8 Kesalahan Latihan Olahraga yang Paling Sering Dilakukan Oleh Pemula

| | ,

Berolahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan dan positif. Semakin kita sering melakukan olahraga maka tubuh kita akan semakin kuat dan pertumbuhan pun akan lancar.

Namun banyak dari kita semua yang belum mengerti kesalahan apa saja saat berolahraga. Pasti dari kita belum menyadarinya, padahal jika kita memperhatikanya masih ada gerakan yang dapat membahayakan tubuh anda.

8 Kesalahan Latihan Olahraga yang Paling Sering Dilakukan Oleh Pemula

Nah untuk kali ini saya akan membahas mengenai kesalahan olahraga yang dapat menyebabkan cedera.

8 Kesalahan Tersering Penyebab Cedera Saat Olahraga Bagi Pemula.

Beberapa latihan dapat menyebabkan lebih banyak cedera daripada kemajuan kesehatan Anda. Memiliki sebuah masalah seperti ketegangan di leher, tulang belakang, dan bahu atau terlalu banyak tekanan pada sendi Anda.

Latihan yang anda kerjakan bisa tidak efektif apabila anda belum mengetahui tekniknya. Anda hanya akan membuang-buang waktu untuk melakukannya.

Sayamengumpulkan banyak informasi, untuk mengetahui latihan olahraga mana yang harus Anda hindari dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Latihan Behind the neck pull-downs vs Traditional pull-downs yang tepat.

Berhenti lakukan . Secara umum, latihan pulldown menargetkan otot-otot punggung. Yang merupakan kelompok otot besar yang biasanya membutuhkan beban yang relatif berat. Masalahnya dimulai ketika Anda menarik beban di belakang leher.

8 Kesalahan Tersering Penyebab Cedera Saat Olahraga Bagi Pemula

Dalam hal ini, Anda tidak punya pilihan selain memutar leher Anda ke depan, membuat banyak tekanan. Ditambah lagi, bahu Anda berada pada posisi yang sangat canggung.

Kenyataannya adalah, di belakang leher pull-down tidak memiliki kelebihan tertentu dibandingkan dengan pull-down tradisional, di mana Anda menarik beban turun ke dada.

Baca Juga : 8 Fakta Tentang Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani yang Belum Anda Ketahui.

Mulai lakukan . Latihan pull-down tradisional adalah latihan yang bagus untuk kekuatan tubuh bagian atas. Memusatkan otot punggung dan otot bisep menggunakan posisi alami tubuh dan gerakan yang lebih alami.

  • Duduk di bangku menghadap ke mesin pull-down.
  • Raih bilah dengan pegangan lebar.
  • Tarik bilah bahu Anda ke belakang dan ke bawah, lalu bawa palang ke dada Anda;
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi.

Pastikan Anda menyesuaikan posisi badan dengan benar. Jika Anda harus bersandar untuk menyelesaikan pull-down, maka akan sulit untuk mengerjakanya.

2. Latihan Tricep dips dengan tangan di belakang Anda di bangku vs ekstensi Tricep.

Berhenti melakukanya. Meskipun dips adalah latihan yang efektif untuk trisep Anda, ada baiknya mencari tau jika belum tau teknik aslinya.

Karena latihan olahraga ini memaksa bahu Anda untuk melakukan rotasi internal yang ekstrim, dan memberi terlalu banyak tekanan pada sendi Anda. Lebih buruk lagi jika Anda melakukannya di kursi atau bangku yang posisinya tinggi.

Ekstensi trisep adalah latihan terisolasi yang sangat efektif yang menargetkan trisep. Cara latihan olahraga trisep dips yang betul yaitu :

  • Mulailah berdiri dengan satu dumbbell dipegang di kedua tangan dan kaki selebar bahu.
  • Angkat halter di atas kepala Anda dengan lengan terentang dan siku tetap dekat dengan kepala Anda.
  • Turunkan lengan Anda di belakang kepala Anda.
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi.

Catatan: Hanya lengan bawah yang harus bergerak, lengan atas harus tetap pada posisi yang sama, dekat dengan kepala. Alternatif lain adalah push-up yang sempit.

3. Latihan Tuck jumps vs Traditional jumps yang benar.

Berhenti melakukanya . Di sinilah Anda melakukan squat atau burpe, kemudian melompat dan tekuk lutut ke arah dada Anda. Ini mungkin terlihat keren, tetapi hal itu membuat Anda sangat tertekan pada lutut dan pergelangan kaki tanpa manfaat nyata.

Cara melakukan. Melompat meningkatkan detak jantung Anda dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Jika itu yang sedang Anda kerjakan dan Anda suka melompat di ujung squat atau burpe, hindari melipat lutut Anda.

Dengan cara ini Anda masih meningkatkan detak jantung Anda, tetapi jangan terlalu menekan pergelangan kaki dan lutut Anda.

4. Latihan olahraga Crunches vs Plank yang sesuai.

Berhenti melakukan . Kita semua ingin mendapatkan perut yang rata, tetapi latihan crunch bukan cara terbaik untuk mencapai tujuan ini. Keduanya tidak efektif dan tidak aman. Jika Anda seorang pemula, itu wajar untuk menarik leher Anda ke depan, dan terlalu banyak menekankan padanya.

8 Kesalahan Tersering Penyebab Cedera Saat Olahraga Bagi Pemula

Apabila Anda sudah memiliki perut yang kuat, Anda harus melakukan crunch tanpa akhir untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan punggung Anda yang rendah bisa menyebabkan rasa pegal yang lumayan terasa.

Cara melakukan . Ini adalah salah satu latihan yang paling bermanfaat dan Anda selalu dapat menyesuaikannya dengan tingkat kesulitan Anda sendiri.

  • Mulai dari lantai dengan tangan dan lutut. Turunkan lengan Anda ke lantai dan letakkan siku Anda langsung di bawah bahu Anda;
  • Langkah kaki Anda kembali sehingga Anda mendapatkan garis lurus dari tumit Anda ke kepala Anda. Ada beberapa variasi latihan ini, sehingga Anda selalu dapat menyesuaikannya dengan tingkat latihan olahraga anda.
  • Papan Standar: tetap di tangan Anda, bukan siku Anda, menjaga lengan lurus
  • Single-Leg Plank: angkat satu kaki untuk melayang dari lantai
  • Knee Plank: tetap berlutut.

5. Sit-ups vs Leg raises yang benar.

Berhenti jika gerakan yang anda lakukan kurang sesuai atau salah. Latihan ini mungkin populer, namun jika salah dalam melakukanya maka semuanya akan sia-sia. Faktanya, sit-up bahkan lebih buruk untuk punggung bagian bawah anda.

Cara melakukan sit-up yang benar. Mengangkat kaki adalah latihan yang sederhana, tetapi sangat efektif, untuk inti dan paha Anda.

  • Mulailah dengan berbaring telentang dengan tangan di dekat sisi tubuh;
  • Tekuk sedikit kaki Anda dan angkat ke sudut 90ยบ;
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi.
  • Alternatif lain yang bagus adalah papan untuk alat latihan olahraga.

6. Latihan Side bends vs Side-plank crunch yang benar.

Berhenti melakukan latihan olahraga jenis ini. Latihan ini hanya buang-buang waktu Anda di gym. Jika Anda memutuskan untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan di sisi tubuh Anda.

8 Kesalahan Tersering Penyebab Cedera Saat Olahraga Bagi Pemula

Hal ini tidak akan terjadi karena Anda tidak bisa kehilangan lemak di tempat-tempat tertentu, hanya di tubuh secara keseluruhan.

Plus, latihan ini memaksa Anda untuk menekuk tulang belakang ke samping yang merupakan gerakan sangat tidak wajar. Cara melakukan latihan. Crunch sisi-papan bekerja pada inti, bahu, punggung, dan lengan.

  • Mulailah dengan meletakkan di sisi kiri Anda dengan lengan Anda langsung di bawah bahu. Dan tangan kanan Anda di belakang kepala, tetapi jangan menekan leher dengan tangan ini, lakukan istirahat di sana untuk keseimbangan.
  • Angkat tubuh untuk menjaga kaki panjang dan kaki ditumpuk;
  • Turunkan tubuh Anda dan kemudian angkat semuanya, ulangi.

7. Latihan Seated leg extensions vs Goblet squats yang benar.

Stop melakukan latihan ini jika anda salah tekniknya. Latihan ekstensi kaki bekerja dengan baik pada otot-otot kaki Anda.

Namun hal ini dapat menekan lutut Anda sangat tertekan menyebabkan efek negative yang besar.
Latihan-latihan ini menargetkan otot-otot yang biasanya dapat menangani beban berat.

Cara ini diatur, beban menjadi terlalu banyak untuk tendon dan ligamen yang sangat penting dan beban kecil di lutut Anda.

Cara memulai melakukan.

  • Jongkok piala bekerja di seluruh tubuh Anda dan merupakan gerakan dan postur yang sangat alami.
  • Pisahkan kaki selebar pinggul Anda.
  • Pegang beban di dekat dada Anda (berat tetap di posisi yang sama untuk seluruh latihan);
  • Jongkok, duduk di tumit Anda;
  • Berjongkok sedalam mungkin;
  • Kembali ke posisi awal dan ulangi.

8. Latihan Back hyperextensions vs Back raises yang benar.

Berhenti lakukan latihan jenis ini jika anda kurang tahu teknik yang benar seperti apa. Kembali hiper ekstensi membuat banyak ketegangan pada punggung bawah Anda.

Karena punggung bawah tidak dimaksudkan untuk direntangkan jauh melampaui posisi netral.
Untuk cara melakukan latihan olahraga ini bisa anda simak di bawah ini.

  • Sesuaikan badan menaikkan kembali ke sudut 45 derajat.
  • Turunkan tubuh bagian atas Anda;
  • Mulailah mengangkat punggung Anda ke posisi netral;
  • Kembali ke titik awal dan ulangi.

Catatan penting

Ingatlah bahwa selalu mempelajari teknik olahraga yang benar, daripada menyesal nantinya karena cedera. Jika Anda memiliki masalah medis, bicarakan dengan dokter atau fisioterapis terlebih dahulu.

Untuk memeriksa dan melihat apakah ada beberapa latihan yang harus Anda hindari, dan bagaimana cara menggantinya. Dan jika Anda baru mengenal dunia olahraga, sangat bermanfaat untuk memesan beberapa sesi dengan pelatih pribadi.

Hal ini bertujuan untuk mempelajari cara melakukan latihan dengan benar. Kualitas dalam latihan selalu lebih penting daripada kuantitas. Apa pendapat Anda tentang artikel ini? Apakah Anda setuju atau tidak setuju?

Apakah Anda tahu ada latihan lagi yang tidak aman untuk dilakukan?

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai 8 kesalahan latihan olahraga yang paling sering dilakukan oleh pemula. Jika adapertanyaan sepytar artikel ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Previous

Manfaat Makan Keju Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh yang Sayang untuk Dilewatkan

8 Fakta Tentang Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani yang Belum Anda Ketahui

Next
Previous

Manfaat Makan Keju Setiap Hari Bagi Kesehatan Tubuh yang Sayang untuk Dilewatkan

8 Fakta Tentang Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani yang Belum Anda Ketahui

Next

Tinggalkan komentar