26 Contoh Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Terbaru

| |

Jangan pernah beranggapan jika mengawali sebuah bisnis harus diawali modal yang besar. Di bawah ini saya akan menjelaskan peluang usaha rumahan modal kecil. Apabila bisnis yang anda dikelola dengan baik, peluang usaha yang tadinya hanya kecil akan menjadi besar jika dikerjakan dengan serius.

Usaha rumahan modal kecil dapat menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. Apalagi, jika beragam jenis usaha rumahan ini banyak dibuat dan dikerjakan secara kreatif dan maksimal.

Apalagi di zaman modern seperti sekarang banyak teknologi yang canggih yang bisa membuat usaha anda semakin maju.

Contoh Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Terbaru
Contoh Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Terbaru

Untuk usaha rumahan sistem pemasaran yang dilakukan tidak lagi hanya sebatas  offline, namun bisa meluas ke publik melalui media online.

Untuk itu, bagi Anda yang masih bingung ingin membuka usaha model apa,silahkan simak penjelasan saya di bawah ini.

26 Contoh Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Menjanjikan!

1. Usaha Air Minum Isi Ulang

Jika anda memiliki ruangan atau tempat yang kosong dirumah, anda bisa memanfaatkan menjadi bisnis baru yaitu menjual air minum isi ulang.

Usaha ini menjanjikan, sebab banyak orang yang berminat pada hal ‘serba praktis’ termasuk air minum kemasan atau isi ulang. Dibandingkan dengan memasak air sendiri yang pasti lebih merepotkan bagi orang yang banyak kegiatan.

Bisnis air minum isi ulang menjadi salah satu usaha menjanjikan sebab keperluan air bersih di sebagian daerah terus mengalami penurunan.

2. Katering Harian

Padatnya kesibukan sehari-hari seseorang membuka peluang bisnis, bagi penyedia jasa katering harian untuk memenuhi keperluan makanan pelanggannya. Di samping waktu yang terbatas, mahalnya harga makanan diwarung juga menjadi alasan katering harian kian diminati.

contoh usaha modal kecil untung besar

Baik oleh perseorangan, keluarga, sampai perusahaan yang memfasilitasi makanan untuk karyawan. Apabila Anda gemar memasak dan tahu makanan bercita rasa olahan menu variatif, anda bisa membuka usaha katering.

Berawal dari modal yang kecil, usaha katering harian berpotensi untuk berkembang menjadi penyedia makanan katering di acara-acara besar.

3. Bisnis Laundry Kiloan

Mencuci pakaian bukanlah kegiatan yang menyenangkan bagi beberapa besar orang. Karena memerlukan banyak waktu, mencuci juga membutuhkan energi untuk melakukannya.

Hal ini merupakan salah satu peluang bisnis laundry pakaian yang harus anda coba. Anda dapat menjadi solusi terhadap mereka yang ‘tak sempat’ mencuci dengan memberikan layanan jasa laundry kiloan.

Apabila lokasi rumah Anda berada di posisi strategis? Contohnya dekat dengan kampus, perumahan atau apartemen, karena usaha ini menjanjikan apalagi di musim penghujan pasti banyak orang yang membutuhkan jasa ini.

4. Konter Pulsa dan Paket Online

Pulsa dan kuota sudah menjadi keperluan hidup di zaman modern. Apalagi sebagai alat komunikasi, juga menjadi gaya hidup dan sumber berita yang luas dan gampang diakses.

Usaha untuk memasarkan pulsa dan kuota dunia maya menjadi angin segar yang menggiurkan. Apalagi bisnis pulsa dan kuota memiliki tingkat resiko yang lumayan kecil. Hal ini merupakan peluang bagi anda yang ingin mempunyai bisnis namun modal yang dimiliki kecil.

5. Penjahit Baju

Salah satu usaha yang tak mengalami pasang surut dalam dunia bisnis yakni penjahit. Sebab keperluan baju selalu tinggi seiring dengan perkembangan fashion yang senantiasa mengalami perubahan.

usaha sampingan di rumah

Dengan bermodalkan keahlian dan keterampilan dalam menjahit dan desain, usaha jahit mempunyai prospek cemerlang di masa depan.

6. Menjual Snack Kemasan

Siapa sih yang tak ketahui makanan ringan olahan singkong atau disebut ‘kerupuk’ dengan jenjang pedasnya?

Pasti Anda tak asing lagi ‘kan mendengarnya? Awalnya meragukan sebab banyak produk serupa yang sudah dijual lebih dahulu. Tetapi selama Anda jenius dan dapat menggali kreativitas berbisnis, usaha makanan ringan bisa menjadi celah kesuksesan anda. Caranya?

Menciptakan cita rasa variatif, Anda juga dapat mengeksplor kreativitas dari kemasannya yang menarik perhatian konsumen dan mempunyai poin jual lebih.

Tidak jarang snack kemasan berpenampilan ‘indah’ menjadi buah tangan dan makanan ciri khas produk. Tunggu apa lagi, jangan takut untuk memulai usaha snack kemasan. Sebab selama masyarakat Indonesia masih hobi ‘ngemil’ usaha ini terus mengalami perkembangan.

7. Jasa Potong Rambut

Selama rambut manusia masih tumbuh di kepala, membuka usaha jasa potong rambut tak akan pernah mati. Pasalnya, usaha ini memberi profit menjanjikan terlebih bagi Anda yang mempunyai keahlian membenahi rambut. Menjadi poin khusus untuk mengoptimalkan prospek bisnis.

Dikala ini, banyak berkembang jasa potong rambut khusus anak. Dengan mendesain potong rambut menjadi lebih keren, berpotensi meningkatkan pelanggan lebih banyak.

8. Usaha Dropship

Apakah Anda berharap membuka usaha yang dapat menawarkan banyak produk terhadap konsumen? Pilihlah usaha dropship. Saat ini banyak supplier yang membuka usaha melalui dropship.

usaha rumahan ibu rumah tangga

Sebab Anda dapat memasarkan produk supplier tanpa harus mempunyai stok barang dan mengurus pengiriman sendiri. Tentunya, supplier hal yang demikian telah berprofesi sama dengan Anda ya.

Meski rata-rata profit dropship lebih kecil dari reseller, namun anda dapat memasarkan barang dengan harga sesuai keinginan kita.

Karenanya bisnis dropship bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Tidak membutuhkan stok barang, usaha dropship bisa dikerjakan di mana saja dengan memanfaatkan online marketplace, media sosial, aplikasi chat, dan web.

9. Penulis Online

Usaha yang tak membutuhkan modal besar berikutnya yakni memasarkan jasa sebagai penulis online. Modal utamanya yakni keterampilan dalam menulis tulisan yang unik dan menarik atensi pembaca atau pemilik website yang bersangkutan.

Kecuali perorangan, banyak bisnis dan perusahaan yang mencari jasa ini. Seiring perkembangan dunia maya sebagai gerbang berita, makin tinggi pula keperluan konten yang bermutu.

10. Jasa Pembuatan Website

Usaha jasa pembuatan web dapat menjadi opsi untuk Anda yang berharap membuka usaha modal kecil. Rata-rata orang yang menekuni pekerjaan ini, mereka yang pintar bidang pemrograman.

Kecuali menjadi komponen dari identitas bisnis dan perusahaan untuk memperkenalkan image-nya ke khalayak umum.

Eksistensi web di era teknologi juga sebagai sarana pemasaran produk untuk menjangkau masyarakat secara luas. Maka, tenaga kreativitas untuk mendesain web juga diperlukan dalam bisnis ini.

Sebab bagaimanapun juga desain menjadi modal supaya menarik banyak jaringan dan kekerabatan untuk berkerja sama bagus secara perorangan, maupun atas nama bisnis dan perusahaan.

11. Bisnis Cuci atau Steam Kendaraan Bermotor

Bermodalkan mesin kompresor atau selang air dan sabun, Anda bisa membuka usaha pencucian kendaraan bermotor. Apalagi jika lokasi rumah Anda berada di posisi strategis, contohnya pinggir jalan raya.

Usaha ini mempunyai prospek yang menggiurkan. Selain melayani jasa pencucian kendaraan bermotor, Anda dapat membuka usaha lain seperti menyediakan makanan dan minuman ringan. Sehingga para konsumen tak merasa bosan ketika menunggu kendaraannya sedang dicuci.

12. Youtuber

Bila Anda mempunyai atensi untuk menciptakan kreasi video yang sifatnya menghibur, informatif, atau mengedukasi, tak ada salahnya mengambil langkah menjadi seorang youtuber.

ide bisnis rumahan

Walaupun tak ada jaminan berhasil, namun apabila channel youtube yang Anda miliki diisi dengan video yang menarik. Tentu mempunyai potensi besar untuk mewujudkan pendapatan yang tinggi.

Faktanya, bintang youtuber di Amerika Serikat saja memiliki penghasilan hingga puluhan juta dolar AS pertahun. Menggiurkan bukan?

Bila Anda memiliki hobi menciptakan kreasi video menarik, salurkan hobi Anda menjadi youtuber, dan nikmati profit dari hobi yang dibayar.

13. Jasa Manajemen Media Sosial

Semua orang pasti mengenal media sosial, bahkan anak – anak. Hampir menyeluruh di masyarakat Indonesia mempunyai akun media sosial.

Tercatat ada 1,97 miliar pengguna aktif Facebook didunia, dan di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 88 juta orang pengguna Facebook.

Dengan besarnya jumlah pengguna hal yang demikian, media sosial menjadi salah satu sasaran untuk marketing.

Khususnya untuk Anda yang mempunyai pengalaman dalam kampanye marketing media sosial yang berhasil. Itulah peluang usaha untuk meraih profit dengan memberikan jasa manajemen media sosial.

14. Agen Pembayaran Resmi atau PPOB

Kesempatan usaha rumahan yang juga memiliki profit menjanjikan yaitu menjadi agen pembayaran resi atau PPOB ialah Payment Point Online Banking.Tak cuma melayani pembayaran tagihan listrik, Anda dapat memfasilitasi masyarakat untuk melaksanakan berbagai macam proses pembayaran.

Semisal pembayaran tagihan PDAM, Televisi TV, kredit, tagihan telepon rumah berlangganan, BPJS, dan pembelian tiket kereta api. Semuanya dappat dilakukan di rumah tanpa perlu menyewa toko khusus.

15. Jasa Service Elektronik

Barang rusak tak selamanya tetap diganti dengan yang barukan?

Maka, apabila Anda memiliki keterampilan dalam mereparasi elektronik usaha ini bisa menjadi peluang besar bagi anda. Bila jasa service yang diberikan ‘memuaskan’ konsumen, siap-siap Anda akan kebanjiran orderan.

Padahal jasa seperti ini banyak, tetapi rata-rata masyarakat lebih percaya pada toko yang terpercaya dan banyak konsumen. Sehingga, jika service Anda berkualitas otomatis Anda akan memperoleh banyak konsumen.

16. Menjadi Fotografer

Mempunyai keahlian di bidang fotografi merupakan suatu kesempatan emas untuk membuka usaha menjadi seorang fotografer. Dimana jasa ini memulai banyak bidang, semisal fotografer produk/brand, fotografer untuk acara personal seperti pernikahan, contohnya event besar lainnya.

usaha rumahan modal kecil terbaru

Cuma modal kamera dan hanya perlengkapan yang notabenya dapat disewa, Anda dapatkan penghasilan yang lumayan besar.

17. Guru Privat

Bila Anda mempunyai kemampuan dalam salah satu mata pelajaran. Dan dapat menjelaskan ilmunya dengan bagus terhadap orang lain, tak ada salahnya Anda mencoba untuk menjadi guru privat.

Penghasilan sebagai guru privat yang berpengalaman lumayan cukup besar. Lalu Anda bisa mengembangkan pengalaman itu dengan mencari calon guru privat pemula, lalu mengajari cara mengajar yang professional serta mencarikan mereka murid.

18. Konsultan SEO

Banyak perusahaan atau bisnis yang mencari jasa Search Engine Optimization (SEO) professional dan dapat dipercaya. Oleh karena itu SEO mempunyai peran yang besar dalam pemasaran online.

Bila Anda memiliki rekam jejak yang cukup dalam meningkatkan peringkat website di halaman pencarian Google. Anda bisa menawarkan jasa konsultan SEO pada mereka. Sebelum terjun kedalam bisnis jasa konsultan SEO, Anda harus mempelajari aspek-aspek SEO dan membangun rekam jejak secara personal.

19. Jasa Pembukuan UMKM

Banyak pengusaha UMKM yang memperhatikan pembukuan keuangan yang bagus. Ketidak mampuan pengusaha UMKM dalam memperkerjakan pegawainya di bidang keuangan menjadi salah satu masalah.

Apabila Anda memiliki kemampuan di bidang pembukuan dan keuangan, tidak salah untuk mencoba membuka jasa pembukuan untuk UMKM. Untuk solusi dari permasalahan pengusaha UMKM ini.

20. Jasa Pengetikan

Layanan jasa pengetikan merupakan salah satu peluang bisnis yang besar. Apalagi jika mempunyai tempat diwilayah kampus dan perkantoran.

Tak cuma menawarkan jasa hal yang demikian, bisnis pengetikan juga bisa dibarengi dengan penjualan ditunjang ATK yang mendatangkan profit besar. Tunggu apalagi langsung saja lakukan actionya.

21. Jasa Editing dan Proofreading

Layanan jasa ini termasuk usaha yang banyak diperlukan. Selama tersedia artikel untuk diperiksa dan diperbaiki, karena itu pasti ada permintaan untuk jasa editing dan proofreading.

Skripsi dan naskah buku hanyalah beberapa kecil dari figur artikel yang lazimnya memerlukan jasa editing dan proofreading.

Memiliki latar belakang ilmu di bidang bahasa atau jurnalistik bisa mempermudah Anda dalam memulai jasa ini. Namun, apabila anda memiliki ketelitian, tata bahasa yang bagus, dan konsisten bisa menawarkan layanan jasa editing dan proofreading.

22. Penerjemah Bahasa

Di era global dan terkoneksinya dunia karenanya keperluan akan jasa penterjemah kian diperlukan. Apabila anda mempunyai keahlian dalam dua atau tiga bahasa, usaha penerjemah pasti cocok untuk anda.

contoh usaha rumahan terbaru

Karenanya kesanggupan bahasa asing yang Anda miliki bisa menjadi sumber penghasilan menggiurkan.

23. Penulis Ebook

Kemas artikel yang dituangkan dari pengetahuan Anda dalam sebuah ebook. Ebook memberikan manfaat terhadap pembaca nya dalam mempelajari ilmu baru. Mengoptimalkan karier mereka, mengatasi suatu keadaan sulit dan meningkatkan kualitas hidup.

Tips berhasil menjadi seorang penulis ebook, tak cukup kalau Anda cuma mempunyai keahlian dalam menulis. Namun perlu di dukung dengan pemasaran online supaya orang mengenal dan membeli karya Anda.

24. Pembuatan Tanaman Artifisial

Tanaman artifisial yaitu salah satu dekorasi yang banyak dipakai di rumah, kantor atau sebuah acara. Terdapat pasar dan permintaan yang besar untuk bunga dan tanaman artifisial yang diciptakan dengan bagus dan bermutu.

Apabila anda memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi. Anda bisa membuat dan memasarkan bunga serta tanaman artificial. Hal ini akan menjadikan peluang dan usaha rumahan yang menguntungkan.

25. Jasa Perawatan Binatang Peliharaan

Memberikan perawatan terhadap binatang peliharaan seperti anjing dan kucing, tak bisa dikerjakan oleh semua orang. Banyak pemilik binatang peliharaan yang memilih untuk menyerahkan tugas hal yang demikian ke jasa perawatan binatang peliharaan yang profesional.

rekomendasi usaha rumahan

Usaha rumahan ini layak untuk Anda yang hobi binatang peliharaan dan bisa memberikan perawatan yang bagus ke binatang peliharaan. Jika anda menjalani usaha penitipan dan perawatan hewan dengan serius pasti kesuksesan yang didapat akan semakin mudah.

26. Toko Jamu

Telah tahu kan siapa produsen jamu tenar di Indonesia yang omset perusahaannya gede banget itu?

Yap, Sido muncul. Perusahaan itu dulunya juga hanya usaha rumahan modal kecil lho. Untuk dapat jualan jamu seperti mereka, malahan dapat membuka kios atau resto jamu kecil di rumah.

Dapat dibilang penikmat jamu itu cukup luas lho, dan dari status ekonomi mana saja. untuk modal buka kios jamu yaitu sebagai berikut:

  • Etalase jamu: Rp 2,7 juta
  • Alat masak: Rp 1 juta
  • Harga tempat es batu dan blender: Rp 1,2 juta
  • Banner: Rp 300 ribu
  • Bahan baku (temulawak, kencur, jahe): Rp 3 juta
  • Jumlah : Rp 8,2 juta

Usaha seperti inilah yang dahulu dilakoni Ny. Rakhmat Sulistyo. Ia dan suaminya menemukan resep jamu yang dinamakan Jamu Tujuh Angin.

Bisnis jamu miliknya malahan berkembang kencang, meskipun sempat mengalami jatuh-bangun. Di rumahnya yang berlokasi di Jl. Mlaten Trenggulun No. 104, ia dan 3 karyawan nya mulai melanjutkan usahanya sampai jamu Sido Timbul berkembang pesat.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai 26 contoh ide usaha rumahan modal kecil cocok untuk pemula. Jika anda mau bertanya mengenai materi di atas, silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Previous

25 Ide Bisnis Menguntungkan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Usaha Jus Buah Untuk Pemula, Tips Lengkap

Next
Previous

25 Ide Bisnis Menguntungkan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Usaha Jus Buah Untuk Pemula, Tips Lengkap

Next

Tinggalkan komentar