Alasan Mengapa Usaha Gorengan Sangat Menguntungkan

Usaha gorengan apakah menguntungkan di tahun saat ini?

Menurut pendapat saya sih masih menguntungkan, bisa di lihat di pedagang kaki lima atau pun warung makan besar pasti selalu menyajikan makanan ini.

apalagi masyarakat indonesia yang gemar mengkonsumsi gorengan bahkan setiap hari tidak pernah lepas dari hidangan yang satu ini.

Kalau melihat gorengan pasti semua orang tidak akan asing lagi. Penjual pun merata di lingkungan kita. Ibu di rumah juga kerap kali membuatnya untuk lauk dirumah.

Tetapi, pernahkah terlintas di pikiran anda untuk memulai usaha berjualan gorengan? Hal ini merupakan usaha yang menjanjikan, karena bisnis ini merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang menjanjikan.

alasan mengapa usaha gorengan sangat menguntungkan
alasan mengapa usaha gorengan sangat menguntungkan

Kelihatan remeh memang, namun jika dikerjakan dengan serius maka hasil yang akan didapatkan juga besar. Terdapat berbagai macam alasan mengapa anda harus membuka usaha gorengan, berikut ini alasanya.

7 Alasan Mengapa Anda Harus Membuka Usaha Gorengan

JIka anda masih meremehkan usaha gorengan yang di luar sana sudah banyak orang yang meghasilkan pendapatan yang tidak sedikit dari usaha ini maka akan menyesal.

Salah satu alasan mengapa bisnis jual gorengan menguntungkan adalah bahan baku yang murah dan mudah di dapatkan serta konsumen yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa alasan yang sangat menarik mengapa anda perlu melihat peluang usaha gorengan.

1. Modal Usaha Gorengan Relatif Kecil

Misalkan, hanya dengan mengeluarkan modal Rp 300.000, anda dapat berjualan gorengan. Selain itu keuntungan yang bisa diperoleh ampai Rp 800.000.

Siapa yang tak tergoda? Di bawah ini saya akan menjelaskan analisa perhitungan matematisnya. Apabila anda tidak mau pusing dengan perhitunganya, silahkan skip saja langsung ke alasan nomor 2.

Modal Awal:

  • Bahan baku Rp 100.000
  • Gerobak Rp. 300.000
  •  Kelengkapan Rp. 200.000
  • Lain-lain Rp. 50.000
  • Jumlah modal awal : Rp. 650.000 Biaya Operasional per Hari:
  • Bahan baku Rp. 100.000
  • Gas untuk memasak Rp. 15.000
  • Lain-lain Rp. 15.000
  • Jumlah sempurna tarif operasional : Rp. 130.000Pemasukan:
  • Misal per hari, gorengan yang laku terjual yaitu sebanyak 350 gorengan, dan harga satu gorengan yang Anda jual yaitu Rp. 500, karenanya Omset per hari yaitu = Rp. 175.000
  • Laba bersih per hari : Rp. 175.000 – Rp. 130.000 = Rp. 45.000
  • Laba bersih per bulan : Rp. 45.000 x 30 = Rp. 1. 350.000

2. Gorengan untuk Semua Kalangan

Masyarakat Indonesia sangat menyukai makan gorengan sehari-hari. Contohnya saja seperti gorengan tempe, tahu berisi, bakwan, molen goreng, pisang goreng, ubi, sukun goreng, dan masih banyak lagi. Seringkali laris manis diserbu pembeli.

Gorengan merupakan makanan ringan yang sangat murah dan semua masyarakat sudah pernah mencoanya.

Siapapun bisa dengan gampang membeli gorengan tanpa antre panjang layaknya di cafe atau mall-mall besar.

Baca Juga : Cara sukses usaha gorengan meskipun modal yang dimiliki kecil.

Mulai dari rakyat jelata yang mengayuh sepeda tua sampai pejabat negera yang mengendarai kendaraan beroda empat, semuanya doyan gorengan.

3. Menjadi Jajanan Favorit Meskipun Harga Barang Naik

Saat seluruh harga makanan naik imbas BBM naik, harga gorengan juga turut naik. Tapi, hal ini tak menyurutkan atensi beli masyarakat untuk membeli gorengan.

Mengapa? Karena, semahal-mahal gorengan, makanan ini akan konsisten menjadi makanan paling murah di antara makanan-makanan lain. Tak perlu kuatir gorengan kamu tak laku.

4. Usaha gorengan tak Membutuhkan Daerah yang ‘wah’ Sebagai Tepat Jualan

Tak perlu sewa ruko, apalagi desain ruangan. Cukup dengan sebuah gerobak, anda dapat mengawali usaha gorengan.

Selain itu tak perlu pusing dengan tarif uang sewa. Karena untuk membuka usaha gorengan bisa dilakukan di pinggir jalan dekat sekolah, kampus, daerah-daerah publik, atau malah di depan rumahmu sendiri.

5. Kreatifitas Mengolah Gorengan agar Menarik

Mengingat bisnis gorengan semakin hari semakin kompetitif, sebaiknya anda juga mengaplikasikan konsep dan taktik penjualan yang bagus.

Banyak jenis kreasinya seperti gorengan tempe, gorengan tahu, gorengan bakwan, anda bisa mencoba mengkreasikan bahan dengan unik beda dari yang lain agar terlihat menarik.

Sentuhan kreativitas pada spanduk gerobak ini contohnya. Buatlah desain gerobak yang unik dan menarik perhatian dari calon pembeli. Selain desain gerobak, kualitas rasa juga berpengaruh.

6. Proses Pembuatan yang Mudah

Seperti yang sudah diceritakan di atas, tempe goreng, tahu isi, bakwan, molen, ubi, ketela, dan masih banyak lagi yang lainnya. macam-macam gorengan tersebut sangat mudah dalam mengolahnya. Alat-alat yang digunakan pada proses mengolahnya juga mudah didapat.

Malahan tiap rumah hampir dipastikan memilikinya seperti wajan, kompor, dan alat-alat penggorengan yang lain.

Hal ini akan memudahkan anda untuk memulai bisnis gorengan sebab tak memerlukan modal perlengkapan usaha yang harganya mahal.

7. Sudah ada Contoh Sukses yang bisa Anda Tiru

Ada seorang pebisnis gorengan yang sukses mengandapatkan profit sampai Rp 120 juta per bulan dari usaha gorengan.

Namanya Riyadh, asal kota Surabaya. Dia mengawali bisnis gorengan dikala usia 16 tahun dengan memasarkan gorengan di sekolahnya.

Dia mengoptimalkan bisnisnya dengan brand usaha gorengan sendiri dalam skala yang lebih besar, dan membuka gerai di sebuah mall di Surabaya.

Dengan harga Rp 6.000-Rp 9.000 per kotak yang berisi empat hingga lima gorengan terbukti banyak orang suka dengan gorengan Riyadh. Tidak lama, ia malah membuka dua gerai baru. Dan pada tahun 2010, hasilnya ia membuka peluang usaha untuk kemitraan.

Sampai sekarang Riyadh sudah mempunyai 12 gerai usaha yang tersebar di sebagian kota, antara lain Jakarta, Bekasi, Malang, dan Balikpapan.

Kisah keberhasilan bisnis gorengan, sukses mengantarkan Riyadh dinobatkan sebagai Entrepreneur Termuda 2010 versi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Membaca kisah ini, apakah anda beratensi bisnis gorengan?

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai alasan mengapa usaha gorengan sangat menguntungkan, jika ada pertanyaan tentang tema di atas silahkan tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar