6 Kunci Sukses Membuka Usaha Rumah Makan Sederhana

Kesempatan usaha dalam bidang masakan memang menjanjikan, hal ini dikarenakan usaha makanan ialah usaha yang tak akan pernah mati. Apalagi untuk para pecinta makanan.

Salah satu usaha makanan yang menjanjikan ialah usaha warung makan sederhana atau kecil. Jika membuka usaha model seperti ini pilihlah lokasi yang strategis banyak dilalui orang. Karena pasti akan diserbu pembeli. Kios warung makan dapat berupa toko nasi, kantin, rumah makan atau resto.

Kita bisa ambil contoh usaha rumah makan padang, meskipun tampilanya sangat sederhana namun selalu ramai di kunjungi pembeli hal ini karena rasa yang di berikan enak.

bisnis warung makan sederhana sukses

Sayangnya, persiapan membuka usaha rumah makan sederhana tidaklah gampang. Diperlukan berbagai persiapan dalam mengawali usaha warungan ini supaya bisnis berjalan lancar dan menguntungkan, terlebih dari segi modal usaha.

Saran saya jika Anda memilih usaha, sesuaikan dengan keahlian dan minat anda, sehingga bisa mengerjakan usaha dengan nyaman serta tanpa beban.

Satu hal yang seharusnya Anda hindari ialah membuka usaha karena ikut-ikutan popularitas, tanpa tahu metode melaksanakannya.

Berikut tambah mulyo akan memberitahu kunci berhasil dalam mengawali usaha warung makan sederhana yang dapat Anda ikuti.

Analisa Usaha Warung Makan Sederhana dengan Mudah untuk Pemula

1. Jenis Makanan yang Dijual

Untuk memulai usaha rumah makan sederhana, unsur yang paling penting ialah aneka macam makanan yang akan dipasarkan.

Banyak pelaku bisnis yang mengakui bahwa kelengkapan jenis makanan benar-benar berdampak untuk kelanjutan usaha.

Baca Juga : Sukses Bisnis Jualan Gorengan Modal Kecil.

Hal penting lainnya ialah rasa masaka yang unik dan enak seharusnya dapat Anda buat, sebab kunci dari sebuah usaha rumah makan ialah cita rasanya.

Namun rasa dari suatu makanan juga mempengaruhi dari harga makanan yang akan anda jual.

Selain itu terdapat kunci dalam keberhasilan usaha warung Makan yaitu :

  • Sajikan makanan yang bermacam-macam
  • Jaga kwalitas rasa dan mutu makanan
  • Jaga kebersihan toko Anda, daerah yang bersih dan rapi akan memberi kesan higienis pada makanan yang tersaji
  • Buatlah sebagian menu yang menjadi andalan toko makan Anda
  • Utamakan pelayanan yang ramah terhadap pelanggan Anda

2. Analisa dan Survei Pasar

Sebelum Anda memasarkan makanan, Anda harus menganalisa dahulu masakan apa yang cocok untuk anda buat dan di jual dilingkungan anda. Terkadang ada orang yang suka dengan makanan rasa asin dan ada juga yang menyenangi rasa manis.

Saran dari admin tambah mulyo, apabila anda mendirikan usaha warung makan sebaiknya memasarkan makanan yang anda buat sesuai dengan selera masyarakat karena akan mempengaruhi dari ramainya konsumen.

Baca Juga : Sukses Usaha Warung Makan Penghasilan Besar Khusus Pemula.

Pelajari terlebih dahulu minat konsumen di sekitar anda, bila perlu mengobrol sedikit dengan warga dan membuat survey tentang makanan yang paling diminati setiap hari.

Selain hal tersebut anda juga harus melakukan sebuah promosi usaha warung makan anda.

Promosi bisa dengan cara :

  • Anda dapat memakai Brosur sebagai media promosi.
  • Memberikan beberapa penawaran menarik seperti diskon bagi pelanggan pertama dan sebagainya.
  • Anda bisa memakai fasilitas layanan pesan antar.

3. Lokasi Usaha

Lokasi tentu mempertimbangkan keberhasilan usaha Anda. Memang benar salah satu unsur yang mempertimbangkan keberhasilan dari suatu usaha ialah lokasi.

Supaya usaha dapat berjalan lancar ke depan, menguntungkan, dan bisa dicari oleh para pelanggan lama dan baru syaratnya ialah carilah lokasi yang strategis.

Sekiranya lokasi usaha Anda jauh dan susah dijangkau, kemungkinan usaha Anda akan gulung tikar sebab tak pelanggan yang menginginkan hal tersebut.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi ramai tidaknya pengunjung ke warung anda adalah desain tempat usaha warung makan anda.

Hal ini merupakan faktor yang sangat penting diperhatikan untuk kelancaran usaha anda.

4. Bahan Baku

Mencari supplier bahan baku yang murah. Untuk langkah awal, informasi lapangan pasar yang memasarkan bahan baku yang Anda butuhkan.

Sekiranya Mutu bahan baku dan harga yang ditawarkan baik, Anda bisa abonemen dan kemudian minta temapat abonemen Anda untuk menjadi supplier keperluan bahan baku toko Anda.

analisa usaha warung makan secara lengkap

Selain itu supaya bisnis bisa sukses dan berjalan mulus, saya merekomendasikan untuk menyediakan persediaan bahan baku yang lebih.

Hitunglah keperluan bahan baku tiap-tiap harinya dan pastikan stok bahan baku Anda dalam persediaan yang lebih.

Sebab hal yang demikian juga berguna untuk melatih sejauh mana kesiapan Anda dalam merencanakan usaha.

5. Daya kerja

Pastikan sebelum membuka usaha rumah makan sederhana. Anda telah mempunyai koki yang masakannya enak untuk mengurus urusan dapur, terutama keperluan bumbu dan memasak menu.

Anda juga seharusnya belajar dengan cepat sebab melayani pembeli di rumah makan jangan sampai lambat.

Pelayanan lambat akan memberi poin negatif bagi usaha. Sekiranya usaha Anda telah berjalan konstan, Anda bisa merekrut karyawan yang jauh lebih profesional. Dengan hal ini, usaha yang Anda dirikan bisa lebih cepat berkembang.

6. Modal atau Dana

Untuk modal, Anda dapat menyediakan setidaknya sampai 3 bulan ke depan sebagai persiapan usaha. Sebelumnya Anda sudah mencatat segala pengeluaran untuk keperluan usaha.

Baca Juga : Usaha Makanan Kriuk Dengan Modal Kecil yang Menjanjikan.

Pastikan Anda tak kekurangan uang. Apabila dana yang akan di gunakan untuk usaha warung makan masih kurang maka masih ada tips untuk menutupi kekurangan modal.

modal yang dibutuhkan untuk membuka warung makan

Contohnya dengan cara mencari teman yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank lewat penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM, serta mencari investor, dan masih banyak lagi.

Untuk mempermudah Anda mengerjakan usaha rumah makan sederhana, Anda bisa memakai layanan software akuntansi.

Jurnal ialah software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam menolong mengelola keuangan dengan gampang, cepat, aman, efisien, dan nyaman.

Dengan hal ini, Anda akan terbantu dalam memonitor dan mengoptimalkan usaha rumah makan Anda di mana saja.

Kelebihan Membuka Usaha Warung Makan Kecil

Warung makan memiliki sebagberbagai macamian kelebihan. Disamping mempunyai cash flow harian, Anda juga dapat memanfaatkan rumah sendiri seandainya lokasi rumah Anda strategis.

  1. Cash flow harian menguntungkan sebab penghitungan profit dapat dicari dengan lebih gampang.
  2. Belanja, memasak, dan memasarkan makanan dilaksanakan dalam satu hari.
  3. Profit dapat dihasilkan sampai 100% ( namun jika kuliner habis terjual).

Kekurangan Usaha Warung Makan

  1. Bahan baku makanan tak bisa bertahan lama. Jadi, bahan baku yang dibeli hari ini seharusnya diolah dan dipasarkan secara langsung.
  2. Kuliner yang tak terjual tak dapat diolah ulang, dan resiko kerugian yang ditanggung juga cukup besar.

Peralatan untuk Membuka Warung Makan Sederhana

  • Meja dan tempat duduk
  • Etalase untuk kuliner yang dikenalkan
  • Tempat memasak
  • Tempat makanan
  • Kompor dan tabung gas
  • Rice Cooker
  • Dispenser atau waterjug dan galon

Kesimpulan

Dalam membuka usaha rumah makan sebaiknya melakukan analisa kepada masyarakat tentang makanan apa yang menjadi idola saat ini. Selain itu pelayanan dan khualitas makanan juga menjadi hal penting yang harus anda perhatikan.

Mungkin itu saya dari saya mengenai 6 kunci sukses membuka usaha warung makan sederhana, jika ada pertanyaan seputar tema di atas silahkan tinggalkan komenyar di bawah ini.

Tinggalkan komentar