5 Cara Tepat Jualan Baju Online Laris Untuk Pemula

| |

Kebutuhan primier manusia sangat banyak sekali jika di jabarkan, salah satu kebutuhan itu adalah pakaian atau baju. Pasti semua orang memakai pakaian, hmm ya iyalah kalau ngga pakai pasti merasa malu hehhe.

Apalagi di zaman modern seperti saat ini, banyak sekali model baju yang di pakai oleh masyarakat. Banyak di kalangan masyarakat yang melirik adanya peluang usaha dengan menjual pakaian atau baju, karena bisnis ini tergolong bisnis yang tidak akan pernah mati selain itu barangnya awet dan tahan lama.

bagaimana cara sikses berjualan baju secara online

Berbeda jika kita jualan makanan atau buah – buahan yang memiliki keterbatasan waktu, karena barang tersebut mudah membusuk dan cepat rusak jadi resikonya lumayan besar.

Di zaman modern saat ini berjualan baju tidak hanya di lakukan secara langsung atau offline, banyak di kalangan anak muda yang sudah mengembangkan bisnis jualan baju secara online. Di samping praktis dan efisien dalam pengerjaanya, berjualan secara online juga memberikan nilai positif tersendiri yaitu bisa menambah omset.

Dengan menggambungkan usaha baju dengan adanya teknologi internet bisa menurunkan resiko kegagalan, selain itu anda bisa melakukan promosi barang di media social alhasil omset pasti akan bertambah banyak.

Bisnis ini juga cocok di jalankan oleh mahasiswa, karena waktu kerjanya bisa di tentukan kita sendiri. Sebelum langsung terjun ke dalam bisnis ini, anda harus mengetahui dan mempelajari dengan benar bagaimana cara jualan baju online dengan benar jika baru memulainya.

Jangan sampai anda tidak mempelajari dahulu bagaimana alur kerjanya, karena jika anda tidak mempersiapkan dengan matang yang akan terjadi malah kebangkrutan yang akan di alami.

5 Cara Bisnis Online Baju Khusus Pemula

1. Mengetahui Pasar & Produk yang Cocok untuk Calon Pembeli

Melihat kondisi pasar sangat penting sebelum anda menentukan barang yang akan di jual. Pasar merupakan pusat jual beli barang yang harus kita survey sebelum menjual suatu barang, karena hal ini sangat berkaitan dengan kelangsungan usaha anda.

Segentasi pasar sngat di butuhkan sebelum anda memulai suatu usaha, karena segmentasi pasar berfungsi untuk membagi pasar dan mengelompokan pembeli yang berbeda sesuai dengan kebutuhanya.

Contoh, kita bisa melihat perbandingan seperti ini : Jika anda berencana akan menjual produk baju yang berjenis batik, pasti pasarnya begitu luas untukpemasaranya selain itu persainganya lumayan besar.

Anda harus memberikan ciri khas yang berbeda dari pesaing anda pada produk baju batik yang anda jual, hal ini bertujuan untuk menarik pembeli agar mereka tertarik pada baju anda. Apabila anda sudah menemukan peluang pasar dan kebutuhan konsumen, saatnya anda menentukan produk yang akan di jual.

Apabila anda masih bingung menentukan produk apa yang ingin anda jual, cobalah beberapa tips berikut :

  1. Sebelum menentukan produk yang akan di jual, alangkah baiknya anda survey dahulu kebutuhan masyarakat seperti apa. Setelah anda menemukan kebutuhan masyarakat, anda tinggal mengeksekusi dengan membuat produk tersebut dan menjual kepada masyarakat dengan harga yang relative murah namun tidak membuat anda bangkrut.
  2. Belajar memecahkan suatu masalah di lingkungan anda, setelah itu anda membuat sebuah produk yang bisa menjadi solusi dari masalah tersebut.
  3. Melihat bakat dan minat anda saat berjualan, dan pikirkan produk yang akan di jual harus lebih baik dari pesaing anda.
  4. Memikirkan bagaimana caranya produk yang anda jual memiliki nilai yang berarti di masyarakat, dan banyak manfaat.

Apabila anda baru pertaa kali memulai bisnis jualan baju online, jangan langsung memulainya namun pelajari dahulu langkah – langkah berjualan seperti di atas.

2. Membuka Toko Online

Langkah berikutnya adalah menentukan apakah anda ingin menjual produk anda langsung atau membuka toko lewat website media online. Katena tema kali ini saya membahas bagaimana cara jualan baju lewat online, maka anda wajib membuat website atau jika anda tidak mau bingung dan ingin praktis bisa jualan baju lewat media social.

cara jualan online tanpa modal

Anda harus meyakinkan kalau media tersebut bisa menuju kesasaran utama target pembeli produk ataupun jasa yang Anda jual, misalnya:

Jika anda akan membuat sebuah website toko online, maka pastikan untuk menargetkan ke target pembeli produk milik anda, misalnya :

  1. Apabila anda ingin mencari target dengan calon pembeli anak muda, maka pilihlah media social seperti instagram dan tweeter karena media social ini sangat banyak dipakai oleh kalangan anak muda.
  2. Nah apabila anda menginginkan target untuk kalangan masyarakat umum, maka pakailah media social facebook. Karena media social ini paling banyak di gunakan oleh kalangan masyarakat dan paling mudah dalam pemasaran atau promosinya.

Selain itu facebook di dukung dengan adanya fitur facebook ads yang memudahkan anda dalam mempromosikan barang dengan jangkauan yang sangat luas dan bisa di atur untuk calon pembelinya.

Jika modal yang anda punya sedikt, saran saya bukalah toko online gratis contohnya : bisa di bukalapak, tokopedia, shopee, dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa memanfaatkan media social yang sudah saya terangkan di atas.

Apabila modal yang anda punya sudah cukup banyak, saran saya buatlah website toko online sendiri. Karena jika anda membuka website toko online sendiri maka akan mendapat banyak keuntungan, selain itu brand yang anda punya akan di kenal oleh orang banyak sehingga memudahkan mereka dalam berbelanja.

3. Mempelajari Pemasaran Digital

Jika anda sudah sukses dalam membuat toko, saatnya mulai berjualan. Akan tetapi sebaik apapun produk yang anda miliki,jika orang asih belum mengetahui maka itu semua akan percuma.

Salah satu teknik agar produk anda dapat di kenal oleh masyarakat luas adalah dengan melakukan promosi digital, banyak sekali media proosi digital yang ada contohnya saja facebook, instagram, tweeter, dan masih banyak lagi. Di zaman modern saat ini, internet sangatlah membantu dan akses dalam menggunakanya pun cenderung mudah.

4 Hati-hati dengan Manajamen Keuangan

Membicarakan masalah keuangan merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab kegagalan usaha yang di alami pengusaha pemula di bisnis online. Tidak sedikit yang terjebak pada kegagalan dalam mengatur keuanganya.

Jika anda ingin sukses dalam berbisnis oniline, maka dari sekarang aturlah keuangan anda dan berlatih manajemen uang usaha anda secara professional. Contohnya adalah dengan membagi uang milik pribadi dan uang hasil bisnis agar tidak tercampur menjadi satu.

Setelah membagi kemudian anda harus menentukan biaya modal awal, biaya promosi barang, biaya penyimpanan dan pembelian bahan yang akan di gunakan untuk produksi. Setelah itu biaya tersebut lalu diteruskan dengan biaya operasional lainya, jika anda tidak banyak kesibukan maka anda bisa mengelola sistem keuangan sendiri. Namun jika anda disibukan dengan banyak kegiatan, saya sarankan untuk menyewa jasa akuntan.

5 Mengembangkan Produk Lainnya

Apabila anda telah sekses dalam penjualan produk baju berjenis A, tidak ada salahnya jika anda mulai kreatif untuk mengembangkan kembali produk baju B agar lebih menghasilkan. Tidak semua pengusaha memikirkan hal ini, biasanya mereka jika terkendala dengan produk yang kurang laku aka mereka cenderung mengabaikanya.

Tapi saya menyarankan kepada anda jika memilik produk yang lain pastikan anda membuat produk tersebut, agar terlihat menarik dan dapat diminati oleh banyak orang.

Kesimpulan

Jika anda memperhatikan betul langkah demi langkah tips yang saya berikan di atas, pasti anda akan menemukan ide cemerlang. Gimana menurut anda, apakah sudah ada bayangan mengenai seperti apa cara jualan baju online ?

Saat ini pertanyaan yang ada di pikiran kalian sudah saya terangkan dengan materi di atas kan !
Jika anda sudah sukses, jangan lupa untuk berkomentar di bawah ini ya. Dan jangan lupa untuk mengunjungi website tabahmulyodotcom, salam hangat dari admin.

Previous

Cara Tepat Dalam Memilih dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis, Simak Penjelasan Lengkap

Next
Previous

Cara Tepat Dalam Memilih dan Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Apa yang Dimaksud Dengan Bisnis, Simak Penjelasan Lengkap

Next

Tinggalkan komentar