23 Usaha Ternak Menguntungkan Di lahan Sempit dengan Modal Kecil

Ternak menguntungkan di lahan sempit apakah bisa?

Ada berbagai anggapan orang bahwa jika memulai usaha ternak harus di lakukan di lahan yang luas, namun semua itu salah. Karena zaman modern seperti sekarang anda dapat mengembangkannya di lahan yang sempit. Pada postingan saya kali ini akan membahasnya secara lengkap.

Usaha Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit dengan Modal Kecil

Mengawali usaha tenak di lahan yang sempit membutuhkan suatu pemikiran yang matang. Terdapat berbagai macam jenis usaha ternak yang cocok untuk dikembangkan, namun tidak semuanya usaha itu dapat di jalankan di lahan yang kecil.

23 Usaha Ternak Menguntungkan Di lahan Sempit dengan Modal Kecil
23 Usaha Ternak Menguntungkan Di lahan Sempit dengan Modal Kecil

Di bawah ini saya akan membagikan kepada anda informasi mengenai daftar peluang usaha ternak yang cocok di lahan yang sempit:

Ternak Burung Kicau.

Ada puluhan malah ratusan spesies burung kicau yang ada di Dunia. Usaha ternak burung mempunyai peluang menjanjikan dan pantas untuk dimaksimalkan. Untuk anda yang hobi memelihara hewan peliharaan, usaha ini merupakan salah satu opsi terbaik bagi anda.

Di Indonesia ada banyak sekali orang yang hobi memelihara burung kicau seperti lovebird, kenari, murai batu, dan masih banyak lagi. Harga burung kicau dapat dibilang cukup mahal dan malahan bisa sangat fantastis untuk golongan burung kontes.

Ternak Ayam Hias.

Hampir sama dengan burung kicau, ayam hias juga termasuk binatang peliharaan yang cukup populer. Usaha ternak ayam hias memiliki potensi kesuksesan yang cukup bagus. Ada banyak sekali ras ayam hias yang popular diantaranya yaitu ayam serama, ayam ketawa, ayam cemani, ayam hutan, dan masih banyak lagi.

Kemudian yang menambah peluang keberhasilan usaha budidaya ayam hias seperti ini menjanjikan yaitu dari segi permintaan, dimana terdapat banyak sekali penggemar ayam hias dan mereka memerlukan supplier.

Tahukah anda jika berjualan hewan ternak tidak hanya di lakukan secara offline namun bisa dengan online, salah satunya menggunakan FB Ads. Untuk mendapatkan rahasianya cukup klik link disini. Jadi tujuan utama dari membangun bisnis ternak ayam hias yaitu untuk memenuhi permintaan para penghobi ayam hias itu sendiri.

Ternak Ikan Hias.

Usaha ternak ikan hias kini menjadi sangat populer dan dapat dianggap sebagai popularitas bisnis peternakan yang menjanjikan. Budidaya ikan hias tak membutuhkan lahan yang luas, hal ini meneybabkan banyak orang mulai mencoba menekuni usaha ini.

Ada banyak sekali berbagai jenis ikan hias yang dapat dibudidayakan, seperti ikan koi, ikan arwana, kan guppy, ikan cupang dan lainya. Harga ikan hias dapat dibilang lumayan mahal, jadi tak salah sekiranya ternak ikan hias dibuat sebagai plihan usaha sampingan dirumah anda.

Ternak Ayam Bangkok.

Ayam bangkok merupakan jenis ras ayam aduan yang populer dan digunakan untuk kontes sabung ayam. Pastinya masih banyak yang belum tahu seandainya ternak ayam bangkok terbukti mempunyai keberhasilah usaha yang menjanjikan. Walaupun kita telah berada di zaman modern, tapi peminat ayam bangkok aduan masih terus bertambah.

Mengapa mengawali usaha budidaya ayam bangkok?

Alasan yang paling masuk nalar yaitu ayam bangkok dapat menempuh harga yang betul-betul fantastis. Mereka yang mempunyai hobi ayam aduan tak segan-segan mengeluarkan dana yang banyak untuk membeli satu ekor ayam bangkok aduan berkwalitas.

Ternak Lobster Air Tawar.

Sekarang ini banyak sekali yang mencoba membudidayakan lobster air tawar dan telah banyak juga yang sukses dari usaha ternak yang satu ini. Berbeda dengan lobster air laut, Freshwater Crayfish atau yang disebut dengan lobster air tawar (LAT) termasuk hewan air tawar yang gampang dibudidayakan.

Media pengembang biakan lobster bisa menggunakan banyak cara, mulai dari media kolam natural sampai menerapkan media aquarium. Kemudian yang menciptakan prospek usaha ini menguntungkan yaitu harga jual lobster air tawar yang mahal, antara 100-200 ribu per kilo gram.

Ternak Ikan Cupang.

Ikan cupang merupakan salah satu variasi ikan hias yang gampang dibudidayakan. Alasan mengapa ternak ikan cupang menguntungkan yaitu modal untuk membuka usaha ini kecil.

Apalagi bagi anda yang cuma mempunyai lahan sempit, malah anda dapat membudidayakan ikan cupang dengan metode aquarium. Ternak ikan cupang sebetulnya mempunyai prospek yang tinggi dan kompetitor bisnis masih sedikit. Anda cuma peru menyiapkan modal jutaan malah ratusan ribu rupiah untuk mencoba menekuni usaha ini.

Ternak Cacing Sutra.

Biasanya cacang sutra digunakan untuk pakan ikan hias. Sedikitnya pemasok cacing sutra menyebabkan para peternak ikan hias kewalahan dalam memenuhi keperluan pakan. Oleh sebab itu justru mereka membeli cacing sutera kering atau kalengan.

Bagi anda yang masih binggung menemukan pandangan baru usaha, mungkin ternak cacing sutra bisa anda jadikan opsi terbaik. Dengan hal ini anda bisa menjadi penyedia cacing sutra untuk para pengusaha ikan hias, usaha ini mempunyai potensi bisnis yang baik.

Ternak Jangkrik.

Jangkrik merupakan salah satu variasi serangga yang terdapat hampir di segala dunia, khususnya di tempat ber iklim tropis. Siapa sih yang tak pernah mengerti bunyi jangkrik?

Pasti kita seluruh telah pernah mendengarnya. Jangkrik yang lazimnya dianggap sebagai hama perusak tanaman, ternayata memiliki prospek yang menjanjikan apabila anda membudidayakanya.

Dengan mengawali usaha ternak jangkrik anda bisa memenuhi keperluan konsumen,misal para penghobi burung kicau, kemudian ada sebagian pihak yang memanfaatkan jangkrik sebagai olahan makanan.

Budidaya Kroto.

Keroto merupakan lava atau telor dari semut rangrang. Tentunya di Indonesia tidaklah susah untuk mencari semut rangrang, mereka hidup di hutan atau di perkebunan kopi.
Bagi para peternak burung dan pembudidaya ikan memanfaatkan kroto sebagai pakan guna meningatkan mutu hewan ternakannya.

Hal ini membuka usaha budidaya kroto menjadi sanagat menjanjikan untuk anda tekuni. Bagi beberapa pihak yang hobi memelihara burung atau ikan hias, mereka tak akan segan untuk membeli kroto yang harganya tinggi sekalipun.

Masih kurangnya peternak semut rangrang yang membuat harga kroto tak stabil. Jadi hal ini dapat anda jadikan sebagai ladang usaha yang menjanjikan di lahan yang sempit, kemudian yang menarik semut rangrang bisa dibudidayakan dengan menerapkan toples kaca saja.

Ternak Burung Puyuh.

Burung puyuh merupakan ras burung yang lazim dibudidayakan untuk diambil telornya. Di indonesia telah banyak pegiat usaha ternak burung puyuh, meskipun demikian usaha ini masih membuka celah lebar bagi anda untuk menekuninya.

Kekurangan pasokan telor burung puyuh menyebabkan harga telor burung ini menjadi mahal. Sebenarnya usaha ini bisa dimaksimalkan di lahan yang sempit. Jadi anda bisa membudidayakan burung puyuh di rumahan, dan di halaman belakang rumah.

Ternak Belut Mengaplikasikan Tong.

Belut merupakan ikan tawar yang kaya akan protein. Belut hidup pada rawa yang banyak lumpur atau di sawah. Belut banyak diminati oleh masyarakat indonesia, namun harga belut sangatlah mahal sebab masih sedikitnya pemasok belut ke pasaran.

Tahukah anda seandainya kalau belut dapat dibudidayakan dengan tong?
Jika kita bisa memaksimalkan potensi usaha budidaya belut ini, pasti hasilnya akan memuaskan. Tak perlu kolam, banyak orang yang menggeluti usaha ternak belut cuma bermodalkan tong atau drum plastik.

Hal ini menjadi sebuah terobosan baru yang sebetulnya bisa anda tiru, kemudian anda dapat mulai membudidayakan belut di sekitar halaman rumah anda.

Ternak Ikan Lele Kolam Terpal.

Tak cuma belut, kini ikan lele juga mulai dibudidayakan di lahan yang kecil. Dahulu lele cuma dapat dikembangbiakan di kolam, namun sekarang kini tak perlu repot lagi karena budidaya lele bisa di tempat yang sempit.

Ikan lele merupkan salah satu sepesies ikan yang paling tahan terhadap kondisi yang ekstrim. Hal ini membuka keterbukaan peluang usaha ternak lele layak untuk anda dicoba. Dengan luas lahan 20×20 meter anda dapat menciptakan sebagian kolam ikan lele dari trepal, bagus itu kolam penangkaran sampai kolam pembesaran ikan lele.

Ternak Tikus.

Pasti anda heran dengan pandangan baru usaha ternak tikus, nah kenyataannya usaha ini dapat dibilang sebagai bisnis baru yang menjanjikan. Tikus yang paling banyak dibudidayakan yaitu tikus putih, jadi bukan sembarang tikus.

Ternak tikus sebetulnya menjanjikan, karena anda dapat menjadi penyedia pakan para pemelihara binatang reptil. Kemudian taman binatang dapat dibuat sasaran pasar yang layak, sebab mereka senantiasa memerlukan tikus untuk pkan hewan.

Dikala peternak tikus mulai banyak, modal yang diperlukan sangatlah kecil. Tikus dapat berkembang biak dengan sangat singkat, hanya membutuhkan waktu 20 hari.

Ternak Kelinci.

Dahulu kelinci dibuat sebagai usaha sampingan yang menghasilkan banyak keuntungan. Usaha model ini gampang dilakukan, sebab tak membutuhkan energi dan waktu yang banyak. Apalagi kini makanan kelinci dapat di temukan dengan gampang di pasar, dan anda bisa memberikan kelinci berupa pakan pelet.

Ada dua macam kelinci yang bisa dibudidayakan, kelinci pedaging dan kelinci hias. Kelinci pedaging dimanfaatkan dagingnya, sedangkan kelinci hias tak sebagai binatang peliharaan saja. Nah silahkan putuskan model jenis mana yang akan anda budidayakan sebab keduanya sama-sama menguntungkan.

Ternak Marmut.

Marmut merupakan salah satu binatang kecil yang menggemaskan yang mirip dengan tikus. Dulunya budidaya marmut dianggap tak menguntungkan, sebab sasaran pasarnya masih lemah.

Namun saat ini budidaya marmut sudah popular, dan pemasaranya sudah meluas di masyarakat. Hal ini bisa anda jadikan opsi untuk mengawali sebuah usaha.

Modal yang diperlukan untuk ternak marmut sangatlah relatif murah. Kemudian untuk sasaran pasarnya adalah penghobi hewan peliharaan dan pengusaha masakan. Daging marmut mempunyai rasa yang sedap dan sama dengan kelinci, hal ini menyebabkan banyak pengusaha masakan memerlukan banyak marmut.

Ternak Lebah Madu.

Harga madu kian melonjak tajam antara 100-200 ribu untuk ukuran satu botol kecil. Tak seluruh orang bisa membudidayakan lebah madu, hanya mereka yang mempunyai nyali dan niat yang kuat.

Oleh karena itu usaha ini bisa anda coba ditekuni dirumah, satu kotak lebah madu dapat menghasilkan 5-8 botol madu. Nah tinggal kalikan saja harganya?

Beternak Ayam Kampung Super.

Usaha Ternak Bebek Petelur.

Usaha Ternak Cacing Tanah.

Budidaya Ayam Kalkun.

Budidaya Entok.

Beternak Kambing.

Budidaya Sapi.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai daftar ide usaha ternak di lahan sempit dengan modal kecil yang sangat menguntungkan untuk anda. Anda tinggal memilih salah satu usaha ternak yang menurut anda gampang dilakukan. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar