Apa itu Dropship dan Suplier ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

| | ,

Hai apa kabar kawan, masih kembali lagi bersama saya admin tambahmulyo blog. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dari dropship dan suplier.

Apa itu dropship dan suplier?

Sering kali orang menganggap bahwa suplier dan dropship itu sama saja. Namun kenyataanya ada perbedaan yang mencolok meskipun keduanya sama-sama menggunakan metode  jualan lewat online.

arti dropship dan reseller secara lengkap

Mari kita simak penjelasan apa itu dropship dan perbedaan apa saja dengan suplier di bawah ini.

Dropship adalah salah satu strategi berjualan yang cukup popular pada akhir-akhir sekarang terutama sejak era digital semakin maju.

Dropship sendiri memiliki banyak keuntungan selain itu ada pihak lain yang di untungkan dengan adanya dropship, pihak yang di untungkan itu antara lain, supplier, dan konsumen.

Jika kita bingung untuk mendapatkan uang secara online, bisnis dropship ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan untuk anda.

Pengertian supplier yaitu seorang yang menciptakan barang tersebut atau pemilik barang utama yang menyetok kepada agen – agen.

Konsumen adalah orang yang membeli barang itu secara online maupun offline melalui perantara dropshiper, sedangkan dropshiper adalah pihak yang membantu menjual kembali barang milik supplier dengan harga yang sudah di ubah olehnya.

Dropship memiliki keuntungan yang lebih dalam bisnisnya, karena dalam system dropship tidak perlu yang namanya menyetok barang. Kita tidak usah repot-repot membeli barang terlebih dahulu karena dropship akan membeli barang tersebut jika ada konsumen yang memesan kepadanya.

Selain itu untuk patokan harga juga bebas dia yang mengaturnya, selain itu proses pengerjaanya sangat praktis dan bisadi kerjakan oleh semua orang.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk bisnis sampingan ibu rumah tangga. Dalam membangun usaha system ini, dropship di bantu dengan supplier untuk ketersediaan barangnya.

Penjual akan mencari foto yang sesuai dengan ketersediaan barang dan memajangnya di took online, website, media social, dan masih banyak lagi.

Apabila ada yang memesan kepada anda, cukup anda meneruskanya ke supplier agar di kirimkan ke konsumen.

Jadi mekanismenya seperti ini: dari konsumen memesan kepada anda dengan alamat yang lengkap dan dia sudah mengirimkan sejumlah uang yang ada, lalu anda tinggal memesan barang yang ada di supplier untuk di teruskan ke konsumen yang memesan kepada anda.

Keuntungan Menjadi Dropshipper 

Terdapat banyak keuntungan dengan menjalani usaha Dropship , karena model usaha ini sangat efektif dan cocok untuk orang yang minim biaya atau memiliki modal kecil untuk menjalani usaha. Untuk kelebihanya bisa di simak di bawah ini :

1. Mudah untuk memulai

Untuk bisnis dropship termasuk ke dalam usaha yang mudah di jalankan apalagi untuk seorang yang baru berjualan online. Kita hanya perlu mencari supplier atau orang yang menyediakan barangnya untuk anda.

2. Biaya mulai usaha rendah

Biaya mulai usaha yang rendah menjadi keunggulan selanjutnya, karena kita tidak perlu membeli barang tersebut jika belum ada yang pesan. Biaya yang dikeluarkan untuk menjalani bisnis dropship adalah handphone atau laptop/computer lalu layanan internet yang memadahi. Karena bisnis dropship ini di lakukan secara online.

3. Overhead rendah 

Pada dasarnya anda tidak perlu menyetok barang atau menyediakan barang, jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa suatu gudang atau tepat penyimpanan lainya. Selain itu keuntungan yang di dapat dalam menjalani bisnis dropship adalah anda tidak perlu menyediakan took fisik karena semuanya di kerjakan secara online.

Jika anda ingin membuat web atau toko online sendiri maka biaya yang di keluarkan sekitar $35 perahun untuk keperluan teknis.

4. Resiko rendah

Resiko yang terjadi jika menjalani bisnis dropship cenderung rendah bahkan tergolong aman menurut saya pribadi, selain itu anda tidak perlu khawatir barang tidak laku dan menjadi terbengkalai karena barangnya anda tidak menyetoknya secara langsung.

Intinya anda tidak akan kehilangan dan mengalami kerugian karena barang yang tidak laku – laku.

5. Kerja Merdeka

Salah satu yang menjadi keunggulan utama adalah bekerja bebas tekanan, artinya anda mau kerja kapan pun dan dimanapun tempat bisa asalkan terdapat sinyal dan jaringan internet.

Apakah ada kekurangan untuk Dropship?

Segala bentuk usaha pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan usaha dropship yang memiliki kekuranganya tersendiri. Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa kekuranganya:

Pengertian Dropship dan Suplier Serta Kelebihan dan Kelemahanya

1. Menurunkan harga lebih murah dari supplier

Menurunkan harga lebih murah dari supplier merupakan strategi khusus bagi dropshiper karena persaingan yang sangat ketat di dunia took online saat ini.

Semua itu tidak semuanya benar, karena terdapat beberapa took yang malah menaikan harga yang tinggi namun banyak yang membeli, di karenakan mereka pintar dalam melakukan promosi.

Penurunan harga inilah yang membuat devisit keuntunganmenjadi kurang maksimal bagi anda, karena itu jika anda memasuki bisnis ini pasti akan kesulitan dengan menaikan harga yang akan di tentukan.

2. Persaingan ketat

Bisnis dropship erupakan bisnis yang memiliki banyak peminat, untuk itu otomatis jika pesaingnya sangat banyak.

Namun jika anda lebih kreatif dalam menjalankan bisnis ini dengan melakukan promosi ke berbagai media social atau memakai jasa pengiklanan.

3. Sulit mengelola persediaan

bisnis ini cenderung sulit dalam mengelola persediaan, karena belum pasti supplier memiliki barang dan alhasil kita sebagai penjual ulang mengalami imbasnya dan harus cancel penjualan.

Jika hal ini di lakukan terus menerus maka efek negatifnya akan terasa pada toko online anda, yang ada malah di cap buruk oleh konsumen karena barangnya kurang lengkap.

4. Kompleksitas pengiriman

Apabila anda menjual barang dari banyak supplier, pastinya akan menemui kendala pada saat pengiriman dan biaya yang di keluarkan pun akan berbeda sesuai dengan lokasi toko anda.

Anda harus cermat dalam memilih lokasi toko supplier karena akan mempengaruhi banyak tidaknya uang yang di keluarkan dalam pengiriman barang.

5. Kesalahan Suplier

Di antara kalian pasti bertanya – tanya bagaimana jika supplier salah dalam mengirimkan barang karena alamat yang salah atau yang lainya. Karena pelanggan tidak peduli jika kita salah dalam pengiriman barang, yang ada malah kita harus mengembalikan uang tersebut alhasil kita akan mengalami kerugian.

Kesimpulan

Jika anda memang ada keniatan dalam menjalani bisnis sebagai dropship maka jalankan dengan serius, karena jika anda bersungguh-sungguh maka hasilnya pun akan maksimal.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya mengenai pengertian dari dropship dan supplier, jika ada pertanyaan seputar tema di atas silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Kunci Sukses Usaha Warung Makan Penghasilan Besar

Youtube Bisa Menghasilkan Uang ? Simak Caranya Berikut ini

Next
Previous

Kunci Sukses Usaha Warung Makan Penghasilan Besar

Youtube Bisa Menghasilkan Uang ? Simak Caranya Berikut ini

Next

Tinggalkan komentar