Apa Itu Broker Properti, Dan Bagaimana Cara Memulainya?

apa itu makelar atau broker properti? 

Broker Properti adalah sebuah bisnis yang sering di kenali di masyarakat sebagai makelar properti.

Pekerjaan seorang broker properti adalah penghubung antara konsumen dengan penjual atau pemilik barang.

Di dalam usaha properti, seorang broker sangat di butuhkan karena mempermudah dalam menjangkau antara penjual dan pembeli.

Broker properti memiliki topangan dukungan antara lain: Pemerintah, Perbankan, Developer, Asosiasi dan Masyarakat.

Di negara kita sendiri termasuk banyak broker properti profesional, karena kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Apa Itu Broker Properti, Dan Bagaimana Cara Memulainya

Ada 2 macam jenis broker yaitu : agen properti independen dan agen properti perorangan. Nah untuk keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Menjadi seorang menjadi makelar properti bisa di bilang susah gampang, karena anda harus pintar dalam membuat strategi marketing yang baik agar konsumen anda tertarik membelinya.

Saat ini menjalankan usaha ini bukan hanya di kerjakan secara offline namun sudah ada yang memulai bisnis broker properti secara online.

Dengan adanya kemudahan tersebut di harapkan bisa membantu para broker properti pemula untuk berkembang dan bisa sukses.

untuk seorang mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan atau usaha namun masih kebingungan mau mulai dari mana, mungkin broker properti freelance bisa anda coba.

Karena pada dasarnya menjadi seorang makelar properti online tidak terikat dengan Batasan waktu, dan bisa di kerjakan kapan saja.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara menjadi makelar properti independen maupun perorangan sukses, bisa menyimak artikel ini secara lengkap, agar tidak gagal paham.

8 Cara Mudah Memulai Usaha Agen Properti Sukses Untuk Pemula.

Di zaman era sekarang, perkembangan dunia bisnis broker properti sangatlah pesat apalagi dengan di dukung adanya teknologi canggih modern.

Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian orang yang mencari sebuah peluang usaha baru dengan penghasilan yang menjanjikan yaitu menjadi seorang makelar properti.

Sebelum terjun ke dunia bisnis properti, saran saya untuk lebih banyak mencari informasi dan belajar dari berbagai sumber buku yang ada di sekitar kita.

lalu berapakah komisi jasa agen properti di indonesia? jawabanya lumayan untuk jajan selama 1 minggu heheee.

Banyak hal yang harus anda perlukan sebelum terjun langsung ke dunia usaha agen properti professional.

Ilmu dasar yang wajib anda kuasai seperti Teknik pemasaran, penjualan, promosi, dan penguasaan teknologi real estate terbaru.

Daripada anda kebingungan mencari sebuah informasi mengenai tips cara menjadi broker properti professional, lebih baik simak cara ampuh di artikel ini.

1. Persiapan dan Perencanaan.

Saat ini semakin banyak orang yang berminat mendirikan bisnis agen properti, karena tidak terikat waktu dan pekerjaan kita yang kendalikan.

Meskipun banyak waktu bekerja yang lebih bebas namun jika tidak menyiapkan strategi menjadi agen properti yang sukses maka, usaha anda akan hancur.

Agar bisnis anda tidak berakhir maka perlu di buat sebuah rencana yang matang dan Analisa usaha yang tepat.

Setidaknya bisa membuat jadwal keseharian anda bekerja agar waktu yang di gunakan lebih maksimal dan efisien.

Anda juga perlu mengetahui cara agen properti menjual rumah, karena hal ini menjadi ilmu yang bisa membuat usaha anda menjadi berkembang.

untuk memperlancar usaha anda bisa menggunakan media pengiklan yang tepat, karena dengan adanya pengiklan yang tepat penjualan properti anda akan sukses.

2. Merubah Penampilan Dapat Memikat Konsumen.

Umumnya agen yang baru memulai di bisnis properti memilih bergabung dengan broker lama untuk mendapatkan informasi dan koneksi yang luas.

Selain menjalin kerjasama dengan broker yang sudah pro, merubah tampilan yang rapi agar terlihat menarik di mata  konsumen juga di perlukan.

Membangun sebuah nama brand anda juga di perlukan untuk menguatkan usaha yang di kembangkan.

Jangan canggung apabila anda berada pada sebuah kelompok yang besar, anggap saja anda merupakan seorang pemenang yang jago dalam menjual properti.

3. Menggunakan Media Online.

Di era globalisasi modern saat ini kebanyakan orang mencari informasi menggunakan internet, begitu pula saat orang mencari rumah atau properti.

Pentingnya menguasai atau paham masalah teknologi akan membantu anda dalam memasarkan properti anda.

Umumnya pemasaran properti menggunakan sebuah website, canel youtube, atau media pengiklan di berbagai advertise.

4. Bersosialisasi dan Memperluas Koneksi.

Seorang agen properti professional biasanya memiliki jaringan koneksi dan mudah bersosialisasi dengan orang umum.

Bersosisaliasi dan memperluas jaringan kenalan merupakan salah satu landasan dasar seorang broker properti agar usahanya lancar.

Saat ini sudah banyak perkembangan teknologi yang memudahkan anda dalam memperluas koneksi, contohnya media sosial untuk mempromosikan properti anda ke konsumen umum.

Semakin sering anda bersosialisasi di media, maka potensi penjualan atau leads akan semakin meningkat.

5. Pembagian Golongan Klien Anda.

Saat awal mendirikan sebuah usaha akan sangat wajar jika anda menghadapi kondisi dan situasi yang tidak terduga.

Mungkin dari klien atau konsumen anda akan cepat lupa dengan identitas anda, memang jika kita lihat hal ini tidak masalah namun akan berpengaruh pada perkembangan usaha anda.

Setidaknya anda tidak fokus pada seorang klien saja, namun usahakan semua klien di perhatikan.

Hal ini di lakukan agar apabila si klien akan membeli properti bisa datang ke anda, berhubung sudah akrab dengan usaha yang anda dirikan.

Mengelompokan jenis pelanggan yang membeli properti sesuai kebutuhan, hal ini akan memudahkan apabila mereka bertanya kembali mengenai harga dan lain-lain.

6. Fokus kan Skil Anda.

Sama halnya pada profesi atau sebuah usaha lainnya pasti di butuhkan spesialisasi keahlian khusus yang harus di miliki.

Pelajari dengan sungguh-sungguh mengenai cara mempromosikan properti anda pada khalayak umum agar penghasilan anda meningkat.

Selain mendalami ilmu promosi anda juga bisa belajar menjadi seorang konsultan untuk konsumen yang akan mencari properti.

8. Bersikap Profesional.

Agar orang percaya untuk membeli properti kepada anda, maka bersikaplah lebih professional kepada konsumen.

Sebisa mungkin untuk bersikap jujur dan ramah agar konsumen anda betah dan tertarik pada properti yang anda tawarkan.

Berikan jawaban yang cepat dengan respon positif dan selalu ramah saat menjawab pertanyaan dari klien.

Kelemahan dan Kelebihan Usaha Broker Properti.

Kelemahan menjalankan usaha agen properti seperti: penghasilan yang tidak menentu jika penjualan tidak ada, perlu ide kreatif agar penjualan properti lancar.

Nah jika ada kelemahan pasti ada pula kelebihannya antara lain: tidak memerlukan modal besar, waktu bekerja bisa kapan saja dan dimana saja, jika penjualan banyak maka komisi yang akan di dapatkan juga menjanjikan.

Syarat Mendirikan Bisnis Agen Properti.

Di negara kita khususnya Indonesia ada beberapa aturan dalam mendirikan sebuah usaha.

Contohnya agen properti yang harus melengkapi beberapa persyaratan terlebih dahulu sebelum ber operasi, Salah satu persyaratan adalah izin SIU-P4.

Lalu apa itu izin SIU-P4 dan bagaimana cara memperoleh izin tersebut?

Apabila anda ingin mendapatkan izin yang legal dari pemerintah anda harus melengkapi persyaratan dan dokumen yang ada, seperti:

1. Akta Pendirian Perusahaan.

Pada akta perusahaan, sang pemilik usaha wajib memberi tahu ke pemerintahan bahwa kegiatan yang di lakukan sesuai dengan dokumen yang ada.

2. SK Pengesahan Kementerian Hukum dan Ham.

Perlunya SK pengesahan dalam mendirikan usaha baru agar bisa terdaftar di mata hukkum Indonesia dan bersifat Legal atau resmi.

3. Surat Keterangan Domisili Perusahaan.

Pembuatan surat domisili bertujuan untuk legalitas perusahaan anda berdiri pada wilayah yang sesuai dan telah di tentukan.

4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan.

Pemilik perusahaan wajib memiliki NPWP untuk membayar pajak pokok yang harus di serahkan ke negara.

Jika dokumen atau berkas di atas sudah terpenuhi maka bisa menyerahkan ke badan menteri yang berwenang mengeluarkan izin SIU-P4 yaitu Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri.

Nah bagaimana apakah anda tertarik untuk memulai usaha menjadi agen properti yang sukses?

Silahkan tuliskan komentar di bawah ini apabila ada kendala dalam menjalankan sebuah usaha menjadi agen properti. Semoga artikel yang telah saya buat bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Tinggalkan komentar