9 Tips Sukses Memulai Bisnis Wedding Organizer Untuk Pemula

Apakah anda salah satu orang yang tertarik ingin mengelola usaha wedding organizer?

Jika iya, maka simak dahulu pembahasan saya kali ini secara lengkap strategi sebelum memulai bisnis wedding organizer untuk pemula agar tidak salah langkah.

Wedding organizer merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan tahun ini, karena keuntungan yang maksimal dengan waktu pengerjaan nya yang relatif singkat.

9 Tips Sukses Memulai Bisnis Wedding Organizer Untuk Pemula
9 Tips Sukses Memulai Bisnis Wedding Organizer Untuk Pemula

Seorang pengusaha wedding organizer tentunya harus memiliki ide kreatif serta keberanian dalam mengambil sebuah keputusan pada saat jalanya sebuah acara.

Di indonesia sendiri untuk jenis usaha wedding organizer masih terbuka lebar dan sangat menjanjikan pastinya.

Apalagi saat ini banyak orang yang kurang mampu mengendalikan jalanya sebuah resepsi pernikahan sendiri.

Kebanyakan dari mereka saat ini sudah mulai menggunakan jasa wedding organizer untuk memudahkan dalam mengatur segala urusan jalanya acara pernikahan.

Tugas yang harus di pegang oleh seorang WO seperti merencanakan pesta pernikahan mulai dari dekorasi, katering, make up pengantin, fotografi, video dan sebagainya.

Meskipun usaha wedding organizer merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan kerja keras dan butuh banyak waktu untuk mencapai kesuksesan, akan tetapi bisnis wo bisa dilakukan dengan fleksibel.

Mungkin untuk anda yang sudah malang melintang di dunia event organizer  lainnya bisa mencoba untuk memulai pekerjaan ini, dan tidak ada salahnya untuk mencoba.

Bagaimana Cara Agar Usaha Wedding Organizer dapat Berjalan dengan Baik dan Sukses

1. Membangun tim atau rekan kerja yang kompak.

Anda pasti sudah paham dengan pekerjaan seorang wedding organizer yang harus mengatur banyak acara dengan membutuhkan banyak orang.

Agar semuanya berjalan dengan lancar sebelum memulai usaha ini, hal yang harus anda perhatikan adalah membentuk sebuah tim yang baik serta kompak.

Karena pada dasarnya dalam sebuah tim yang kompak pasti akan menghasilkan suatu yang baik serta mempermudah pekerjaan.

Tips bagi anda yang ingin membentuk sebuah tim atau grup usaha wedding organizer, cukup merekrut orang sesuai dengan yang dibutuhkan saja.

Contohnya saja anda perlu merekrut orang yang bisa menjalankan pekerjaan di bagian dekorasi, marketing, keuangan dan sebagainya.

Rekrutlah orang yang memang mampu mengemban beban pekerjaan tersebut dan bisa bertanggung jawab dalam bekerja.

2. Bangun Kepercayaan.

Banyak orang yang beranggapan kalau menjalankan usaha wedding organizer modal utama yang wajib adalah uang, namun semua itu salah.

Sebenarnya modal utama yang wajib anda pahami adalah kepercayaan dari calon konsumen nya. Untuk mendapatkan kepercayaan dari seorang konsumen sangatlah tidak gampang.

Karena kita sendiri harus membuktikan kalau jasa wedding organizer yang ditawarkan memang memiliki kualitas pelayanan yang baik serta harga yang kompetitif.

Namun ada banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan jika mendapatkan kepercayaan dari konsumen, seperti jasa yang akan di pakai terus menerus serta di promosikan gratis oleh konsumen.

Maka dari itu jangan sampai anda melewatkan aspek penting ini, karena akan memiliki efek langsung kepada usaha yang anda jalankan.

3. Memberi pelayanan yang terbaik dan maksimal.

Memberikan pelayanan yang baik dan maksimal masih berkaitan dengan aspek nomor 2 di atas.

Memberikan pelayanan yang baik merupakan hal yang penting di lakukan terlebih untuk anda yang memiliki usaha di bidang wedding organiser.

Bayangkan saja jika anda kurang memberikan pelayanan pada konsumen anda, pastinya mereka akan kesal dan nantinya akan memberikan efek negatif pada usaha anda.

Lakukan pelayanan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin agar konsumen anda puas serta memberi efek positif pada anda kedepan nantinya.

4. Memulai usaha lewat teman-teman dan kerabatmu.

Bagi anda yang baru memulai usaha wedding organizer untuk pertama kalinya, mungkin belum memiliki pengalaman yang banyak.

Untuk itu tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan sebuah pengalaman dengan cara mencari klien pertama dari teman atau tetangga anda.

Anda bisa mencoba menawarkan beberapa konsep yang sudah di rencanakan dengan teman atau tetangga anda yang akan menjalankan resepsi pernikahan.

Dengan cara ini anda akan mendapatkan pengalaman serta pembelajaran yang sangat bermanfaat.

Anggap saja aktivitas anda tersebut sebagai pemanasan, dan nantinya tidak kaget apabila mendapatkan orderan dari orang lain.

5. Buat paketan konsep yang menarik.

Banyak persaingan yang akan anda temukan saat menjalankan bisnis wo, dan hal ini tak akan pernah habis.

Persaingan yang ketat memaksa anda untuk berfikir kreatif dan beda dari yang lain agar usaha yang anda jalankan mampu bertahan dan berjalan dengan sukses.

Untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat di dunia wedding organizer ini, coba anda tawarkan beberapa paket dengan konsep yang menarik.

Untuk menarik pelanggan dengan paket yang menarik sebelumnya anda harus membuat proposal usaha wedding organizer agar calon konsumen anda percaya pada jasa anda.

Untuk mengetahui konsep wedding yang menarik anda bisa mencari tahu ide nya lewat trend pasar yang ada, bisa melalui internet, media sosial, atau website populer lainnya.

Coba anda kembangkan konsep modern wedding  dengan tradisional, karena hal ini jarang sekali di temukan di tempat lain.

Jangan lupa untuk memberikan harga yang sesuai dengan konsep yang ada, jangan sampai memberikan harga tidak wajar karena akan membuat konsumen kecewa.

6. Menjalin kerja sama dengan banyak orang.

Bukan rahasia umum jika menjadi seorang wo membutuhkan banyak pihak luar yang ikut campur dalam pekerjaan ini.

Banyak orang yang ikut andil dan berbagai bidang seperti mitra katering, tata rias, busana pengantin, dokumentasi foto dan video, hiburan, toko bunga, aula resepsi dan sebagainya.

Seorang yang menjalankan usaha wedding organizer pasti akan kesulitan jika harus mengerjakannya sendiri, untuk itu banyak yang menjalin kerjasama dengan banyak orang.

Disamping mempermudah pekerjaan, menjalin kerjasama dengan berbagai orang juga mampu memaksimalkan hasil suatu usaha.

7. Promosi usaha wedding organizer.

Promosi merupakan hal yang wajib di lakukan bagi anda yang baru membuka sebuah usaha khususnya wedding organizer.

Banyak sekali media promosi yang bisa anda lakukan, bisa melalui offline atau pun online.

Untuk offline bisa mengguakan pamphlet, brosur,  selebaran, baliho, koran,
Majalah.

Untuk media online bisa menggunakan jasa iklan media sosial yang berbayar maupun gratis dan promosi lewat website.

Tips saat anda pertama kali beriklan mempromosikan jasa wedding organizer anda adalah memberikan harga diskon menarik namun tidak mengurangi keuntungan.

8. Penentuan target pasar.

Bagi seorang pengusaha menentukan target pasar merupakan hal yang perlu di pahami dan serius, karena hal ini berkaitan dengan jalanya usaha anda kedepan nya.

Menentukan target pasar dalam bidang wedding organizer ada 2 macam yakni segmen menengah ke bawah dan menengah atas.

Untuk yang menengah bawah anda bisa tawarkan harga menarik namun masih di berikan pelayanan yang maksimal, sedangkan untuk kalangan atas bisa anda menawarkan paket menarik dengan kelas premium yang ada.

9. Peralatan yang wajib dibeli sebelum memulai bisnis wedding organizer.

Dalam menjalankan bisnis wo ada beberapa alat yang wajib anda siapkan sebelum menjalankan tugas, seperti.

  • Rangka tenda.
  • Set pelaminan
  • Perlengkapan pernikahan.
  • Meja dan kursi.
  • Foto dan video.
  • Perlengkapan makan.
  • Sound sistem.

Alat – alat tersebut memang harganya tidak murah, namun apabila anda tidak memilikinya pasti akan menjadi kendala dalam pekerjaan anda.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai 9 tips sukses memulai bisnis wedding organizer untuk pemula.

Memang butuh kesabaran serta keberanian dalam menjalankan usaha ini, namun apabila anda tekun dan ulet maka keberhasilan akan diraih dengan mudah.

Jangan lupa terus kunjungi website kami agar tahu perkembangan berita seputar peluang usaha terbaru dan menjanjikan saat ini.

Tinggalkan komentar