Analisa Usaha Pakan Ternak Kambing Meraup Keuntungan Besar

| |

Di saat peluang usaha ternak kambing yang sedang popular saat ini, terdapat usaha lain yang sangat menjanjikan pula yaitu bisnis pakan ternak kambiing. Usaha model seperti ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula dalam dunia bisnis peternakan.

Perhitungan dan Analisa Usaha Peternakan Kambing

Jika kita cermati, kedua bisnis di atas merupakan sebuah peluang untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Tidak hanya analisa usaha dari pakan ternak kambing, anda juga bisa belajar bagaimana memulai sebuah peternakan kambing yang berkualitas.

Selain itu apa saja yang perlu di butuhkan pada proses pembuatan pakan kambing ? Di bawah ini saya akan menjelaskan secara rinci kepada anda, jadi simak baik – baik ya.

Tips Membuat Pakan Kambing Berkualitas

1. Menyiapkan Bahan-bahan
Hal pertama yang harus anda butuhkan adalah menyediakan 1000 kg atau 6 sampai 9 ikat jerami, rerumputan kering, pohon jagung bekas panen dan rerumputan lainya.

Intinya semakin anda banyak menyediakan berbagai macam jenis bahan yang akan di oleh menjadi pakan kambing, maka khualitasnya akan baik pula karena terdapat banyak sumber vitamin didalamnya bermacam-macam.

2. Mencacah Bahan 
Sediakan bahan yang akan di proses dan sebelumnya sudah di cacah atau dihaluskan kecil-kecil dengan criteria panjang 5 cm, saran saya jika pada proses pencacahan sebaiknya memakai mesin agar hasilnya maksimal.

3. Menyiapkan Tetes atau Gula cair
 Sediakan 5 liter molase ataupun tetes, apabila tidak tersedia barang tersebut maka anda bisa memanfaatkan gula yang direbus dahulu dan sudah larut menjadi cair.

Namun kekuranganya jika anda menggunakan gula, modal yang dikeluarkan cenderung besar karena harga gula yang tidak murah.

4. Menyiapkan Botol
Siapkan 1 buah botol probiotik dengan jenis dan merk sembarang.

5. Air Bersih
250 sampai 300 liter air untuk 1 kali proses produksi.

6. Dedak atau Bekatul
Setelah itu anda tambahkan dedak ataupun bekatul sebanyak 40 kg setiap harinya, sehingg jika dalam 30 hari maka anda harus menyiapkan 120 kg.

Peralatan yang Digunakan untuk Membuat Pakan Ternak Kambing

Di bawah ini saya akan menjelaskan peralatan apa saja yang akan di gunakan pada proses pembuatan pakan ternak kambing.

  1. Tempat untuk proses fermentasi contohnya tembok semen, wadah semen, plastic dru, plastic berwarna bening dan masih banyak lagi.
  2. Alat untuk memotong rumput atau mesin chooper, maupun sejenis mesin ini yang berbentuk mata pisau dua.
  3. Selanjutnya ada sebuah ember, gembor maupun karung plastic.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Jerami Untuk Kambing Ternak

Analisa Usaha Pakan Ternak Kambing
  1. Hal pertama yang harus anda siapkan adalah tempat yang dapat digunakan untuk memulai  proses fermentasi, anda bisa melihat peralatan  sperti di atas.
  2. Jika terdapat rumput yang anda ingin pakai sudah di potong sepanjang 5 cm dengan mesin pemotong rumput atau lainya, anda bisa mencairkan tetes atau air gula dan probiotik pada air dengan takaran yang telah ditentukan di atas.
  3. Menyiapkan terpal plastik yang dapat dipakai untuk mencampurkan semua bahan di atas.
  4. Bahan baku yang sudah dicacah tadi, selanjutnya anda letakan di atas terpal sampai tebal maksimalnya 15-20 cm. Setelah itu taburkan juga bekatul di atasnya dan siramkan cairan tetes dan probiotik tadi menggunakan perbandingan yang telah dijelaskan tadi hingga merata dan terlihat basah.
  5. Apabila bahan baku telah disiram, anda dapat masukkan bahan baku itu ke dalam wadah dan di injak maupun menggunakan mesin pres hingga padat.
  6. Menutup wadah sampai rapat, ini berfungsi agar tidak ada udara yang masuk.
  7. Apabila sudah 2 minggu berjalan, anda dapat melihat hasilnya dan dapat langsung memberikanya pada ternak anda menggunakan takaran sesuai kebutuhan.

Keuntungan Usaha Pakan Ternak Kambing 

  1. Tidak membutuhkan lahan yang luas, jika anda hanya memiliki lahan sempitpun anda bisa melakukan usaha ini dirumah.
  2. prosesnya tergolong mudah dan tidak begitu banyak alat yang digunakan.
  3. pasti dibutuhkan oleh peternak kambing, karena pakan yang berkhualitas yang produksi akan banyak dicari.
  4. biaya proses pembuatan yang dikeluarkan cukup terjangkau.
  5. proses pemasaran produk yang cukup mudah.

Itu penjelasan dari saya bagaimana cara membuat pakan ternak kambingnyang berkhualitas.  Apakah anda tertarik untuk coba membuka usaha ini ?

Karena jika kita melihat pasar ternak kambing ya sangat maju pesat, pasti memerlikan pakan yang berkhualitas untuk ternak mereka agar kelihatan segar dan gemuk. Sekian dari saya penjelasan kali ini, jika ada yang kurang tepat saya mohon maaf karena saya masih pemula salam hangat admin tambahmulyo.

Previous

Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi

Using WP Show Posts

Next
Previous

Pengertian Promosi Secara Umum dan Tujuan Promosi

Using WP Show Posts

Next

Tinggalkan komentar