual barang atau produk maupun sebuah jasa tertentu kepada konsumen, dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Arti kata bisnis berasal dari kata busy yang artinya adalah “sibuk” dalam hal individual, grup atau kelompok, maupun masyarakat. Sibuk di sini diartikan dengan melakukan sebuah aktivitas dan sebuah kegiatan atau pekerjaan yang bisa mendapatkan sebuah keuntungan.

Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis, Simak Penjelasan Lengkap
Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis, Simak Penjelasan Lengkap

Didalam sistem ekonomi kapitalis, dan hampir seluruh bisnis di kuasai oleh pihak swasta, dan bertujuan sebagai peningkatan provit dan menciptakan kemakmuran untuk pemiliknya.

Pemilik maupun karyawan yang bekerja di dalam sebuah bisnis akan mendapatkan imbalan atau hasil sesuai dengan waktu yang mereka tempuh dalam bekerja dalam satu hari.

Akan tetapi tidak semua bisnis yang dijalankan betujuan untuk mengejar keuntungan semata, namun ada juga yang bertujuan lain. Contohnya bisnis koperatif yang memiliki tujuan untuk memberikan kemakmuran bagi semua pekerja dan institusi pemerintah, selain itu juga meningkatkan kemakmuran bagi semua rakyat.

Baca Juga : Apa Benar Agribisnis Jurusan Kuliah Dengan Masa Depan yang Cerah?

Jenis usaha seperti ini bertentangan jauh dengan sistem sosialistik, yang sebagian besar pemerintah, masyarakat umum, maupun pekerja kecil memiliki bisnis yang besar pula.

Secara ilmu etimologi, bisnis merupakan suatu keadaan dimana sekelompok masyarakat disibukan dengan pekerjaan yang mendatangkan suatu keuntungan. Akan tetapi pengertian “bisnis” yang tepat masih menjadi perdebatan antar ilmuan hingga saat ini.

Bentuk Dasar Pada Kepemilikan Bisnis

Walaupun bentuk suatu bisnis memiliki banyak perbedaan di setiap Negara, namun ada bisnis yang sudah di anggap umu di masyarakat  :

Perusahaan perseorangan 

Bisnis dari perusahaan perorangan merupakan usaha yang dimiliki oleh orang tertentu saja atau  hanya dimiliki oleh individual.

Seseorang yang memiliki bisnis ini mendapatkan harta yang tidak terbatas dan memiliki tanggung jawab penuh atas kelangsungan bisnisnya.

Perusahaan ini diawasi oleh perorangan dan kelangsungan usahanya serta kesuksesan juga ada di tangan pemiliknya, selain itu modal yang dikeluarkan tidak sedikit. Ada pula kelebihan dan kekurangan yang di miliki perusahaan perorangan.

Persekutuan

Usaha persekutuan merupakan model bisnis yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih bekerja sama dalam menjalankan suatu perusahaan untuk memperoleh laba yang besar.

Tidak jauh berbeda degan bisnis perusahaan perorangan, setiap anggotanya yang bekerjasama akan memiliki hak untuk kepemilikan suatu perusahaan karena mereka juga berperan penting untuk menyukseskan bisnisnya.

Terdapat 2 jenis kerjasama yang dimengerti di kalangan masyarakat yaitu komanditer dan firma.

Perseroan 

Usaha perseroan merupakan jenis bisnis yang dimiliki oleh banyak orang atau lebih dari satu dan di kelola oleh dewan direktur. Jadi bisa kita lihat bahwa status kepemilikan suatu perusahaan untuk setiap orang jumlahnya terbatas.

Koperasi 

Usaha koperasi merukapan usaha yang dikelola oleh beberapa orang atau badan hukum koperasi dan memiliki landasan aktivitas berdasarkan prinsip koperasi, serta sebagai gerakan ekonomi milik rakyat, yang memiliki dasar asas kekeluargaan.

Baca Juga : Memulai Usaha Tanpa Modal Hasil Melimpah, Cocok untuk Pemula.

Tujua utama di dirikanya koperasi adalah untuk menyejahterakan anggotanya agar makmur. Salah satu perbedaan yang sangat terasa antara koperasi dengan badan usaha lain adalah koperasi mempunyai identitas ganda.

Identitas ganda di sini maksudnya adalah semua anggota koperasi memiliki hak kepemilikan sekaligus pengguna utaa dari jasa koperasi.

3 Fungsi Utama Bisnis

  1. Mengubah wujudnya (form utility), yang merupakan fungsi dari produksi
  2. Memindahkan tempat suatu produk (place utility), maupun fungsi distribusi
  3. Perubahan status kepemilikan (possesive utility), merupakan fungsi dari penjualan
  4. Penundaan waktu fungsi (Time utility), merupakan suatu fungsi pemasaran

Menurut Steinhoff bahwa terdapat 3 fungsi utama dari bisnis, yaitu :

  1. Mencari suatu bahan mentah (acquiring raw material)
  2. Perubahan bahan yang masih mentah dan di olah menjadi barang jadi (manufacturing raw materials into product)
  3. Memasarkan atau mendistribusikan barang yang telah diolah ke konsumen (distributing product to consumers)

Macam-macam Bisnis Berdasarkan Aktivitasnya

1. Manufaktur

Manufaktur merupakan proses mengolah barang non jasa yang berfisik, manufaktur berasal dari bahasa latin yang berarti  “manus faktus” yang memiliki makna dibuat atau diproses dengan metode tangan. Contoh bisnis manufaktur yaitu sebuah pabrik pengolahan batu bata dan tempe.

2. Jasa

Jasa merupakn apapun pekerjaan yang diberikan oleh satu pihak ke pihak yang lain yang dari prinsipnya tidak memiliki wujud dan tidak menimbulkan sebuah perpindahan kepemilikan. Produksi jasa bisa terikat maupun tidak terikat kepada produk fisik tertentu. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.

3. Pengecer dan Distributor

Pengecer dan distributor merupakan suatu pihak yang memiliki peran sebagai perantara barang antara produsen dan konsumen. Biasanya toko maupun perusahaan yang berdasarkan pada konsumen merupakan distributor dan konsumen. Contoh toko waralaba.

4.Bisnis Pertanian dan Pertambangan 

Bisnis pertanian dan pertambangan merupakan usaha yang menghasikan suatu barang-barang yang masih mentah, contohnya tanaman dan barang tambang seperti minyak bumi dan batu bara.

5. Utilitas  

Utilitas yaitu usaha yang bekerja pada jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan sering didanai oleh pemerintah.

6. Bisnis Transportasi  

Bisnis transportasi merupakan suatu bisnis yang memperoleh laba dengan cara mengantarkan barang seseorang dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain. Contonya Travel.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian bisnis serta macam – macam bisnis, jangan lupa terus kunjungi website kami. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih.

Previous

5 Cara Tepat Jualan Baju Online Laris Untuk Pemula

Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi

Next
Previous

5 Cara Tepat Jualan Baju Online Laris Untuk Pemula

Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi

Next

Tinggalkan komentar