Apa Perbedaan Revenue Dan Income? Berikut Penjelasanya

Tak jarang masih banyak orang yang belum paham mengenai perbedaan antara Revenue dan Income? Di artikel berikut ini saya akan membahas secara lengkap bagaimana untuk membedakannya.

Mungkin saya maupun anda pasti tidak pernah menyadari kalau salah saat menyebutkan kata atau istilah tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Padahal untuk istilah-istilah tersebut sangat penting di pahami terlebih jika anda merupakan seorang pengusaha.

Apa Perbedaan Revenue Dan Income? Berikut Penjelasanya
Apa Perbedaan Revenue Dan Income Berikut Penjelasanya

Income dan revenue merupakan salah satu aspek penting dalam evaluasi sebuah usaha yang wajib di perhatikan, terutama untuk mengetahui perkembangan dari sebuah usaha.

Namun apakah anda sudah memahaminya? Jika belum silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Sering Bingung Apa Bedanya Revenue dan Income? Simak Penjelasanya

Apa yang dimaksud dengan revenue?

Revenue adalah harga dari sebuah produk yang anda buat atau ciptakan, bisa di katakan kalau revenue merupakan untung bersih yang dihasilkan oleh para pebisnis di periode tertentu.

Biasanya Revenue di tampilkan pada laporan usaha dan di pastikan ini merupakan data utama yang harus di catat.

Revenue dapat di hasilkan apabila adanya jumlah total uang tunai yang dihasilkan lewat hasil penjualan produk atau jasa.

Contohnya, misalkan anda memiliki sebuah usaha properti maka revenue yang akan di dapatkan melalui total penjualan properti dalam jangka waktu waktu tertentu (biasanya dihitung secara bulanan).

Apabila anda memberikan sebuah promo menarik pada konsumen, maka jelas akan mengurangi perhitungan yang di hasilkan dengan total promosi yang di berikan.

Mungkin beberapa pengusaha memiliki sumber penghasilan alternatif baik dari investasi maupun menjual saham atau aset lainnya.

Hal tersebut tidak termasuk dalam perhitungan revenue, karena bukan berasal dari operasional utama sebuah usaha yang anda kelola.

Jumlah dana yang sudah di hasilkan dari operasional utama bisa di input ke dalam laporan laba rugi.

Ada pula istilah lain yang sering kita jumpai dimasyarakat namun mereka belum mengenalinnya dan masih berhubungan dengan revenue yaitu cost serta revenue growth.

Apa itu revenue growth?

Umumnya terdiri dari jumlah total uang tunai yang dihasilkan melalui penjualan produk atau jasa yang menjadi tindakan operasional utama bagi suatu usaha. Semua hasil yang di dapatkan akan di kurangi oleh retur atau diskon yang ada.

Apa itu cost ?

Cost of revenue adalah biaya untuk produksi dari sebuah barang yang akan di pasarkan.

Apa yang di maksud sengan Income?

Income (net income) adalah hasil dari semua jumlah yang sudah di dapatkan dari sebuah penjualan dalam jangka waktu tertentu.

Jumlah tersebut sudah di kurangi dengan biaya modal seperti harga pokok (HPP), serta biaya lainnya yang masuk dalam produksi sebuah barang.

Penghasilan (Income) lebih menitik beratkan pada pengertian pendapatan bersih (net income). Umumnya income sering di istilahkan dengan pendapatan bersih dari sebuah penjualan.

Untuk income sendiri terbagi menjadi 2 yaitu money income dan real income, lalu apa pengertian serta perbedaannya.

Apa yang dimaksud dengan money income dan real income?

Sebuah rasa atau kesenangan apabila terjadi meningkatnya sebuah peningkatan secara fisik. Biasanya untuk ukuran yang dipakai untuk real income ini adalah ‘biaya hidup’ (cost of living).

Bisa di katakan kalau real income merupakan kesenangan yang timbul akibat dari keuntungan melalui pembayaran uang dan di tujukan untuk membeli sebuah barang tertentu yang di dapatkan oleh seseorang.

Sedangkan untuk Money Income adalah banyaknya jumlah uang yang dimiliki di maksudkan untuk konsumsi sehari-hari atau mencukupi kebutuhan hidup.

Menurut Ficher real income lebih dekat pada pengertian akuntansi tentang hal tersebut.

Konsep laba sebagai interest adalah sebuah  penghargaan yang di berikan secara menerus terhadap barang modal sepanjang waktu.

Perbedaan antar interest dengan konsumsi yang diharapkan pada periode tertentu dianggap sebagai saving, sehingga laba dianggap sebagai konsumsi tambah saving.

Apa perbedaan income dan revenue?

Dari pengertian di atas pastinya anda sudah bisa menebak bukan, kalau revenue merupakan keuntungan bersih yang di dapatkan sedangkan income merupakan pemasukan dari penjualan suatu barang.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan revenue dan income. Jika ada pembahasan yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, terima kasih.

Tinggalkan komentar